Ada kalanya freelancer kebanjiran job sampai kewalahan. Sudah coba manajemen waktu yang efektif dan efisien ini?

Kalau belum tahu atau belum coba, cari tahu selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Manajemen Waktu yang Efektif dan Efisien Untuk Freelancer

Baik itu freelancer atau bukan, akan ada saja kalanya ketika kita diberikan tanggung jawab pekerjaan yang lebih banyak dari hari-hari sebelumnya di waktu bersamaan.

Ini kadang membuat kita bingung harus mengerjakan yang mana terlebih dahulu, yang kadang membuat kita pusing kepala hanya untuk memikirkan ini saja.

Sebenarnya hanya ada satu jawaban dari permasalahan ini, yaitu buatlah manajemen waktu yang efektif dan efisien untuk Sobat Finansialku.

Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan ini. Oleh karena itu, lewat artikel ini, saya ingin membagikan tips kepada Sobat Finansialku, bagaimana caranya mengatur waktu saat kebanjiran pekerjaan. Ini dia!

Manajemen Waktu yang Efektif dan Efisien Untuk Freelancer. Sudah Tahu_ 02

[Baca Juga: Cara Jadi Freelancer yang Kelihatan Pengangguran Tapi Gaji Miliaran]

 

#1 Membuat To-Do List

Hal pertama yang biasanya saya buat adalah to-do list harian. Saat masuk jam kerja, saya akan membuat sebuah list tentang apa yang akan saya kerjakan di hari itu.

Ini saya buat setiap hari, agar saya bisa tahu jelas apa saja yang harus saya lakukan hari itu, dan agar saya punya goal kecil yang bisa saya capai setiap harinya.

Usahakan to-do list tersebut dibuat berdasarkan skala prioritas. Tuliskan apa yang harus diselesaikan hari itu juga, atau hal-hal yang memang harus selesai dalam waktu dekat.

 

#2 Buat Karakteristik Setiap Pekerjaan

Jika ada banyak pekerjaan yang masuk dalam satu waktu, Sobat Finansialku juga bisa membuat karakteristik dari masing-masing pekerjaan tersebut.

Pisahkan pekerjaan tersebut pada beberapa kategori seperti; berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, tenggat waktu dari masing-masing pekerjaan, dan karakteristik pendukung lainnya.

Setelah itu, Sobat Finansialku bisa membandingkan masing-masing pekerjaan, sehingga bisa menentukan pekerjaan mana yang bisa ditunda dan harus segera diselesaikan.

 

Utamakan Kesehatan

Selain mengutamakan dan memprioritaskan pekerjaan, jangan sampai lupa kalau masih ada yang harus lebih diprioritaskan yaitu kesehatan.

Sesibuk apapun, Sobat Finansialku harus tetap mengutamakan kesehatan dengan beristirahat saat bekerja setidaknya setiap 30 menit sebelum kemudian melanjutkan pekerjaan kembali.

Karena percuma saja ketika datang banyak pekerjaan dan permintaan tapi Sobat Finansialku tidak bisa memenuhinya karena sakit, ‘kan?

 

banner -perencanaan keuangan freelancers

 

Nah, itu dia dua tips dari saya yang bisa dilakukan oleh Sobat Finansialku untuk menciptakan manajemen waktu yang efektif dan efisien. Apakah Sobat Finansialku punya tips lain? Sampaikan di kolom komentar, yuk!

Jangan lupa juga untuk bagikan informasi ini kepada teman-teman atau keluarga lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya. Terima kasih!

 

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3rC5X7C
  • 02 – https://bit.ly/36Z0Iae