Apakah Anda memiliki keinginan untuk menjadi sukses? Berikut ini beberapa kiat yang dapat Anda lakukan sebagai suatu tambahan wawasan dan pemikiran bagaimana meraih kesuksesan melalui tindakan yang nyata. Selamat membaca & mendapatkan pemahaman serta peneguhan yang semakin kuat untuk menjadi orang sukses yang kaya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Sukses Bukan Sekadar Mimpi

Tidak ada seorangpun yang tidak mau sukses dan kaya. Tidak ada seorangpun yang ingin hidup susah, miskin dan menderita. Setiap orang pasti ingin hidup yang semakin sejahtera dan makmur. Semua orang pasti menginginkan kenyamanan, kenikmatan dan juga kesuksesan. Setiap keinginan itu baik tetapi sering kali banyak orang yang hanya berdiam diri dengan keinginannya tanpa melakukan suatu tindakan nyata untuk merealisasikan keinginannya tersebut.

Berani bermimpi untuk sukses itu sangat baik dan bahkan merupakan langkah awal yang memang harus dimiliki bagi setiap orang yang ingin meraih kesuksesan. Pemahaman akan kesuksesan seringkali dipahami secara tidak utuh. Seorang yang haus dan ingin minum, pasti dia akan berusaha untuk mencari gelas di dapur, mengambil air pada dispenser atau guci air lalu meminumnya. Apabila galon air habis, maka orang tersebut harus membuka tutup galon lalu membersihkan bagian lubang air dengan tisu pembersih, lalu dengan kekuatannya ia akan membalikkan galon untuk ditaruh di atas dispenser atau guci air sehingga dia dapat dengan mudah menikmati air minum tersebut.

Mengubah Sebuah Keinginan Menjadi Sebuah Tindakan Nyata untuk Kesuksesan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Demikian juga dengan kesuksesan, apabila kita ingin meraih sesuatu pasti membutuhkan perjuangan. Terkadang kita mengalami kesulitan, hambatan, tantangan dan bahkan kegagalan. Tidak hanya sekali atau dua kali, bahkan mungkin berkali-kali. Itulah yang namanya perjuangan meraih kesuksesan. Apabila dijelaskan secara garis besar, mungkin bisa digambarkan demikian. Namun setelah ini, kita akan membahas beberapa kiat yang dapat dilakukan dan teori-teori berikut ini tidak akan sekedar menjadi teori apabila kita melakukannya dan mengalami keberhasilan serta kesuksesan melalui kiat-kiat berikut ini!

Ini 8 Cara untuk Menjadi Pengusaha Waralaba yang Sukses 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 8 Cara untuk Menjadi Pengusaha Waralaba yang Sukses]

 

#1 Awali dengan Mimpi dan Jalani Prosesnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, awali kesuksesan Anda dengan mimpi. Tulis apa yang menjadi keinginan Anda dan tempelkan pada satu tempat di kamar Anda yang mudah terlihat dan setiap waktu Anda dapat melihatnya dengan jelas. Hal ini akan membuat Anda untuk terus termotivasi melakukan setiap langkah yang harus Anda lakukan demi meraih kesuksesan itu. Misalnya, salah satu keinginan Anda membeli rumah, menikah, atau bahkan kesuksesan dalam bidang akademik untuk diterima di Universitas unggulan. Dalam menuliskan mimpi dan keinginan Anda, selalu ingat bahwa mimpi tersebut haruslah yang reasonable atau masuk akal dan memiliki kriteria SMART. Secara sederhana SMART dapat dijelaskan sebagai berikut:

Bapak Handiman bersama istri memiliki mimpi untuk membeli sebuah rumah, berikut penjabaran SMART:

  1. Specific = Membeli rumah di daerah Jakarta Barat dengan harga Rp900 juta. (Mimpi yang dituliskan secara spesifik)
  2. Measurable = Dengan gaji sebesar Rp5 juta/bulan, deposito 1,5%/bulan ditambah melakukan investasi dalam bentuk emas dan usaha sampingan dan usaha online shop bersama istri. Mengajukan KPR kepada Bank untuk rumah yang akan dibeli. (Mimpi tersebut dijabarkan langkah-langkahnya secara detail demi mencapainya).
  3. Attainable = Dengan perhitungan tabungan setiap bulan, tambahan penghasilan dari kerja sampingan kira-kira dalam waktu 5 tahun sudah berhasil membeli rumah. (seberapa lama mimpi tersebut dapat diwujudkan).
  4. Realistic = Perlu pertimbangan apakah realistis untuk membeli rumah dalam waktu 5 tahun dengan setiap sumber pendapatan yang dimiliki dan juga pengeluaran belanja setiap hari.
  5. Time Bound = Penentuan deadline dari mimpi tersebut adalah 7 tahun mendatang pada bulan Agustus.

Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA]

 

#2 Keyakinan akan Kesuksesan yang Diraih

Tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan. Setiap usaha yang dilakukan, pasti ada kalanya tidak berjalan mulus sesuai yang kita inginkan. Terkadang ada hambatan yang terjadi dari luar dan kita tidak dapat menghalaunya. Namun kita dapat meminimasi dampaknya dan tetap meyakinkan diri kita bahwa kita pasti dapat meraih kesuksesan itu.

Sering kali hambatan dari dalam diri yang dapat mematahkan semangat. Selalu ingat bahwa setiap kesuksesan yang akan kita capai pasti ada tantangan, hambatan yang akan dilalui. Bahkan mungkin kita akan mengalami kegagalan demi kegagalan sebelum menikmati kemenangan dari kesuksesan yang diraih. Terkadang dari kegagalan, kita dapat belajar banyak hal dan mengajarkan bahwa ada hal yang harus diperbaiki dari rencana yang dibuat.

Apabila Anda menghadapi masalah dan merasa berdiam diri di dalamnya, telusurilah akar dari permasalahan tersebut. Tidak ada suatu masalah pun yang tidak dapat terselesaikan. Selalu miliki sikap pantang menyerah dan jangan gampang merasa puas. Semakin tinggi mimpi yang akan kita raih, semakin besar pula tantangan yang akan dihadapi.

 

#3 Syukuri Setiap Pencapaian Anda

Orang yang ingin sukses, perlu memiliki sikap untuk tidak cepat merasa puas akan keberhasilannya. Hal ini bukan artinya haus kesuksesan dan terlalu serakah untuk mendapatkan sesuatu dan malahan menghalalkan segala cara untuk dapat meraihnya. Sikap tidak merasa puas membuat kita termotivasi bahwa kita masih dapat mencapai lebih baik dan membuat kita menjadi tidak malas untuk meraih kesuksesan lainnya karena sudah berhasil mencapai kesuksesan yang satu. Dengan sikap ini kita dapat membuat rencana-rencana dan lain untuk membuat kemenangan dan keberhasilan lainnya yang akan diraih.

Namun, disamping rasa tidak puas akan keberhasilan yang dicapai, belajar untuk bersyukur atas segala pencapaian dan kesuksesan juga diperlukan. Kita juga bisa bersyukur untuk kegagalan yang pernah dialami karena dengan kegagalan itu, kita mampu belajar dan meraih kesuksesan dari pembelajaran akan kegagalan yang berhasil dihadapi. Dengan adanya rasa syukur, kita pun belajar untuk tidak menjadi tinggi hati akan pencapaian yang kita alami. Menjadi orang yang sukses dengan kerendahan hati, tidak sombong tentu saja adalah pribadi yang disenangi oleh orang-orang di sekitar kita. Terutama mereka yang menyaksikan setiap jerih lelah dan tetes keringat kita selama menaiki tangga pencobaan dan mendapatkan mimpi yang kita harapkan. Kita tidak mau kan setelah kita sukses malahan menjadi sombong dan orang-orang di sekitar kita tidak menyukai pribadi kita. Jadilah orang sukses dan tetap legowo bahkan menjadi inspirasi bagi orang lain agar dapat menjadi sukses seperti Anda.

20 Cara Menjadi Orang Kaya dan Sukses, Cobalah Sekarang Juga! - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Menjadi Orang Kaya dan Sukses, Cobalah Sekarang Juga!]

 

Mimpi Menjadi Kenyataan

Wujudkan setiap mimpi Anda dengan setiap tindakan nyata yang dapat Anda lakukan. Tidak ada sesuatu yang sulit untuk dicapai selama ada niat yang sejalan dengan itikad baik untuk menjadi pribadi yang sukses dan tentu saja dengan cara-cara yang baik dan tidak merugikan orang lain. Terus berusaha dan jangan pantang menyerah. Syukuri setiap pencapaian yang diraih dan tetap menjadi pribadi yang rendah hati dengan pencapaian kesuksesan yang tinggi.

 

Finansialku.com adalah perusahaan konsultan yang bergerak dalam perencanaan keuangan. Bagi Anda yang ingin mencapai kesuksesan dalam bidang keuangan dan mengalami kesulitan dalam perencana keuangan Anda, Finansialku.com hadir untuk menolong Anda. Bagikan setiap informasi yang menambah wawasan dan pengetahuan dari Finansialku.com kepada orang-orang yang Anda kenal!

 

Menurut Anda, apakah mungkin sebuah keinginan dari sebuah impian menjadi sebuah tindakan nyata? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Herman Yudiono. Cara Menjadi Orang Sukses dalam 7 Langkah Sederhana. Tipspengembangandiri.com – https://goo.gl/IB4j2f
  • 9 April 2009. Cara Membuat Smart Goal. https://goo.gl/JQ4lZU
  • Youth Life. 26 Oktober 2011. S.M.A.R.T (5 Langkah Menetapkan Tujuan) – https://goo.gl/9sw9EH

 

Sumber Gambar:

  • Success People – https://goo.gl/dQ8OIx dan https://goo.gl/FQxeQx

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang