Banyak individu yang malas berpindah kuadran, namun langkah menuju kebebasan finansial nyatanya perlu dilakukan dengan menyebrangi jembatan ke sisi kanan kuadran. Mari kita simak apa itu jembatan menuju kebebasan finansial: berpindah dari sisi kiri ke sisi kanan kuadran.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menyebrangi Jembatan Menuju Kebebasan Finansial

Di zaman modern ini, sistem bisnis semakin berkembang dan meluas. Kini terdapat banyak sistem bisnis yang dapat Anda gunakan, namun untuk memulai bisnis terlebih dahulu Anda harus berpindah dari sisi kiri ke sisi kanan kuadran. Umpamakan bahwa ada sebuah jembatan yang dapat mengantarkan Anda menuju kebebasan finansial dan Anda perlu mengambil langkah tersebut untuk mencapainya. Finansialku akan menjabarkan mengenai jembatan menuju kebebasan finansial: berpindah dari sisi kiri ke sisi kanan kuadran.

Jembatan Menuju Kebebasan Finansial Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menuju Kesuksesan dalam Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki]

 

Jenis Sistem Bisnis

Tujuan dari berpindah ke kuadran B adalah memiliki sebuah sistem dan memperkerjakan orang untuk menjalankan sistem tersebut. Apa sajakah jenis sistem bisnis itu? Tiga jenis sistem bisnis yang umum digunakan saat ini adalah:

  1. Perusahaan tradisional (mengembangkan sistem sendiri)
  2. Bisnis waralaba (membeli sebuah sistem yang telah tersedia)
  3. Pemasaran jaringan (membeli dan menjadi bagian sistem yang sudah ada)

Seluruh sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun pada akhirnya semua sistem akan memberi pemasukan rutin tanpa membutuhkan usaha keras dari pemiliknya jika berjalan dengan baik. Anda perlu membuat sistem yang dapat mengatasi kesuksesan, dimana sistem akan menyokong usaha dan kerja keras karyawannya. Untuk mencapai kesuksesan tersebut, tentunya akan ada beberapa kegagalan, itu hal yang wajar. Justru dengan kegagalan tersebut Anda akan belajar memperbaikinya dan akhirnya memperoleh kesuksesan besar. Kegagalan merupakan guru yang terbaik, ketika Anda gagal Anda akan belajar mengenai diri Anda dengan lebih dalam dan Anda tidak akan sukses tanpa mengalami kegagalan.

Bagaimana Cara Berinvestasi Tanpa Menjadi Investor Apakah Bisa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Berinvestasi Tanpa Menjadi Investor? Apakah Bisa?]

 

Belajar Menjadi Seorang Individu B

Cara paling umum yang biasa ditempuh individu di kuadran E (karyawan) untuk belajar menjadi seorang individu di kuadran B (pemilik bisnis) adalah dengan menjadi pekerja pada seorang B atau sering disebut on-the-job training. Yang menjadi inti masalahnya adalah tidak semua dapat mempelajarinya dari luar dan dari karena mayoritas perusahaan hanya melatih Anda dengan pengetahuan dasar hingga menjadi pekerja yang handal seperti seorang manajer. Anda tidak dilatih untuk menjadi seorang B sehingga kerap kali langkah Anda terhenti di kuadran S (pekerja lepas). Untuk menjadi seorang individu di kuadran B, yang perlu Anda pelajari adalah sistemnya, dan untuk mencapai itu, ada beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan:

  1. Belajar dari Seorang Pembimbing. Penasihat adalah seseorang yang mengetahui apa yang ingin Anda lakukan dan memberitahukan Anda cara melakukannya tanpa pernah menjalaninya sendiri, sedangkan pembimbing merupakan sosok yang telah menjalani serangkaian kejadian yang ingin Anda ketahui dan berhasil melakukannya. Belajarlah dari seorang pembimbing, karena dia sudah mengetahui asam garam dari proses menuju kebebasan finansial, bukan hanya sekedar mengetahui luarnya saja.
  2. Membeli Usaha Waralaba. Usaha waralaba atau franchise merupakan sebuah usaha yang sudah memiliki sistemnya sendiri, sehingga dengan membeli usaha waralaba, Anda sekaligus membeli sistemnya yang sudah terbukti berjalan dengan baik.
  3. Pemasaran Jaringan. Pemasaran jaringan atau multilevel marketing (MLM) sering dianggap sebagai penipuan karena mencurigakan, namun Anda dapat menjalankan sistem distribusi langsung ini dengan mempelajarinya. Nyatanya, banyak pengusaha sukses hanya karena mempelajari sistem MLM ini.

 

Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang Anda Bisa Kaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang: Anda Bisa Kaya]

 

Sulit Mencari Modal jika Tidak Memiliki Sistem

Pernahkah Anda mencoba meminjam uang ke bank tanpa alasan dan sistem yang jelas? Tentunya pihak bank tidak akan meminjamkan uang tanpa sistem yang jelas karena kecil kemungkinan Anda akan sukses dan mengembalikan uang tersebut. Percuma merencanakan sebuah ide untuk membuat produk menarik tanpa sistem yang jelas. Mengapa demikian? Karena produk yang bagus tidak berarti tanpa sistem pemasaran, sistem keuangan, sistem penjualan, sistem hukum, dan sistem perekrutan dan pemecatan, serta sistem lainnya yang mengitarinya. Sebuah bisnis baru akan berjalan menuju kesuksesan jika sistemnya dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Inilah sebabnya membangun bisnis tanpa kegagalan akan sulit, karena sulit menciptakan sistem tanpa mengujinya terlebih dahulu.

6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki]

 

Sistem Adalah Kunci Perpindahannya

Yang perlu diingat adalah pada zaman teknologi yang semakin maju ini, tidaklah sulit bagi Anda untuk memulai bisnis atau investasi. Namun untuk menyebrangi jembatan menuju kebebasan finansial, pertama-tama Anda harus menemukan atau membeli sistem yang mampu berjalan dan berfungsi secara baik sebelum memperoleh kebebasan itu. Kunci perpindahan ke kuadran sebelah kanan ini tidaklah mudah, namun janganlah menghindari kegagalan tetapi hadapi kegagalan itu sebagai langkah menuju kesuksesan.

 

Apakah Anda ingin menyebrangi jembatan menuju kebebasan finansial dan berpindah dari sisi kiri ke sisi kanan kuadran? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Robert T. Kiyosaki. 2001. The Cashflow Quadrant (Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial).

 

Sumber Gambar:

  • Freedom – https://goo.gl/sZlMZQ dan https://goo.gl/gP88jN

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana