Menumbuhkan rasa keyakinan dalam diri dapat membawa kita kepada hidup yang sejahtera dan bahkan kekayaan. Bagaimana hal itu dapat terjadi? Berikut ini ulasannya yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku untuk Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Wealth Mindset Finansialku

 

Segala Kesuksesan Diawali dengan Keyakinan

Keyakinan adalah asumsi dan kepercayaan yang dianggap benar oleh seorang individu atau kelompok, mengenai konsep, kejadian, orang-orang dan hal-hal tertentu. Apa yang kita yakini sekarang ini bisa jadi merupakan sesuatu yang dianggap “gila” pada tahun-tahun yang lalu.

Bahkan setiap keterbatasan kita bukan menjadi penghalang untuk menjadi orang kaya dan meraih kesuksesan.

Menumbuhkan Keyakinan Diri Dapat Membuat Anda Orang Kaya yang Sukses

[Baca Juga: Mengubah Sebuah Keinginan Menjadi Sebuah Tindakan Nyata untuk Kesuksesan]

 

Mari tengok seorang anak kecil autis yang sepertinya tidak memiliki masa depan sukses seperti Albert Einstein yang pada akhirnya menjadi ilmuwan berhasil dan orang yang paling berpengaruh pada abad ke-20 dengan teori relativitasnya.

Tahukah Anda seorang Adam Khoo yang saat ini dikenal sebagai orang kaya yang bayarannya mencapai US$10.000 per jam, namun ternyata pada masa kecil ia dikenal sebagai anak yang bodoh dan mengenyam pendidikan di bangku SD dan SMP terburuk di masa sekolahnya?

Pernahkah Anda mendengar kisah hidup Bill Gates seorang pendiri Microsoft, perusahaan teknologi terbesar di dunia yang siapa sangka ternyata ia pernah menjadi office boy dan sempat di-DO (drop out) dari kampusnya, di Harvard University.

Senada dengan Bill Gates, demikian juga Mark Zuckerberg yang pernah di drop out dari kampusnya di Harvard, namun ternyata dia menjadi pendiri Facebook, suatu aplikasi media sosial yang digunakan hampir setiap orang di dunia dan sangat berpengaruh bagi perkembangan teknologi dan informasi masa kini.

Dan pasti Anda pun salah satu pengguna Facebook, hasil karya seorang mahasiswa yang sempat mengalami di-DO, Mark Zuckerberg.

Tahukah Anda Bahwa Pikiran adalah Kekuatan untuk Menuju Kesuksesan

[Baca Juga: Tahukah Anda Bahwa Pikiran adalah Kekuatan untuk Menuju Kesuksesan?]

 

Pertanyaannya, bagaimana mereka dapat meraih kesuksesan semacam itu. Sudah pasti dengan berbagai proses yang panjang dan berbagai tantangan serta hambatan, bahkan sempat mengalami jatuh bangun yang luar biasa.

Namun tahukah Anda bahwa semua kesuksesan dan kekayaan yang diraih oleh setiap orang sukses di dunia ini, tidak terlepas dari satu step awal yang dinamakan dengan keyakinan.

 

Menumbuhkan Keyakinan Dalam Diri

Keyakinan adalah keadaan pikiran yang dapat Anda kembangkan sesuai dengan keinginan dan kemauan Anda. Dengan kata lain, apabila seorang siswa merasa dirinya tidak mampu menyelesaikan suatu soal matematika dan mengalami kesulitan dalam belajar matematika, ia perlu diyakinkan bahwa dirinya mampu dan bisa menyelesaikannya.

Selain itu ia perlu mencoba dan terus bertanya akan bagaimana cara menyelesaikan soal itu kepada guru atau memiliki kelompok belajar bersama yang dapat menolongnya keluar dari “zona kesulitan” untuk menyelesaikan masalahnya dalam menghadapi soal matematika.

Dalam proses meyakinkan diri, ada kalanya perlu dilakukan secara terus menerus dengan memperkatakan pada diri sendiri bahwa dirinya mampu dan bisa melakukannya. Proses ini dapat dikatakan sebagai men-sugesti diri dan meyakinkan diri.

Kata-kata yang dikeluarkan: “saya bisa, saya mampu” akan didengar oleh telinga dan diterima oleh pikiran bawah sadar sehingga akan dijadikan sebagai landasan tindakan.

 Ayo Tangkap, 4 Pelajaran Bisnis dari Kesuksesan Pokemon Go

[Baca Juga: Ayo Tangkap, 4 Pelajaran Bisnis dari Kesuksesan Pokemon Go]

 

Seperti halnya ketika Anda memiliki keinginan untuk menjadi kaya dan sukses, yakinkan diri Anda bahwa Anda mampu meraihnya dengan berbagai cara yang positif. Keyakinan atau kepercayaan Anda adalah unsur yang menentukan tindakan pikiran bawah sadar Anda.

Untuk membuat sugesti Anda lebih terasa realistis, bersikaplah seakan-akan Anda sudah memiliki materi yang Anda inginkan ketika Anda mengirimkan signal itu ke pikiran bawah sadar Anda.

Pikiran bawah sadar akan mengubahnya menjadi padanan fisik dan tentu saja pikiran tersebut perlu didominasi oleh emosi positif sehingga pikiran tersebut mampu memberikan instruksi kepada pikiran bawah sadar dan digunakan sebagai landasan tindakan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Milikilah keyakinan pada diri Anda karena keyakinan tidak ada batasannya. Keyakinan dapat memberikan kehidupan, kekuatan dan tindakan kepada impuls pemikiran. Keyakinan adalah titik awal dari suatu kesuksesan dan tentu saja kekayaan.

Selain itu, milikilah tekad untuk membuang pengaruh lingkungan yang tidak menguntungkan dan binalah kehidupan yang teratur. Sebetulnya kelemahan terbesar seorang yang ingin sukses adalah kurangnya keyakinan pada diri sendiri. Kekurangan ini dapat diatasi dan dapat diubah menjadi keberanian melalui bantuan sugesti pribadi.

 

Lima Langkah Menuju Kepercayaan Diri

Untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam, terdapat 5 langkah agar Anda dapat memiliki keyakinan dalam kepercayaan diri, yaitu:

 

#1 Sugesti akan Kemampuan Dalam Diri

Yakinkan diri bahwa Anda mempunyai kemampuan mencapai tujuan yang pasti dalam hidup ini. Tanamkan rasa sabar dan berjanji untuk terus menerus bertekun dalam proses mencapai tujuan dari kesuksesan yang akan Anda raih.

 

#2 Pemikiran Menghasilkan Perubahan

Ciptakan gambaran mental yang jelas dalam pikiran Anda dan dominasi pikiran Anda dengan hal-hal positif untuk meraih kesuksesan Anda yang secara berangsur-angsur akan mengubah diri menjadi suatu realitas yang nyata.

 

#3 Keyakinan Teguh Mencapai Tujuan

Keinginan teguh yang terus menerus dipertahankan dalam pikiran pada akhirnya akan mencari ekspresi melalui suatu sarana praktis. Melalui keinginan yang terekspresi melalui tindakan nyata, maka kepercayaan diri akan semakin berkembang bahwa kesuksesan akan dapat diraih.

Pendidikan Jalan Menuju Kesuksesan

[Baca Juga: Pendidikan Jalan Menuju Kesuksesan]

 

#4 Tulis Deskripsi Tujuan Utama

Tulislah satu deskripsi dengan jelas dari tujuan utama yang pasti dalam kehidupan Anda dan ambil suatu komitmen untuk tidak berhenti dalam berusaha hingga mencapai keberhasilan yang dalam mengembangkan kepercayaan diri demi meraih tujuan kesuksesan.

 

#5 Kesadaran Penuh Akan Risiko, Harga & Taruhan Dari Sebuah Kesuksesan

Perlunya menyadari sepenuhnya bahwa tidak ada kekayaan atau kedudukan yang dapat bertahan lama kecuali apabila dibangun dari kebenaran dan keadilan, oleh sebab itu perlunya menghindari dan menolak setiap keterlibatan dengan hal-hal yang bersifat negatif. Layanilah orang lain apabila Anda ingin dilayani oleh mereka.

Singkirkan rasa benci, iri hati, kecemburuan dan rasa mementingkan diri sendiri disamping mengembangkan kasih sayang kepada sesama karena sikap negatif terhadap orang lain tidak akan mendatangkan kesuksesan.

Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan

[Baca Juga: Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan]

 

Kekayaan Dimulai Dengan Pikiran

Perusahaan besar United State Steel Corporation merupakan hasil dari sebuah keyakinan akan keinginan dan imajinasi serta ketekunan dari seorang Charles. M. Schwab dan J.P. Morgan beserta timnya. Kekayaan dimulai dengan pikiran. Jumlahnya dibatasi hanya oleh orang yang mempergunakan pikirannya dan mengubahnya menjadi kenyataan.

 

Yakinkah Anda akan kesuksesan yang sedang menanti Anda di depan mata melalui setiap proses yang sedang Anda hadapi? Berikan tanggapan dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. Penguin: USA

 

Sumber Gambar:

  • Orang Kaya – https://goo.gl/zdpcNO
  • Orang Sukses – https://goo.gl/hIqpCk

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang