Bagaimana Cara Merencanakan Keuangan yang SMART?

Bagaiamana Cara Merencanakan Keuangan yang SMART? Kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan mengutip nasehat dari Ben Bernanke (mantan pimpinan The Fed – Bank Federal Amerika).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Nasehat Ben Bernanke: Merencanakan Keuangan yang SMART

Apa saja yang harus dilakukans saat merencanakan keuangan? Apakah perencanan keuangan dapat membuat seseorang menjadi kaya? Sejatinya perencanaan keuangan penting dilakukan oleh siapapun, mulai dari mahasiswa/I, ibu rumah tangga, karyawan, entrepreneur maupun pemilik usaha. Nah berikut ini nasehat Ben Bernanke. 

English

Smart financial planning – such as budgeting, saving for emergencies, and preparing for retirement – can help households enjoy better lives while weathering financial shocks.

Ben Bernanke

Bagaiamana Cara Merencanakan Keuangan yang SMART - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Infografis: Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan]

Bahasa Indonesia

Perencanaan keuangan yang SMART – seperti membuat anggaran, menabung untuk situasi darurat dan mempersiapkan dana hari tua dapat membantu keluarga untuk hidup lebih baik, meskipun kondisi ekonomi sedang buruk.

Ben Bernanke 

 

Bagaimana Proses Perencanaan Keuangan?

Perencanaan keuangan adalah: proses untuk mencapai impian (tujuan keuangan) seseorang atau keluarga melalui manajemen keuangan yang terencana. Apa yang dimaksud dengan tujuan keuangan.

Vote and Share Your Indonesian Dreams 2016 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

What is your dreams #IndonesianDreams?

Banyak dari calon klien Finansialku, yang mengatakan bahwa:

  • “Ah, pendapatan keluarga kami kan masih kecil, apa yang direncanakan?”
  • “Gaji saya masih kecil, apanya yang mau direncanakan?”
  • “Perencanaan keuangan kan untuk orang kaya, ngapain saya merencanakan keuangan.”

[Baca Juga: Mental Block Negatif Keuangan]

Kata-kata di atas adalah pernyataan yang kurang pas dan merupakan mental negative saat merencanakan keuangan. Setiap orang pasti memiliki impian atau tujuan keuangan yang ingin dicapai.

  • Anda tentu juga mau kan membeli rumah?
  • Anda tentu juga mau kan membeli kendaraan?
  • Anda tentu juga mau kan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak?
  • Anda tentu juga mau kan memiliki uang yang cukup untuk pensiun nanti?
  • Anda tentu juga memiliki banyak impian yang ingin Anda wujudkan?

Satu hal yang terpenting: Setiap orang, berhak untuk mewujudkan tujuan keuangan mereka, termasuk Anda! Permasalahannya bagaimana cara mewujudkan tujuan keuangan?

[Baca Juga: Rencana Keuangan Saja Tidak Cukup, Apalagi Tidak Punya]

 

Contoh membeli rumah seharga Rp 1M atau Rp 2M. Jika orang kaya mungkin tidak perlu perencanaan keuangan untuk membeli rumah tersebut. Mungkin Anda perlu melakukan perhitungan dan perencanaan, agar rumah tersebut dapat segera terwujud.  Satu hal yang perlu Anda ingat: Apa pun tujuan keuangan Anda, Kapan pun waktunya dan Berapa pun biayanya semuanya dapat direncanakan dan diwujudkan. Asalkan Anda memiliki niat, keyakinan dan mau melakukan tindakan.

 

Setiap Orang, Setiap Keluarga dapat Mengelola dan Merencanakan Keuangan

Tahukah Anda, setiap keluarga sebenarnya dapat mengelola keuangannya dan merencanakan keuangan dengan cara yang SMART. Kami akan beritahukan rahasia cara mengelola dan merencanakan keuangan:

  • Membuat anggaran –bertujuan untuk mengetahui uang yang boleh dikeluarkan untuk masing-masing pos pengeluaran.
  • Mencatat keuangan – berfungsi sebagai kontrol atas keuangan Anda dan mencari tahu kebocoran-kebocoran dalam keuangan.
  • Merencanakan keuangan – bertujuan untuk mengetahui berapa yang harus diinvestasikan setiap bulannya dan investasi pada produk keuangan apa agar dapat segera mewujudkan tujuan keuangan.
  • Mengontrol investasi – bertujuan untuk memastikan investasi yang dilakukan dapat sesuai dengan rencana keuangan. Selain itu mengontrol investasi juga berguna untuk memaksimalkan hasil investasi.
  • Mengecek kondisi kesehatan keuangan – bertujuan untuk mengetahui apakah kondisi keuangan Anda dalam keadaan sehat atau tidak. Jika belum sehat, Anda dapat melakukan langkah-langkah perbaikan.
  • Melakukan perbandingan produk – produk keuangan – bertujuan agar Anda dapat memilih produk-produk keuangan (kartu kredit, KTA, KPR, kredit kendaraan, investasi reksa dana, saham, deposito, tabungan, asuransi) yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan keuntungan yang paling banyak.

[Baca Juga: Tips Mengatur Cashflow Keuangan Keluarga Sepanjang Tahun]

 

Jadi, agar tujuan keuangan Anda segera terwujud, maka …

Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda, karena Anda sudah membaca sampai tahapan ini. Tentu saja Anda sudah mengetahui, apa yang harus Anda lakukan untuk segera mewujudkan tujuan keuangan Anda.

 

Apakah Anda sudah mulai merencanakan keuangan?

 

Sumber Gambar:

  • Student Laptop – http://goo.gl/9up9le

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download