Menjadi Youtuber tidak cukup dengan memiliki konten yang bagus. Konten dengan performa tinggi perlu dibuat untuk memperluas potensi kanal. Begini cara menarik penonton di Youtube!

Yuk simak pembahasan Finansialku dalam artikel berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Konten Populer

Bagi seorang kreator digital, memiliki konten yang populer di YouTube merupakan kesenangan tersendiri, selain tanda bahwa video tersebut disukai, potensi pendapatan naik juga bisa diperoleh. Sayangnya, banyak youtuber baru yang belum paham cara menggiring pengguna untuk menonton dan menyukai video mereka.

Peran jumlah tayangan dan suka sangat besar bagi sebuah kanal YouTube. Dengan dua hal di atas, ditambah dengan jumlah jam tayang dan konten yang orisinal, mereka bisa segera mengajukan kemitraan dengan YouTube untuk memulai monetisasi konten.

Jika kamu ingin menghasilkan karya yang disukai orang, maka kamu harus menentukan segmen kanalmu. Usahakan tidak general agar lebih mudah menyasar penonton. Misal, kamu bisa mengkhususkan diri menjadi kanal bincang-bincang, gaming, atau edukasi.

Kamu juga sebaiknya menghindari hal-hal yang berpotensi merugikan di kemudian hari, seperti menggunakan footage atau musik orang lain. Kalaupun mengutip pastikan izin terlebih dahulu, kemudian mencantumkan sumbernya pada konten yang dibuat.

Ingin Menggaet Penonton di YouTube_ Yuk Ikuti Cara Ini! 02 (1)

[Baca juga: Manajemen Waktu yang Efektif dan Efisien Untuk Freelancer, Sudah Tahu?]

 

Cara Menarik Penonton Menurut Creator Academy YouTube

Menarik penonton di YouTube itu susah-susah gampang. Jika kamu menemukan momen yang tepat, maka videomu bisa cepat tersebar. Namun, jika tidak, kamu harus bersabar sedikit dengan tetap konsisten membuat konten.

Kali ini, Finansialku akan memberikan beberapa tips untuk mendapatkan lebih banyak like dan subscribe dari penonton. Ini dia!

 

#1 Pelajari Strategi Konten

Strategi konten patut kamu perhatikan untuk membuat konten yang disukai. Sobat Finansialku bisa membuat kategori untuk mengelompokkan video berdasarkan kategori tertentu.

Misalnya dari sisi nuansa (seperti vlog dan sketsa), penonton yang dituju (subscriber dan bukan subscriber), usia topik (konten yang bisa dinikmati kapan pun tanpa batas waktu), serta anggaran produksi (waktu, uang dan tenaga).

Memahami penonton merupakan salah satu kunci program kamu ke depan. Maka, sebaiknya pahami beberapa hal berikut:

  • Usia, jenis kelamin, dan wilayah. Saat ini mayoritas pengguna YouTube telah login, maka data ini cukup akurat. Dengan ini Anda bisa memperkirakan siapa, dengan jenis gender apa, dan tinggal di mana, yang menyukai video Anda.
  • Pembagian subscriber dan non-subscriber. Data ini bisa Anda manfaatkan untuk melihat siapa yang berlangganan kanal Anda atau yang sekadar mampir.
  • Kartu minat penonton. Form ini bisa Anda manfaatkan dengan menandai video yang sering ditonton oleh penonton Anda selama 7 hai terakhir. Lihat video yang mereka tonton sebagai referensi memilih tumbnail atau judul.

 

Setelah mengetahui latar belakang penonton, kamu juga harus melihat ke diri sendiri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Frekuensi unggahan. Pertimbangkan seberapa sering kamu mengunggah konten. Apakah mingguan atau bulanan. Tentu saja, semakin sering, kanal kamu makin disukai karena lebih banyak pilihan tontonan.
  • Pastikan hal ini kamu miliki. Jika bisa, cantumkan jadwal tayang di banner kanal agar penonton tahu kapan mereka bisa melihat video baru. Dengan begitu, mereka tak segan mengklik subscribe dan bahkan mengaktifkan notifikasi.
  • Volume konten. Jika kamu memiliki beberapa segmen dan semuanya disukai, sebaiknya buat konten dengan proporsional. Tapi, jika hanya ada satu segmen yang benar-benar dilirik penonton, sebaiknya kamu fokus ke segmen tersebut.

 

#2 Bangun Ketertarikan Penonton dengan Premiere

Premiere bekerja dengan menjadwalkan video kamu. Nantinya, penonton kamu bisa mengaktifkan notifikasi jika premiere telah dimulai. Atau, mereka bisa menunggu di halaman tonton hingga konten tayang.

Agar euforia menonton tinggi, Sobat Finansialku bisa berinteraksi dengan mereka sebelum dan selama tayangan. Pastikan, pranala premiere bisa dibagikan agar banyak pengguna YouTube lain yang menyaksikan.

Penonton yang telah menyetel notifikasi akan diberi tahu 30 menit sebelum premiere dimulai. Begitu pun jika hitung mundur, mereka akan kembali menerima notifikasi dan video segera dimulai sehingga penonton menyaksikan videomu bersama-sama.

Lakukan hal berikut agar premiere kamu dilihat banyak orang sehingga berdampak pada jumlah subscriber-mu:

  • Promosikan pranala halaman tonton dan mendorong penggemar untuk menyalakan notifikasi.
  • Mengunggah video 3 jam sampai 60 menit sebelum premiere.
  • Aktif menggunakan live chat dengan penggemar.
  • Mendorong penggemar untuk saling berinteraksi.
  • Gunakan moderator chat agar lebih cepat menemukan komentar lebih cepat.
  • Aktifkan opsi rekaman chat agar penonton yang terlambat hadir tetap bisa menikmati euforia premiere.
  • Ucapkan terima kasih kepada penonton. Mereka akan sangat menghargai itu.

banner -perencanaan keuangan freelancers

 

Lakukan Ini Jika Kamu Youtuber Pemula dari Kalangan Biasa

Berbeda dengan youtuber artis yang sudah dikenal bahkan sebelum aktif membuat konten, youtuber dari kalangan tidak terkenal butuh usaha lebih agar kanalnya cepat mendapat engagement.

Beberapa tips berikut bisa Sobat Finansialku lakukan untuk mengembangkan kanal YouTube-mu:

 

#1 Rawat Kanal Youtube Kamu dengan Baik

Youtuber baru, terlebih dari kalangan biasa, harus bersabar agar mendapat spotlight. Kamu harus rajin mengunggah konten, mempromosikannya di media sosial, atau jika bisa menggunakan fitur iklan.

Meski belum berkembang pesat, tidak salahnya konsisten berkarya. Karena, setiap orang punya fase sendiri.

 

#2 Aktif Mengunggah Video Baru

Sebagai youtuber pemula, kamu harus aktif membuat konten dan berinteraksi dengan penonton di kolom komentar. Jika tidak bisa unggah mingguan, kamu bisa membuat konten bulanan, tapi dengan konsep yang matang.

 

#3 Menonton Video Youtube Orang Lain

Sobat Finansialku bisa berinteraksi dengan sesama youtuber pemula di kolom komentar youtuber yang sudah sukses. Cara ini cukup efektif membangun relasi. Atau, jika memungkinkan, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas youtuber agar relasi makin luas.

Kamu bisa baca juga artikel Pengen Gabung Komunitas Youtuber Indonesia? Cek Aja Di Sini!

 

#4 Riset Kata Kunci

Kamu perlu melakukan riset kata kunci agar kanal atau video kamu muncul di pencarian teratas. Dengan riset kata kunci ranking kanal kamu bisa naik dan berpotensi diklik pengguna YouTube.

 

#5 Gunakan Judul Konten yang Relevan

Fakta menunjukkan bahwa judul konten berpengaruh terhadap jumlah penonton, like hingga subscribe-mu. penonton umumnya menyukai judul yang tidak neko-neko dan sesuai dengan isi video.

Jika kamu membuat judul yang bombastis atau clickbait, penonton akan kecewa dan tidak akan mengunjungi kanal kamu lagi. Atau, lebih buruk, mereka unsubscribe kanal kamu. Judul sebaiknya juga tidak terlalu panjang. Cukup gunakan 40-50 karakter agar lebih mudah ditemukan.

 

#6 Menuliskan Deskripsi yang Sesuai

Penjelasan di bawah video atau yang dikenal sebagai deskripsi mampu menambah ketertarikan penonton dengan kanal YouTube-mu. Pasalnya, mereka bisa memastikan apakah kanal tersebut sesuai dengan keinginan mereka atau tidak.

 

Mulai Produktif di YouTube!

Itulah pembahasan mengenai cara meningkatkan like dan subscribe di YouTube. Langkah di atas adalah anjuran umum yang bisa Sobat Finansialku ikuti. Tapi, itu tidak menjamin apa pun atas kanalmu.

Sembari belajar menaikkan engagement kanal, Sobat Finansialku bisa simak video-video tentang keuangan yang pastinya bisa membantumu di kanal Youtube Finansialku.

Salah satu video informatif adalah seperti tips berikut ini!

 

So, kamu sekarang sudah sedikit mengerti kan bagaimana cara menambah like dan subscribe di kanal Youtube kamu? Yuk dipraktikkan!

Punya pertanyaan seputar artikel ini? Silakan dikemukakan di kolom komentar ya!

Share juga dengan teman-temanmu yang tertarik dengan dunia youtube atau ingin menjadi Youtuber!

 

Sumber Referensi:

  • Strategi Utama Meraih Sukses. Creatoracademy.youtube.com – https://bit.ly/3phppoI
  • Kurnia Azizah. 30 April 2020. Youtubers Pemula Bukan Artis, Wajib Lakukan Cara Ini Biar Cepat Dapat Subscribers. Merdeka.com – https://bit.ly/2Z4Z3vt

 

Sumber Gambar:

  • Youtuber – http://bit.ly/2NPTqPn, https://bit.ly/3umbMIu