Apakah Anda bingung menentukan investasi mana yang harus dipilih di tengah berbagai tawaran investasi yang “sepertinya” menggiurkan hasilnya? Pilihan Anda saat ini menentukan masa depan yang akan Anda hasilkan di kemudian hari. Demikian juga dengan investasi. Berikut 3 jenis investasi menguntungkan yang akan dipaparkan oleh Finansialku.com yang perlu Anda coba!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi yang Menguntungkan

Di era digital yang semakin memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai informasi saat ini, berbagai tawaran dapat disajikan secara cepat. Berbagai tawaran itu menuntut kita untuk melakukan pilihan. Namun, apakah pilihan yang kita ambil itu sudah tepat? Demikian pula ketika kita berencana untuk melakukan investasi.  

Banyak orang yang masih “menutup mata” akan pentingnya berinvestasi. Dalam berinvestasi, diperlukan pertimbangan yang matang dalam menentukan alokasi uang yang harus ditabung dan uang yang seharusnya diinvestasikan.

3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Perlu Anda Coba 2 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Alasan Umur Lagi, Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

Begitu banyak jenis investasi yang dapat kita jalankan. Berbagai tawaran investasi dapat dengan mudah kita dapatkan. Namun, seringkali kita mengalami kesulitan dalam menentukan investasi yang cocok untuk kita jalankan. Berikut ini 3 jenis investasi menguntungkan yang Anda perlu coba:

 

#1 Investasi Reksa Dana

Hanya dengan uang sebesar Rp100.000 saja, Anda dapat mengikuti investasi reksa dana. Beberapa jenis reksa dana seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar saham, dapat Anda ikuti dalam berinvestasi melalui reksa dana ini. Prosedurnya cukup mudah, asalkan Anda membaca dan memahami prospektus yang ada di dalamnya.

Selain itu, pemilihan tujuan reksa dana yang tepat perlu dilakukan agar dana investasi Anda yang akan “dimainkan” oleh manajer investasi, hasilnya akan sesuai dengan tujuan yang sudah Anda tetapkan dari semula. 

Mekanisme pendaftaran reksa dana memiliki kemiripan dengan mekanisme saat membuka rekening di bank. Beberapa istilah yang akan menjadi kosakata baru Anda dalam berinvestasi di reksa dana diantaranya adalah Unit Penyertaan (UP) dan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Berikut ini adalah pemaparan mengenai kemudahan cara perhitungan keuntungan investasi reksa dana.

Investor Pemula, Kenali Profil Risiko Sebelum Membeli Reksa Dana 2 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Kenali Profil Risiko Sebelum Membeli Reksa Dana]

 

NAB untuk produk A memiliki harga Rp1.000. Apabila Anda berencana membeli 2.000 UP, maka Anda perlu membayar sebesar Rp2.000.000. Pada akhir tahun harga NAB untuk produk A naik menjadi Rp3.000.000 maka Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp1.000.000.

Apabila NAB turun menjadi Rp1.500.000, berarti Anda mendapatkan kerugian sebesar Rp500.000. Ketika NAB turun di akhir tahun, Anda disarankan untuk tidak menjualnya terlebih dahulu dengan tujuan agar meminimalisasi kerugian yang akan Anda tanggung.

UPNABNAB Akhir TahunKeterangan
2.000Rp2.000.000Rp3.000.000Untung Rp1.000.000
2.000Rp2.000.000Rp1.500.000Rugi Rp500.000

 

Anda pun dapat mempelajari berbagai informasi mengenai cara menjaga aset reksa dana agar Anda semakin memaksimalkan keuntungan yang Anda peroleh.

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#2 Investasi Online Peer to Peer (P2P) Lending

Mengingat Investasi Online P2P Lending termasuk baru di Indonesia, prosedur atau mekanisme yang dilakukan dalam investasi jenis ini tidak sulit dan sangat menguntungkan.

Umumnya, program kerja P2P memberikan investasi untuk pinjaman bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tentu saja tingkat risiko investasi yang tinggi menentukan pula tingkat keuntungan investasi yang Anda peroleh.

Salah satu perusahaan investasi di Indonesia yang menawarkan investasi online P2P Lending, memberikan kemudahan dengan investasi minimum seperti reksa dana. Selain itu, Anda pun dapat menentukan secara pribadi objek penerima modal investasi berdasarkan informasi yang tertera dalam factsheet dengan jangka waktu investasi yang beragam sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari jangka waktu 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan hingga 24 bulan.

apakah-investasi-di-p2p-lending-aman-dan-terdiversifikasi-2-finansialku

[Baca Juga: Apakah Investasi di P2P Lending Aman dan Terdiversifikasi?]

 

#3 Investasi Properti

Modal yang besar dalam berinvestasi pada jenis investasi properti, sebanding dengan besarnya keuntungan yang akan Anda dapatkan, selain sebagai passive income yang dapat peroleh.

Anda dapat mencoba kedua jenis investasi properti ini, disamping mengumpulkan cukup dana untuk membeli rumah sederhana di daerah strategis yang kelak dapat Anda sewakan sebagai strategi untuk menghasilkan passive income Anda.

Sebagai informasi, Anda dapat membeli rumah sederhana di tempat strategis yang memiliki potensi untuk berkembang dengan harga mulai Rp450 juta.

Ingat selalu bahwa rumah yang Anda beli akan bertambah nilainya seiring dengan bergulirnya waktu, menimbang lokasi yang strategis dan potensi untuk berkembang dengan peningkatan harga sekitar 15-22% setiap tahunnya. Harga sewa rumah tersebut pun biasanya berkisar antara 4-10% per tahunnya.

Misalnya, apabila Anda membeli rumah seharga Rp500 juta di Bandung dan Anda menyewakannya kepada keluarga yang baru menikah dengan harga sewa sebesar Rp15 juta per tahun, Anda dapat memperoleh keuntungan passive income melalui aset rumah tersebut sebesar Rp15 juta per tahunnya.

9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda 2 - Finansialku

[Baca Juga: 9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda]

 

Selain passive income, seiring dengan pertambahan waktu, harga rumah tersebut akan berangsur naik. Apabila kita simulasikan peningkatan harga rumah tersebut sebesar 10% setiap tahunnya, artinya dalam 10 tahun harga rumah tersebut akan menjadi:

Rp500.000.000 x 10% = Rp50.000.000

Rp50.000.000 x 10 tahun = Rp500.000.000

 

para-karyawan-baru-apa-manfaatnya-menginvestasikan-gaji-pertama-finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan Baru, Apa Manfaatnya Menginvestasikan Gaji Pertama?]

 

Itu artinya, dalam 10 tahun, aset Anda menjadi:

Rp500.000.000 + Rp500.000.000 = Rp1 miliar

 

Namun demikian, Anda perlu mengumpulkan dana agar investasi tersebut dapat dimulai dan berjalan dengan baik. Apabila Anda tidak memiliki dana saat ini, pengajuan KPR kepada pihak bank dapat menjadi salah satu alternatif lain sambil Anda dapat menyewakannya secara langsung untuk menolong proses pembayaran cicilan KPR tersebut.

 

Investasi Tidak Sulit

Bagaimana menurut Anda? Apakah pemaparan di atas menarik untuk dicoba? Selain kepastian keuntungan yang diperoleh, tidak sulit juga untuk melakukan prosedur dalam investasi tersebut.

Apabila Anda sudah melakukan investasi reksa dana, tidak ada salahnya Anda mencoba investasi Online P2P Lending sambil menabung untuk mengumpulkan dana demi investasi properti yang sudah pasti besar keuntungannya.

 

Silakan bagikan pengalaman Anda dalam berinvestasi atau memberikan pertanyaan dan tanggapan terkait artikel tersebut pada kolom yang tersedia di bawah ini. Selain itu Anda juga dapat berkonsultasi mengenai penataan keuangan Anda dengan konsultan Finansialku.com yang akan menolong Anda dalam menata keuangan Anda.

Jangan lupa untuk membagikan berbagai informasi yang Anda dapatkan melalui berbagai artikel yang menambah wawasan dari Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Walter Pinem. 21 Februari 2017. 3 Jenis Investasi Menguntungkan yang Layak Dicoba. Koinworks.com – https://goo.gl/yIAs6q

 

Sumber Gambar:

  • Investasi – https://goo.gl/pRWa2p
  • Employee – https://goo.gl/kWl3ra

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang