Setiap orang selalu mengupayakan yang terbaik bagi tubuhnya, sehingga tak aneh bisnis makanan sehat bisa terus meraja di bidangnya.

Hal ini disebabkan tingginya kebutuhan masyarakat dalam menjaga kesehatannya. Tak heran bisnis makanan sehat menarik banyak pengusaha hebat, apakah Anda salah satunya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mengintip Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan mau memulai bisnis apa?

Berbisnis memang harus fokus, namun bukan berarti Anda menolak melihat dunia luar yang mungkin berbeda.

Kuncinya adalah Anda tidak sendirian, Anda bisa belajar dari pengalaman orang lain agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Banyak kisah bisnis luar biasa yang bisa dicontoh, misalnya dalam artikel berikut:

Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan 02 Bisnis - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses]

 

Pengalaman itu mahal, dan beruntungnya Anda bahwa sudah banyak pebisnis yang mau menceritakan kesalahannya berikut solusi yang sebaiknya diambil. Kini Anda bisa memulai bisnis dengan tenang.

Jangan berhenti juga membekali diri Anda dengan pengetahuan bisnis. Anda bisa dengan mudah memperoleh pengetahuan bisnis baru, misalnya dengan download ebook bisnis Finansialku.

Pastinya ebook ini bisa menjadi panduan awal dalam berbisnis. Download ebook-nya secara GRATIS dengan klik tautan berikut ini:

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Nah sekarang mari kembali ke topik bisnisnya. Satu jenis bisnis yang ingin saya bahas kali ini adalah bisnis makanan sehat.

Mengapa bisnis makanan sehat? Yuk cari tahu jawabannya di sini:

 

Tren Gaya Hidup Sehat yang Membuat Bisnis Makanan Sehat Makin Digemari

Gaya hidup sehat saat ini telah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia terutama kaum muda. Banyak anak muda yang mulai memahami pentingnya hidup sehat dan mengadaptasi gaya hidup sehat.

Kesadaran masyarakat semakin meningkat, mereka peduli akan kesehatan sehingga gaya hidup sehat tercipta. Banyak cara digunakan untuk hidup lebih sehat, misalnya saja berolahraga (gym) atau dari segi makanan.

Dari segi makanan, gaya hidup sehat ini dimulai dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan lebih memilih untuk mengganti menu makanan mereka ke menu yang lebih sehat.

Namun yang perlu diingat adalah makanan sehat tentunya tidak bisa diperoleh secara instan, dibutuhkan waktu lebih banyak untuk memprosesnya.

Dengan demikian, ini menjadi hambatan bagi banyak orang yang ingin menerapkan hidup sehat namun tidak memiliki banyak waktu.

Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan 03 Sukses - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Solusinya? Mencari penjual makanan sehat.

Anda lihat kan? Inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis makanan sehat merupakan salah satu bisnis menarik untuk Anda lirik. Jelas ada peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan dan tentunya tidak boleh dilewatkan.

Dan melihat tren yang masih memiliki peluang berkembang tinggi ini, maka Anda bisa memperoleh banyak untung jika Anda pandai memanfaatkan peluang.

Peluangnya seperti apa? Penasaran kan? Yuk simak pembahasan lebih mendalam mengenai bisnis makanan sehat ini:

 

Peluang Bisnis Makanan Sehat

Melihat pembahasan di atas tadi, tentunya Anda sudah memahami bahwa peluang bisnis makanan sehat ini masih sangat tinggi. Terlebih karena pemainnya pun masih tergolong sedikit.

Berbeda dengan makanan cepat saji atau kedai dan restoran makanan pada umumnya, makanan jenis ini memang menyasar pasar yang lebih sempit.

Tapi pasar yang disasar adalah mereka yang memang memiliki kebutuhan akan makanan sehat.

Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan 03 Sukses - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Kebutuhan yang tidak biasa ini tentunya membuat mereka rela merogoh kocek lebih dalam.

Terlebih Anda tahu biaya pengobatan dewasa ini memang sangat tinggi, sehingga tidak aneh orang rela membayar mahal demi menjaga kesehatannya.

Jika Anda masih ragu, cobalah dengar kisah Priscillia yang berhasil sukses dengan bisnis makanan sehatnya.

Priscillia memulai bisnis makanan sehatnya yang bertemakan granola, makanan berbahan dasar oatmeal, kacang-kacangan dan buah-buahan kering, kini menjadi salah satu alternatif untuk sarapan dan cemilan sehat.

Bisnis ini diberi nama Monola, dan seperti yang Priscillia ungkapkan Monola menjual produk homemade granola dengan bahan utama gandum, kacang-kacangan, biji-bijian.

Owner Monola, Priscillia mengatakan:

“Monola adalah produk homemade granola dengan bahan utama gandum, kacang-kacangan, biji-bijian. Bahan-bahan Monola diisi dengan makanan yang sehat, penuh serat, vitamin, mineral, dan protein yang tinggi, cocok buat sarapan dan cemilan.”

 

Jika Anda masih asing dengan granola, makanan sehat yang satu ini memang dikenal mengandung serat yang tinggi.

Granola bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan membuat konsumen kenyang lebih lama.

Sehingga, selain membuat Anda lebih sehat granola juga menjaga bobot tubuh Anda sehingga tetap sehat.

Perempuan kelahiran Kota Medan, 15 Mei 1991 ini menjelaskan saat ini masyarakat sudah mulai konsen dengan gaya hidup sehat sehingga respon para konsumen terhadap Monola cukup bagus.

Bisnis yang semula dikenalkan kepada teman-temannya ini pun berhasil diterima masyarakat dengan baik dan terus sukses hingga kini.

Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik memulai bisnis makanan sehat? Jika iya, simak beberapa tips memulai bisnis makanan sehat berikut ini yuk:

 

Tips Memulai Bisnis Makanan Sehat

Memulai bisnis makanan sehat mungkin terdengar sederhana jika mendengar kisah Priscillia tadi. Namun Anda perlu tahu, tidak ada bisnis yang mudah untuk dimulai.

Oleh karena itu, kali ini Finansialku ingin berbagi tips mengenai bagaimana cara memulai bisnis makanan sehat agar lebih berpeluang sukses:

 

#1 Analisis Minat Masyarakat

Sebelum menentukan produk yang ingin dijual, lihatlah dahulu pasar Anda. Pasar merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis.

Segmentasi pasar sendiri adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

 

Sebagai contoh, mari melihat perbandingan berikut:

  • Apabila Anda memilih untuk menjual makanan sehat (catering) dengan harga murah, intinya luas sekali pasarnya. Anda harus memikirkan bagaimana cara agar pasar bisa mengenal makanan sehat Anda dan mengetahui apa bedanya dengan makanan sehat Dengan kata lain pasarnya lebih luas.
  • Apabila Anda memilih untuk menjual makanan sehat spesifik (contoh: granola, maka Anda harus menentukan kira-kira siapa orang yang mau dan mampu membelinya untuk menentukan segmen pasar). Dengan kata lain, pasarnya lebih segmented.

 

Setelah menentukan pasar, kini waktunya menentukan produk atau jasa yang ingin Anda jual.  Jika sudah menentukan produk yang dijual adalah makanan sehat, makanan sehat seperti apa yang akan Anda jual?

Jangan ragu untuk melakukan riset untuk mengetahui minat masyarakat, sehingga Anda bisa meminimalkan kegagalan dalam bisnis makanan sehat ini.

 

#2 Rencanakan Keuangan dan Pertimbangkan Pendanaannya

Mempersiapkan modal untuk sebuah bisnis merupakan satu hal besar, tetapi bukan berarti mudah untuk memperoleh pendanaan tersebut.

Anda perlu menghitung berapa banyak dana yang dibutuhkan, mulai dari modal atau investasi awalnya hingga biaya operasional bisnis nantinya.

Selain itu, penting untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan dana yang ada menjadi sebuah pencapaian dengan pengembalian yang tinggi, yang bisa menarik pendana untuk memberikan bantuan dana.

Sudah Siap Jadi Single Parents Cara Mengatur Keuangan Menentukan Masa Depan Finansialku 5

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Jangankan pebisnis pemula, pebisnis sukses pun bisa jatuh miskin jika tidak dilengkapi dengan pengaturan keuangan yang baik.

Dengan demikian, penting untuk selalu membuat perencanaan keuangan dan memantau kondisi keuangan secara berkala. Lengkapi dengan pencatatan yang rapi.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi perencana keuangan seperti Finansialku untuk memudahkan pengaturan keuangan.

Dengan fitur yang praktis dan lengkap, Aplikasi Finansialku akan membantu Anda dalam berbisnis tanpa harus khawatir dengan pengaturan keuangan.

Jika Anda pengguna baru, Anda bisa download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau klik tautan berikut ini:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Pilih Bisnis dengan Tingkat Ekspansi Tinggi

Dalam berbisnis, ekspansi merupakan hal yang harus dilakukan jika tidak ingin bisnis Anda mandek. Sederhananya, Anda harus mengembangkan bisnis Anda.

Jika bisnis Anda tidak bisa atau mustahil untuk dikembangkan, maka jangka waktu bisnis Anda pendek dan akan cepat hilang ditelan waktu.

Nah, penting dalam setiap bisnis (termasuk bisnis makanan sehat), untuk selalu berinovasi dan berkreasi. Sebagai contoh, ekspansinya dapat berupa hubungan peluang bisnis dari tren gaya hidup sehat dengan jenis peluang bisnis lainnya. 

 

#4 Susun Strategi dalam Menentukan Harga

Eits, jangan lupa bahwa segi harga juga menjadi salah satu daya tarik bisnis Anda. Mengingat bisnis makanan sehat sudah cukup lama beredar, Anda perlu melakukan riset pasar untuk menentukan harga.

Dengan demikian Anda bisa memasang harga yang pas agar tidak kalah dari para pesaing.

Umumnya perhitungan harga makanan sehat ini bisa mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini:

  • Bahan baku yang digunakan.
  • Jumlah bahan baku yang digunakan per porsi.
  • Kualitas bahan baku yang digunakan.
  • Pasar yang disasar (keluarga, anak muda, lansia, dan sebagainya).
  • Keuntungan yang diharapkan.
  • Harga pesaing sejenis, dan masih banyak lagi.

 

#5 Jangan Lupa Membuat Strategi Promosi yang Cerdas, dan Pelajari Pemasaran Digital

Pemasaran juga menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis loh! Tidak peduli sebagus atau seenak apapun produk yang ditawarkan, akan sia-sia jika masyarakat gagal mengenal produk itu.

Oleh karena itu jangan lupakan faktor pemasaran atau promosi.

Tenang saja, kini Anda bisa menjalankan strategi pemasaran sederhana dengan kecanggihan teknologi, misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu, dan aksesnya mudah serta luas. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif.

Selain itu, gunakanlah juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace, produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

Nah, jika keduanya masih kurang efektif, Anda bisa buat blog sederhana dan gratisan, melalui blogger, medium, tumblr atau situs lainnya. Fungsinya sebagai tempat untuk menuliskan testimonial, penjelasan produk dan lain sebagainya.

Terakhir, gunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) dalam situs pencarian seperti Google.

Dengan memahami SEO, secara tidak langsung Anda mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya.

Jangan lupa juga menjalankan strategi pemasaran konvensional seperti memasang spanduk unik dengan disertai gambar di depan lokasi usaha, membagikan brosur, serta membuat program promosi yang menarik.

Bagaimana? Sudahkah Anda memperoleh gambaran mengenai peluang bisnis makanan sehat ini? Apa Anda malah sudah mulai memikirkan ide makanan sehatnya? Selamat berbisnis ya!

 

Yuk Berbisnis Makanan Sehat dan Meraup Untung

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjadi pebisnis makanan sehat seperti Priscillia dan meraup untung banyak?

Semoga artikel ini memberi gambaran dan tips bagi Anda yang tertarik dalam bisnis makanan sehat ini.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang makanan sehat yang bergizi dan penuh nutrisi.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai peluang usaha bisnis makanan sehat yang bisa menguntungkan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Natalin Sinaga. 20 November 2018. Priscillia Bisnis Makanan Sehat Beromzet Jutaan Rupiah. Medan.tribunnews.com – https://goo.gl/mr5Jpu
  • Admin. Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat Makin Diminati. Infopeluangusaha.org – https://goo.gl/qGFpUY

 

Sumber Gambar:

  • Makanan Sehat – https://goo.gl/PVnypo
  • Bisnis – https://goo.gl/LKgBzq
  • Sukses – https://goo.gl/sj8L11
  • Makanan Sehat 2 – https://goo.gl/E6rDbj