Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan

Artikel ini akan membahas cara menghasilkan uang dari sampah sehingga dapat menjadi bisnis menguntungkan. Kali ini, salah satu rekan Finansialku akan membahas lebih lanjut proses dan keuntungan menghasilkan uang dari sampah.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

Sampah = Bisnis Menguntungkan

Di kota-kota besar maupun di pedesaan di seluruh Indonesia, sampah kerap menjadi masalah. Tingginya akumulasi sampah membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat, belum lagi bencana banjir dan efek rumah kaca sebagai polusi dari sampah tersebut. Dari sinilah, timbul pemikiran bagaimana cara menghasilkan uang dari sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Memang tidak ada yang dapat menyangka bahwa sampah dapat menjadi sebuah peluang bisnis menguntungkan. Tetapi tidak hanya menghasilkan keuntungan berupa materi, bisnis pengolahan sampah juga bermanfaat untuk pelestarian lingkungan. Beberapa contoh pengolahan sampah yang telah terbukti mendatangkan penghasilan lumayan adalah seperti berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Usaha Rumahan Bisnis Kuliner: yang Awalnya Hobi jadi Pemasukan Tambahan ]

 

Pengolahan Sampah Plastik

Potensi bisnis menguntungkan dari sampah salah satunya adalah usaha pengolahan sampah plastik, karena peningkatan sampah plastik yang semakin tak terkendali. Sampah plastik tersebut contohnya adalah botol, gelas minuman atau botol oli dan sebagainya. Ada yang mengelola sampah plastik menjadi biji plastik dengan cara dicuci bersih, kemudian digiling dan dijadikan biji plastik.

Biji plastik tersebut akan dijadikan bahan baku untuk industri atau dijual ke perusahaan, baik dalam maupun luar negeri. Omzet dari bisnis pengolahan sampah menjadi biji plastik tergolonng besar, ada yang mampu menghasilkan Rp150 juta hingga Rp250 juta. Salah satu bukti nyata adalah pria yang bernama Muhammad Baedowy.

Mau Memulai Bisnis Miliki 6 Hal Ini agar Sukses saat Berbisnis 01 - Finansialku

 [ Baca Juga: Mau Memulai Bisnis? Miliki 6 Hal Ini agar Sukses saat Berbisnis]

 

Ia berhasil mengolah sampah plastik melalui CV Majestic Buana, perusahaan milik diri sendiri dan telah diberikan penghargaan Dji Sam Soe Awards pada tahun 2009. Awalnya, pria ini melihat aktivitas pemulung dan tanpa sungkan ikut menjalankan aktivitas tersebut. Dari proses tersebut ia berpikir cara yang tepat untuk mengelola sampah dan melihat potensi pengolahan sampah tersebut karena menurutnya, sampah tidak dapat habis dan tidak memiliki risiko.

 

Eco-Business

Eco-Business adalah salah satu contoh pengolahan sampah yang terfokus pada pelestarian lingkungan. Pelaku bisnis ini tidak hanya melakukan bisnis, tetapi berbisnis sembari melestarikan lingkungan dan memberdayakan warga sekitar dengan bisnis tersebut. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan bioteknologi yang mengubah sampah menjadi pupuk, bioenzim, biopestisida dan lainnya.

Salah satu contoh pengembang bisnis bioteknologi adalah Iyan Awaludin Heriyanto yang juga berprofesi sebagai pelopor toko online Awal Permata. Ia mengaku bahwa melalui bisnis pengolahan sampah tersebut, ia berhasil mendapatkan omzet hingga Rp1,2 miliar selama 2016.

Kenali Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien Dalam Bisnis Anda 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Kenali Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien Dalam Bisnis Anda]

 

Bisnis Menguntungkan dari Pengolahan Sampah

Tentunya jika Anda berbisnis, Anda ingin mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin, tidak hanya dari materi tetapi perkembangan dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda terima dari bisnis pengolahan sampah:

 

#1: Meningkatnya Permintaan Pasar

Karena produksi sampah di Indonesia diprediksi akan meningkat menjadi 67,1 juta ton (sangat banyak), maka pastinya jasa pengolahan sampah ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk mengurangi terjadinya penumpukan sampah, tetapi juga untuk memberikan lebih banyak lapangan kerja. Dari sinilah, pengolahan sampah dapat dioptimalkan menjadi peluang bisnis.

Ingin Memulai Bisnis dengan Modal Rp100 Juta, Bagaimana Cara Menyiapkan Dananya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis dengan Modal Rp100 Juta, Bagaimana Cara Menyiapkan Dananya?] 

 

#2: Mempunyai Target Pasar yang Jelas

Target konsumen merupakan inti dari bisnis Anda. Jika bisnis telah memiliki target konsumen yang jelas, maka tentu saja bisnis tersebut akan mudah berkembang. Pengelola TPA (Tempat Pembuangan Akhir), pemerintah, aktivis lingkungan hingga petani atau peternak merupakan target pasar bisnis pengolahan sampah.

 

#3: Modal Kecil

Modal yang Anda butuhkan untuk bisnis ini adalah sampah, alat-alat laboratorium yang dapat Anda dapatkan sebagai fasilitas kampus atau jurusan Anda. Jika Anda tidak mempunyai akses tersebut, Anda dapat membelinya dengan harga Rp30 juta dan Anda telah mendapatkan seluruh peralatan lengkap. Tentunya modal tersebut sangat kecil dibandingkan bisnis lainnya.

Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran 01 - Finansialku

 [Baca JugaPeluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

#4: Jangka Waktu Balik Modal Sangat Cepat

Sistem bisnis pengolahan sampah mayoritas adalah sistem bisnis by order, yang artinya Anda hanya perlu melakukan produksi ketika ada permintaan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk proses pemasaran atau stok barang yang mempunyai kemungkinan tidak laku.

 

#5: Kontribusi Terhadap Lingkungan

Selain mendapatkan uang, Anda pun dapat memiliki kepuasan tersendiri karena berhasil melakukan kontribusi positif terhadap lingkungan tempat Anda tinggal. Tidak hanya dengan pemeliharaan lingkungan melalui sampah yang terurus, tetapi juga terhadap lingkungan dan penduduk sekitar karena Anda telah menciptakan lapangan kerja baru. 

Konsultasi Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan?]

 

Jangan Mudah Menyerah

Di setiap bisnis selain keuntungannya, pasti ada juga kerugiannya. Contohnya mungkin saja bisnis pengolahan sampah Anda mengganggu masyarakat akibat bau limbah atau sebagainya. Hal-hal tersebut mungkin dapat mengganggu aktivitas bisnis Anda. Tetapi sebagai pelaku usaha yang baik, Anda harus terus mencari solusi atas masalah yang akan datang atau yang sedang terjadi agar prospek bisnis Anda dapat menjadi nyata.

 

Apakah Anda pernah menemui orang yang mengelola sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat? Apa saja contohnya? Berikan komentar Anda di kolom komentar di bawah ini dan selamat mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Duit Pintar. Sampah Juga Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan Lho. Ini Buktinya. Duitpintar.com – https://goo.gl/MOzUsR
  • Sipendik Team. Bisnis Daur Ulang Sampah, Pria Ini Untung Miliaran Rupiah. Sipendik.com – https://goo.gl/UeiqY7

 

Sumber Gambar:

  • Pengolahan Sampah – https://goo.gl/BhqljT
  • Limbah – https://goo.gl/WUYBrS

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

About the Author:

Duit Pintar
DuitPintar.com adalah Situs Perbandingan Produk-Produk Keuangan di Indonesia. Bandingkan semua kartu kredit, pinjaman dan asuransi yang ada di Indonesia. DuitPintar menyediakan informasi tentang berbagai produk keuangan dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menemukan semua informasi yang relevan dari semua produk yang tersedia di pasaran.

Leave A Comment