Kabar baik bagi Anda, cara hidup sukses miliarder ternyata bisa dipelajari. Dengan mempelajari pola pikir miliarder, Anda bisa menempatkan diri sebagai salah satunya dan mempelajari strategi bagaimana menggandakan uang Anda.

Mari kita lihat cara hidup sukses yang dijalankan oleh 80% orang sukses di dunia dan lihatlah berapa banyak yang sudah Anda jalankan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Cara Hidup Sukses Melihat dan Berpikir Berbeda dari Orang Lain

Miliarder mampu melihat dunia dan berpikir dengan caranya sendiri. Inilah salah satu pembeda antara miliarder dengan jutaan orang lainnya. Dimana kebanyakan orang cenderung melihat masalah, miliarder malah melihat peluang sukses di tengah-tengah masalah itu.

Saat orang lain menyatakan kegagalan, miliarder malah melihat pelajaran berharga untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi.

Tanpa pola pikir miliarder, selamanya Anda tidak akan bisa melihat peluang di sekitar Anda. Hanya dengan menerapkan pola pikir inilah Anda bisa fokus dan memiliki keinginan yang tinggi untuk aktif mengimplementasikan ide dan strategi brilian.

9 Cara Hidup Sukses yang Dijalankan oleh 80% Orang Sukses di Dunia. Berapa Banyak yang Sudah Anda Jalankan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Dengan kata lain, kekayaan harus diciptakan di pikiran sebelum diusahakan menjadi kenyataan. Untuk lebih memahaminya, coba Anda lihat skema cara hidup sukses berikut ini:

9 Cara Hidup Sukses yang Dijalankan oleh 80% Orang Sukses di Dunia. Berapa Banyak yang Sudah Anda Jalankan 04 - Finansialku

 

Setiap pola pikir akan mempengaruhi cara Anda berpikir, kemudian juga berujung pada bagaimana Anda bertindak. Tindakan tersebut pada akhirnya akan memberikan sebuah hasil.

Nah, maksudnya adalah menjadi sukses atau tidak adalah hasil, dimana setiap orang bisa memperolehnya jika disertai dengan pikiran dan tindakan yang tepat. Maka untuk menjadi sukses, Anda juga harus mengubah pola pikir Anda layaknya miliarder.

Seperti apakah pola pikir dan cara hidup sukses yang dijalankan 80% orang sukses? Finansialku akan menjabarkannya sehingga Anda bisa melihat berapa banyak yang sudah Anda lakukan.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#1 Selalu Melebihi Ekspektasi

Sebelum memasuki penjelasan lebih lanjut mengenai poin pertama, cobalah Anda duduk sejenak dan renungkan apa tujuan yang ingin Anda capai dengan menjadi kaya?

Apakah Anda ingin membiayai kebutuhan keluarga? Ataukah Anda hanya ingin memperoleh kebebasan?

Cobalah ketahui dengan jelas alasan Anda ingin menjadi kaya dan Anda boleh memiliki lebih dari satu alasan, bahkan tulislah sebanyak-banyaknya.

Setelah Anda menjawab, kini mari lihat hasilnya. Pada dasarnya manusia tergolong dalam tiga kategori:

 

#1 Manusia yang memiliki kebiasaan melakukan sesuatu di bawah harapannya

Karakteristiknya jelas dimana mereka biasanya menulis 3 atau 4 alasan untuk menjadi kaya. Jika ditanya mengapa, biasanya mereka akan memberikan jawaban seperti “Saya tidak memiliki waktu yang cukup” atau “Saya tidak terpikirkan lagi alasan lainnya”

Manusia dalam kategori ini biasanya melakukan sesuatu lebih buruk dari seharusnya, sehingga bisa dikatakan mereka menjadi liabilitas atau beban bagi orang lain.

 

#2 Manusia yang terbiasa melakukan sesuatu sesuai harapannya

Kelompok ini termasuk orang-orang yang patuh, dimana jika diminta menulis 5 alasan mereka akan menuliskan lima. Jika diminta sepuluh alasan, mereka menuliskan sepuluh.

Mereka hanya melakukan sesuatu sesuai standar dan tidak berharap lebih sehingga bisa dikatakan mereka adalah investasi dengan tingkat pengembalian rendah.

Terungkap! Rahasia yang Harus Anda Ketahui untuk Cepat Kaya dan Menjadi Miliarder 01 - Finansialku

[Baca Juga: Terungkap! Rahasia yang Harus Anda Ketahui untuk Cepat Kaya dan Menjadi Miliarder]

 

#3 Manusia yang memiliki kebiasaan melakukan sesuatu melebihi harapannya

Mereka yang menuliskan sebanyak-banyaknya alasan biasanya merupakan kaum minoritas yang tergolong pembuat nilai. Umumnya, merekalah yang akan menjadi sukses dan kaya.

Terlepas dari warisan dan pendidikan yang dimiliki, mereka memiliki kebiasaan untuk berbuat lebih baik dari seharusnya. Sehingga bisa dikatakan mereka adalah aset berharga yang sulit tergantikan.

Jika Anda tergolong dalam kategori 3, maka Anda sudah memiliki satu kebiasaan hidup sukses yang akan mendorong Anda untuk lebih baik daripada orang lain.

 

#2 Selalu Proaktif

Pernahkah Anda memiliki teman di dalam kelas yang selalu berusaha mengenal semua orang dan bertanya dengan aktif? Maka dia sudah menunjukkan tanda-tanda menjadi proaktif.

Orang yang proaktif memiliki kecenderungan untuk mengambil inisiatif. Saat tidak ada peluang, mereka tidak menyerah, namun mencari atau bahkan membuat peluang baru.

Kebalikan dari orang proaktif adalah orang reaktif, dengan karakteristik hanya menunggu sesuatu untuk terjadi tanpa melakukan apapun. Mereka akan bertindak hanya sebagai reaksi dari aksi orang lain.

Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho!, tetapi … 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

 

Hasilnya adalah biasa mereka memiliki kendali lebih kecil dan bahkan dikendalikan orang lain. Saat tidak ada peluang, orang reaktif hanya menunggu ada peluang baru.

Dengan berpikiran proaktif, Anda memberikan kekuatan dan pilihan bagi diri sendiri. Anda memiliki kendali penuh akan aksi untuk mencapai kesuksesan. Sehingga lebih baik Anda tinggalkan reaktif sekarang juga dan mulai menjadi proaktif.

 

#3 Bertanggung Jawab

Kebiasaan ketiga dari miliarder adalah bertanggungjawab 100% akan hasil yang diperoleh. Dengan kata lain, menerapkan pola pikir “pemenang” dan bukan pola pikir “korban”.

“Pemenang” cenderung menerima apapun yang terjadi, dan bukannya mencari alasan atau menyalahkan keadaan.

Saat Anda hanya menyalahkan orang lain atau keadaan, Anda sama saja menyerahkan kendali kepada orang lain.

Dengan demikian, selalu bertanggung jawab akan seluruh hasil yang diperoleh akan memberikan kekuatan lebih. Kekuatan untuk mengubah strategi dan aksi demi mencapai hasil yang lebih baik lagi.

 

#4 Menunda Gratifikasi

Hal yang kerap kali menghambat seseorang dalam mencapai kesuksesan adalah kebiasaan untuk memperoleh gratifikasi instan. Gratifikasi instran adalah kebiasaan untuk selalu menikmati saat ini tanpa sabar menunggu keuntungan di masa depan.

Pada akhirnya, orang-orang seperti ini terbiasa menghabiskan uang lebih banyak dari investasinya.

Ciri lainnya adalah mereka cenderung memboroskan uangnya untuk memperoleh gratifikasi instan, seperti membeli mobil baru, perhiasan mewah, atau TV layar lebar termahal.

Mereka lebih memilih untuk mengubah gaya hidup daripada memikirkan masa depannya dengan cara membeli asuransi, menambah pengetahuan, atau dengan bermain saham.

Kata-kata Motivasi Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

Karena alasan inilah biasanya mereka hanya menjadi miliarder instan juga, dimana kekayaannya bisa saja habis dalam sesaat.

Miliarder atau orang yang sukses merupakan kebalikannya. Mereka lebih suka menunda gratifikasi dan memiliki kesabaran yang besar demi masa depan. Mereka berinvestasi lebih banyak dan mereka tahu bahwa pemborosan sesaat hanya akan menghancurkan segala upaya mereka.

 

#5 Melakukan Apa yang Digemarinya

Banyak orang bertanya, “Apa sih sebenarnya industri paling menguntungkan? Apakah makanan, asuransi, atau properti?”

Jawabannya adalah: INDUSTRI MANAPUN bisa menjadi bidang yang menguntungkan, asalkan Anda menjadi salah satu yang terbaik di bidang tersebut.

Kemudian muncul lagi pertanyaan kedua, “Bagaimana saya bisa menjadi salah satu yang terbaik dalam industri itu?” Jawabannya adalah dengan memberikan totalitas baik dalam komitmen dan tindakan untuk mengembangkan bisnis itu.

Orang memberikan totalitas hanya jika ia menggemari apa yang dikerjakannya, dan karena kegemaran itulah ia memberikan hampir seluruh hidupnya untuk memikirkannya.

Dengan kata lain, mereka terobsesi untuk melakukan apa yang mereka gemari dan terus mencari cara untuk melakukannya dengan lebih baik lagi. Seperti sebuah pepatah dari Steve Jobs:

9 Cara Hidup Sukses yang Dijalankan oleh 80% Orang Sukses di Dunia. Berapa Banyak yang Sudah Anda Jalankan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Menumbuhkan Keyakinan Diri Dapat Membuat Anda Orang Kaya yang Sukses]

 

#6 Memiliki Integritas Tinggi

Jika Anda beranggapan bahwa orang kaya biasanya tidak jujur dan tidak memiliki etika, maka Anda tidak salah, namun juga tidak benar. Memang nyatanya ada orang kaya dan sukses yang tidak beretika karena bagi mereka kekayaan adalah nomor 1.

Dengan kata lain, mereka akan melakukan apapun demi memperoleh kekayaan. Namun dalam hasil wawancara Thomas Stanley dalam buku “The Millionaire Mind”, peringkat pertama jawaban dari mengapa Anda bisa menjadi sukses dan kaya adalah, “Jujur terhadap orang lain”.

Jawaban ini bahkan mengalahkan jawaban lain seperti “kerja keras”, “berinvestasi dengan bijak”, dan “memiliki sifat kompetitif”. Mereka memilih untuk berintegritas, menjadi jujur dengan orang lain dan menjunjung nilai moral yang tinggi.

Mereka melakukan sesuai dengan apa yang mereka katakan dan perlahan-lahan memperoleh kepercayaan dari orang lain. Setelah memperoleh kepercayaan, mereka tetap menjaga kepercayaan itu dan tidak akan mengecewakan orang lain.

It takes twenty years to build a reputation and five minutes to ruin it. If you think about that, you’ll do things differently.

Warren E. Buffett, World’s Second Richest Man

 

Dengan demikian, selalu bertindak dengan integritas dan Anda pun bisa memiliki kekuatan terbesar untuk mencapai kesuksesan.

 

#7 Memiliki Komitmen Tinggi

Jika Anda diberi pertanyaan, “Apakah Anda MAU menjadi kaya?” Kemungkinan besar semua orang akan menjawab IYA. Namun jika Anda ditanya kembali, “Apakah Anda sudah BERKOMITMEN 100% untuk menjadi kaya?” maka jawaban sebagian orang bisa berubah.

Maksudnya adalah, terdapat perbedaan antara MAU menjadi kaya dan BERKOMITMEN menjadi kaya. Jika Anda hanya menginginkannya tanpa berbuat apa-apa, maka Anda tidak akan bisa menjadi kaya.

Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Inilah yang menjadi alasan mengapa hanya segelintir orang yang berhasil mencapai tujuannya yaitu menjadi kaya, padahal hampir semua orang ingin menjadi kaya.

Berbagai studi membuktikan bahwa orang yang mencapai kesuksesan tidak hanya menginginkan kekayaan, namun juga memberikan komitmen 200% untuk mencapainya.

Tentunya dengan melakukan apapun demi sebuah tujuan, Anda akan selalu menemukan cara dan tidak akan pernah buntu di tengah jalan.

Jangan jadikan kekayaan sebagai “andai” namun jadikan sebagai “harus”. Niscaya Anda juga bisa mencapai kesuksesan dan kekayaan tersebut.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#8 Kemampuan untuk Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Kebiasaan selanjutnya yang umum dimiliki miliarder adalah kemampuan menerima kegagalan dan mengubahnya menjadi sebuah kesuksesan. Salah jika Anda menganggap bahwa orang kaya tidak pernah gagal.

Sebenarnya, mereka mengalami banyak kegagalan pada titik tertentu, namun menolak untuk menyerah. Mari kita lakukan kuis lagi!

Berikut adalah tiga jenis orang berbeda dalam menghadapi kegagalan, manakah yang menjadi karakteristik Anda?

 

#1 Menyerah saat menghadapi kegagalan

Mereka menganggap kegagalan adalah akhir, dan menganggap bahwa mereka memang ditakdirkan untuk gagal. Dengan demikian, mereka menjadikan kegagalan sebagai penghancur mimpi mereka.

 

#2 Tidak mudah menyerah

Orang-orang tipe ini tidak suka dengan kegagalan, mereka akan mencoba terus dan tidak mudah menyerah.

Namun, sayangnya mereka mencoba terus dan terus dengan cara yang sama. Dengan melakukan kesalahan yang sama berulang kali, kecil kemungkinan untuk meraih kesuksesan.

 

#3 Mengubah kegagalan menjadi kesuksesan

Kebiasaan inilah yang kerap kali membuat miliarder sukses, dengan melihat kegagalan sebagai sebuah langkah menuju kesuksesan dan bukannya akhir.

Mereka gagal, belajar dari kegagalan, lalu mencari solusinya dan mencoba hal baru demi mencapai tujuannya. Mereka akan terus melakukan riset dan meminta feedback demi membuat strategi yang berhasil sampai mereka berhasil.

20 Cara Menjadi Orang Kaya dan Sukses, Cobalah Sekarang Juga! - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

Oleh karena itulah, jadikan kegagalan sebagai pengalaman yang berharga, dimana Anda bisa belajar darinya untuk mencoba strategi baru lagi.

Itulah mengapa orang selalu berkata bahwa pengalaman itu mahal. Karena tanpa pengalaman, Anda hanya tahu apa yang sebaiknya dilakukan tanpa tahu apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya.

 

#9 Hormati dan Cintailah Uang

Menghormati dan mencintai uang disini bukan berarti Anda menjadi budak uang. Maksudnya adalah mencintai uang karena manfaatnya untuk Anda dan orang di sekitar Anda.

Tentunya banyak orang yang mencintai uang, karena itulah banyak yang ingin menjadi kaya. Namun mereka hanya melihat uang dari sisi luarnya tanpa menyadari nilai uang bagi diri mereka sendiri.

Apakah Anda juga pernah merasakan keinginan untuk menjadi kaya namun rasanya ada sesuatu yang menahan diri Anda?

Misalnya, jika Anda sudah bekerja keras mengumpulkan uang, namun pada satu titik Anda mulai kehilangan motivasi dan malas-malasan? Anda malah berhenti bekerja keras dan mulai menghabiskan uang.

Ilustrasi Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

Ini adalah pikiran Anda yang menghambat Anda memperoleh lebih dari nilai tertentu. Penyebabnya karena Anda memiliki pemikiran negatif terhadap uang. Persepsi ini bisa muncul karena lingkungan atau tekanan sosial.

Anda bisa saja takut dianggap “mata duitan” oleh lingkungan sekitar Anda atau kerap diberi penekanan bahwa “uang bukan segalanya”.

Namun, jangan biarkan pandangan seperti itu menyabotase kesuksesan Anda. Jangan pikir bahwa uang akan menjadikan Anda orang yang buruk.

Anggaplah bahwa pandangan orang lain hanyalah cara mereka untuk menghibur diri mereka sendiri. Karena mereka tidak bisa memperoleh kesuksesan, mereka mencari alasan bahwa uang tidaklah penting.

Oleh karena itu, penting untuk memikirkan pandangan Anda terhadap uang dan memfokuskan untuk melihat kebaikan uang daripada keburukannya.

 

Meraih Kesuksesan Dimulai dari Mengubah Kebiasaan

Bagaimana dengan hasil checklist Anda? Apakah Anda sudah mengaplikasikan mayoritas kebiasaan orang sukses di atas? Jika belum, cara hidup sukses diatas bisa Anda gunakan untuk selangkah lebih maju menuju kesuksesan.

Ubah pola pikir Anda dan berikan tindakan yang tepat sehingga Anda juga bisa memperoleh hasil yang sukses seperti layaknya para miliarder.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara hidup sukses yang dijalankan oleh 80% orang sukses? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Adam Khoo. 2006. Secrets of Self-Made Millionaires (How You Can Create an Extraordinary Income and Build a Million-Dollar Net Worth… Starting from Scratch).

 

Sumber Gambar:

  • Cara Hidup Sukses – https://goo.gl/3hzUvu dan https://goo.gl/EHkCjM
  • Steve Jobs’s Quotes – https://goo.gl/LYyc78

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang