7 waktu memulai usaha yang tepat: Ketatnya persaingan pencari kerja kini memaksa banyak orang untuk memulai usaha sendiri.

Sebenarnya, sah-sah saja memulai sebuah usaha dibandingkan bekerja, namun sudahkah kamu mempertimbangkannya matang-matang?

Memulai usaha tidak boleh sembarangan loh! Sebaiknya kamu memulai usaha pada 7 waktu yang tepat berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kapan Waktu Terbaik untuk Memulai Usaha?

Saat kamu ingin memulai suatu bisnis, tentunya kamu mulai memikirkan konsepnya, sistem pemasarannya, hingga modal bisnisnya. Tetapi banyak yang salah tingkah saat ditanya mengenai kapan sebaiknya bisnis dimulai.

Sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk memulai usaha? Jawabannya adalah: SEKARANG.

Faktanya, tidak pernah ada alasan untuk menunda memulai usaha. Jangan salahkan umur yang terlalu muda atau terlalu tua untuk mulai berusaha.

Jangan salahkan juga kurangnya modal akibat lahir di keluarga yang kurang mampu. Jangan juga mengeluh tidak bisa menjadi pengusaha karena berpendidikan rendah.

Jika kamu terus mengeluh dan mencari alasan untuk tidak memulai usaha, maka selamanya ini hanya akan jadi wacana.

Setiap orang bisa memulai usaha, kapanpun, selama tidak menyalahkan kondisinya sebagai alasan kegagalan atau alasan untuk tidak memulai usaha. Artinya, kita harus percaya pada diri sendiri dan mengubah pola pikir korban menjadi pola pikir bertanggung jawab.

Intinya kamu bertanggung jawab atas sukses dan gagalmu, bukan keadaanmu.

Pentingnya Suksesi Kepemimpinan Sebagai Pemimpin Berpengaruh 01

[Baca Juga: Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja?]

 

Sebagai contoh Colonel Sanders yang memulai usaha ayam goreng saat dia pensiun sebagai tentara di umur 60 tahun. Banyak orang yang menertawakannya saat itu.

Namun, dia tetap yakin dengan apa yang dilakukannya, dan akhirnya terbukti, Kentucky Fried Chicken menjadi salah satu restoran terfavorit orang-orang di berbagai belahan dunia. Semua orang kini bersyukur Colonel Sanders tidak menyerah di usianya yang sudah cukup tua tersebut.

Contoh lain adalah Ahmad Sahroni, seorang anggota DPR RI, ketua komunitas mobil sport Ferrari dan juga direktur dari beberapa perusahaan-perusahaan besar sekaligus.

Kamu mungkin terkagum melihat kesuksesannya saat ini. Namun tahukah kamu, Ahmad Sahroni memulai semuanya dari nol.

Dirinya berasal dari keluarga kurang mampu dan bahkan pernah tinggal di sebuah gerobak rumah makan padang.

“Saya besarnya di gerobak rumah makan padang. Saya tinggal satu rumah waktu itu sama nenek dan bersama-sama.”

 

Roni dulunya sempat jadi tukang semir sepatu hingga sopir loh. Hebatnya, perusahaan tempat dirinya kerja jadi sopir dulu sekarang malah jadi miliknya.

Jadi, terbukti kan tidak ada alasan untuk menunda memulai usaha. Kamu bisa memulainya sekarang, agar kamu bisa belajar banyak dan punya waktu untuk mengatasi kegagalanmu.

Untuk mencapai kesuksesan itu dibutuhkan proses yang cukup panjang. Tidak ada yang instan! Orang-orang sukses sudah mengalami proses panjang. Salah satu rahasia yang dilakukan oleh mereka yaitu bisa mengatur keuangan.

Kebanyakan orang sukses pun belajar bagaimana caranya mengelola keuangan kas pribadinya dan bahkan bisnisnya agar mereka bisa bertahan hidup dan mencapai kesuksesan, terutama dalam hal finansial.

Kamu pasti mau donk memiliki kesuksesan dalam hal finansial? Kamu bisa meniru mereka lho! Hal mudah yang bisa kamu lakukan yaitu merencanakan dan mengelola keuangan dari SEKARANG!

Coba deh pakai aplikasi Finansialku dalam melakukan pencatatan keuangan, perhitungan dana yang dibutuhkan bahkan pengecekan keuangan.

Selain itu juga, jikalau kamu mengalami kesulitan dan memiliki beragam pertanyaan, kamu bisa langsung menggunakan menu Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku.

 

Well, jika kamu masih ragu dan bingung dengan kondisimu sekarang, yuk simak 7 waktu memulai usaha yang disarankan sebagai waktu yang tepat:

 

#1 Waktu Memulai Usaha: Selagi Muda

Memang betul usia bukanlah penghambat dalam memulai bisnis, buktinya kisah Colonel Sanders tadi. Namun sebenarnya, memulai bisnis sejak dini lebih disarankan.

Hal ini disebabkan ketika masih muda kamu dipenuhi dengan semangat dan kreativitas tinggi. Meskipun masih minim pengalaman dan sering mengambil keputusan keliru, namun pengalaman akan membuatnya lebih kuat di masa-masa mendatang.

7 Tips Pengembangan Diri Agar Hidup Sukses dan Lebih Bermakna 04- Finansialku

[Baca Juga: Trik Hebat Menjalankan Bisnis Properti Dengan Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal]

 

Selagi muda kamu pun punya lebih banyak waktu untuk menghadapi kegagalan. Jadi saat gagal, kamu bisa bangkit berdiri lagi dan memperbaikinya.

 

#2 Waktu Memulai Usaha: Saat Tidak Menikmati Pekerjaan Saat Ini

Sedang maju mundur ingin resign atau mengundurkan diri dari pekerjaanmu saat ini? Namun ragu karena takut pemasukan terhenti?

Tentu ada kalanya dimana saat kita bekerja di sebuah perusahaan atau instansi yang membuat kita tidak nyaman bekerja lagi.

Menurut saya, resign itu sah-sah saja. Namun pastinya sebelum memutuskan untuk resign perlu ada beberapa pertimbangan, misalnya saja rencana cadangan.

Sebelum memutuskan untuk resign, penting bagimu untuk melakukan persiapan dengan benar. Persiapan yang benar adalah dengan memiliki tabungan yang cukup untuk hidup selama jangka waktu tertentu atau memiliki pekerjaan atau bisnis lain yang dituju.

Jadi jika kamu sudah memenuhi 2 persiapan tersebut, tidak ada salahnya resign kerja dan memulai usaha.

 

#3 Waktu Memulai Usaha: Saat Kena PHK atau Perampingan

Dalam kondisi perekonomian yang kurang baik, PHK menjadi sebuah solusi perusahaan untuk meminimalisasi biaya dan menyelamatkan perusahaannya. Sayangnya kita yang hanya rakyat jelata harus siap di-PHK kapan saja.

Hingga Agustus 2019, Tercatat 3.000 Pekerja Kena PHK 01 - Finansialku

[Baca Juga: 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Bisa Menghasilkan Pemasukan Puluhan Juta Rupiah]

 

Saat terjadi hal tersebut, jangan langsung menyalahkan keadaan dan menyerah. Tapi optimislah, dan yakin bahwa saat itulah waktu terbaik untuk berwirausaha secara mandiri.

Mungkin inilah saat yang tepat bagimu untuk mulai merancang rencana bisnis (business plan) dan menjadi wirausaha.

 

#4 Ada Kesempatan Untuk Fokus

Waktu yang terbaik untuk membangun sebuah perusahaan adalah ketika kamu memiliki kesempatan untuk bisa fokus mengembangkan bisnis. Fokus yang dimaksud disini menyangkut tentang seberapa banyak tanggung jawab yang kamu miliki.

Semakin banyak jumlah tanggung jawab yang kamu miliki (misal tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab pada urusan kuliah, tanggung jawab pada organisasi yang kamu ikuti, dan lain sebagainya) akan membuat fokusmu terpecah belah, sehingga kurang tepat untuk memulai wirausaha.

Sebaliknya, saat kamu punya kesempatan untuk fokus 100% dalam berbisnis, jangan lewatkan kesempatan ini untuk memulainya.

 

#5 Saat Punya Ide Brilian

Sedang bekerja tapi terus dihantui dengan ide-ide brilian di kepalamu? Mungkin ini pertanda kamu bisa memulai sebuah usaha. Sayang sekali jika ide brilianmu dikubur dalam-dalam dan tidak direalisasikan.

Yuk kembangkan ide brilianmu dan mulai menyiapkan rencana bisnismu. Dengan demikian kamu bisa merealisasikan ide tersebut dan tidak hanya terus membayangkannya.

20 Ide Bisnis Rumahan Kekinian yang Mendatangkan Untung Maksimal 01

[Baca Juga: Trik Hebat Menjalankan Bisnis Properti Dengan Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal]

 

#6 Saat Berada Pada Level Intrapreneur

Tahukah kamu? Entrepreneur artinya pengusaha, sementara intrapreneur adalah pengusaha profesional yang telah memiliki dan menerapkan kewirausahaannya serta berhasil dalam mengembangkan ide-ide baru yang inovatif untuk memanfaatkan berbagai sumber daya di perusahaan yang mapan dan kemudian mengambil risiko untuk membangun sebuah bisnis berbeda dengan yang sudah dijalankan.

Pada dasarnya, banyak pengusaha atau entrepreneur, namun hanya sedikit yang berhasil mengembangkan pola pikir entrepreneurship-nya menjadi intrapreneur.

Kamu perlu tahu bahwa pola pikir ini adalah hal paling utama dalam memulai sebuah bisnis.

Disini kamu melangkah menuju masa transisi, dimana awalnya kamu mungkin seorang pekerja atau pebisnis yang kemudian harus berkembang menjadi intrapreneur.

 

#7 SEKARANG

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, tidak ada alasan yang cukup pantas untuk menunda memulai usaha. Jadi, sebenarnya waktu yang tepat untuk memulai usaha ya sekarang ini.

Mungkin kamu berpikir bahwa kondisi perekonomian sedang kurang baik, dengan asumsi penghasilan masyarakat pun dalam kondisi yang kurang baik juga. Namun yang lebih cerdas adalah memulai bisnis di saat kondisi ekonomi negara sedang sulit atau tidak menentu.

Mengapa demikian?

Tips Memulai Usaha Memasarkan Bisnis

[Baca Juga: Ingat Kembali! Ini Tips dan Trik Mengembangkan Bisnis Startup Anda!]

 

Karena pada saat itu kamu akan mendapatkan pelajaran berat dalam memulai usaha dan di balik kesulitan tersebut akan datang berbagai macam peluang yang tidak akan didapatkan pada saat kondisi ekonomi sedang baik.

Ibaratnya kamu disini sedang mengerjakan pekerjaan rumah dan membereskan satu per satu masalah yang ada sehingga ketika kondisi ekonomi membaik, bisnismu menjadi lebih siap dibanding yang lainnya.

 

BONUS: Waktu yang Salah untuk Memulai Usaha

Meski disarankan untuk tidak membuat alasan untuk menunda memulai usaha, tapi bukan artinya kamu sembarangan memulai usaha.

Melansir dari Moneysmart.id, kamu harus menghindari beberapa waktu yang salah berikut dalam memulai usaha:

 

#1 Saat Takut Akan Risiko

Jika kamu tipe orang yang tidak punya toleransi besar akan risiko, kamu akan kesulitan memulai usaha. Kamu justru akan stres dan justru semakin takut untuk melangkah maju.

 

#2 Saat Berpikiran Negatif

Untuk memulai usaha dibutuhkan pikiran yang siap dan positif. Mereka yang sering berpikiran negatif akan kesulitan memulai usahanya.

Seperti tadi disebutkan, mereka yang sering menyalahkan keadaan, mencari alasan, itu menunjukkan mereka berpikirkan negatif. Tentu akan sulit memulai bisnis saat pola pikirnya masih seperti itu.

Mendapatkan Motivasi Melalui Pikiran 02 Pikiran Positif - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

#3 Maunya Instan

Apapun usaha yang kamu lakukan, semuanya perlu waktu untuk bisa sukses dan berkembang. Ketika kamu hanya ingin keuntungan instan, kamu justru akan merasa tertekan dan malah melenceng dari rencana.

Jadi, terapkan prinsip “alon alon asal kelakon” saat menjalani bisnis. Selama ada perkembangan, meski perlahan, artinya bisnisnya bisa sukses.

 

#4 Tidak Paham Soal Akuntansi Bisnis

Wajib hukumnya buat memahami hal-hal seputar keuangan jika ingin memulai usaha. Karena tanpa kemampuan ini, segala bentuk keputusan yang kamu buat bisa berakibat fatal.

 

#5 Tidak Punya Perencanaan

Apakah kamu tidak terbiasa membuat sebuah rencana bisnis (business plan) sebelum memulai bisnis? Perencanaan yang matang adalah salah satu kunci bisnis yang sukses.

Jadi jika kamu mau usaha yang dimulai dengan baik, yuk mulai siapkan rencana bisnismu sematang mungkin. Siapkan perencanaan jangka pendek dan juga panjang agar meminimalisasi kerugian dan mempercepat balik modal.

 

#6 Memilih Bootstrapping

Bootstrap bisa diartikan sebagai mendanai dan menjalankan bisnis seorang diri dengan modal terbatas. Tanpa disadari hal ini bisa menghambat perkembangan usahamu.

Jika kamu sudah punya rencana yang matang, tidak ada salahnya mencari solusi modal usaha, misalnya dengan mengajukan pinjaman. Namun, pastikan rencanamu memang matang sehingga modal tidak terbuang sia-sia.

 

Yuk Mulai Usaha Sekarang!

Nah, kini kamu sudah mengetahui kapan sih waktu yang tepat untuk memulai usaha. Jadi stop membuat alasan untuk menundanya dan mulai bisnismu sekarang juga.

Buktikan bahwa kamu juga bisa berbisnis sukses sekarang juga! Apabila berhasil, bagikan pengalaman Kamu dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah. Semoga berhasil!

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai 7 waktu memulai usaha yang tepat lainnya? Tinggalkan komentar kamu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 Maret 2015. Kapan Waktu Terbaik Memulai Usaha? Kompas.com – https://bit.ly/31rEBDK
  • Kerja Usaha. 3 September 2018. 7 Waktu yang Tepat Memulai Membangun Bisnis. Kerjausaha.com – https://bit.ly/2W0PGub
  • Aulia Akbar. 11 Januari Kenali 7 Tanda-tanda Kalau Kamu Belum Siap Buat Memulai Berbisnis. Moneysmart.id – https://bit.ly/2pC4PpA

 

Sumber Gambar:

  • Memulai Usaha – https://bit.ly/2Bsxmkk