Definisi Capital Gain Adalah

Apakah Anda sering mendengar Capital Gain? Apakah itu Capital Gain? Bagaimana Capital Gain mempengaruhi Anda?

Jika Anda sering membaca mengenai investasi, pasti tentu saja Anda tidak asing dengan istilah capital gain, tetapi banyak informasi yang kurang mengupasnya. Ketahui apa itu capital gain di artikel ini.

 

Capital Gain Adalah

Bagi Anda yang sering membaca mengenai investasi pasti Anda sudah sering mendengar mengenai capital gain. Capital gain ini biasanya sering disandingkan dengan cash flow.

Apa sih capital gain ini? Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari penjualan aset modal (investasi atau real estate) dimana harga jual melebihi harga pembelian investasi.

Pengertian Capital Gain Adalah 02 Capital Gain 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Baik! Ini Cara Mencatat Aset di Aplikasi Finansialku]

 

Lebih gampangnya, saya berikan sebuah contoh. Misalkan Anda memelihara anak ayam yang Anda beli sebesar Rp5.000, yang kemudian Anda besarkan sendiri. Kemudian anak ayam tersebut sudah berubah menjadi ayam yang bisa Anda konsumsi.

Anda memiliki dua pilihan, jika Anda menjual ayam Anda, Anda akan mendapatkan uang sebesar Rp40.000 dari menjual ayam tersebut. Tetapi Anda akan kehilangan ayam tersebut.

Hal itu lah yang dinamakan dengan capital gain, Anda mendapatkan untung yang sebesar-besarnya tetapi Anda kehilangan aset Anda.

Keuntungan modal dapat terjadi pada aset seperti properti atau barang, serta reksa dana, obligasi, opsi, barang koleksi dan bisnis.

 

Capital gain ini juga bisa merupakan jangka pendek (satu tahun atau kurang) atau jangka panjang (di atas satu tahun) dan harus di klaim pada pajak penghasilan.

Investasi pada jangka panjang dalam barang koleksi ini akan dikenai pajak sebesar 28% flat.

Sedangkan, pada investasi jangka pendek dalam bentuk kolektibilitas akan dikenakan pajak sebagai capital gain jangka pendek dengan tarif pajak penghasilan biasa Anda.

Bagaimana jika Anda kehilangan uang untuk investasi, maka Anda mengalami Capital Loss. Capital loss bisa mengurangi pajak Anda. Jika capital loss Anda ini melebihi capital gain, maka Anda bisa mengurangi kerugian dari penghasilan Anda.

Capital gain ini biasanya terkait dengan saham dan dana karena volatilitas harga yang melekat, hampir semua yang Anda gunakan dan miliki adalah aset modal dan dikenakan pajak.

Apapun yang Anda jual untuk lebih dari harga pembelian actual, hasil yang Anda dapatkan dalam capital gain, dapat dikenakan pajak, tetapi jika Anda terkena capital loss tidak ada pengurangan pajak.

Capital gain ini sendiri dapat berupa yang direalisasikan atau belum direalisasikan. Aset yang direalisasi adalah aset yang dihargai namun belum terjual. Capital gain ini sendiri merupakan nilai potensial.

Capital gain yang direalisasikan akan terjadi ketika aset dihargai dan telah terjual. Jumlah pajak yang Anda bayarkan dalam capital gain ini sendiri tergantung pada golongan pajak penghasilan yang Anda miliki.

Selain itu, berapa lama juga Anda memiliki aset ini dan jenis aset modal yang Anda hadapi. Misalkan, jika Anda adalah seorang investor reksadana harus menentukan sebuah akumulasi capital gain yang tidak terealisasi (reksa dana).

Biasanya akumulasi capital gain yang tidak terealisasi ini dinyatakan sebagai persentase dari aset bersihnya, sebelum melakukan investasi dalam dana dengan komponen capital gain signifikan yang belum direalisasi.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Keadaan ini disebut sebagai eksposur capital gain dana. Ketika didistribusikan dengan dana, maka capital gain merupakan kewajiban kena pajak untuk investor dana tersebut.

Keuntungan modal jangka pendek dikenakan pajak pada tingkat yang sama dengan pendapatan regular Anda. Pada sisi lain, keuntungan modal jangka panjang pada sebagian besar barang dikenai pajak sebesar 0% (untuk pajak penghasilan 10% dan 15%).

Selain itu, keuntungan modal jangka panjang ini dikenakan pajak sebesar 15% (untuk pajak penghasilan 25% sampai 35%) atau 20% (untuk 39,6% pajak penghasilan) pada tahun 2015.

Dikatakan bahwa, barang-barang tertentu mungkin dikenai pajak dengan cara yang berbeda-beda, misalnya barang koleksi dikenai pajak dengan tarif maksimum 28%.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Fakta-Fakta Capital Gain

Sekarang Anda sudah mengetahui apakah itu capital gain, berikut ini saya akan menjelaskan fakta-fakta mengenai capital gain yang akan mempengaruhi Anda, terutama ketika Anda adalah seorang investor.

 

Fakta #1 Waktu adalah Penting

Memang benar kalau waktu adalah penting dan merupakan kunci utama. Semakin lama Anda memiliki aset Anda, maka potensi kenaikan harganya pun akan semakin tinggi.

Terlebih lagi jika Anda adalah seorang investor yang turnover tinggi atau senang jual-beli aset. Anda perlu memperhatikan biaya administrasinya lho.

Biaya administrasi ini merupakan beban variable yang biasanya akan muncul ketika melakukan jual beli dan dapat menurunkan potensi capital gain Anda.

 

Fakta #2 Capital Gain Utama yang Dipahami Orang Indonesia adalah Dari Rumah

Pada kenyataannya, kepemilikan orang Indonesia atas rumah masih terhitung tinggi. Waktu akan menaikkan nilai rumah yang Anda miliki. Sehingga dalam beberapa dekade ke depan akan semakin tinggi capital gain yang tercipta dari sektor perumahan.

Pengertian Capital Gain Adalah 03 Capital Gain 3 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Berinvestasi, Pahami Dulu Industri Pengelolaan Investasi Indonesia]

 

Rumah ini masih menjadi primadona dalam investasi mengalahkan saham. Oleh karena itu, kemungkinan terjadinya lonjakan harga di sektor riil ini harus bisa dimitigasi dengan sebaik mungkin, baik oleh pemerintah dan developer.

 

Fakta #3 Konsekuensi Pajak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa capital gain ini ada pajaknya yang berbeda-beda, tergantung dari objek pajaknya itu sendiri. Lebih baik Anda bertanya kepada orang yang ahli pajak untuk mengurus pajak Anda.

Setiap tindakan yang menghasilkan keuntungan, entah apakah itu revenue atau capital gain tentu akan memiliki konsekuensi perpajakan.

 

Fakta #4 Capital Gain Lebih Disukai daripada Dividen

Jika Anda memiliki saham, pasti Anda tahu bahwa saham sebuah perusahaan bisa membagikan dividen kepada para pemilik sahamnya.

Bisakah Anda bayangkan dalam setahun perusahaan berapa kali membagi dividen kepada para pemegang sahamnya?

Bahkan ada sebuah perusahaan dapat membagikan dividen sebanyak 10 kali. Sedangkan capital gain ini bisa didapat ketika trader tutup transaksi.

Maka dari itu, banyak investor dan trader menganggap dividen yang diterima hanyalah sebagai bonus tambahan bukan sesuatu yang diincar.

Anda juga harus ingat bahwa membagi dividen ini bukanlah sebuah kewajiban mutlak dari perusahaan.

Bisa saja perusahaan menunda memberi dividen karena akan melakukan ekspansi. Hasilnya justru malah meningkatkan kapitalisasi dan berpotensi meningkatkan keuntungan.

 

Ketahuilah Capital Gain Sebelum Anda berinvestasi

Sebelum Anda berinvestasi dan mengetahui mana yang capital gain mana yang bukan, Anda sebaiknya mengetahui apa itu capital gain dan bagaimana capital gain ini akan membantu Anda dalam berinvestasi.

Jika Anda masih belum memahami bagaimana caranya mendapatkan capital gain. Kami akan membantu Anda dengan membagikan ebook investasi saham secara gratis di bawah ini.

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui apa itu capital gain.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui apa itu capital gain. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Februari 2017. 5 Fakta Menarik Tentang Capital Gain. Diskartes.com – https://goo.gl/ogwywe
  • Admin. Capital Gain. Idnfbs.asia – https://goo.gl/cXhykP

 

Sumber Gambar:

  • Capital Gain 1 – https://goo.gl/zppe6y
  • Capital Gain 2 – https://goo.gl/3MVR9y
  • Capital Gain 3 – https://goo.gl/Hzxd6V

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.

Leave A Comment