Bingung bagaimana menjadikan hobi masak Anda menjadi sumber pemasukan? Apakah Anda orang yang memiliki hobi kuliner dan suka memasak serta ingin menjadikan hobi Anda sebagai penghasilan? Apa saja yang harus Anda perhatikan untuk memulai berkecimpung di dunia bisnis kuliner? Simak ulasannya dalam artikel Finansialku ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Potensi Usaha Makanan

Usaha makanan memiliki pasarnya sendiri dan termasuk ke dalam usaha yang tak pernah sepi peminat. Pasalnya, dapat dipastikan setiap orang membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meskipun berada dalam kondisi menghemat pengeluaran, seseorang akan cenderung menekan pengeluaran di kebutuhan sekunder lainnya, namun tidak dalam urusan makanan.

Usaha Rumahan Bisnis Kuliner yang Awalnya Hobi jadi Pemasukan Tambahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Usaha Rumahan: Bisa Gagal Kalau Anda Melakukan 7 Kesalahan Ini!]

 

Ada beberapa jenis usaha makanan yang dapat Anda jalani dan jenis apapun yang Anda ambil, pastikan bahwa memang hal itu yang paling sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Anda dapat menjalankan usaha kuliner untuk makanan pokok sehari-hari seperti masakan padang atau warung nasi. Atau usaha makanan pengganti makanan pokok seperti bakso, sate, batagor dan sebagainya. Usaha jajanan seperti roti bakar, martabak, kue, juga dapat menjadi pilihan yang dapat Anda jalani. Atau Anda juga dapat memilih untuk menjalankan usaha minuman seperti es buah, es campur, jus, es kelapa muda, atau teh. Setiap pilihan usaha tersebut memiliki keunikan dan peminatnya masing-masing tergantung bagaimana Anda menjalankan usaha tersebut.

Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 50 Gaya Kepemimpinan yang Harus Dimiliki Setiap Pebisnis UMKM]

 

Persiapan Memulai Usaha

Sebelum memulai usaha, ada baiknya Anda membuat konsep yang menarik untuk bisnis Anda. Konsep yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri terhadap bisnis Anda bagi para konsumen. Usahakan bahwa konsep bisnis yang Anda miliki adalah konsep yang menarik dan original, seperti keunikan produk, cara penjualan, atau dekorasi yang berbeda dengan bisnis serupa yang dimiliki orang lain.

HR 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: HR: 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan]

 

Saat ini, ada begitu banyak bisnis kuliner yang berjalan. Anda memiliki banyak sekali saingan di bisnis ini, sehingga rasa masakan yang enak saja tidak lagi cukup sebagai daya tarik Anda dan konsumen. Oleh karena itulah, konsep bisnis memiliki peran penting untuk meningkatkan bisnis Anda.

Di samping konsep yang menarik, Anda juga sebaiknya menentukan target pasar Anda. Menjual produk kuliner di area kampus dan di pusat perbelanjaan tentu saja memiliki target pasar yang berbeda dan akan mempengaruhi strategi bisnis yang Anda jalankan. Karena itulah, menentukan target pasar sangat penting untuk menentukan arah bisnis dan inovasi yang akan Anda lakukan ke depannya.

Jika Anda ingin menjalankan usaha di lokasi yang strategis, maka pastikan Anda telah mengurus izin-izin yang diperlukan untuk memulai usaha. Namun jika Anda berencana memulai usaha kuliner di rumah Anda, cobalah untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan buatlah pengemasan yang unik dan menarik bagi konsumen Anda.

Hal lain yang tidak dapat Anda lupakan Anda sumber modal. Modal adalah bagian terpenting untuk memulai usaha Anda, meskipun dalam skala rumahan sekalipun. Di samping menggunakan modal pribadi, Anda dapat mendapatkan modal dengan melakukan kerja sama dengan rekanan atau meminjam modal usaha ke koperasi atau bank.

11 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses seperti Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses seperti Anda]

 

Apabila Anda memilih memulai usaha dengan modal yang terbatas, maka berhematlah agar modal Anda dapat semakin bertambah. Jangan tergoda untuk menggunakan keuntungan Anda sesegera mungkin. Jika Anda memutuskan untuk mendapatkan modal dengan melakukan kerja sama dengan rekanan Anda, buatlah perjanjian dan kesepakatan yang jelas agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan di masa depan. Meskipun Anda memutuskan untuk meminjam kepada koperasi dan bank, Anda juga tetap harus membiasakan diri untuk membuat laporan keuangan berupa pemasukan, pengeluaran, dan kepemilikan aset agar pihak peminjam dapat mengetahui perkembangan usaha Anda secara pasti.

 

Menjalankan Bisnis Kuliner

Setelah Anda menentukan lokasi, target pasar dan konsep bisnis, Anda dapat memulai usaha kuliner Anda. Untuk dapat menjaga bisnis Anda, menentukan harga jual adalah sesuatu yang penting. Setiap konsumen tentu saja menginginkan harga yang terjangkau dengan kualitas yang maksimal. Harga yang terjangkau merupakan salah satu alasan konsumen untuk datang dan membeli produk kita kembali. Dan jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, sebab konsumen yang merasa puas akan cenderung untuk datang kembali, bahkan mungkin membawa calon konsumen lain bersamanya.

10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!]

 

Setelah usaha kuliner Anda mulai berjalan dengan baik, jangan lupa untuk selalu membuat inovasi. Adanya inovasi akan meningkatkan daya tarik usaha kuliner Anda dan membantu menggandakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Dan hal terpenting lainnya adalah senantiasa menjaga reputasi bisnis yang Anda miliki. Karena reputasi yang terjaga dengan baik akan dapat menjaga kelangsungan bisnis agar dapat bertahan lama. Anda juga perlu menyadari bahwa usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang cukup rentan terhadap isu. Dengan pelayanan yang maksimal dan kualitas kebersihan makanan serta tempat usaha Anda, maka reputasi usaha Anda dapat tetap terjaga di mata konsumen.

 

Apakah Anda telah memiliki usaha rumahan? Atau apakah Anda berencana menjalankan usaha kuliner sebagai sumber penghasilan Anda? Bagikan pengalaman Anda dan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan agar mereka ikut terinspirasi bersama Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Maxmanroe. Agustus 2016. 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula. Maxmanroe.com – https://goo.gl/PJfpmj
  • Achmad Dwi Afriyadi. 5 September 2015. 10 Resep Sukses Bisnis Kuliner ala Bondan Winarno. Liputan6.com – https://goo.gl/xxRpIQ

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Kuliner – https://goo.gl/KlycHu dan https://goo.gl/Zk1Au3

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana