Menjadi miliarder dan cepat kaya mungkin menjadi mimpi bagi banyak orang. Tapi bagaimana cara meningkatkan kekayaan Anda sekarang?

Inilah rahasia umum yang masih sulit diterima banyak orang, sehingga hanya sebagian yang berhasil dan menjadi kaya dengan aset berlipat-lipat. Yuk kita cari tahu bagaimana cara menjadi kaya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Masih Banyak yang Susah Menambah Aset dan Meningkatkan Kekayaan?

Saya pernah mendengar bahwa semua orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi kaya. Hal ini dipertegas lagi dengan fakta bahwa banyak miliarder kaya dan sukses yang memulai tanpa bekal apapun selain pikirannya.

Ada miliarder yang memulai dari bawah dan bahkan dari keluarga kurang mampu dan berantakan.

Dari sini saya bertanya-tanya, lantas kenapa tidak semua orang bisa sukses? Kenapa sebagian berhasil dan sebagian malah kesusahan bahkan untuk menjalani hidup hari demi hari?

Pertanyaan ini terus berkutat di kepala saya hingga saya melihat sebuah video tentang ciri-ciri orang yang bisa sukses menambah aset dan meningkatkan kekayaannya.

Adapun 3 ciri paling umum yang kerap ditemui pada orang sukses adalah sebagai berikut:

 

#1 Cepat Mengimplementasikan

Satu hal yang paling mudah disadari dari orang sukses adalah kecepatan mereka dalam mengimplementasikan sesuatu.

Saat memperoleh informasi mereka langsung mencari cara untuk menjalaninya, dan mereka akan menjalaninya tanpa membuang-buang waktu.

 

Sebagai contohnya, saat mereka membaca buku dan memperoleh informasi yang bermanfaat. Mereka akan langsung menyerap informasi itu dan memanfaatkannya dalam bisnis atau hidup mereka sesegera mungkin.

Jadi, saat mereka tahu sesuatu itu baik dan benar, mereka bahkan tidak memikirkannya. Mereka langsung menggunakannya dan mengubah hidup mereka segera.

Cara Menambah Aset 02 Orang Kaya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mulai Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Demi Meraih Kebebasan Keuangan]

 

#2 Kemampuan Mengambil Tindakan Meski Ada Ketidakpastian

Banyak orang yang senang bermain aman dan tidak berani bertindak saat sesuatu itu tidak pasti. Inilah yang menyebabkan orang susah sukses dan kaya. Orang yang sukses menghadapi ketidakpastian bukan dengan cara mundur.

Mereka justru akan mencari tahu apakah ketidakpastian itu bisa diubah menjadi sesuatu yang lebih jelas. Dari sini mereka akan menyimpulkan apakah ketidakpastian ini bisa menguntungkan atau malah membawa kerugian.

Dan dari kesimpulan tersebut mereka akan bertindak. Mereka tidak terus mundur atau ragu, karena ini hanyalah membuang-buang waktu.

Apabila tindakan mereka berujung kegagalan pun, mereka tidak menyesal dan akan langsung mengatasinya sebisa mungkin.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#3 Menghargai Waktu

Jika Anda selalu menghargai setiap detik waktu Anda tanpa membuang-buang waktu sembarangan, maka itu sudah menunjukan satu ciri sukses dalam diri Anda.

Mereka yang sukses tidak suka waktunya terbuang percuma, misalnya untuk menonton acara gossip, melihat media sosial, atau bersantai-santai percuma.

Mereka punya jadwal, tahu apa yang harus dilakukan pada setiap waktu dan berusaha memaksimalkan waktu untuk kegiatan yang memang menambah nilai.

 

Mereka tidak mengeluh karena harus bekerja 8 jam sehari, mereka justru merasa waktu 24 jam dalam sehari itu masih kurang. Mereka mencintai apa yang mereka kerjakan dan mereka memanfaatkan waktunya dengan baik.

Jadi kenapa masih banyak orang yang susah menjadi sukses dan kaya? Itu dikarenakan mereka belum memanfaatkan 3 ciri sukses ini dalam kehidupannya. Mereka bahkan masih menganggap ini aneh.

Nah, meski 3 ciri ini belum ada di dalam diri Anda, masih banyak cara merubah diri. Dengan demikian Anda bisa menambah aset dan meningkatkan kekayaan berlipat-lipat.

Orang Kaya TIDAK Melakukan 6 Kesalahan Berikut Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Cara Menambah Aset dan Meningkatkan Kekayaan Berlipat-Lipat

Mungkin terdengar mustahil untuk meningkatkan kekayaan berlipat-lipat dalam waktu yang cukup cepat. Bahkan sebagian pasti segera berpikir bahwa ini hanyalah hoax.

Namun kenyataannya, perubahan kecil dalam pikiran dan tindakan Anda yang akan menyeleksi Anda menjadi sukses atau menjadi orang biasa yang akan kesulitan meraih sukses.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, semua orang memiliki bekal awal yang sama untuk menjadi kaya.

Jika Anda bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan bekal awal itu, bukanlah gelar sarjana, profesor, dan bukan juga warisan dari orang tua kaya.

 

Bekal awal ini berupa aset yang sangat kuat dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Jika dimanfaatkan dengan baik, aset ini bisa memberikan pengembalian tak terbatas.

Aset tersebut yaitu pikiran atau bisa disebut juga aset intelektual.

Dengan kata lain, jika Anda menginvestasikan waktu dan uang untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan Anda, maka Anda bisa memperoleh pengembalian tak terbatas sepanjang hidup.

Tetapi kenapa masih saja ada orang yang susah kaya dan terus menemukan kegagalan? Jawabannya adalah mereka tidak memanfaatkan aset intelektualnya dengan tepat.

Jangan jadi seperti mereka dan segera aplikasikan beberapa cara sederhana berikut ini untuk menjadi sukses dan kaya:

 

#1 Fokus Pada Pemasukan Lebih, Bukan Penghematan Saja

Pernahkah Anda mendengar teman Anda yang gemar menghemat sejak kecil namun belum kaya juga sampai sekarang? Memang ada? Banyak!

Kesalahan disini bukanlah dari segi penghematannya, namun karena fokus mereka yang hanya pada penghematan. Padahal tahukah Anda bahwa pada satu titik penghematan akan mentok dan Anda harus mencari solusi lain?

Betul sekali, solusinya adalah dengan mencari pemasukan atau pendapatan tambahan.

 

Kenaikan harga kebutuhan sehari-hari terus meningkat dan peningkatannya jauh lebih besar dari peningkatan upah. Oleh karena itu suatu hari nanti Anda akan kesulitan menghemat.

Sebelum terjadi hal seperti itu, Anda sudah harus mengantisipasinya dengan cara mencari pendapatan tambahan, misalnya dengan mencari pekerjaan sampingan atau membuat bisnis kecil-kecilan.

Dengan demikian, Anda bisa tetap menabung atau berinvestasi tanpa harus terus berhemat dan menyengsarakan hidup Anda.

Tenyata Begini Cara Menjadi Kaya dan Sukses Dalam Keuangan 03 Menciptakan Nilai - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

#2 Fokus Pada Pendapatan Pasif (Passive Income)

Jika Anda sudah memperoleh pendapatan cukup tinggi dan mampu melunasi cicilan rumah dan cicilan mobil, biasanya Anda merasa bahwa Anda sudah mencapai kebebasan finansial. Namun nyatanya tidak.

Jika Anda masih mengandalkan upah pekerjaan Anda untuk membayar kebutuhan, maka Anda belum bisa dikatakan siap menjadi kaya.

Namun jangan cemas dan menyerah begitu saja, masih ada jalan bagi Anda untuk memperoleh tujuan Anda. Kebebasan finansial dan kekayaan hanya bisa dicapai melalui satu hal yaitu pendapatan pasif.

Apa itu pendapatan pasif? Pendapatan pasif merupakan pendapatan di luar pekerjaan Anda yang dapat menghidupi Anda.

Dengan pendapatan pasif yang cukup, Anda dapat bebas finansial seumur hidup walaupun Anda mengundurkan diri dari pekerjaan Anda. Intinya disini adalah capailah kebebasan finansial baru mengejar kekayaan.

Definisi Bank Investasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

#3 Mampu Membedakan Aset dan Liabilitas

Banyak individu yang belum melek finansial dan melakukan investasi yang ujung-ujungnya hanya menjadi liabilitas.

Lalu sebenarnya apa bedanya aset dan liabilitas? Aset merupakan investasi yang menghasilkan arus kas positif sedangkan liabilitas tidak. Definisi mudahnya adalah sebagai berikut:

  • Aset menghasilkan uang ke dalam kantong Anda.
  • Liabilitas mengeluarkan uang dari dalam kantong Anda.


Mereka yang kesulitan mencapai kekayaan biasanya gagal memahami mana yang liabilitas dan mana yang aset.

Sebagai contoh, Anda belum tentu sudah kaya jika telah memiliki rumah, mobil, perhiasan mewah, gadget terbaru, dan sebagainya.

Segala yang Anda miliki tersebut bukan aset melainkan liabilitas. Aset mendatangkan arus kas positif ke dalam kantung Anda, jika hal di atas tidak demikian artinya itu bukanlah aset.

Sederhananya, kalau merasa “aset” yang dimiliki justru membuat uang senantiasa keluar dari kantong maka Anda akan susah kaya.

Jadi, mulailah bedakan mana yang liabilitas dan mana yang aset, lalu kumpulkan aset dan hentikan mengumpulkan liabilitas.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#4 Membeli Rumah

Sebagian orang memilih untuk menyewa dengan alasan tidak punya uang untuk membeli hunian atau rumah.

Padahal pertanyaannya adalah: “Tidak sayangkah uang Anda yang dibayarkan kepada pemilik rumah? Anda mengeluarkan uang setiap periodenya tapi pada akhirnya apa yang Anda dapatkan?”

Jawabannya adalah tidak ada yang akan Anda dapatkan! Ratusan juta uang dikeluarkan untuk membayar sewa tapi selamanya Anda tidak memiliki atau mendapatkan apa-apa.

Dengan membeli rumah, pembayaran hipotek akan menuju ke arah membangun ekuitas, nilai yang dapat meningkat jika rumah anda mengalami peningkatan nilai.

Dan ada potensi untuk mendapatkan semua uang kembali jika anda memilih untuk menjualnya. 

Namun alangkah baiknya jika Anda menabung dengan cepat atau mencari pinjaman yang masuk akal untuk membayar uang muka (DP) rumah, kemudian memanfaatkan uang sewa Anda sebagai cicilan.

Dengan demikian, uang yang Anda bayarkan setiap periodenya akan memberi hasil yang nyata dan tidak hilang dengan sia-sia.

 

#5 Mengeliminasi dan Menghindari Utang

Semakin lama utang tidak dilunasi, akan semakin menumpuk. Mengapa seperti itu? Sederhana saja, namanya berutang pasti ada imbalan yang diperoleh oleh pihak yang memberi pinjaman.

Imbalan tersebut biasanya berupa bunga yang dikenakan pada pokok utang Anda. Bunga ini akan semakin banyak karena terus diakumulasikan pada setiap periode. Hasilnya? Utang akan semakin menumpuk.

Tips Investasi untuk Mahasiswa 2019 01 - Finansialku

[Baca Juga: CEO Snapchat, Evan Spiegel Memberikan Kata-kata Motivasi Agar Jadi Anak Muda Terkaya di Dunia

 

Sesuai dengan hasil wawancara terhadap 400 orang terkaya di Amerika Utara, mayoritas mengatakan bahwa “Kunci nomor satu untuk mencapai kekayaan adalah mengeliminasi utang dan selalu menghindari utang.”

Sebenarnya teori ini sudah sejak lama ada. Bahkan Albert Einstein, sang jenius dahulu pernah mengungkapkan:

“Those who understand interest earn it, those who don’t, pay it.”

 

Tentunya semua orang ingin menjadi pihak yang menerima bunga, bukan membayarnya. Kuncinya sederhana, dengan mengetahui kunci untuk menjadi orang kaya yang tidak perlu berutang.

Namun jika memang Anda sudah terlilit utang, jangan khawatir. Anda bisa membalik keadaan dengan belajar melunasi utang Anda lebih cepat.

 

#6 Mengutamakan Proteksi

Anda pasti pernah mendengar dari orang tua atau ketika Anda bersekolah bahwa ada pepatah “Mencegah lebih baik daripada mengobati.”

Maka pepatah tersebut benar adanya. Penyakit itu layaknya utang, semakin lama dibiarkan makan akan semakin parah dan semakin sulit diobati.

Pada akhirnya entah berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobatinya. Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan pencegahan dan proteksi.

Hal ini patut diaplikasikan bukan hanya dalam kesehatan tubuh saja, namun juga keamanan aset Anda. Artinya, mulailah melirik perlindungan seperti asuransi untuk menjaga kesehatan tubuh dan aset Anda.

Tips Investasi Mahasiswa 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

#7 Merencanakan Masa Pensiun

Berdasarkan sebuah studi, 90% orang berada di jalur yang salah dalam persiapan masa setelah grafik penghasilan mulai menurun. Kok bisa?

Nah, salah satu penyebab 90% orang yang tidak siap menghadapi pensiun adalah karena kurangnya persiapan sejak usia muda. Disinilah pentingnya sebuah perencanaan pensiun (retirement plan).

Dengan perencanaan pensiun, Anda akan memperoleh beberapa benefit berikut:

  1. Anda dapat mengetahui estimasi berapa jumlah uang yang Anda butuhkan saat pensiun.
  2. Anda dapat mengetahui berapa lama Anda harus berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun tersebut.
  3. Perencanaan dana hari tua akan berperan sebagai peta (penunjuk jalan), untuk memperjelas arah investasi Anda. Tahukah Anda banyak orang terkena investasi bodong karena mereka tidak tahu arah dan tergoda dengan “janji” atau “iming-iming” keuntungan besar.
  4. Sangat memungkinkan Anda dapat mempertahankan gaya hidup (lifestyle) Anda saat pensiun, sehingga Anda bisa menjalani masa pensiun dengan sejahtera. Syaratnya, jangan terlambat melakukan perencanaan dana hari tua.
  5. Memungkinkan Anda untuk tetap memiliki sumber pendapatan saat memasuki masa pensiun. Misalnya bunga deposito, pendapatan pasif dan lain sebagainya.
  6. Anda dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam mempersiapkan dana hari tua, jika Anda memiliki perencanaan dana hari tua.

Kabar baiknya, kini sudah banyak tools yang dapat membantu Anda membuat perencanaan pensiun, misalnya dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Dengan demikian masa pensiun bisa dihadapi dengan tenang dan sejahtera.

Bagi Anda pengguna baru, Anda bisa download Aplikasi Finansialku secara gratis di Google Play Store.

Dengan merencanakan masa pensiun, maka hasil kerja keras Anda selama ini akan bisa dinikmati meski setelah Anda tidak bekerja. Anda bahkan bisa mewariskannya kelak sehingga masa depan anak cucu pun lebih terjamin.

Zaman Digitalisasi Ini dia Cara Investasi Mudah Kekinian! 03 Investasi uang - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

Jadi, Sudah Siapkah Menjadi Orang Kaya?

Kesimpulannya, setiap orang memiliki bekal yang sama dalam mencapai kekayaan, perbedaannya hanya dari cara mereka memanfaatkan bekal tersebut.

Kini keputusan berada di tangan Anda, apakah Anda ingin menjadi seseorang yang sukses dan cepat kaya atau susah kaya?

Yuk share jawaban Anda pada kolom komentar di bawah, kami sangat menghargai setiap sharing dari Anda, terima kasih.

 

Ingin Respon Cepat dalam berkonsultasi seputar pernikahan di KUA atau apapun masalah keuangan Anda? UPGRADE Aplikasi Finansialku ke versi premium dengan harga Rp350.000 untuk satu tahun penuh. Anda dapat berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah tersertifikasi (Certified Financial Planner™).

Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan kode voucher: UNTUNGTERUS untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000. Hemat bukan? Tunggu apalagi, Yuk konsultasikan Masalah Keuanganmu dengan ahlinya sekarang juga.

Konsultasi Keuangan

Dengan UPGRADE aplikasi Finansialku Premium kamu bisa CURHAT apapun seputar masalah keuangan kamu dengan Ahlinya. Gunakan kode voucher: UNTUNGTERUS untuk dapatkan diskon Rp 50.000. Yuk segera berlangganan Aplikasi Finansialku Premium!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menambah aset dan meningkatkan kekayaan berlipat-lipat? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Adam Khoo. 2006. Secrets of Self-Made Millionaires (How You Can Create an Extraordinary Income and Build a Million-Dollar Net Worth… Starting from Scratch). Singapura: Adam Khoo Learning Technologies Group.
  • Harv Eker. The Surprising Difference Between Being Rich & Being Free (And Why They Are NOT The Same Thing). Harveker.com- https://goo.gl/Gp1jKL
  • Aaron Walsh. 12 Desember 2016. 10 Cara Meningkatkan Kekayaan Bersih Anda Dengan Cepat Di Tahun Ini. Theechovamper.com – https://goo.gl/UkDtmT

 

Sumber Gambar:

  • Orang Kaya 1 – https://goo.gl/YD21qD
  • Orang Kaya 2 – https://goo.gl/XZvkEH