Apakah Anda adalah seorang Single Mom? Sudahkah Anda mengatur keuangan Anda dengan baik? Berikut 8 Cara jenius yang dapat Anda ikuti guna mengatur keuangan rumah tangga dan keluarga Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Kelola Keuangan dengan Cerdas

Menjadi seorang single mom, Anda tentu akan memiliki sejumlah kebijakan yang diterapkan sedemikian rupa di dalam rumah tangga Anda. Anda adalah orangtua tunggal bagi anak-anak Anda, sehingga penting bagi Anda untuk bisa mengatur rumah tangga Anda dengan sedemikian rupa, sehingga semua urusan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Memenuhi semua kebutuhan rumah tangga dan memastikan masa depan anak-anak, ini tentu menjadi salah satu tantangan terbesar yang akan selalu Anda hadapi, bukan?

Untuk memenuhi semua kebutuhan rumah tangga Anda dengan baik, maka Anda tentu wajib memiliki keuangan yang sehat dan mencukupi. Hal ini sangat penting, mengingat semua kebutuhan rumah tangga Anda, akan Anda penuhi secara mandiri (tanpa bantuan orang lain). Anda tentu selalu mengharapkan semua yang terbaik bagi kehidupan keluarga Anda, terutama terkait dengan berbagai kebutuhan anak-anak Anda juga.

8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom 2 - Finansialku

[Baca Juga: Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga?]

 

Tidak masalah berapa penghasilan Anda atau berapa banyak aset yang telah Anda miliki saat ini, Anda tetap wajib memiliki sebuah lini keuangan yang sehat dan kuat. Penting bagi Anda untuk memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan Anda dengan cara yang paling tepat dan efektif, dimana semua kebutuhan keluarga Anda dapat terpenuhi dengan baik, termasuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Cara Anda mengelola keuangan, akan menjadi salah satu poin penting yang mempengaruhi kualitas kehidupan Anda dan juga keluarga Anda. Jadi, lakukan hal ini dengan cerdas, sehingga semua pos di dalam keuangan Anda dapat berjalan dengan seimbang.

Simak beberapa cara cerdas yang wajib Anda jalankan di dalam keuangan Anda berikut ini:

 

#1 Hitung Berapa Total Aset yang Anda Miliki

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah menghitung semua nilai aset yang Anda miliki saat ini. Buat daftar dan juga nilai semuanya dengan teliti, misalnya: nilai properti, kendaraan, perhiasan, surat berharga, uang tunai dan bahkan asuransi. Untuk yang terakhir ini, perlu Anda cermati secara khusus (jika suami meninggal dunia), maka Anda atau anak Anda selaku ahli waris dapat mencairkan asuransi jiwanya. Hitung semua nilai total aset yang Anda miliki, sehingga Anda dapat melihat kondisi keuangan yang terkini. Hal ini sangat penting, agar Anda memahami bagaimana kemampuan keuangan Anda dan apa saja langkah yang perlu Anda lakukan di dalam keuangan tersebut, agar berjalan dengan baik ke depannya.

Kehidupan saat Suami Meninggal Bukan Akhir dari Segalanya - Finansialku

[Baca Juga: Kehidupan saat Suami Meninggal Bukan Akhir dari Segalanya]

 

#2 Buatlah Anggaran Keuangan yang Tepat

Susunlah sebuah anggaran untuk keuangan Anda, sehingga Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih tepat. Terapkan sejumlah kebijakan di dalam anggaran tersebut, sehingga anggaran ini bisa berjalan baik dan memenuhi semua kepentingan serta tujuan keuangan Anda dengan baik. Jangan berlebihan, buatlah anggaran yang masuk akal dan juga seimbang.

 

#3 Hitung Nilai Utang dan Mulailah Melakukan Pelunasan

Jumlahkan semua kewajiban keuangan (utang) Anda, baik itu yang dalam jumlah kecil atau bahkan yang terbesar sekalipun. Anda bisa mengurutkannya dengan mengikuti tanggal jatuh tempo, atau bahkan utang yang memiliki nilai bunga paling tinggi. Alokasikan sejumlah dana untuk melunasi utang ini. Jika ternyata dana yang tersedia tidak mencukupi, maka lakukan pelunasan secara bertahap. Mulailah melunasi utang dengan bunga tertinggi, sehingga Anda tidak perlu membayar biaya bunga lagi ke depannya.

Cara Melunasi Hutang yang Harus Dipraktekkan Ibu Rumah Tangga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Melunasi Hutang yang Harus Dipraktekkan Ibu Rumah Tangga]

 

#4 Miliki Tujuan Keuangan

Keuangan harus memiliki tujuan tertentu, sehingga berbagai hal penting di dalam hidup Anda bisa tercapai dengan baik di masa yang akan datang. Tujuan keuangan ini adalah sebuah titik yang akan Anda capai untuk berbagai kepentingan di dalam keuangan Anda, misalnya: pendidikan anak, wisata keliling dunia, tabungan pensiun dan yang lainnya.

 

#5 Miliki Asuransi

Jangan lupa untuk selalu melindungi diri Anda dan juga anak-anak Anda dengan perlindungan asuransi yang memadai. Ini sangat penting, terutama bagi Anda sebagai orangtua tunggal, maka Anda wajib memiliki asuransi jiwa. Asuransi jiwa ini akan memberikan perlindungan bagi anak-anak Anda, jika sewaktu-waktu terjadi risiko atas diri Anda, sehingga masa depan mereka tidak akan mengalami kendala biaya akibat hal tersebut.

Moms, Mobilnya Diasuransikan, Orangnya Kok Tidak - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan Cashless Baik Untuk Keluarga Anda]

 

#6 Lakukan Investasi

Lakukan investasi di dalam keuangan Anda, sebab ini akan membuat keuangan Anda tetap berjalan lancar di masa yang akan datang. Jangan menyimpan uang di dalam tabungan saja, sebab nilainya akan habis tergerus oleh inflasi. Beli portofolio dan kelolalah dengan baik, sehingga bisa memberikan imbal hasil yang maksimal untuk keuangan Anda. Jangan lupa untuk melakukan diversifikasi, agar risiko investasi tersebut dapat terbagi.

 

#7 Dana Pendidikan Anak

Anda juga wajib memiliki sejumlah dana yang mencukupi untuk dana pendidikan anak di masa yang akan datang. Siapkan dana ini sejak jauh-jauh hari, sehingga Anda memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkannya dengan maksimal. Jangan lupa untuk selalu memperhitungkan besaran inflasi, mengingat sejumlah dana pendidikan ini baru akan digunakan di masa yang akan datang (bertahun-tahun atau bahkan belasan tahun yang akan datang). Pastikan dananya cukup, sehingga pendidikan anak bisa berjalan dengan baik.

Seberapa Penting Merencanakan Dana Pendidikan Anak untuk Masuk PG dan TK - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Seberapa Penting Merencanakan Dana Pendidikan Anak untuk Masuk PG dan TK]

 

#8 Siapkan Dana Pensiun

Meski anda masih muda, Anda tetap wajib menyiapkan sejumlah dana untuk masa pensiun Anda nanti. Ini bahkan sangat penting untuk Anda cermati, mengingat Anda tidak memiliki seorang pasangan lagi. Semakin cepat Anda menyiapkan dana pensiun ini, maka akan semakin mudah Anda memenuhi jumlahnya. Jadi, mulailah menyiapkannya sejak saat ini juga. Buat tabungan khusus untuk dana pensiun Anda, agar tidak tercampur dengan sejumlah dana lainnya.

 

Atur Keuangan Dengan Bijaksana

Setelah mengetahui 8 cara mengatur keuangan, Anda tetap harus bijaksana dalam mengelolanya. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan-kesalahan yang dibuat. Jika Anda mengalami kesulitan, silakan hubungi tim perencanaan keuangan kami.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Sudahkah Anda mengatur keuangan Anda dengan benar sebagai single mom. Berikan komentar, tanggapan dan pertanyaan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa bagikan setiap informasi dan wawasan yang Anda dapatkan melalui Finansialku.com kepada setiap kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 1 Juli 2015. Cara Cerdas Mengatur Keuangan Untuk “Single Mom. Cermati.com – https://goo.gl/MnZFGV

 

Sumber Gambar:

  • Asian Single Mom – https://goo.gl/2XZGcd dan https://goo.gl/RvnF2u

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang