Penasaran apa saja sih mindset capai tujuan bisnis rumahan? Kesuksesan memang tidak bisa dibangun dengan jalan pintas, justru harus dibangun dengan mindset yang benar.

Seperti apa mindset yang dimaksud? Mari simak dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Mau Mulai Bisnis Rumahan? 7 Mindset untuk Capai Tujuan

Banyak yang menghindari usaha atau bisnis dewasa ini, salah satu penyebabnya adalah karena kemungkinannya untuk gagal cukup besar. Sebuah studi membuktikan bahwa 8% bisnis cenderung gagal pada 2 tahun pertama sejak dibuka.

Namun demikian, kita semua paham bahwa bisnis merupakan satu langkah demi mencapai kebebasan keuangan. Jadi, menghindari bisnis bukanlah kuncinya.

Rahasia Terbongkar! Ini 7 Mindset Capai Tujuan Bisnis Rumahan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Nah, bagi Anda yang memang berniat maju terus dan memulai bisnis rumahan, kami sarankan untuk tidak mudah tergoda dengan jalan pintas.

Jalan pintas memang tampak menarik, namun tidak bertahan lama. Mengatasi tantangan hingga berhasil mencapai apa yang ingin Anda lakukan itulah yang membuat kesuksesan terasa manis.

Jadi, sebenarnya apa sih rahasia untuk bisa sukses dan berhasil mengatasi tantangan dalam bisnis rumahan? Jawabannya sederhana, tidak ada “rahasia” untuk membangun bisnis rumahan yang sukses.

Tujuan bisnis rumahan sukses membutuhkan berbagai keterampilan, karakteristik, dan sifat yang seringkali tidak dibutuhkan dalam pekerjaan.

Semua itu terbentuk dalam 7 mindset berikut:

 

#1 Punya Kepercayaan

Bergantung pada tingkat kepercayaan diri Anda, mungkin lebih baik menyarankan Anda memiliki keyakinan dibandingkan kepercayaan.

Bagi banyak pengusaha rumahan yang berjuang atau gagal, hal yang menghalangi kesuksesan mereka adalah diri mereka sendiri.

Umumnya karena mereka tidak percaya bahwa mereka dapat mencapai kesuksesan, mereka tidak melakukan tugas-tugas yang perlu diselesaikan atau jika mereka melakukannya, mereka tidak melakukannya dengan sikap dan semangat yang tepat.

Rahasia Terbongkar! Ini 7 Mindset Capai Tujuan Bisnis Rumahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Henry Ford pernah berkata, “Whether you think you can, or you think you can’t, you’re right.”

Maknanya, jika Anda tidak percaya dengan diri sendiri, Anda tidak memiliki kekuatan untuk bekerja dan mengatasinya.

Sebaliknya, tantangan dan kemunduran digunakan sebagai bukti bahwa Anda tidak dapat melakukannya.

Di sisi lain, orang-orang yang memiliki keyakinan terus berjuang terlepas dari hambatannya, dan akhirnya meraih kesuksesan. Keyakinan adalah kunci yang akan membantu Anda tetap berada di jalur.

 

#2 Punya Visi

Mindset capai tujuan bisnis rumahan berikutnya adalah memiliki visi. Visi berfungsi ganda. Pertama, visi memberi Anda tanda yang kuat untuk diperjuangkan.

Anda pasti paham bahwa sulit untuk mencapai tujuan jika Anda tidak tahu apa tujuan Anda dengan jelas. Jadi pertama cobalah tanyakan seperti apa kesuksesan dalam bisnis rumahan bagi Anda?

Kedua, visi memberikan motivasi. Bersamaan dengan keyakinan, Anda membutuhkan alasan dan motivasi yang baik untuk mencapai tujuan Anda.

Jika tidak, terlalu mudah untuk membiarkan kekurangan waktu atau energi menggagalkan usaha Anda.

 

#3 Kalahkan Ketakutan

Ketakutan merupakan pembunuh mimpi terbesar. Ketakutan membuat orang memilih untuk berada dalam zona nyaman mereka, yang dirasa nyaman namun  bukan tempat yang bisa membawa Anda ke kesuksesan.

Memang betul menakutkan untuk menetapkan arah dalam hal yang tidak diketahui. Anda kerap kali bertanya:

  • Akankah usaha Anda berhasil?
  • Akankah orang menyukai produk atau layanan Anda?
  • Mampukah Anda menghasilkan uang?

 

Namun satu hal yang perlu Anda tahu, saat ini Anda tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Dan karena pertanyaan-pertanyaan ini tidak dapat dijawab, bukan berarti Anda takut dan mundur.

Tidak ada yang pernah mencapai kesuksesan tanpa keberanian untuk melangkah ke hal yang tidak diketahui.

 

#4 Mengambil Tindakan

Sukses tidak akan terjadi tanpa tindakan. Memenangkan lotere mungkin membuat Anda kaya, tetapi itu tidak membuat Anda sukses.

Jika Anda menganggap bahwa sebagian besar pemenang lotere menghabiskan uang mereka dan berakhir miskin lagi, ini bukti bahwa kekayaan tidak membangun keterampilan dan karakter yang diperlukan untuk mempertahankannya.

Rahasia Terbongkar! Ini 7 Mindset Capai Tujuan Bisnis Rumahan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

Saat Anda bertindak demi mencapai kesuksesan Anda sendiri, maka dari sini Anda belajar. Anda tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak, Anda mengembangkan keuletan dan ketekunan, dan Anda membangun karakter.

Selanjutnya, semakin banyak tindakan yang Anda lakukan secara teratur, semakin banyak momentum yang Anda bangun, sehingga Anda mencapai kesuksesan lebih cepat.

 

#5 Mengelilingi Diri dengan Orang yang Berkualitas

Hanya karena Anda membangun bisnis rumahan, bukan berarti Anda harus melakukannya sendiri.

Memulai dan mengembangkan bisnis adalah kerja keras, dan terkadang kata-kata yang membesarkan hati sangat membantu Anda untuk tetap termotivasi.

Pelatih dan mentor bisa sangat membantu dalam memberi Anda keterampilan dan dukungan yang Anda butuhkan. Mereka juga dapat memberikan dukungan emosional, serta umpan balik dan tips untuk membantu Anda membangun bisnis.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#6 Fokus

Memiliki visi untuk bisnis Anda adalah cara yang bagus untuk mengembangkan fokus. Nah, yang perlu Anda tahu selanjutnya adalah untuk tidak mudah tergoda dengan sesuai yang berkilau.

Benda-benda berkilau awalnya tampak membantu. Contoh dari benda berkilau ini adalah sistem pemasaran baru atau program cepat kaya. Namun pada akhirnya, mereka mengambil fokus Anda, serta membuang waktu dan uang Anda.

Ketika Anda mengembangkan visi Anda, Anda juga menciptakan jalan untuk mencapainya. Tetap fokus pada rencana Anda dan jangan biarkan diri Anda teralihkan oleh benda-benda berkilau tadi.

 

#7 Bangkit Kembali

Yang terakhir namun paling penting dan melebihi segalanya, baik untuk tujuan sukses dalam bisnis rumahan, atau tujuan apa pun, adalah kemampuan untuk bangkit kembali dan terus berjuang dalam menghadapi kegagalan.

Tidak peduli bisnis apa yang Anda mulai, jelas Anda akan mengalami masalah dan tantangan.

Banyak orang menemui hambatan atau tidak mencapai hasil yang mereka inginkan dengan cukup cepat dan memandang tantangan ini sebagai tanda untuk berhenti.

Rahasia Terbongkar! Ini 7 Mindset Capai Tujuan Bisnis Rumahan 04 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

Namun nyatanya tidak demikian, tantangan dan kegagalan dipandang orang-orang sukses sebagai masalah yang perlu dipelajari dan diatasi.

Justru kegagalan ini adalah sebuah pengalaman mahal dan berharga yang akan membentuk diri Anda menjadi seorang pebisnis berpengalaman yang berbeda dengan pebisnis lainnya.

 

Mencapai Tujuan Bisnis Rumahan Tidak Sulit

Dengan 7 mindset capai tujuan bisnis rumahan di atas, mencapai tujuan bisnis rumahan tidaklah sulit. Kesimpulannya, kesuksesan bisnis akan bisa Anda peroleh saat Anda menganggapnya sebagai sebuah proses bertumbuh.

Tanpa mengharapkan hasil instan dan jalan lurus tanpa liku, Anda akan bertumbuh menjadi seorang pebisnis yang sukses.

Jika Anda masih menemukan kesulitan, konsultasikanlah dengan ahli keuangan untuk mendapatkan tips dan rekomendasi yang tepat.

Anda bisa terhubung dengan perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Dengan aplikasi ini, Anda pun bisa mencatat, merencanakan dan mengecek kesehatan finansial Anda. Download aplikasinya di sini dan capai kesuksesan bisnis rumahan Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang 7 mindset capai tujuan bisnis rumahan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Leslie Truex. 25 Juni 2019. Secrets to Home Business Success. Thebalancesmb.com – https://bit.ly/3hq8Bsl

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis 1 – https://bit.ly/3b208sT
  • Bisnis 2 – https://bit.ly/3lhutbD
  • Bisnis 3 – https://bit.ly/2FPsivF
  • Bisnis 4 – https://bit.ly/2FZnMuN