Sebagai ibu rumah tangga tentunya kepentingan keluarga dan rumah menjadi yang utama. Namun bukan berarti ibu rumah tangga tidak dapat memiliki usaha sampingan.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, ibu rumah tangga dapat membagi waktu untuk mendukung kondisi finansial keluarga.  Mari kita lihat beberapa usaha sampingan yang sesuai bagi ibu rumah tangga.

 

Rubrik Finansialku

Start It Up Finansialku

 

Usaha Sampingan yang Tidak Menyita Waktu

Pekerjaan atau usaha yang sesuai bagi ibu rumah tangga tentunya adalah usaha yang tidak menyita waktu. Dengan demikian ibu rumah tangga dapat bekerja sambil tetap melaksanakan tugasnya di rumah dan tetap ada bagi anak-anaknya.

Dengan kemajuan teknologi di zaman modern ini tidak sulit mencari pekerjaan seperti itu, terutama dengan bantuan internet. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa ide usaha sampingan yang tidak menyita waktu Anda.

Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini

[Baca Juga: Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini]

 

#1 Blogger atau Social Media Influencer

Usaha ini merupakan salah satu usaha yang menunjukkan betapa bergunanya internet untuk membantu usaha Anda. Dengan menjadi seorang professional blogger atau social media influencer, Anda tidak perlu berangkat ke kantor di pagi hari dan pulang di malam hari.

Anda dapat mengerjakannya di rumah saat Anda sedang memiliki waktu luang dan Anda hanya memerlukan media website atau media sosial yang dilengkapi dengan internet yang memadai. Apakah usaha ini dapat menghasilkan uang? Tentunya iya.

Bahkan banyak professional blogger yang menghasilkan miliaran rupiah setiap tahunnya. Dengan berkembangnya affiliate marketing dan meningkatnya pengguna internet, bisnis ini menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan oleh ibu rumah tangga untuk mengisi waktu di rumah.

 

#2 Freelancer

Jika Anda memiliki keterampilan tertentu namun tidak memiliki waktu penuh untuk menyalurkannya, mungkin bekerja paruh waktu menjadi salah satu solusinya.

Banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakan jasa pekerja paruh waktu belakangan ini, karena lebih praktis dan biayanya lebih murah.

Anda dapat mengerjakan pekerjaan ini kapan saja karena umumnya pekerjaan paruh waktu berupa project dengan deadline tertentu. Sebagai contoh Anda dapat bekerja sebagai admin yang menginput data perusahaan atau membuat software sederhana yang digunakan oleh perusahaan.

8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom

[Baca Juga: 8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom]

 

#3 Konsultan

Salah satu kelebihan dari entrepreneur adalah Anda dapat membagi waktu bagi diri sendiri dan keluarga. Jika Anda berniat menjadi seorang konsultan, bukan berarti Anda harus bekerja di sebuah perusahaan dan mengikuti jam operasionalnya.

Anda dapat menjadi seorang konsultan mandiri. Beberapa contohnya adalah menjadi konsultan pernikahan, konsultan keuangan, konsultan karier dan sebagainya.

Manfaatkan kemampuan dan keterampilan Anda untuk membangun usaha sendiri dan menjadi pimpinan atas diri Anda sendiri. Dengan demikian, Anda dapat membangun kesuksesan Anda dari rumah tanpa menelantarkan keluarga.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

#4 Jasa Catering

Apakah Anda gemar memasak? Apakah seluruh keluarga menyukai masakan Anda? Mungkin Anda dapat mempertimbangkan jasa catering sebagai salah satu usaha sampingan di rumah.

Usaha ini tidak memerlukan modal besar dan dapat dilakukan sehari-hari di rumah. Jasa catering terlihat sederhana, namun keuntungannya cukup besar lho.

Penjualan makanan umumnya memiliki untung 50% hingga 100% dari modalnya. Anda dapat membuka jasa catering untuk nasi boks, atau bahkan kue-kue basah.

Satu hal yang perlu diingat, ketekunan dan kerja keras sangat dibutuhkan untuk usaha ini, karena Anda dituntut untuk mencari bahan makanan yang berkualitas dan menghasilkan produk berkualitas pula.

Selain itu, Anda memerlukan manajemen yang baik, sebagai contoh Anda memerlukan koordinasi yang baik antar pekerja bagian produksi dan bagian delivery agar kepuasan konsumen selalu terjaga.

Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)

 [Baca Juga: Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)]

 

#5 Usaha Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan adalah bisnis dengan modal kecil namun memiliki peluang masa depan yang cukup baik. Melihat makanan ringan semakin digemari masyarakat, dengan lingkup pasar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, maka usaha ini patut dipertimbangkan.

Selain itu, sangat banyak ide makanan ringan yang beredar saat ini, sehingga tidak sulit untuk mencari ide baru untuk menarik pelanggan.

Makanan ringan yang dimaksud bisa dimulai dari cemilan, keripik, gorengan, hingga kue kering. Sama seperti jasa catering, kunci kesuksesan usaha makanan ringan adalah ketekunan dan manajemen yang baik.

Banyak contoh bisnis makanan ringan yang gagal karena manajemen yang tidak baik atau menurunnya kualitas karena berkurangnya ketekunan pembuatnya. Namun jika dijalani dengan sungguh-sungguh, usaha sampingan ini sangat menguntungkan lho, Moms.

5 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Uang Secara Online

[Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Uang Secara Online]

 

Keseimbangan antara Pekerjaan dan Keluarga

Sebagai seorang ibu rumah tangga tentunya Anda tahu kesulitannya untuk membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Anda selalu harus siaga untuk menyediakan berbagai kebutuhan keluarga kapan saja.

Untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga, Moms dapat mencoba beberapa ide usaha sampingan yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan demikian ibu rumah tangga tetap dapat menjalankan tugasnya namun juga dapat membantu suami dalam meningkatkan kondisi finansialnya.

 

Apakah Anda mengetahui ide usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Live Olive. 9 Desember 2015. 4 Ide Bisnis Untuk Single Parent. Rappler.com – https://goo.gl/cestv8
  • Cermati. 16 Februari 2016. 10 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula. Cermati.com – https://goo.gl/a0BUFQ

 

Sumber Gambar:

  • Ibu Rumah Tangga – https://goo.gl/A6LEKg dan https://goo.gl/YUA6xQ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku