Ini dia beberapa daftar ide bisnis dan usaha kreatif yang paling diminati dan jarang diketahui orang-orang dengan modal minim!

Ketahui selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Daftar Ide Usaha Kreatif yang Paling Diminati

Sejak berkembangnya dunia digital dengan pesat dan akses internet yang mudah, makin banyak istilah-istilah baru yang tentunya harus kita ketahui.

Salah satu dari sekian banyak istilah baru, adalah bisnis kreatif. Lalu, sebenarnya apa itu industri atau bisnis kreatif?

Dikatakan oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, industri atau bisnis kreatif adalah:

“Pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.”

 

Jadi, sebenarnya bisa dibilang, industri kreatif bukan hanya berpusat pada bisnis atau usaha kreatif, ya?

Bisnis atau usaha kreatif, adalah salah satu yang termasuk ke dalam industri kreatif yang banyak ditekuni oleh anak muda saat ini.

Sudah banyak bertebaran anak muda-anak muda sukses yang berhasil mengembangkan usaha kreatif dengan menyediakan kebutuhan dan keinginan pasar jaman sekarang.

Kali ini, Finansialku akan memberikan beberapa ide bisnis kreatif yang mungkin saja bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk kamu memulai bisnismu. Ini dia!

 

#1 Jasa Sewa

Sewa Drone dan Kamera Spesifikasi Tinggi

Dulu, saat terbatasnya akses komputer, beberapa pelajar, mahasiswa, dan karyawan biasanya pergi ke tempat rental komputer untuk mengerjakan kewajibannya.

Tapi sekarang, hal itu tidak bisa lagi ditemukan, mengingat semakin banyak produk laptop yang murah dan ergonomis.

Jadi, ide usaha kreatif yang pertama, bukan rental komputer, ya, melainkan rental alat elektronik yang banyak dibutuhkan, yaitu drone.

Tidak semua orang punya kemampuan dan urgensi yang sama untuk memiliki drone.

Ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kamu, sang pemilik drone, untuk mulai jajal menyewakan drone milikmu ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Daftar Ide Bisnis Kreatif yang Paling Diminati dan Jarang Diketahui! 02

[Baca Juga: Rahasia Terbongkar! Ini 7 Mindset Capai Tujuan Bisnis Rumahan]

 

Biasanya, pihak yang membutuhkan, tidak bakal jauh dari dunia kreatif, seperti misalnya perusahaan agensi, atau bahkan developer yang memang butuh drone untuk menunjang kelangsungan proyek mereka.

Bukan cuma rental drone saja, tapi kamu juga bisa membuka rental kamera spesifikasi tinggi, lho!

Saat ini, lebih banyak orang yang tertarik untuk menyewa kamera, dibandingkan membeli sendiri.

Karena kembali lagi, urgensi dan kemampuan masing-masing orang berbeda. Jadi, untuk kamu yang punya kamera memadai dan spesifikasinya banyak dibutuhkan, kenapa tidak mulai untuk menyewakannya?

 

Jasa Sewa Peralatan Bayi

Eits, bukan cuma selesai di dua barang saja! Finansialku masih punya beberapa ide usaha kreatif yang berhubungan dengan penyewaan yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja, lho!

Salah satu di antaranya adalah jasa sewa peralatan bayi. Tunggu, peralatan yang dimaksudkan bukan sejenis popok, pakaian, dan hal-hal primer lainnya, lho!

Tapi penyewaan peralatan bayi ini terkait pada stroller, mainan bayi, dan hal-hal penunjang lainnya yang punya usia kegunaan yang pendek.

Karena usia kegunaannya yang pendek itu lah, yang akhirnya membuat para orang tua baru memilih untuk menyewa peralatan pendukung bayi, dan mengalokasikan dananya untuk hal lain yang dianggap lebih penting.

 

Jasa Sewa Pakaian

Jasa sewa pakaian mungkin masih terdengar sangat asing di telinga, ya? Hal ini wajar kamu rasakan, karena jasa sewa ini baru muncul belakangan ini.

Ditengarai oleh tuntutan pekerjaan untuk terus menggunakan baju berbeda setiap harinya, tapi takut berakhir punya sifat konsumtif yang berlebihan, akhirnya para pebisnis kreatif mulai menjajaki dunia sewa pakaian ini.

Tidak disangka, nyatanya jasa ini laris di pasaran, karena selain punya model yang beragam, tapi juga menjadi solusi dari dilema para karyawan yang punya tuntutan untuk menggunakan pakaian yang berbeda untuk setiap occasion.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk mulai menyewakan pakaianmu di lemari yang terbengkalai, jangan lupa untuk siapkan pakaian yang bersih dan siap pakai, ya!

Jangan lupa juga untuk menyediakan pilihan gaya dan warna yang beragam, agar pelangganmu punya banyak pilihan!

 

Sewa Hantaran Pernikahan

Ide bisnis kreatif yang satu ini, cocok untuk kamu yang pandai mendekorasi dan punya jiwa seni yang tinggi!

Kamu bisa manfaatkan kemampuan yang tidak banyak dimiliki orang itu untuk membuka jasa sewa hantaran pernikahan yang banyak digandrungi para pengantin muda.

Kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli bahan-bahan hantaran satu kali, yang kemudian bisa kamu gunakan untuk disewakan ke target konsumenmu. Mudah, ‘kan?

 

Sewa Novel

Jasa satu ini memang sudah banyak ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Biasanya, jasa penyewaan ini disertai dengan menjual makanan yang bisa dinikmati untuk para konsumen yang membaca novel di tempat.

Tapi, mengingat saat ini banyak target konsumen yang memilih berdiam diri di rumah dan melakukan semua transaksi secara online, kamu bisa manfaatkan celah ini untuk membuka jasa sewa novel secara online!

Kamu bisa mematok harga berdasarkan lama peminjaman atau ketebalan novel yang disewa.

Jadi, daripada membiarkan buku-bukumu memenuhi rak, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi penghasilan tambahanmu, ‘kan?

 

#2 Bisnis Itinerary Plus Guide

Jaman sekarang, di mana masyarakat sudah mulai memiliki hobi untuk liburan domestik atau di luar negeri, tentunya sudah banyak jasa tour and travel agency yang menawarkan berbagai macam kelebihan.

Hal ini tentu akan membuat kamu sedikit kesulitan untuk mempromosikan bisnismu yang serupa.

Tapi, jangan khawatir, kamu masih tetap bisa memberikan pelayanan maksimal dengan memberikan jasa itinerary atau rencana perjalanan buat para konsumen yang tidak terlalu suka dengan konsep travel packaged.

Daftar Ide Bisnis Kreatif yang Paling Diminati dan Jarang Diketahui! 03

[Baca Juga: Tidak Punya Uang Tapi Ingin Mulai Bisnis? Gini Caranya]

 

Kamu bisa memberikan rencana perjalanan yang terinci untuk dinikmati oleh konsumenmu.

Nah, kamu bisa mematok harga berdasarkan beberapa pertimbangan, seperti jumlah halaman rencana panduan, atau jumlah tempat yang dikunjungi.

Bersamaan dengan itu, kamu bisa juga sekaligus menawarkan guide pribadi buat konsumenmu.

Jadi, selain dapat pemasukan dari membuat itinerary, kamu bisa juga menambah pemasukanmu dari menyewakan guide untuk konsumenmu.

 

#3 Bisnis Makanan

Tunggu, sebelum kamu mulai mengeluh dan berbicara, ‘ini, sih, udah mainstream!’, lebih baik baca penjelasan Finansialku terlebih dahulu.

Bisnis makanan bukan cuma berkutat pada satu jenis saja, lho! Ada beberapa jenis makanan yang mungkin kamu lewatkan.

Misalnya, menjual bahan makanan dalam satu paket yang bisa memudahkan konsumenmu untuk membuat satu masakan.

Bukan cuma itu, kamu mungkin juga bisa membuka jasa titip untuk makanan hits yang ada di kotamu, untuk konsumen di seluruh Indonesia.

Atau, kamu juga bisa membuka les masak atau membuat pastry kekinian yang saat ini peminatnya tinggi.

 

Apapun Bisnis Kreatif Kamu, Jangan Sampai Lupakan Ini, ya!

Itu dia beberapa ide bisnis kreatif yang jarang diketahui, yang bisa kamu tekuni dengan mudah!

Tapi, terlepas dari apapun bentuk usaha kreatif yang akan kamu tekuni nanti, jangan lupa untuk mengelola keuanganmu dengan baik, ya!

Karena, seberapa pun besarnya bisnismu berkembang, tapi kalau kamu tidak mengelola keuangannya dengan baik, semuanya akan sia-sia, dan kamu tidak akan bisa menikmati hasil kerja kerasmu.

Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan pribadi dan bisnismu!

Semuanya dibahas secara mendalam di e-book Finansialku tentang Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis yang bisa kamu dapatkan secara GRATIS hanya dengan menekan tombol di bawah ini!

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Cek juga video berikut ini yaa:

 

Apakah di antara bisnis di atas, kamu pernah atau sedang menekuninya? Maukah kamu bagi pengalamanmu di kolom komentar?

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada rekan dan keluarga yang membutuhkan melalui pilihan platform di bawah ini, ya!

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis 01 – https://bit.ly/3gNwFEj
  • Bisnis 02 – https://bit.ly/3gHIax6
  • Bisnis 03 – https://bit.ly/3gUfDEQ