Apa saja yang harus dilakukan untuk dapat mengurus keuangan keluarga dengan baik? Berikut ini 12 tips yang dapat Anda mulai lakukan satu persatu untuk dapat mengurus keuangan keluarga yang baik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ikuti Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik dan Buktikan Hasilnya!

Dalam mengurus keuangan keluarga, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui yaitu: miliki pola pikir yang benar (right mindset), ketahui dan jalankan metode yang benar (right method) dan selalu pegang kendali keuangan Anda (right money management). Dalam artikel ini, kami akan membahas ketiga elemen di atas, menjadi poin-poin yang dapat Anda praktekkan.

Ibu Rumah Tangga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

#A Right Mindset

Jangan sepelekan mindset (pola pikir), karena keberhasilan seorang ibu rumah tangga 60%-nya dipengaruhi oleh mindset atau cara berpikir. 3 Mindset yang penting Anda ketahui agar menjadi ibu rumah tangga yang berhasil mengurus keuangan keluarga:

 

#1 Tidak ada kata terlambat dan jangan pernah cepat berpuas

Pertama yang perlu Anda ketahui adalah tidak ada kata terlambat untuk memulai. Lebih baik memulai sekarang daripada menunda lagi, karena bisa jadi kondisi keuangan Anda menjadi semakin berantakan.

 

#2 Perlu kesabaran, keteguhan hati dan ketekunan dalam mengurus keuangan keluarga

Mengurus keuangan keluarga perlu sebuah kesabaran (patience), ketekunan (persistence) dan keteguhan hati (determination). Tidak ada jalan tikus atau short cut untuk menjadi sukses dalam mengurus keuangan keluarga, tanpa adanya usaha. Anda harus melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah Anda, baru Anda dapat melihat hasilnya.

Mindset yang Benar untuk Mengelola Keuangan Rumah Tangga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mindset yang Benar untuk Mengurus Keuangan Keluarga]

 

#3 Jangan pernah menunda dan maksimalkan usaha Anda

Jangan pernah menggunakan kata nanti, besok atau menunda-nunda masalah keuangan. Jika Anda masih menjadi pribadi yang suka menunda pekerjaan (procrastinate), maka Anda akan sangat sulit (hampir dipastikan) untuk mengubah kondisi keuangan keluarga. Ingat dalam hal keuangan keluarga jangan pernah menunda-nunda. Lakukan secepatnya.

 

#B Right Method

Berikut ini 5 metode yang perlu Anda ketahui dalam mengurus keuangan keluarga.

 

#4 Miliki Dana Darurat

Kami banyak sekali mendengar cerita masalah keuangan keluarga yang diakibatkan karena pengeluaran tak terduga, tiba-tiba suami resign dari pekerjaan, tiba-tiba harus mengeluarkan uang karena ada anggota keluarga yang meninggal, penggantian ban kendaraan, furniture dan lain sebagainya. Solusinya adalah dengan memiliki dana darurat (emergency fund).

Para Karyawan, Yuk Rencanakan dan Hitung Dana Darurat Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Yuk Rencanakan dan Hitung Dana Darurat Anda]

 

#5 Miliki Proteksi (Asuransi)

Setiap manusia yang hidup selalu ada risiko, setuju?

Risiko itu bentuknya adalah sebuah ketidakpastian, dan risiko tidak dapat dihilangkan. Risiko dapat dikelola atau diatur. Salah satunya adalah dengan mengalihkan risiko (risk transfer) dari diri Anda ke perusahaan asuransi. Pastikan keluarga Anda memiliki asuransi:

  • Tulang punggung keluarga: asuransi jiwa dan kesehatan
  • Pasangan (jika bekerja): asuransi jiwa dan kesehatan
  • Pasangan (jika tidak bekerja): asuransi kesehatan
  • Anak-anak: asuransi kesehatan

 

10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga]

 

Setelah keluarga Anda terlindungi dengan asuransi jiwa dan kesehatan, selanjutnya baru memikirkan asuransi untuk aset Anda, misal asuransi rumah, asuransi kendaraan dan asuransi lainnya.

 

#6 Miliki Rencana Keuangan dan Investasi

Setelah Anda mengamankan posisi keuangan keluarga Anda, langkah selanjutnya adalah mulai membuat rencana keuangan (financial planning). Tentu saja tujuannya untuk membantu mewujudkan tujuan-tujuan keuangan, seperti melunasi utang, membeli rumah, menyiapkan biaya pendidikan anak dan lain sebagainya. Silakan daftar dan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu mengelola dan merencanakan keuangan Anda.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Atau Anda dapat download di Google Play Store.

 

#7 Miliki Rencana untuk Pensiun

Pensiun adalah hal yang pasti, oleh sebab itu Anda perlu mulai memikirkan sejak usia muda. Ingat mindset yang nomor tiga jangan pernah menunda. Lakukan perencanaan dana hari tua (pensiun) sejak Anda berusia produktif. Anda dapat berinvestasi dengan uang yang relatif lebih sedikit, jika mulai investasi sedari muda. Silakan hubungi perencana keuangan untuk membantu Anda menyusun strategi untuk pensiun.

 

#8 Jangan Lupa Mengenai Warisan

Salah satu sumber perpecahan dalam keuangan rumah tangga adalah masalah keuangan. Oleh sebab itu jika Anda sudah memiliki cukup harta, jangan menunda untuk membuat surat wasiat. Surat wasiat dapat menyelamatkan masa depan keuangan Anda.

 

#C Right Money Management

Lengkapi siklus mengurus keuangan keluarga dengan praktek pengelolaan yang benar. Setidaknya lakukan 4 hal berikut ini dengan disiplin.

 

#9 Membuat Anggaran

Selalu mulai dengan anggaran atau budget, karena Anda dapat mengetahui kebutuhan bulanan keluarga Anda. Silakan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membuat sebuah anggaran. Di Finansialku, kami meyakini bahwa mengubah urutan Anda dalam mengurus keuangan dapat membantu mensejahterakan keuangan Anda. Oleh sebab itu ikuti aturan berikut ini pada saat Anda menyusun anggaran:

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Versi 2.0 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengurus Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

#10 Membuat Catatan Keuangan

Selain membuat anggaran, Anda juga harus disiplin dalam mencatat keuangan. Kami paham dan tahu bahwa mencatat keuangan adalah hal yang merepotkan. Oleh karena itu, gunakan Aplikasi Finansialku (download di Google Play Store) agar mencatat keuangan jauh menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

 

#11 Berbagi dengan Sesama

Jangan lupa dengan bersyukur dan berterima kasih. Salah satu cara bersyukur adalah membantu orang-orang yang ada disekeliling Anda, agar mereka. Jadi jangan pernah lupa atau menunda untuk beramal. Hilangkan mindset nanti saya akan beramal jika sudah kaya. Lebih baik mulai beramal (dengan kemampuan keuangan saat ini) daripada nanti-nati.

 

#12 Mereview Keuangan Bulanan dan Tahunan

Terakhir dan yang paling penting adalah selalu lakukan review kondisi keuangan Anda secara bulanan dan tahunan. Dengan melakukan review Anda dapat mengetahui apakah kondisi keuangan Anda sudah sehat, masih setengah sehat atau malah sakit. Dari hasil review, Anda dapat melakukan langkah-langkah perbaikan selanjutnya.

 

Semoga 12 langkah di atas, dapat memberikan gambaran lebih jelas bagaimana cara mengurus keuangan keluarga dengan benar. Jangan lupa bagikan penjelasan di atas kepada teman-teman Anda, karena mereka juga ibu-ibu yang perlu tahu cara mengurus keuangan keluarga yang benar.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau pendapat dalam mengurus keuangan keluarga? Silakan share pengalaman Anda, pada kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Ibu Rumah Tangga – https://goo.gl/tHUpQX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang