Kabar bahagia! Anda bisa kaya sebelum usia 40 tahun! Anda harus mempercayainya karena hanya dengan melakukan 10 tips sukses jadi orang kaya ala Warren Buffet, Anda pasti jadi orang kaya dan jadi orang sukses. Mari simak beberapa pemaparan berikut ini yang disajikan oleh Tim Finansialku dan praktikkan setiap tips praktis untuk menjadi orang kaya. Selamat membaca dan terinspirasi! Anda pasti bisa kaya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Warren Buffet – Orang Terkaya ke-2 di Dunia

Dengan jumlah kekayaan bersih sebesar US$77,2 miliar, Warren Buffet dinobatkan sebagai orang kedua terkaya di dunia dan bahkan dilansir per Maret 2017 yang lalu, kekayaannya bertambah US$6 miliar. Tahukah Anda bahwa Warren Buffet memulai kariernya masuk dalam dunia pasar saham ketika ia masih berusia 11 tahun dan bekerja sebagai loper surat kabar? Usia yang masih sangat kecil untuk mengenal apa itu saham tetapi ia mau belajar dan optimis untuk menjadi orang sukses. 

Warren Buffet tentu saja memiliki strategi dan visi tersendiri dalam mengelola keuangan sehingga ia dapat mempertahankan peringkat kesuksesannya menjadi orang kaya selama bertahun-tahun.

Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ketahuilah Bagaimana Cara Menciptakan Peluang Usaha agar Sukses dan Kaya]

 

Untuk menjadi orang kaya layaknya Warren Buffet dan sederet orang terkaya di dunia lainnya, tentu saja mengalami berbagai proses yang tidak mudah, namun kabar baiknya adalah semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk sukses dan menjadi orang kaya sama seperti Warren Buffet.

 

Lakukan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya – Anda pun Bisa

Sudah siapkah Anda menjadi orang kaya dan sukses? Hanya dengan melakukan 10 tips sukses menjadi orang kaya ala Warren Buffet, Anda bisa menjadi orang kaya.

 

#1 Menabung Sekarang

Warren Buffet pernah memberikan istilah mengenai menabung:

“Ada seseorang yang duduk di bayangan pohon hari ini karena ada orang lain yang menanamnya jauh hari sebelumnya.”

 

Mulailah untuk menabung dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk mulai menabung sekecil apapun jumlah tabungan Anda, lakukan secara disiplin dan rutin. Dalam menabung, singkirkan di benak Anda bahwa menabung adalah “menyisihkan” sebagian uang.

Ketika kita “menyisihkan”, hal itu artinya kita menabung dari sisa uang bulanan yang sudah dipakai untuk berbagai hal. Tahukah Anda bahwa istilah menabung dapat dikatakan sebagai, “pay yourself first”? Artinya dahulukan menabung.

 

Prioritaskan Menabung! Pay yourself first! Click to Tweet

 

#2 Lihat Nilainya dalam Berhemat

Menurut Warren Buffet, harga adalah apa yang dibayarkan dan nilai adalah apa yang kita dapatkan. Berbelanja yang berlebihan, membeli barang yang tidak berguna akan membuat bangkrut. Warren Buffet terkenal dengan orang yang sangat hemat dan menimbang berbagai manfaat yang ia dapatkan. Ia mengungkapkan bahwa banyak orang yang membeli kebutuhan rumah tangga yang sebenarnya tidak diperlukan.

Mulailah belajar untuk berbelanja dengan cerdas. Manfaatkan promo yang diberikan dan berbagai penawaran kupon serta point reward yang bisa Anda dapatkan. Bandingkan setiap barang tanpa melihat merek karena ada kemungkinan bahwa Anda akan menemukan barang yang bukan dari merek terkenal namun memiliki kualitas yang sama dan harga yang lebih terjangkau atau lebih murah.

Ilustrasi Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia? Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya]

 

#3 Hargai Setiap Proses Kehidupan

Hanya karena Anda hampir berusia 40 tahun, bukan berarti Anda harus memiliki rumah besar, mobil mewah dan saldo tabungan miliaran rupiah. Tentu saja Anda menyadari kesalahan Anda sebelumnya akan keterlambatan memulai sebuah pola pikir orang sukses dan membuat Anda “sepertinya” terlambat untuk menjadi orang sukses.

Anda tidak perlu berkecil hati. Tidak ada sesuatu apapun yang terlambat. Bersyukurlah ketika Anda sudah memiliki paradigma yang benar untuk menjadi orang yang sukses dengan cara yang benar. Hargai setiap proses dalam hidup Anda. Saatnya Anda membuat kestabilan ekonomi dengan tujuan jangka panjang dan pemahaman bahwa kekayaan membutuhkan waktu.

Gabungan dari langkah cerdas dengan kerangka waktu yang realistis akan dapat meraih keamanan finansial. Yakinlah pada diri sendiri bahwa Anda bisa dan hargai setiap proses hidup Anda!

 

#4 Belajar dari Kesalahan Keuangan Masa Lalu

Warren Buffet menganalogikan bahwa kaca spion selalu lebih jelas daripada kaca depan. Setiap kesalahan yang kita lakukan pada masa lalu dapat kita evaluasi dan tariklah pembelajaran yang positif. Sadari setiap kebiasaan buruk yang telah dilakukan dalam pengalaman keuangan Anda. Apabila Anda membutuhkan partner dalam berkonsultasi mengenai perencanaan keuangan yang baik untuk masa depan keuangan Anda, tim Finansialku siap menolong Anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Finansialku atau download di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#5 Batasi Utang

Menurut Warren Buffet, kita tidak butuh banyak utang karena jika kita cerdas, kita dapat membuat banyak uang tanpa meminjam. Tidak perlu mengandalkan dan tergantung pada penggunaan kartu kredit dan pinjaman apabila pengelolaan keuangan dapat kita lakukan dengan cerdas dan disiplin.

Warren Buffet menyarankan agar kita bijaksana dalam berutang dan membayar cicilan secara penuh agar kita berpeluang mendapat pinjaman dengan bunga rendah.

Kata-kata Motivasi Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

#6 Jangan Ragu Mengambil Beberapa Risiko Keuangan

Kebanyakan orang melihat investasi sebagai pasar saham yang terlalu berisiko menurut Warren Buffet. Namun ia berpendapat bahwa sebetulnya risiko datang ketika kita tidak tahu apa yang sedang dilakukan. Warren Buffet menyarankan apabila kita ingin memperluas portofolio di luar tabungan dan rekening pensiun, investasi adalah kuncinya. Anda dapat mengawali investasi dengan deposito dan Reksa Dana. Anda dapat download e-book reksa dana untuk pemula secara gratis.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#7 Bayar Utang Anda

Berhentilah menggali ketika Anda menemukan diri Anda ada dalam sebuah lubang. Hal itu diungkapkan Warren Buffet sekitar 25 tahun yang lalu. Segera lunasi setiap utang Anda. Manfaatkan peluang di masa-masa usia produktif Anda untuk melunasinya.

 

#8 Rumput Tetangga Tidak Selalu Lebih Hijau

Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain maka tujuan hidup Anda akan tercapai. Jadikan sebuah motivasi ketika melihat keberhasilan orang lain. Saat Anda berkecil hati saat melihat kesuksesan orang lain, ini akan menyebabkan kerusakan pada pola pikir Anda.

 

#9 Uang Tidak Membeli Kebahagiaan

Menurut Warren Buffet, asetnya yang berharga adalah kesehatan dan teman lama yang beragam. Bahkan setiap materi yang ia miliki, tidak semuanya mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan. Ia menyatakan bahwa setengah lusin rumahnya hanya menjadi beban di samping pesawat pribadinya yang mahal. Belajarlah untuk tidak khawatir tentang uang.

Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan Hancurkan 5 Mental Block Ini 02 - finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan: Hancurkan 5 Mental Block Ini!]

 

#10 Percaya Diri

Setiap hal dapat terjadi di pasar. Tidak ada yang tahu tentang kondisi keuangan Anda yang sebenarnya kecuali diri Anda sendiri. Berhentilah membandingkan prestasi keuangan Anda dengan orang lain dan lakukan langkah terbaik dalam hidup Anda.

 

Anda Punya Peluang

Manfaatkan setiap peluang dan kesempatan dalam hidup Anda karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi orang sukses dan kaya, termasuk Anda. Lakukan setiap tips di atas dan rasakan setiap proses kesuksesan yang akan Anda raih.

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Okezone. 8 Maret 2017. Daftar Orang Terkaya Dunia, Duet Bill Gates-Warren Buffett di Posisi Teratas. Okezone.com – https://goo.gl/5X8yBB
  • Agustina Melanie. 19 Februari 2017. Saham Kraft Melonjak, Kekayaan Warren Buffett Tambah Rp 80 T. Liputan6.com – https://goo.gl/RDpCxi
  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin
  • Liputan 6. 25 Juli 2015. Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum 40 Tahun. Liputan6.com – https://goo.gl/2akFRx

 

Sumber Gambar:

  • Entrepreneur – https://goo.gl/YAUn19 dan https://goo.gl/h77LPw