Ini 8 Cara untuk Menjadi Pengusaha Waralaba yang Sukses

Bagaimana cara menjadi pengusaha waralaba yang sukses? Bisnis waralaba banyak digemari masyarakat yang tidak ingin repot membangun bisnis sendiri dari nol. Kali ini Finansialku akan membahas 8 cara untuk menjadi pengusaha waralaba yang sukses.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Sukses Berbisnis Waralaba

Kebanyakan orang memilih bisnis waralaba karena menginginkan kepastian dan kemudahan dalam berbisnis. Memang secara umum bisnis waralaba lebih mudah dijalankan daripada membangun bisnis sendiri. Dengan bisnis waralaba Anda tidak perlu menjalani proses membangun bisnis yang rumit dan membutuhkan banyak waktu serta tenaga. Tetapi ada banyak tantangan yang harus Anda hadapi dalam bisnis waralaba. Kali ini Finansialku akan memberikan beberapa cara untuk menjadi seorang pebisnis waralaba yang sukses.

Mari kita bahas 8 cara yang dapat Anda gunakan untuk menjadi seorang pebisnis waralaba yang sukses:

Ini 8 Cara untuk Menjadi Pengusaha Waralaba yang Sukses 2 - Finansialku

 [Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut]

 

#1 Terjun ke Lapangan Secara Langsung

Ketika Anda baru memulai bisnis waralaba, sebaiknya Anda terjun langsung ke lapangan untuk proses bisnis. Jangan hanya mengandalkan karyawan yang ditugaskan untuk berjualan. Jangan salah, banyak kejadian bisnis merugi karena perbuatan pegawai nakal. Karena itu Anda perlu memastikan bahwa proses bisnis berjalan dengan lancar. Selain itu Anda juga harus memperhitungkan kemungkinan keuntungan yang seharusnya didapatkan setiap hari. Dengan begitu, ketika Anda sudah mendelegasikan semua pekerjaan kepada karyawan, Anda tidak akan mudah tertipu oleh pegawai nakal yang menyelundupkan uang.

 

#2 Mengikuti Pelatihan Keuangan

Tidak semua orang menyukai ilmu keuangan, bagi sebagian orang ilmu keuangan adalah sesuatu yang rumit dan tidak menyenangkan. Tetapi seorang wirausahawan, baik bisnis sendiri maupun bisnis waralaba, wajib melek keuangan. Memang Anda dapat menggaji karyawan yang ahli dalam hal keuangan, tetapi Anda sendiri tetap harus mengerti paling tidak dasar-dasar ilmu keuangan. Meskipun terlihat rumit dan tidak menyenangkan bagi sebagian orang, keuangan adalah kunci utama bagi pengusaha dalam sebuah bisnis. Disinilah kunci keuntungan yang Anda dapatkan. Jika tidak mengerti tentang keuangan, bisa jadi Anda tidak memperhitungkan keuntungan yang sebenarnya. Jangan-jangan bisnis waralaba yang dijalankan sebenarnya tidak menguntungkan Anda.

mau-memulai-bisnis-waralaba-timbang-untung-ruginya-dulu-finansialku

[Baca Juga: Mau Memulai Bisnis Waralaba? Timbang Untung Ruginya Dulu]

 

#3 Perhitungkan Keuangan dengan Teliti

Seperti yang telah disebutkan dalam poin kedua, Anda harus mengerti paling tidak dasar-dasar ilmu keuangan. Dengan begitu Anda dapat memperhitungkan keuntungan yang sebenarnya didapatkan dari bisnis waralaba yang dijalankan. Jumlah keuntungan bersih tersebut diperhitungkan dari segala biaya yang Anda keluarkan dalam bisnis waralaba tersebut. Bukan hanya modal awal atau bahan baku produksi, Anda juga harus memperhitungkan gaji karyawan serta seluruh subsidi untuk karyawan. Misalnya jika Anda menyediakan mess, memberikan biaya pulsa telepon dan biaya lainnya. Seluruh biaya tersebut adalah pengeluaran yang harus diperhitungkan. Biaya sekecil apapun harus diperhitungkan, dengan begitu perhitungan keuntungan Anda tidak meleset. Jangan sampai Anda hanya menjalankan bisnis yang keuntungannya nol rupiah atau lebih buruk lagi justru merugi.

8+ Industri Kreatif yang Dapat Anda Beli Waralabanya - Finansialku

[Baca Juga: 8+ Industri Kreatif yang Dapat Anda Beli Waralabanya]

 

#4 Pengenalan terhadap Teknologi

Salah satu kunci sukses bisnis-bisnis masa kini adalah teknologi. Dengan teknologi Anda dapat mempromosikan bisnis waralaba yang dijalankan secara lebih luas. Wilayah cakupan Anda akan jauh lebih luas daripada hanya mempromosikan bisnis dengan cara tradisional (tanpa teknologi maupun internet). Karena itu Anda harus mengenal teknologi dengan baik. Selain mempelajarinya untuk diri sendiri, Anda juga harus mengenalkan teknologi yang maju pada karyawan yang bekerja pada bisnis waralaba yang dijalankan. Dengan begitu ketika Anda menggunakan teknologi dan internet untuk mengoperasikan dan memasarkan bisnis, karyawan dapat mendukung Anda untuk menjalankannya.

 

#5 Menjadi Kunci Pemasaran

Selain keuangan, Anda pun harus menjadi seorang ahli pemasaran. Biasanya keberhasilan sebuah bisnis sangat ditentukan oleh keahlian pemiliknya dalam dunia pemasaran. Anda adalah kunci kesuksesan bisnis yang dijalankan. Karena telah memilih bisnis waralaba, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengembangkan produk lagi. Anda tidak dapat merubah produk yang dijual menjadi sesuai kreatifitas Anda. Dengan begitu Anda tidak memiliki cara untuk mengembangkan produk tersebut agar lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Karena itu Anda harus memutar otak untuk memasarkan produk yang dijual dalam bisnis waralaba tersebut. Teruslah mencari cara untuk memasarkan produk yang Anda jual. Dengan begitu keuntungan akan semakin berlipat ganda.

Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba - Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba]

 

#6 Jangan Mengharapkan Laba Otomatis

Seringkali seorang pebisnis yang bergerak dalam bidang waralaba menggampangkan pendapatan dari bisnis waralaba. Memang ada banyak proses membangun bisnis yang bisa Anda lewatkan dengan memilih bisnis waralaba daripada membangun bisnis sendiri. Tanpa perlu mengembangkan produk, membangun branding, dan detail-detail lainnya mengenai bisnis baru, Anda sudah dapat mulai berbisnis. Seringkali pebisnis waralaba menganggap bahwa keuntungannya akan datang secara otomatis juga.

Memang peluang tersebut ada karena Anda menjalankan bisnis yang sudah ‘mempunyai nama’ di pasaran. Tetapi jika Anda terbiasa menggampangkan hal tersebut, bisa jadi performa bisnis Anda akan menurun. Tetaplah menganggap bahwa bisnis waralaba yang Anda jalankan adalah bisnis yang Anda bangun sendiri dari nol. Dengan begitu semangat dalam mengembangkan bisnis akan terus menyala.

mau-beli-waralab-kenali-perjanjian-waralaba-dan-prospektus-waralaba-finansialku

[Baca Juga: Kenali Perjanjian Waralaba dan Prospektus Waralaba]

 

#7 Layani Pelanggan dengan Baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam bisnis waralaba Anda tidak bisa merubah produk yang ditawarkan. Tetapi Anda memiliki keuntungan waktu dan tenaga lebih untuk memikirkan teknik pemasaran yang baik. Pelayanan yang baik adalah salah satu hal yang harus Anda pikirkan matang-matang. Ingat, secara produk tidak ada hal yang membedakan Anda dari pemilik waralaba lain dari perusahaan yang sama. Tetapi Anda bisa memberikan layanan yang sangat baik hingga konsumen akan memilih waralaba Anda daripada yang lain. Pastikan Anda juga menanamkan pelayanan yang baik tersebut pada setiap karyawan. Pada prakteknya karyawanlah yang lebih sering berhadapan langsung dengan konsumen Anda. Karena itu pastikan karyawan mampu memberikan pelayanan terbaiknya bagi konsumen yang menjadi sumber keuntungan Anda.

mau-nambah-penghasilan-bulanan-pertimbangkan-8-bisnis-waralaba-ini-finansialku

[Baca Juga: Mau Nambah Penghasilan Bulanan, Pertimbangkan 6 Bisnis Waralaba Ini]

 

#8 Berpikir Positif

Dalam pekerjaan apapun, pikiran yang positif akan membawa hal yang positif juga bagi Anda. Karena itu teruslah berpikir positif dalam menjalankan bisnis waralaba yang telah dipilih. Ada kalanya bisnis yang dijalankan mengalami penurunan keuntungan atau bahkan merugi. Tetapi dengan pikiran yang positif, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari jalan keluar yang terbaik. Jika terus berpikir negatif, Anda tidak akan punya pikiran jernih ketika dihadapkan dengan situasi-situasi yang menjatuhkan. Sebaliknya Anda akan semakin terpuruk dan akhirnya bisnis waralaba benar-benar bangkrut.

 

Anda adalah Kunci Sukses Bisnis yang Dijalankan

Menjalankan bisnis waralaba dapat dianggap lebih sederhana daripada harus menjalankan bisnis sendiri. Namun ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi. Beberapa langkah di atas dapat Anda gunakan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam bisnis waralaba tersebut. Dengan begitu Anda dapat menjadi seorang pebisnis waralaba yang sukses di antara pemilik waralaba lainnya.

 

Apakah Anda mengetahui cara lain agar menjadi pengusaha waralaba yang sukses? Berikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dhita Koesno. 7 Desember 2016. 10 Tips Sukses Jalankan Bisnis Waralaba. Liputan6.com – https://goo.gl/SVVh18

 

Sumber Gambar:

  • Pengusaha Sukses – https://goo.gl/1QN4GN
  • Wirausaha – https://goo.gl/A7CGlW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By |2017-04-12T10:27:24+00:00March 5th, 2017|Categories: Bisnis, Waralaba (Franchise)|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment