Tahukah Anda, apa saja yang dapat kita lakukan dengan bisnis online? Kali ini Finansialku.com akan membahas gambling bisnis online buat ibu rumah tangga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Online Buat Ibu Rumah Tangga

Pernahkah Anda sadari, bahwa kemajuan zaman membuat perubahan yang signifikan pada cara ibu rumah tangga mengelola keuangan rumah tangga. Pada zaman dahulu kebanyakan wanita tidak bekerja dan mengandalkan penghasilan dari suami.
Bisnis Online Buat Ibu Rumah Tangga Lebih Produktif - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai dan Membesarkan Bisnis Rumahan?]

 

Kemajuan zaman membuat banyak wanita memilih berkarir dan bekerja di sebuah perusahaan. Fenomena ini juga masih memiliki permasalahan, seperti anak jadi kurang perhatian, keluarga kurang ketata dan lain sebagainya. Pada perkembangan selanjutnya banyak orang berpikir apakah mungkin wanita dapat bekerja dari rumah?

Kenyataannya sekarang sangat bisa. Bisnis online adalah salah satu jawaban dari permasalahan tersebut. Banyak sekali jenis bisnis online yang dapat dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Mari kita bahas bisnis online apa saja yang dapat dilakukan Ibu Rumah Tangga?

 

Bisnis Online dengan Menjual Barang

Anda pasti tahu kan, banyak sekali barang yang dapat dijual melalui online. Mulai dari pakaian, barang elektronik, gadget, aksesoris dan lainnya. Anda dapat mulai bisnis online, hanya dengan bermodal social media seperti Facebook dan Instagram

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Rekan Bisnis?]

 

Hebatnya lagi sekarang sudah ada situs toko online gratis, seperti Tokopedia.com dan Bukalapak.com. Untuk membuka toko online, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, cukup email dan koneksi internet.

 

Menjual Jasa

Ada juga fenomena ibu rumah tangga yang menjual jasa, seperti jasa fotografer, jasa penata rias, jasa arsitektur dan desain interior yang ditawarkan melalui bisnis online. Hal ini sudah menjadi barang biasa di negara-negara maju. Coba saja googling architecture atau interior design.

 

Memberikan Informasi / Menjadi Blogger

Bisnis online ketiga adalah bisnis terkait dengan memberikan informasi. Banyak sekali blogger wanita yang membahas hal-hal seputar fashion, travelling, kuliner, merawat anak dan lain sebagainya. Wanita blogger bercerita dan memberikan informasi terkait dengan dunia yang mereka tekuni.

[Baca Juga: Cara Bagi Hasil dengan Investor]

 

Salah satu keuntungannya adalah dengan menjadi endorsed produk tertentu dan iklan. Anda dapat bekerja sama dengan Google AdSense, untuk menghasilkan uang dari blog yang Anda miliki.

 

Menjual Aplikasi

Bisnis online keempat adalah menjual aplikasi. Jenis bisnis online tipe ini memerlukan modal awal yang lumayan besar. Terlebih jika Anda tidak memiliki dasar pengetahuan tentang pembuatan aplikasi. Banyak sekali keuntungan yang dapat dijual dalam sebuah aplikasi, misal in-app purchase.

 

Referral / Afiliasi Produk 

Terakhir adalah bisnis online sebagai referral atau affiliate. Tipe terakhir ini adalah barang baru di Indonesia, tetapi prinsip dasarnya sangat sederhana. Anda akan dibayar setiap kali Anda mereferensikan produk kepada orang lain.

  • Apakah Anda pernah mendapatkan bonus Rp 50.000 karena mereferensikan GoJek kepada teman Anda?
  • Apakah Anda pernah mendapatkan bonus Rp 75.000 karena mereferensikan Uber kepada teman Anda?

Jika Anda pernah, maka Anda sudah pernah menjadi seorang referral atau affiliate.

 

Tidak Ada Alasan untuk Tidak Memulai, Karena Bisnis Online itu Dapat Dijalankan

Seharusnya sudah tidak ada halangan lagi, untuk ibu rumah tangga yang modern untuk bekerja sekaligus mengurus anak. Bisnis online adalah pilihan terbaik saat ini. Jadi kenapa harus menunggu nanti lagi?

 

 

Apa bisnis online yang ingin Anda jalankan? Silahkan tuliskan komentar, pertanyaan dan pendapat Anda, karena manager business development Finansialku akan memberikan pendapat dan sarannya.

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Online – http://goo.gl/c4CxYz

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang