Inilah serba serbi investasi untuk freelancer! Banyak orang yang berekspektasi seorang freelancer akan sulit untuk melakukan investasi. Padahal, semua orang berhak investasi!

Mari simak artikel berikut ini mengenai investasi apa saja yang cocok untuk freelancer.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Untuk Freelancer

Investasi merupakan kegiatan menyimpan dana yang diharapkan kedepannya akan mendapatkan keuntungan.

Jika Anda seorang freelancer, Anda dapat berinvestasi dengan memperhatikan kondisi keuangan. Dengan mengetahui kondisi keuangan, Anda dapat memiliki tujuan keuangan dan berapa dana yang harus Anda investasikan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Untuk mengecek kondisi keuangan Anda dapat mengecek pada Aplikasi Finansialku, menu Rencana Keuangan dan Anda akan mendapat hasil berapa dana yang harus Anda investasikan agar rencana keuangan Anda terpenuhi.

 

Jenis-jenis Investasi untuk Freelancer

Mungkin Anda masih bingung apa saja jenis investasi yang cocok untuk Anda, dimana pendapatan per bulan tidak pasti dan proyek kerja pun belum tentu ada tiap bulannya.

Sebelum melakukan investasi kenali lebih dalam mengenai jenisnya dan apa hasil dari investasi tersebut. Carilah investasi yang sesuai dengan tujuan Anda!

Berikut adalah penjelasan mengenai jenis investasi yang dapat Anda lakukan.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

#1 Cash Flow

Investasi secara cash flow, artinya Anda akan mendapatkan hasil investasi yang rutin diterima dan menambah pendapatan Anda setiap bulan.

Apa saja contoh investasi jenis cash flow?

 

  • Deposito

Deposito sama seperti menabung di rekening, yang membedakannya adalah penyimpanan uang yang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu sehingga sudah pasti uang ini tidak akan mudah terpakai oleh Anda. Jika Anda tidak mau uang deposito terganggu, lebih baik Anda melakukan deposito dalam jangka waktu 1 tahun.

Atau, jika Anda ingin melakukan penambahan investasi tiap bulan, Anda dapat meng-update deposito Anda sehingga sudah jelas uang bertambah tiap bulan beserta bunga dan uang akan tidak akan terpakai oleh Anda.

 

  • Membeli Aset

Contoh aset untuk investasi cash flow adalah seseorang yang memiliki rumah kos dan mendapatkan pendapatan per bulan dari kos.

Bisa dibayangkan keuntungan yang sangat menggiurkan, Anda tinggal diam saja tetapi uang mengalir tiap penyewa kos membayar biaya sewanya.

[Baca Juga: 5+ RAHASIA dan Cara Mengatur Keuangan Freelancer Zaman Now!]

 

  • Peer to peer Lending (P2P)

P2P Lending ini sangat mirip dengan konsep market place online, yang menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual.

Investasi ini dapat sangat terjangkau dan dapat memberikan imbal hasil yang lebih besar dari tingkat inflasi dan deposito.

Melalui platform berbasis teknologi, Anda mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dan melakukan monitor atas investasinya. Anda juga dapat memiliki banyak pilihan akan berinvestasi di jenis usaha apa dan berapa lama.

Jadi Anda tidak perlu repot untuk membangun bisnis baru karena dana Anda dapat diinvestasikan untuk turut membantu individu atau Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) lain.

 

Untuk mengetahui contoh-contoh investasi untuk freelancer, Anda dapat melihat artikel berikut ini: Bagaimana Cara Investasi untuk Freelance? Dan Investasi Produk Apa?

 

#2 Capital Gain

Investor yang mengejar capital gain (kenaikan modal) menghasilkan pendapatan dari selisih harga jual dengan harga beli.

Contoh seseorang membeli rumah dengan harga Rp 500 juta, setelah dilakukan renovasi dengan biaya Rp 50 juta rumah tersebut laku terjual dengan harga Rp 600 juta. Maka orang tersebut mendapatkan keuntungan capital gain sebesar Rp 50 juta.

Anda memiliki dua pilihan, jika Anda menjual rumah Anda, Anda akan mendapatkan uang sebesar Rp 50 juta dari menjual rumah Anda. Tetapi Anda akan kehilangan rumah tersebut.

Hal itulah yang dinamakan dengan capital gain, Anda mendapatkan untung yang sebesar-besarnya tetapi Anda kehilangan aset Anda.

Keuntungan modal dapat terjadi pada aset seperti properti atau barang, serta reksa dana, obligasi, opsi, barang koleksi dan bisnis.

Untuk lebih mengenal definisi capital gain lebih detail Anda dapat melihat artikel Finansialku berikut ini: Definisi Capital Gain Adalah

 

banner -perencanaan keuangan freelancers

 

#3 Cash Flow dan Capital Gain

Tipe ketiga adalah gabungan antara cash flow dan capital gain.

Contoh dari investasi ini jika seorang investor membeli saham. Cash flow didapat dari dividen yang dibagikan, sedangkan capital gain didapat keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli.

Pilihlah yang paling sesuai dengan rencana keuangan Anda, untuk lebih jelas mengenai tipe-tipe investor Anda dapat melihat artikel Finansialku berikut ini: Tipe Investor Seperti Apakah Anda?

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Tips Investasi untuk Freelancer

Berikut adalah beberapa tips untuk investasi bagi Anda para freelancer.

 

#1 Minimalisasi Pengeluaran

Hindari pengeluaran yang bersifat “keinginan”, tentukan prioritas dan keluarkanlah uang sesuai dengan anggaran yang sudah Anda buat.

 

#2 Melakukan Diversifikasi

Penting melakukan penyebaran investasi, maksudnya jangan berinvestasi di 1 tempat saja. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian saat 1 tempat investasi tersebut mengalami kerugian.

Sebagai contoh Anda bisa berinvestasi dengan deposito dan emas. Sehingga jika bunga deposito Anda turun ataupun mengalami kerugian, maka masih ada investasi cadangan lainnya yang tetap dapat memberikan keuntungan untuk Anda.

 

#3 Investasi Pada Bisnis

Jika Anda mempunyai bisnis sendiri, maka investasilah pada bisnis Anda. Investasi terhadap modal bisa berupa peralatan, perlengkapan usaha dan hal lainnya.

Misalkan perlengkapan usaha meja atau mesin merupakan investasi yang akan mengalami penyusutan, tetapi setidaknya jika Anda ingin mengganti perlengkapan tersebut Anda dapat menjual investasi Anda.

 

#4 Investasi Pada Usaha Kecil

Bagi Anda yang belum memiliki perusahaan sendiri, Anda bisa melakukan franchise, berinvestasi pada perusahaan kecil atau yang baru berdiri atau memberikan modal pada UMKM terpercaya.

 

#5 Jangan Melupakan Asuransi

Seorang freelancer tidak mendapatkan fasilitas kesehatan, asuransi jiwa. Maka asuransi sangat bermanfaat untuk menutupi biaya rumah sakit ataupun musibah yang tidak terduga.

Jangan sampai kekayaan Anda akan terkuras habis untuk menutupi biaya rumah sakit. Selain itu, Anda pasti akan berutang sana-sini.

 

#6 Ciptakan Sumber Penghasilan Lain

Anda perlu memiliki sumber penghasilan lain, dengan tujuan menambah pendapatan Anda jika proyek sedang tidak Anda. Maka pendapatan akan terus mengalir dari sumber lainnya.

Jika Anda memiliki aset yang dapat digunakan seperti mobil Anda bisa menyewakan mobil tersebut untuk mobil antar jemput, untuk ojek online dan hal lainnya.

Berikut adalah contoh lain ide usaha menggunakan mobil pribadi: Mobil Nganggur di Garasi? Coba Ide Usaha Menggunakan Mobil Pribadi Ini!

 

Freelancer Bisa Kok Investasi

Investasi akan memberikan keuntungan besar dalam jangka panjang, maka rancang investasi Anda.

Seorang freelancer bisa kok investasi, tinggal atur saja investasi apa yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Bagaimana setelah membaca artikel ini? Apakah bermanfaat bagi Anda?

Jika Anda berminat untuk berinvestasi tapi masih bingung, Anda dapat berkonsultasi melalui Aplikasi Finansialku.

 

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple Apps Store
  2. Klik menu Tanya Perencana Keuangan
  3. Arahkan ke para konsultan keuangan
Demi Masa Depan Cerah, Perencanaan Keuangan Bagi TKI itu Penting. Gini Caranya!! 03 - Finansialku

Simulasi fitur konsultasi keuangan di aplikasi Finansialku

 

Jika ya bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Gambar:

  • Investasi untuk Freelancer – https://bit.ly/393aLuR
  • Investasi Kosan – https://bit.ly/35d33xn