7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses

Penasaran dengan cara berbisnis Walt Disney yang kini menjadi perusahaan multinasional? Nyatanya setiap orang memiliki pengalamannya masing-masing dalam berbisnis.

Kabar baik bagi Anda adalah sudah banyak contoh yang bisa Anda pelajari. Dengan demikian, Anda bisa meraih usaha sukses lebih cepat dengan tips sukses tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

The Walt Disney Company: It All Started With One Man’s Dream

Tahukah Anda?

The Walt Disney Company kini merupakan sebuah perusahaan multinasional yang distimasikan senilai US$45.429 miliar (Rp604.205,7 triliun). Perusahaan ini juga merupakan salah satu perusahaan paling dikenal sepanjang sejarah.

Dengan visinya untuk selalu membentuk masa kanak-kanak dan budaya pop di dunia, perusahaan ini dimulai dari mimpi seorang Walter Elias Disney atau lebih dikenal dengan Walt Disney.

Melalui kesuksesannya yang melimpah, Walt membuktikan bahwa tidak dibutuhkan pendidikan dan keadaan yang mendukung untuk menjadi sukses.

Walt meraih mimpinya dengan menjadi salah satu pionir dalam industri animasi hingga produser film.

7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Justin Bieber, Penyanyi Internasional (Plus Rahasia Sukses)]

 

Sebagai produser film, Walt Disney berhasil memegang rekor penghargaan Academy Award terbanyak yaitu 22 Oscars dari 59 nominasi.

Walt juga dianugerahi dua Golden Globe Special Achievement Awards dan sebuah Emmy Award.

Walt memulai bisnisnya dengan membuka Disney Brothers Studio bersama saudara lelakinya, Roy dan mulai mengembangkan karakter tercinta Mickey Mouse pada 1928.

Dari sana, Walt terus mengembangkan perusahaan animasi ini hingga menjadi salah satu perusahaan terbesar yang kerap membahagiakan masa kecil anak-anak.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Nah, setelah melihat sekilas mengenai kesuksesan Walt Disney, penasarankah Anda dengan kunci suksesnya? Jika iya, mari kita melihat 7 pelajaran cara berbisnis Walt Disney yang perlu diikuti semua wirausaha sukses.

 

#1 Anda harus Menjadi Salesman

“I’d say it’s been my biggest problem all my life… it’s money. It takes a lot of money to make these dreams come true.” 

“Saya ingin berkata bahwa masalah terbesar dalam hidup saya adalah uang. Butuh banyak uang untuk membuat mimpi menjadi nyata.”

Walt Disney

 

Meskipun kerap dianggap sebagai pekerjaan yang kurang baik, pelajaran menjual merupakan suatu ilmu paling utama dalam meraih kesuksesan menurut Walt.

Menurut Walt, mimpi membutuhkan uang dan Anda harus menjual untuk memperoleh uang. Dengan cara meyakinkan orang untuk membeli, Walt bisa merealisasikan mimpi-mimpinya hingga berkembang sebesar itu.

Untuk membiayai taman bermain Disneyland, Walt membujuk studio televise untuk mendanai pembangunan taman bermain sebagai upah dari Disney Programming.

Sttt, rahasianya adalah Disney Programming juga dimanfaatkan Walt sebagai sarana untuk mempromosikan Disneyland.

Hal ini menjadi salah satu media kampanye paling sukses dan berhasil membantu Disneyland menjadi seperti sekarang ini.

 

#2 Kepemimpinan itu Penting

Kunci kepemimpinan dari Walt Disney merupakan kemampuannya dalam menyampaikan cerita. Dengan kemampuan inilah, Walt tidak pernah memerintah karyawannya sekalipun, namun ia selalu membujuk mereka dengan inspirasi.

Dengan cara inilah, Walt meyakinkan pekerjanya bahwa mereka adalah bagian penting dalam sebuah proyek dan hasilnya adalah pekerjaannya memberikan yang terbaik bagi Walt.

7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses 03 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Hal yang Dilakukan oleh Setiap Orang Sukses dan Tidak Pernah Diajarkan Kepada Orang Lain]

 

Walt menekankan bahwa penting untuk selalu jelas dalam visualisasi dan ekspektasi, serta bahwa kepemimpinan itu akan menjadi inspirasi dan inovasi serta fokus untuk mencapai kesuksesan.

 

#3 Senantiasa Berkembang

“Whenever I go on a ride, I’m always thinking of what’s wrong with the thing and how it can be improved”.

“Kapanpun saya pergi, saya selalu berpikir tentang masalah yang terjadi dan bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut.”

Walt Disney

 

Walt percaya akan pentingnya masa depan. Ia menolak untuk berhenti saat animasinya menjadi sukses (sebagai contoh: Cinderella, Alice in Wonderland and Fantasia).

Alih-alih, Walt malah mencari bisnis baru yaitu membuat taman bermain. Ia juga disebut-sebut kerap mengelilingi taman bermain kesayangannya dan mencoba seluruh atraksinya untuk melihat apakah ada yang salah atau yang bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Banyak rekan kerjanya mengatakan bahwa Walt tidak pernah puas dan selalu menginginkan lebih.

 

#4 Mengembangkan Toleransi terhadap Risiko

Walt merupakan seorang pengambil risiko.

Terbukti dengan kondisi The Walt Disney Company yang beberapa kali berada di ujung tanduk antara bukit kesuksesan dan lembah kegagalan.

Walt bahkan rela menggadaikan barang pribadinya demi mengembangkan perusahaan ini. Ia telah menjadi penjudi terbesar dalam sejarah Amerika pada tahun 1955.

Seluruh keluarganya, termasuk rekan kerjanya, memohon agar Walt menyerah. Namun, sekali Walt memutuskan, ia tidak pernah mau menyerah.

7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Termasuk Dalam 5 Tipe Orang Sukses di Zaman Modern?]

 

Apa yang semula tampak mustahil menjadi kenyataan karena kerja kerasnya, dan sikapnya yang selalu siap menanggung risiko keputusannya.

Kini, seluruh kenekatan Walt terbayarkan dengan penghasilan The Walt Disney Company setiap harinya.

 

#5 Mengubah Sikap dalam Menghadapi Kegagalan

“All the adversity I’ve had in my life, all my troubles and obstacles, have strengthened me… You may not realize it when it happens, but a kick in the teeth may be the best thing in the world for you.”

“Semua kesengsaraan dalam hidup saya, semua masalah dan rintangan yang memperkuat saya. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa hal itu tidak terjadi, tetapi ditolak seseorang adalah hal terbaik di dunia ini untuk Anda.”

Walt Disney

 

Siapa bilang Walt Disney tidak pernah gagal? Ia gagal berulang kali hingga pernah kehilangan seluruh miliknya, termasuk studio, peralatan, animator, bahkan karyanya.

Namun, ia memilih untuk bangkit dari kegagalan dan memilih untuk memulai baru. Setelah kehilangan Oswald, karakter awalnya, Walt mendapatkan ide baru dan mulai mengembangkan Mickey Mouse.

 

#6 Percaya pada Diri Sendiri

Sebuah keunikan dalam kerja sama Walt dan Roy, saudara lelaki sekaligus rekan kerjanya yaitu Walt selalu menyampaikan ide gilanya dan Roy akan berusaha menghentikannya.

Namun, dengan kegigihan Walt, akhirnya Roy terpaksa mendanai ide gila tersebut.

Hal ini terus terjadi berulang-ulang hingga Walt akhirnya mencapai kesuksesan.

7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses 05 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fungsi Manajemen Keuangan Bisnis UMKM yang Harus Anda Ketahui, agar Bisnis Anda Sukses. Apakah Sudah Anda Terapkan?]

 

Meski selalu dibilang ide gila yang mustahil dan tidak mungkin terjadi, Walt selalu memilih untuk percaya pada dirinya sendiri ketimbang orang lain. Dengan sikap inilah, kini taman bermain Disneyland sudah tersebar di seluruh dunia

Menurut Walt, kemustahilan hanya ada di pikiran orang dengan pola pikir sempit. Agar bisa sukses, Anda harus percaya pada diri sendiri sepenuhnya dan tidak mudah tergoyahkan oleh apa kata orang di luar.

 

#7 Pantang Menyerah

Mary Poppins merupakan sebuah film terbaik pada masanya, dan membutuhkan 16 tahun untuk memperoleh hak ciptanya.

Walt juga mengalami 302 penolakan dalam pencarian sponsor taman bermain Disneyland hingga akhirnya mendapatkan persetujuan dari sebuah studio televise.

Tetapi kerap kali yang membedakan orang yang sukses dan gagal adalah sifatnya yang pantang menyerah. Seseorang yang langsung menyerah saat menghadapi kegagalan kecil tidak akan pernah sukses, dan berlaku pula sebaliknya.

Percayalah bahwa kerja keras selalu terbayarkan.

 

Saat ditanya apa yang menjadi kunci kesuksesannya, Walt mengungkapkan bahwa,

“I dream, I test my dreams against my beliefs, I dare to take risks, and I execute my vision to make those dreams come true.”

“Saya bermimpi, saya menguji impian saya melawan keyakinan saya, saya berani mengambil risiko, dan saya menjalankan visi saya untuk mewujudkan impian itu.”

 

Kunci sukses itu tetap berlaku hingga kini. Lalu, jika Walt yang tidak memiliki keluarga dan latar belakang yang baik bisa melakukannya, mengapa Anda tidak?

 

Kami Yakin Anda Bisa!

Setelah melihat pengalaman Walt Disney, seseorang dari keluarga yang tidak berada dan latar belakang pendidikannya rendah apakah Anda masih ragu untuk meraih kesuksesan?

Kami yakin, dengan seluruh keadaan dan kepunyaan Anda, baik secara fisik, materi, dan moril, Anda juga bisa mencapai kesuksesan dengan menerapkan 7 tips sukses cara berbisnis Walt Disney.

Percayalah bahwa setiap kerja keras selalu membuahkan hasil, dan kegagalan hanyalah sekedar kerikil-kerikil yang meramaikan perjalanan Anda mencapai kesuksesan.

Sekali lagi katakan kepada diri sendiri, “SAYA PASTI BISA!”

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 7 pelajaran cara berbisnis dari Walt Disney lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jeannette Dozier. 7 Lessons Every Young Entrepreneur Can Learn From Walt Disney. Lifehack.org – https://goo.gl/vD5xoB

 

Sumber Gambar:

  • Walt Disney and Mickey – https://goo.gl/5R9xuk dan https://goo.gl/1Bq5uf
  • Cara Berbisnis Walt Disney – https://goo.gl/5j5jTw
  • Walt Disney in Disneyland – https://goo.gl/7tpRMc
  • Walt Disney – https://goo.gl/ejkYvV

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-09-14T08:14:58+00:00 September 13th, 2017|Categories: Bisnis, Entrepreneur, Tokoh|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download