Terdapat 6 aturan dasar berinvestasi ala ayah kaya Robert T. Kiyosaki. Aturan tersebut dapat membantu Anda untuk menggunakan investasi demi mendapatkan kebebasan keuangan serta memenuhi tujuan investasi Anda. Tim Finansialku telah merangkum 6 aturan tersebut di dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pengertian Investasi

Secara garis besar, investasi dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan membeli, menyimpan atau melakukan akumulasi uang pada sebuah aktiva dengan harapan bahwa pada suatu saat akan mendapatkan keuntungan finansial. Terdapat beragam instrumen investasi yang berbeda dari risiko serta keuntungannya.

Semakin tinggi risiko investasi, semakin tinggi pula keuntungan yang mungkin Anda dapatkan. Contoh instrumen investasi adalah emas, obligasi, reksa dana, saham hingga properti. Modal yang dibutuhkan untuk masing-masing investasi pun berbeda dan harus disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing investor.

6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak ada Peluang Bisnis dan Investasi yang Buruk]

 

Mengerti dan Menguasai Investasi

Bayangkan jika Anda sedang melakukan sebuah aktivitas olahraga, contohnya badminton. Pada percobaan pertama, mungkin Anda akan memukul tangan Anda dengan raket dan bukan kok. Pada percobaan kedua, mungkin saja Anda telah mahir melakukan service tetapi Anda tidak mengerti peraturan permainan sehingga Anda tidak dapat mencetak skor. Hingga pada akhirnya Anda akan mahir dalam olahraga badminton karena Anda terus mencoba dan mengetahui peraturan dasar dalam olahraga tersebut.

Olahraga ini sama halnya dengan investasi, bahkan seluruh aktivitas yang Anda kerjakan. Mempelajari dasar dari investasi adalah cara yang tepat untuk menguatkan pondasi Anda agar Anda dapat mengambil keuntungan dari investasi tersebut. Dasar dari investasi ini dapat Anda kuasai dengan pengalaman dan pengetahuan yang cukup. Tentunya Anda tidak ingin melakukan investasi yang salah, padahal Anda telah bersusah payah mendapatkan uang tersebut.

Berinvestasi Memang Berisiko, Tapi Tidak Berinvestasi Jauh Lebih Berisiko 2- Finansialku

[Baca Juga: Berinvestasi Memang Berisiko, Tapi Tidak Berinvestasi Jauh Lebih Berisiko]

 

6 Aturan Dasar Berinvestasi

Aturan dasar ini diberikan sebagai pondasi Anda untuk melakukan investasi. Berikut adalah 6 aturan dasar yang dapat Anda ikuti agar investasi Anda menguntungkan:

 

Aturan 1: Ketahuilah Jenis Pendapatan dari Investasi yang Anda Lakukan

Banyak orang yang hanya berpikir untuk mencari uang tanpa menyadari bahwa banyak jenis pendapatan yang berbeda yang dapat mereka peroleh. Secara garis besar, terdapat 3 jenis pendapatan yang berbeda:

  • Pendapatan Aktif: Pendapatan ini adalah penghasilan yang Anda peroleh dari pekerjaan Anda biasanya. Normalnya pendapatan ini akan dikenakan pajak yang cukup tinggi sehingga sulit untuk membangun kekayaan dari pendapatan normal.
  • Pendapatan Investasi: Pendapatan ini Anda peroleh dari Surat Berharga atau Surat Utang seperti obligasi serta saham.
  • Pendapatan Pasif: Pendapatan ini Anda dapatkan dari properti atau royalti dan merupakan pendapatan dengan pajak terendah serta yang paling mudah untuk menjadi kaya.

Menurut Robert, jika Anda ingin menjadi kaya, maka bekerjalah demi pendapatan pasif.

Masih Ragu untuk Berinvestasi Ketahui Dulu Peluang Keuntungannya 1 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Ragu untuk Berinvestasi? Ketahui Dulu Peluang Keuntungannya]

 

Aturan 2: Konversikanlah Pendapatan Aktif Menjadi Pendapatan Pasif

Banyak orang yang memulai karier mereka dengan bekerja sebagai pegawai perusahaan. Walaupun Anda bekerja sebagai pegawai, Anda harus mengerti bahwa terdapat beragam jenis pendapatan dan Anda harus mengubah pendapatan aktif Anda menjadi pendapatan pasif atau pendapatan investasi. Ini adalah hal dasar yang harus dilakukan oleh setiap investor.

 

Aturan 3: Investor Itu Sendiri Adalah Aset atau Liabilitas

Banyak yang beranggapan bahwa investasi sangat berisiko, padahal nyatanya, yang berisiko adalah investor tersebut. Walaupun seluruh investor mendapatkan keuntungan, pasti ada saja investor yang kehilangan uang. Untuk itu, sebagai investor yang baik, Anda dapat mengikuti investor yang mencintai risiko sehingga Anda mengerti akan investasi yang sesungguhnya.

Rahasia Memilih dan Membeli Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Keluarga Anda

[Baca Juga: Mulai Berinvestasi untuk Masa Depan Anda dan Keluarga]

 

Aturan 4: Bersiaplah

Beberapa investor melakukan prediksi mengenai apa dan kapan sesuatu akan terjadi, tetapi investor yang sesungguhnya harus siap akan segala hal yang mungkin terjadi. Salah satu caranya adalah dengan memperdalam pengetahuan Anda, menambah pengalaman dan mempersiapkan dana tambahan.

Menurut Robert, melakukan prediksi atas apa yang mungkin akan terjadi bukanlah cara yang tepat, sebaiknya, Anda fokus pada hal yang Anda inginkan dan selalu waspada dengan apa yang sedang terjadi dan selalu mengambil kesempatan.

 

Aturan 5: Deal yang Baik Akan Menarik Uang

Mendapatkan uang dari deal yang bagus merupakan hal yang mudah, tetapi tantangannya adalah mencari deal yang baik yang dapat menarik uang. Hal ini dapat Anda lakukan dengan memperdalam pengetahuan Anda dan menambah pengalaman Anda.

Ingatlah untuk selalu fokus dengan kesempatan yang ada di depan mata Anda, jika Anda selalu siaga dan mempunyai persiapan diri yang baik, Anda akan menemukan deal yang baik, sehingga uang akan menemukan Anda, atau Anda yang akan menemukan uang.

 

Aturan 6: Belajar untuk Evaluasi Risiko dan Keuntungan

Sebagai investor yang baik, Anda harus dapat mempertimbangkan sebuah investasi dari segi risiko dan keuntungannya. Jika Anda mampu menemukan investasi dengan risiko yang sama tetapi keuntungan yang lebih besar, tentu Anda akan memilih investasi tersebut dibandingkan investasi yang berisiko.

3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Perlu Anda Coba 1 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Perlu Anda Coba]

 

Pengetahuan dan Pengalaman

Dari keenam cara aturan dasar untuk investasi, dapat disimpulkan bahwa yang paling penting agar investasi dapat berhasil adalah dengan memperdalam pengetahuan Anda akan finansial serta menambah pengalaman Anda. Belajar dan menguasai cara-cara investasi ini memakan waktu seumur hidup, oleh karena itu, Anda harus disiplin dan tidak pantang menyerah.

 

Apakah Anda mempunyai pengalaman investasi yang menyenangkan? Apakah Anda sudah termasuk dalam investor yang baik? Bagikan artikel ini untuk seluruh teman dan keluarga Anda sehingga mereka dapat melakukan investasi dengan cara yang benar. Selamat mencoba!

 

Sumber Referensi:

  • Robert Kiyosaki. 13 Mei 2014. 6 Basic Rules of Investing. Richdad.com – https://goo.gl/jswK4R

 

Sumber Gambar:

  • Robert T. Kiyosaki – https://goo.gl/eL6HdE
  • Investasi – https://goo.gl/3rlM7P

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang