Good news! Anda juga bisa menjadi orang sukses. Dengan mempelajari rahasia para miliarder, Anda bisa melakukan apa yang selalu dilakukan orang sukses. Hal tersebut tidak pernah diajarkan kepada orang lain lho. Penasaran?

Mari kita lihat apa saja 7 hal yang dirahasiakan orang sukses.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Formula untuk Membangun Kesuksesan

Apakah terdapat formula untuk membangun kesuksesan? Apa betul semua miliarder mengambil langkah yang sama dalam menempuh kesuksesannya? Bisakah kita mempelajarinya?

Jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut adalah ya.

Walaupun bidang yang ditempuh setiap orang berbeda, namun semua miliarder memiliki pola serupa dalam kemampuannya membangun kesuksesan. Kecuali orang yang kaya dari sananya, alias pewaris harta atau pemenang lotre.

7 Hal yang Dilakukan oleh Setiap Orang Sukses dan Tidak Pernah Diajarkan Kepada Orang Lain 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Tetapi studi membuktikan bahwa jika seseorang tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan finansial, maka biasanya mereka akan kehilangan hartanya.

Dengan kata lain, mempertahankan kekayaan dan kesuksesan juga menjadi kunci para orang sukses. Karena kekayaan yang sesaat tidak akan bermanfaat bagi mereka.

Maka untuk menjadi sukses, Anda juga harus mengubah pola pikir dan cara bertindak Anda layaknya miliarder.

Seperti apakah pola pikir dan cara hidup yang dijalankan oleh para orang sukses? Pada dasarnya formulanya sederhana saja, yaitu sebagai berikut:

7 Hal yang Dilakukan oleh Setiap Orang Sukses dan Tidak Pernah Diajarkan Kepada Orang Lain 03 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Hidup Sukses yang Dijalankan oleh 80% Orang Sukses di Dunia. Berapa Banyak yang Sudah Anda Jalankan?]

 

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan setiap langkahnya sehingga Anda bisa melihat apa saja rahasia orang sukses yang tidak pernah diceritakan kepada orang lain.

 

#1 Mengadopsi Pola Pikir Miliarder

Miliarder mampu melihat dunia dan berpikir dengan caranya sendiri.

Dimana kebanyakan orang melihat masalah, miliarder melihat peluang sukses di tengah masalah tersebut. Saat orang lain menyatakan kegagalan, miliarder melihat pelajaran berharga untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi.

Setiap pola pikir akan mempengaruhi cara Anda berpikir, kemudian juga berujung pada bagaimana Anda bertindak.

Tanpa dimulai dengan pola pikir miliarder, selamanya Anda tidak akan bisa melihat peluang di sekitar Anda. Hanya dengan menerapkan pola pikir inilah persepsi Anda terhadap dunia akan berubah total.

Ingin Kaya Kuasai Cara Pikir dan Pola Tindakan Orang Kaya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia]

 

Setelah Anda mengadopsi pola pikir miliarder, Anda akan menyadari bahwa terdapat sangat banyak peluang kesuksesan di sekitar Anda. Bahkan, Anda bisa melihat peluang yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Jangan pernah takut untuk mengubah pola pikir, selama Anda mengadopsi pola pikir yang benar. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Anda bisa mencobanya sekarang!

 

#2 Membuat Tujuan Finansial yang Jelas

Jarang sekali kesuksesan datang karena kebetulan. Kesuksesan dimulai dari sebuah tujuan yang jelas.

Pada satu titik dalam hidupnya, calon miliarder selalu memiliki tujuan untuk sukses. Mereka mengetahui apa yang ingin dituju dengan jelas.

Sekarang coba saya bertanya kepada Anda, apakah Anda sudah memiliki tujuan finansial? Coba tuliskan apa tujuan Finansial Anda pada kolom komentar di bawah.

Kebanyakan orang yang saya tanyakan dengan pertanyaan yang sama akan menjawab, “Menjadi kaya, punya uang sebanyak yang saya bisa peroleh.”

Sayangnya jawaban seperti ini kurang spesifik sehingga cenderung menghambat rencana Anda.

Menurut Anda, jawaban seperti apa yang sebenarnya tepat?

Ingin Kaya Kuasai Cara Pikir dan Pola Tindakan Orang Kaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

Mari kita berandai-andai:

Andaikan saja, Anda memiliki upah Rp5 juta per bulan, dan memiliki target yang jelas, misalkan Anda ingin mengumpulkan Rp50 juta per tahun. Tentu Anda jadi terbayang rencana keuangan seperti apa yang harus Anda buat.

Jika Anda bisa membuat tujuan finansial yang jelas dan spesifik, mengapa malah membuat target yang mengawang-awang?

Jika Anda tahu tujuan finansial secara spesifik, Anda bisa membuat rencana keuangan dengan strategi yang tepat. Tidak peduli bagaimana kondisi keuangan Anda sekarang, Anda bisa sukses selama Anda menggunakan strategi yang tepat.

Tetapi, sebelum membuat sebuah tujuan yang jelas, Anda tentunya harus tahu posisi keuangan Anda saat ini.

 

Aplikasi Finansialku memiliki fitur untuk mengecek kesehatan keuangan Anda. Anda bisa mengetahui kondisi keuangan Anda sekarang sebagai dasar membuat tujuan yang jelas dan layak. Dengan demikian, Anda juga bisa membuat tujuan finansial layaknya miliarder.

Untuk mengecek kesehatan keuangan, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku atau klik disini:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Membuat Perencanaan Keuangan

Setelah Anda membuat tujuan yang jelas dan spesifik, kini Anda siap melangkah lebih jauh lagi.

Anda siap untuk membuat perencanaan keuangan yang efektif demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan tadi.

Hanya dengan sebuah rencana, tujuan menjadi mungkin. Hanya dengan tindakan, tujuan bisa jadi kenyataan.

Mari kita gunakan contoh kasus yang tadi sudah digunakan, andaikan Anda memiliki upah Rp5 juta per bulan, dan memiliki target ingin mengumpulkan Rp50 juta per tahun.

Dari angka tersebut Anda bisa menghitung berapa banyak yang perlu Anda tabung setiap bulan. Jika memang Anda tidak sanggup membiayai hidup dari sisa penghasilan, maka Anda perlu mencari cara yang lebih baik dari sekedar menabung.

Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu - Finansialku

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

 

Misalnya saja Anda bisa mencari jenis investasi dengan tingkat pengembalian yang sesuai. Lakukan benchmarking untuk membuat rencana keuangan yang konkret.

Pada tahap ini Anda dipaksa untuk membuat rencana yang cerdas, sehingga Anda bekerja dengan cerdas juga, bukan bekerja keras saja. Seperti kata pepatah: “Work smarter, not harder”

Apabila Anda memang kesulitan membuat rencana keuangan dan masih bingung akan jenis investasi apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan ragu untuk meminta bantuan perencana keuangan, misalnya Finansialku.

Finansialku merupakan perencana keuangan yang memberikan fakta dan solusi keuangan bagi Anda. Dengan bantuan Finansialku, Anda bisa merencanakan keuangan dengan lebih efektif dan tanpa ribet. Jadi, tujuan finansial Anda pun akan lebih mungkin tercapai.

Hubungi perencana keuangan Finansialku sekarang juga dengan menghubungi kontak sebagai berikut:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Tingkatkan Penghasilan Anda

Setelah membuat rencana keuangan sesuai dengan tujuan Anda, kini saatnya Anda melakukan tindakan nyata untuk merealisasikan rencana tersebut.

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, hanya dengan tindakan tujuan bisa jadi kenyataan.

Jangan pernah menyerah sebelum Anda berusaha, walaupun rencana tampak berat dan sulit dicapai. Justru dengan tujuan yang sulit, Anda harus lebih meningkatkan motivasi untuk bertindak lebih efektif.

Salah satu tindakan nyata dalam meraih kesuksesan yakni dengan meningkatkan penghasilan Anda. Masuk akal bahwa meningkatkan penghasilan akan membantu Anda menjadi sukses lebih cepat.

Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

Anda bisa menggandakan uang Anda berkali-kali lipat tanpa harus berganti pekerjaan atau merisikokan aset berharga Anda. Sebagai contoh adalah mencari pekerjaan sampingan atau bahkan membuka bisnis online.

Dengan modal kecil dan waktu yang fleksibel, Anda bisa memperoleh penghasilan yang mungkin lebih besar daripada upah pekerjaan tetap Anda.

 

#5 Mengurangi Pengeluaran Anda

Coba Anda pikirkan, apakah bisa menjadi sukses dan kaya jika Anda selalu mengeluarkan lebih dari pemasukkan Anda? Tentu tidak!

Seperti kata orang tua, “Jangan besar pasak daripada tiang” atau jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Pepatah ini benar adanya.

Cobalah Anda lihat, kebanyakan miliarder yang berhasil sukses dari bawah cenderung hidup sederhana. Mengapa demikian? Karena miliarder cenderung menunda gratifikasi.

Dengan kata lain, mereka rela menunda kemewahan pada masa kini demi hasil yang lebih besar lagi di masa depan.

Menumbuhkan Keyakinan Diri Dapat Membuat Anda Orang Kaya yang Sukses 02 - Fiansialku

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Meski mereka sudah berhasil meningkatkan pemasukan, mereka tidak gegabah dan mengubah gaya hidup menjadi berlebihan. Mereka memilih untuk menginvestasikan uang tersebut agar menjadi lebih banyak lagi.

Jika Anda tidak membatasi pengeluaran, tidak peduli seberapa banyak pemasukan Anda, Anda tidak akan pernah kaya.

Miliarder bisa menjadi sukses dan kaya bukan karena pemasukannya yang besar, namun juga karena pengaturan keuangan mereka yang brilian.

 

#6 Kembangkan Uang Anda

Setelah meningkatkan pemasukan dan mengatur keuangan serta pengeluaran Anda, bukan berarti Anda langsung menjadi miliarder.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Anda tetap harus mencari cara untuk mengembangkan uang tersebut menjadi lebih banyak.

Kesuksesan baru bisa diperoleh saat Anda menemukan cara agar uang yang bekerja untuk Anda. Dengan cara inilah, Anda bisa menjadi orang sukses layaknya miliarder.

Seluruh miliarder menyadari bahwa bekerja seumur hidup tidak akan membuat mereka kaya, mereka kemudian mencari cara agar uanglah yang bekerja.

Hanya dengan menjadi seorang risk taker, bukan berarti Anda berjudi. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang cukup, Anda bisa menyiapkan strategi investasi yang baik.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#7 Lindungi Kekayaan Anda

Langkah terakhir dalam menjadi sukses adalah dengan melindungi kekayaan Anda.

Bayangkan deh hasil kerja keras Anda habis hanya karena biaya pengobatan atau kecelakaan yang tidak terduga. Bagaimana rasanya pundi-pundi hasil investasi Anda dikosongkan begitu saja?

Nah, karena itulah Anda harus melindungi kekayaan Anda begitu Anda berhasil memperoleh kesuksesan.

Ada 7 Barang Spektakuler yang Dibeli Oleh Orang Kaya dengan Harga Fantastis 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

Finansialku menyarankan Anda untuk meminta bantuan tenaga ahli yang bisa membantu Anda melindungi kekayaan tersebut. Contohnya dengan alat bantu seperti asuransi.

Dengan demikian, Anda bisa tenang karena harta yang sudah Anda kumpulkan tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

 

Bukan Hanya Dipelajari tetapi Diaplikasikan

Setelah Anda membaca artikel ini, mungkin Anda berpikir,

“Rahasia apanya? Ini sih saya sudah tahu semua. Mau kaya ya nabung, investasi. Semua orang juga tahu.”

 

Jika semua orang tahu, mengapa hanya sedikit yang berhasil menjadi miliarder?

Jawabannya: karena mayoritas hanya membaca artikel ini tanpa ada tindakan lebih lanjut.

Dengan kata lain, mereka hanya mempelajari isinya, namun tidak mengaplikasikannya.

 

Dengan demikian, Anda bisa mengubah keadaan dengan mengaplikasikan tips-tips tersebut. Ubah seluruh rencana di kepala Anda menjadi kenyataan maka Anda jua bisa menjadi orang sukses!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 7 hal yang dilakukan oleh setiap orang sukses dan tidak pernah diajarkan kepada orang lain? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Adam Khoo. 2006. Secrets of Self-Made Millionaires (How You Can Create an Extraordinary Income and Build a Million-Dollar Net Worth… Starting from Scratch).

 

Sumber Gambar:

  • Adam Khoo. 2006. Secrets of Self-Made Millionaires (How You Can Create an Extraordinary Income and Build a Million-Dollar Net Worth… Starting from Scratch).
  • Orang Sukses – https://goo.gl/xM2n6j
  • Orang Sukses Asia – https://goo.gl/5dNXKC

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang