Berikut ini adalah ide usaha menggunakan mobil pribadi yang bisa jadi referensi untuk usaha Anda. Selengkapnya silakan disimak hingga tuntas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Ide Usaha Menggunakan Mobil Pribadi

Pandemi virus corona sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia. Ini saatnya Anda harus bisa menghasilkan uang dengan memanfaatkan aset yang Anda punya. Misalnya dengan memanfaatkan mobil pribadi untuk usaha.

Berikut ini beberapa ide usaha menggunakan mobil pribadi yang bisa Anda tiru.

 

#1 Rental Mobil

Ide usaha menggunakan mobil pribadi yang pertama adalah rental mobil. Untuk usaha rental mobil, satu unit saja dapat menghasilkan. Pemasaran dapat dimulai dari para tetangga, rekan, teman hingga saudara dan bisa melalui media sosial.

Jika usaha sudah mendapatkan keuntungan yang besar, maka Anda dapat menambah unit untuk memperlebar bisnis Anda.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memulai bisnis rental mobil, yaitu:

  • Mendaftarkan kendaraan di layanan asuransi mobil

Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap mobil Anda, seperti kecelakaan.

  • Memasang Global Positioning System (GPS) di dalam mobil

Dengan adanya GPS risiko pencurian mobil semakin kecil.

  • Membuat Perjanjian Khusus

Anda harus membuat perjanjian khusus dengan pelanggan untuk menghindari adanya penipuan atau pencurian. Perjanjian khusus tersebut seperti memberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) pada saat melakukan transaksi peminjaman. KTP dan KK akan dikembalikan ketika mobil selesai dipinjam.

Mobil Ngangur di Garasi Coba Ide Usaha Menggunakan Mobil Pribadi Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Ide Usaha Olahan Ikan yang Menggiurkan! Cuma Butuh Modal Kecil!]

 

#2 Ojek Online

Pekerjaan ojek online sudah banyak diminati oleh banyak orang karena waktu yang fleksibel.

Cara untuk bekerja di ojek online adalah mendatangi kantor penyedia jasa ojek online seperti Gojek, Grab dan lainnya yang ada di wilayah Anda untuk mendaftarkan identitas driver dan kendaraan yang akan digunakan.

Nah, kalau Anda diterima dan sudah terdaftar di jasa penyedia ojek online seperti, itu artinya Anda sudah memiliki akun untuk digunakan pada aplikasi smartphone dari penyedia jasa.

 

#3 Jasa Kursus Mengemudi

Di masa pandemi ini banyak orang memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum.

Bagi orang yang belum bisa mengemudi pasti sangat membutuhkan kursus, maka dari itu jasa kursus mengemudi sangat dibutuhkan.

Anda pun bisa memulai ide usaha menggunakan mobil pribadi jika memiliki kendaraan yang tidak terlalu sering digunakan dengan menawarkan jasa private mengemudi kepada yang membutuhkan.

Mobil Ngangur di Garasi Coba Ide Usaha Menggunakan Mobil Pribadi Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Ide Usaha yang Menjanjikan, Lengkap Dengan TIPS!]

 

#4 Jasa Antar Jemput Sekolah

Jaman sekarang lebih banyak orang tua lebih memilih untuk menyewakan jasa antar jemput untuk anaknya ke sekolah daripada harus mengantarkan anaknya sendiri ke sekolah.

Hal ini didasari orang tua siswa yang mempunyai jadwal pekerjaan yang cukup padat, maka mereka lebih memilih jasa antar jemput dan memberikan tunjangan gaji harian ataupun bulanan kepada penyedia jasa.

Akan tetapi di masa pandemi ini jasa antar jemput sekolah tidak disarankan, karena banyak sekolah yang menggunakan sistem belajar online.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#5 Jasa Pindahan

Di daerah kota-kota besar, di mana aktivitas pindahan rumah ataupun kontrakan sangat padat dan cepat. Bagi orang yang tidak punya mobil dan membutuhkan bantuan untuk pindahan, jasa pindahan sangatlah dibutuhkan.

Penyedia jasa pindahan sangatlah minim, sehingga ini kesempatan Anda untuk membuka jasa pindahan.

Sebenarnya usaha ini akan lebih cocok bagi mereka yang mempunyai mobil pick up, karena mobil tersebut lebih cocok mengangkut barang dalam jumlah banyak.

Peluang ini sangat menjanjikan karena minimnya persaingan jasa pindahan, sehingga potensi untuk mendapatkan pelanggan serta keuntungan akan lebih banyak hanya dalam satu hari saja.

Mobil Ngangur di Garasi Coba Ide Usaha Menggunakan Mobil Pribadi Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sambil Menyelam Minum Air, Ide Bisnis Saat WFH Tanpa Ganggu Kerjaan!]

 

#6 Ruang Untuk Pasang Iklan

Pasti Anda sudah sering melihat mobil yang ditempeli sebuah iklan, kan? Baik yang ukurannya full atau ukuran poster yang disertai dengan nomor handphone.

Mobil yang terpasang iklan belum tentu milik perusahaan karena sekarang banyak perusahaan mencari pemilik mobil yang mau dipasangkan iklan di mobilnya.

Cara ini sangat efektif untuk melakukan promosi karena tarif biaya untuk iklan pada mobil terbilang lebih murah dibanding dengan memasang iklan di perusahaan penyedia media pengiklanan atau baliho di pinggir jalan.

Dengan merelakan mobil untuk dipasangi iklan dari perusahaan ini dapat memberikan keuntungan sangat besar kepada Anda.

Tidak perlu menjual barang bahkan tidak perlu mengelola bisnis, hanya memanfaatkan mobil pribadi saja untuk media periklanan mereka.

Lakukan negosiasi atau kesepakatan harga dengan perusahaan yang berminat memasang iklan di mobil pribadi Anda. Semakin besar jenis iklannya, maka harga semakin mahal.

 

#7 Jualan

Semakin berkembangnya jaman, jualan tidak harus mempunyai toko atau tempat berjualan. Kendaraan seperti mobil dapat menjadi ide usaha menggunakan mobil pribadi.

Mengandalkan jualan makanan di mobil pribadi sangat cocok untuk dicoba oleh pemula, terutama bagi mereka yang mau mendapatkan keuntungan besar dengan cepat.

Jual produk lain pun bisa disesuaikan dengan tren atau barang yang sedang diminati oleh banyak orang.

Anda tinggal menentukan produk apa saja yang akan dijual tanpa mengeluarkan modal untuk sewa tempat untuk berjualan.

Mobil Ngangur di Garasi Coba Ide Usaha Menggunakan Mobil Pribadi Ini! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Ide Bisnis Kreatif yang Paling Diminati dan Jarang Diketahui!]

 

#8 Usaha Dropping Sayur

Usaha dropping atau menyetok sayuran ini memang tidak mudah.

Kelebihannya, cukup dengan modal proposal dan keberanian, Anda sudah bisa menemui pemilik restoran atau rumah makan yang nantinya akan membeli sayuran di tempat Anda.

Kelemahannya kalau semua restoran itu sudah punya langganan dan tidak mau berpindah hati, maka kemungkinan kecil bisa bekerja sama dengan Anda.

Jika Anda melakukan usaha dropping sayur-sayuran menggunakan mobil Anda, maka Anda harus memastikan sayur yang yang diantar ke tempat pelanggan harus segar dan harganya lebih murah. Dengan begitu sudah pasti pelanggan Anda semakin banyak.

 

Ayo, Gunakan Mobil Nganggur Untuk Usaha!

Mari kita pergunakan sebaik mungkin kesempatan yang ada. Mobil tidak terpakai lebih baik dijadikan sebagai ladang usaha daripada nganggur di garasi.

Tapi jangan lupa untuk tetap mencatat seluruh keuangan pribadi dan bisnis Anda dalam aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang memiliki fitur keuangan lengkap yang bisa membantu Anda dalam merencanakan keuangan. Yuk, download aplikasinya gratis di sini dan mulai rencanakan usaha Anda.

playstore icon
appstore icon

 

Semoga setelah membaca artikel ini kamu dapat mengetahui ide usaha menggunakan mobil pribadi Anda.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang dan berikan komentar kamu di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Referensi:

  • Abdul Wahab. 14 Desember 2019. 7 Cara Menghasilkan Uang Dari Mobil Pribadi Anda. Caradapatuang.com – https://bit.ly/3emknmG
  • Admin. 28 Desember 2019. Ide Usaha Dengan Menggunakan Mobil Pribadi. Pgbulletin.com – https://bit.ly/32957Fb
  • Admin. Memanfaatkan Mobil Pribadi Untuk Meraup Rezeki. Infopeluangusaha.org – https://bit.ly/2TOIDEL
  • Deka Pradifta. 9 Maret 2019. 7 Jenis Usaha Memanfaatkan Menggunakan Mobil Pribadi Yang Nganggur. Mandiribisnis.com – https://bit.ly/3n4FH3B

 

Sumber Gambar:

  • Ide Usaha 1 – https://bit.ly/38s2Mcm
  • Ide Usaha 2 – https://bit.ly/3pma8nM
  • Ide Usaha 3 – https://bit.ly/35d5Kzu
  • Ide Usaha 4 – https://bit.ly/3lefdfk