Bekerja freelance hingga kini masih mendapatkan sentimen negatif dari masyarakat, padahal pemasukannya bisa miliaran lho.

Bagaimana sih cara freelancer bisa survive dari sentimen negatif tersebut dan membuktikan bahwa bekerja freelance juga bisa sukses punya masa depan?

Yuk simak artikel berikut ini biar Anda tahu bahwa freelancer juga menjanjikan loh!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Survive Jadi Freelancer

Banyak stigma masyarakat yang menganggap menjadi seorang freelancer merupakan pekerjaan yang tidak pasti, seperti pengangguran dan stigma negatif lainnya.

Eits, jangan salah ya banyak orang diluar sana memilih jadi freelancer karena memiliki penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan dengan orang yang bekerja di kantor.

Misalkan Devano, seorang freelancer yang memiliki 3 proyek kerja yaitu menjadi penulis, menjadi photographer dan menjadi seorang youtuber.

Penghasilan yang ia dapat dari menulis tiap bulannya berkisar di Rp 2 juta, penghasilan menjadi photographer kisaran Rp 3 juta dan menjadi youtuber adalah Rp 5 juta per bulannya. Total penghasilan per bulannya Devano adalah Rp 10 juta.

Sebagai karyawan, seseorang belum tentu mendapat penghasilan yang sama besarnya. Belum lagi kalau misalkan penghasilan dari youtube bertambah dari ad sense. Wah bisa kebayang ya penghasilan Devano tiap bulannya.

Nah berikut ada tips nih buat para freelancer untuk sukses menjadi seorang freelancer. Jika sukses maka Anda dapat terus bertahan menjadi seorang freelancer.

Cara Jadi Freelancer yang Kelihatan Pengangguran Tapi Gaji Miliaran 02

[Baca Juga: 5+ RAHASIA dan Cara Mengatur Keuangan Freelancer Zaman Now!]

 

#1 Pilih Lebih Dari Satu Tempat Kerja

Dengan memiliki lebih dari satu tempat kerja, maka Anda sudah jelas akan memiliki penghasilan yang lebih banyak.

Anda bisa mencari di website untuk para freelancer dan carilah pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda agar bekerja dengan banyak pun akan tetap enjoy.

Website luar negeri pun banyak loh mencari para freelancer di seluruh dunia, misalnya website fiverr.com yang menyediakan berbagai macam pekerjaan seperti di bidang seni, bidang statistika dan banyak lainnya.

Dengan adanya teknologi, semakin mudah untuk mencari pekerjaan nih para freelancer.

banner -perencanaan keuangan freelancers

#2 Tawarkan Lebih Dari Satu Jasa

Kalau biasanya Anda menawarkan satu jasa saja kepada perusahaan freelancer, coba Anda gali kemampuan yang lain sehingga di satu perusahaan Anda bisa bekerja di beberapa bidang.

Misalkan di perusahaan majalah, Anda biasa bekerja menjadi editor cover majalah, nah jika Anda memiliki bakat menulis maka Anda juga bisa sekalian menjadi seorang writer.

 

#3 Pilih Proyek Berjangka Panjang

Proyek yang berjangka panjang akan membuatmu berada di situasi yang stabil untuk menabung dari hasil-hasil freelance tambahan yang lainnya.

Dengan begitu, Anda tetap bisa menabung dengan pendapatan dari freelance jangka panjangmu dan yang lainnya sebagai tambahan saja.

Keuntungan proyek berjangka panjang adalah Anda dapat memikirkan tujuan keuangan dalam jangka waktu yang lebih lama. Pastikan tujuan keuangan Anda sesuai dengan kondisi keuangan ya!

Berikut adalah artikel mengenai menentukan tujuan keuangan Anda, simak ya jangan sampai Anda salah menentukan tujuan keuangan Anda.

Bagaimana Merencanakan Tujuan Keuangan yang Baik Bagi Freelancer?

 

#4 Buat Link Ke Teman-temanmu

Promosikan hasil karya dari pekerjaan Anda (portofolio), bisa share melalui link dan lainnya. Siapa tahu ada teman Anda yang berminat menggunakan jasa Anda.

Jadi link sangat berguna loh sebagai promosi karya Anda dan siapa tahu teman Anda sedang membutuhkan jasa Anda. Jadi jangan sungkan untuk share link ya!

Pastikan link yang Anda share langsung ke pekerjaan Anda, jangan sampai ke homepage. Jangan sampai teman Anda yang melihat akan kebingungan.

 

#5 Gunakan Banyak Fasilitas Gadget atau Fasilitas Lainnya

Fasilitas yang menunjang Anda untuk bekerja perlu di-upgrade.

Misalkan jika Anda bekerja sebagai komikus, Anda pastinya membutuhkan gadget yang sesuai untuk mempermudah kerja Anda membuat komik. Jika ada 2 proyek membuat komik mungkin Anda dapat menambah satu gadget.

Jika semakin banyak pekerjaan yang Anda ambil, maka lebih baik memiliki beberapa fasilitas yang memudahkan Anda untuk bekerja.

 

#6 Buat Deadline

Menjadi seorang freelancer berarti Anda perlu me-manage diri Anda untuk mengerjakan pekerjaan tepat pada waktunya.

Sangat penting untuk selalu mencatat tanggal berapa sih deadline dari pekerjaan Anda.

Pastinya Anda mau dipercaya oleh perusahaan agar perusahaan terus mau mempekerjakan Anda sebagai freelance di perusahaannya.

 

#7 Mulai Berinvestasi

Ketika Anda sudah mulai banyak menghasilkan pendapatan dari freelance, maka Anda dapat melakukan investasi.

Kenapa perlu melakukan investasi? Karena sudah jelas masa depan ditentukan dari sekarang.

Anda dapat berinvestasi dengan memperhatikan kondisi keuangan. Dengan mengetahui kondisi keuangan, Anda dapat memiliki tujuan keuangan dan berapa dana yang harus Anda investasikan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Untuk cek kondisi keuangan, Anda dapat mengeceknya di aplikasi Finansialku. Setelah dapat hasilnya, Anda bisa langsung tanyakan pada Financial Planner Finansialku langsung melalui fitur Konsultasi Keuangan.

Selain itu, Anda juga bisa mulai merencanakan keuangan sebagai tujuan dari investasi menggunakan fitur Rencana Keuangan. Anda juga bisa belajar cara mengatur keuangan melalui berbagai platform di aplikasi Finansialku, bahkan ikut kelas-kelasnya.

Anda bisa gunakan seluruh fiturnya gratis saat berlangganan aplikasi Finansialku premium lho. Jangan khawatir, karena biaya berlangganan fitur premium hanya Rp 350 ribu untuk 365 hari, yang artinya Anda hanya perlu menyisihkan kurang dari seribu rupiah per hari untuk bisa mengatur keuangan dengan baik.

Gunakan kode voucher CUAN50 untuk dapat tambahan potongan Rp 50 ribu saat upgrade akun Finansialku ke premium ya!

Baca artikel berikut ini untuk tahu lebih jelas mengenai investasi untuk freelancer.

Investasi untuk Freelancer: Ayo Investasi Walau Pendapatan Tak Menentu

 

#8 Carilah Komunitas Freelancer

Komunitas sangatlah penting. Dengan mengikuti komunitas sesama freelancer Anda bisa saling sharing, saling berbagi info dan saling support.

Jadi ketika banyak orang mengatakan bahwa freelancer hanya pengangguran, Anda bisa saling menguatkan di komunitas dan terus memotivasi visi misi Anda ke depannya akan menjadi freelancer seperti apa.

 

#9 Buat Kantor Untuk Bekerja

Wah masa sih freelance harus buat kantor? Maksudnya adalah menciptakan sebuah tempat kerja yang nyaman untuk Anda bekerja.

Misalkan di rumah, Anda menyediakan sebuah ruangan khusus agar bisa bekerja dengan fokus tanpa adanya gangguan pada saat bekerja.

Sehingga siapapun yang akan membutuhkan Anda untuk ketemu saat menjelaskan proyek, Anda bisa menyuruhnya datang ke tempat kerja.

Selain lebih terlihat profesional, seorang freelancer membutuhkan tempat yang nyaman untuk bekerja.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, semoga pendapatan Anda semakin bertambah dan pastinya Anda bisa menikmati pekerjaan sebagai seorang freelancer.

 

Freelancer Bisa Jadi Miliarder

Anda bisa kok bertahan menjadi seorang freelancer, bahkan bisa menjadi seorang miliarder ASAL bijak dan disiplin pada saat bekerja.

Abaikan stigma masyarakat yang menganggap freelancer adalah seorang pengangguran. Walaupun hanya bekerja di rumah atau di tempat lain sudah pasti Anda mendapatkan penghasilan kan?

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Bagaimana setelah membaca artikel ini? Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?

Jika ya bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Mei 2017. 9 Tips Agar Gaji Freelancer Bisa Jadi Penghasilan Utama. Idntimes.com – http://bit.ly/3oRc7jk

 

Sumber Gambar:

  • Freelance – https://bit.ly/39LBbBO, https://bit.ly/2Ktz398