Bagaimana ya cara mengembangkan bisnis kuliner dan rumah makan? Kali ini rekan kami, akan membahas 5 hal yang dapat dilakukan pemilik bisnis kuliner dan rumah makan untuk membesarkan bisnisnya?

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Kembangkan Bisnis Kuliner dan Tempat Makan Anda, dengan Cara Ini

Banyak sekali orang yang memulai bisnis kuliner dan tempat makan (cafe, resto, rumah makan, warung) karena berasal dari kecintaannya pada makanan. Bisnis kuliner dan tempat makan adalah bisnis yang mengasyikan dan penuh tantangan. Di satu sisi, semua orang butuh makan dan di sisi lain banyak sekali pesaing dan barang substitusi (pengganti). Contoh Bang Abdul memiliki warung nasi soto ayam dan sapi. Pelanggan yang biasanya makan nasi putih dan soto, sekarang memiliki banyak pilihan makanan bisa burger dan kentang, mie ayam, kwetiau, pasta, pizza dan lain sebagainya.

 

5 Tips Mengembangkan Bisnis Kuliner dan Rumah Makan Milik Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 4 Cara Cepat untuk Mengembangkan Bisnis]

 

Apa saja yang harus dilakukan oleh Bang Abdul dan Anda sebagai pemilik bisnis kuliner dan tempat makan, untuk mengembangkan usaha?

 

#1 Survei Pasar dan Tentukan Diferensiasi

Survei pasar adalah langkah yang perlu Anda lakukan, tertutama jika Anda akan memulai bisnis kuliner. Suvei pasar bertujuan untuk mengetahui target pasar Anda, persaingan di bisnis dan keunikan dari masing-masing pesaing. Anda dapat menggunakan informasi dari Google dan forum. Beberapa waktu belakangan ini banyak pemiliki bisnis kuliner yang bernuansa khusus dan menjadi tempat nongkongnya anak-anak komunitas. Selain itu temukan dan/atau ciptakan faktor “diferensiasi”. Diferensiasi adalah keunikan atau alasan yang membuat orang harus datang dan makan di rumah makan milik Anda.

 

#2 Lokasi

Setelah Anda mendapat target pembeli dan diferensiasinya, saatnya memilih lokasi usaha. Pilihlah lokasi yang strategis, dekat dengan perkantoran, sekolah, perguruan tinggi, di dalam mall yang ramai atau di tengah kota. Penentuan lokasi sangat mempengaruhi masa depan bisnis kuliner yang Anda jalankan. Selain itu cek sekitar lokasi tersebut, apakah ada pesaing yang cukup berat?

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Bisa Lebih Produktif dengan Bisnis Online]

 

#3 Desain

Ada beberapa pemilik bisnis kuliner dan tempat makan, yang mendesain rumah makannya dengan mewah. Sebenarnya apakah perlu desain mewah dalam membuat rumah makan? Jawabannya tergantung dari pasar yang dituju. Hal yang paling penting adalah: jagan pelit colokan listrik, pastikan internet dan wifi selalu aktif dan kencang, tempat nyaman dan musik tidak berisik. 

 

#4 Menu

Menu pilihan makanan dan minuman seharusnya disesuaikan dengan pasar yang dituju. Apakah Anda sering datang ke sebuah rumah makan dan memesan menu yang hanya itu-itu saja? Padahal rumah makan tersebut memiliki banyak sekali pilihan makanan? Biasanya orang atau pengunjung mau cari aman dengan memesan makanan yang sudah dia tahu atau tanya menu paling favorit. Anda dapat memanfaatkan menu sebagai media promosi, contoh : beri beberapa gambar makanan pada menu Anda dan beri promo spesial pada makanan baru.

 

#5 Promosi

Terkahir jangan pernah pelit untuk promosi. Anda dapat menggunakan promosi di media cetak : koran, majalah dan membagi-bagi selebaran (bahasa keren: flyering ) dan menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Anda juga dapat mengundang food blogger, reporter dan orang-orang yang berpengaruh di target pasar Anda, untuk datang dan memberikan komentar mengenai masakan Anda. Contoh : jika Anda menyasar target pasar komunitas motor, mungkin Anda dapat mengundang pimpinan komunitas untuk mencoba masakan Anda. 

 

Bonus: #6 Jangan Pasrah, tetapi Tekun

5 cara di atas adalah cara-cara umum mengembangkan bisnis kuliner dan tempat makan. Mungkin Anda juga sudah pernah dengar beberapa tips sebelumnya. Agar Anda dapat sukses menjalankannya Anda perlu menjadi orang yang kreatif, tekun dan mau belajar. Apakah Anda pernah mendengar sosok Merry Riana? Beliau adalah seorang entrepreneur sukses yang sangat tekun dalam menjalani pekerjannya. 

[Baca Juga: Kisah Sukses Merry Riana, Mimpi 1 Juta Dollar yang Menjadi Kenyataan]

 

Berbicara mengenai lokasi tempat makan, Menurut Anda: apa untung ruginya memiliki bisnis kulier di food court mall?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang