Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan: Hancurkan 5 Mental Block Ini!

Dengan menghancurkan 5 penghalang mental ini, Anda akan lebih cepat kaya dan bebas keuangan. Finansialku akan membahas 5 penghalang ini serta cara yang dapat Anda lakukan untuk menghancurkan kelima penghalang tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kaya dan Bebas Keuangan

Perjalanan Anda menuju kekayaan dan kebebasan keuangan tentu bukanlah hal yang mudah. Anda selalu dihadapkan dengan rintangan dan halangan mulai dari tahap awal Anda bergerak menuju garis final tersebut. Banyak yang menyerah di tengah jalan, dan hanya beberapa yang sanggup menembus penghalang tersebut dan menjadi kaya.

Banyak yang mungkin sudah melakukan cara-cara yang tepat untuk menuju kebebasan keuangan, tetapi masih belum menerima hasil dari kerja keras mereka. Mungkin saja permasalahannya bukan pada apa yang mereka lakukan tetapi lebih kepada apa yang mereka rasakan (mental).

Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan Hancurkan 5 Mental Block Ini 02 - finansialku 

[Baca Juga: Menuju Kesuksesan dalam Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki]

 

5 Mental Block

Terdapat 5 penghalang yang menjadi alasan Anda belum mencapai kekayaan yang Anda inginkan atau kebebasan keuangan yang Anda dambakan. 5 penghalang tersebut adalah: ketakutan, sinisme, kemalasan, kebiasaan buruk dan arogan. Di bawah ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengalahkannya.

 

#1 Ketakutan

Siapa yang tidak pernah takut? Tentunya setiap orang memiliki rasa takut masing-masing. Tetapi ketakutan ini adalah salah satu faktor utama yang menjauhkan Anda dari kebebasan keuangan. Sederhananya, tanyakan pada diri Anda: Jika tidak ada hal yang Anda takuti, apa yang akan Anda lakukan? Berhenti bekerja? Investasi pada saham perusahaan tertentu? Mengembangkan perusahaan Anda sendiri?

Banyak yang hanya mengerti teori dan ketika sudah saatnya praktik, mereka mundur karena takut. Ketakutan adalah hal yang dimengerti, mengambil risiko, melakukan perubahan memang adalah hal yang menyeramkan. Tidak apa-apa jika Anda takut, tetapi jangan sampai Anda menyerah pada ketakutan tersebut dan tidak beraksi karena Anda takut. Di situlah ketakutan berubah dari sesuatu yang dialami menjadi penghalang Anda.

6 Cara Hadapi Ketakutan Saat Memulai Bisnis (Terbukti) 

[Baca Juga: 6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki]

 

#2 Sinisme

Sinisme adalah suatu bentuk ketakutan, karena Anda sinis (tidak percaya) dan Anda kehilangan kepercayaan diri untuk terus maju. Sinisme tersebut dapat timbul dari diri sendiri dan termanifestasi pada keraguan akan diri sendiri. Mungkin saja sinisme timbul karena paranoia atas pasar modal, atau paranoia atas pembatalan investasi di menit terakhir.

Bagaimanapun caranya sinisme termanifestasi, hal tersebut akan menahan Anda. Anda harus belajar membedakan yang mana yang termasuk dalam kekhawatiran normal dan ketakutan yang berlebihan. Jika Anda paham keuangan dan telah mengerjakan seluruh ‘pekerjaan rumah’ Anda, maka percayalah dengan diri sendiri. Anda tidak dapat membiarkan orang lain memberi tahu Anda, mana yang benar dan yang salah, Anda pun tidak dapat membiarkan diri Anda tidak percaya dengan ilmu yang telah Anda miliki.

 

#3 Kemalasan

Tiduran seharian di rumah, tidak mandi dan malas beraktivitas adalah beberapa contoh orang yang pemalas. Tetapi malas di sini adalah hal yang berbeda, seringkali Anda malas karena Anda terlalu sibuk. Misalnya orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka akan malas menghabiskan waktu dengan keluarga, malas menjaga kesehatan, atau bahkan uang yang mereka dapatkan.

Jika mereka tidak sedang sibuk dengan pekerjaan mereka, mereka akan menghabiskan waktu untuk melakukan hobi mereka. Padahal di dalam hati mereka, mereka tahu bahwa mereka sedang menghindari hal yang benar-benar penting

Tanyakan diri Anda: Apakah alasan Anda tidak berinvestasi adalah karena terlalu sibuk? Apa sebenarnya yang sedang Anda sibukkan? dan Mengapa hal tersebut menahan Anda dari kebebasan keuangan?

Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan Hancurkan 5 Mental Block Ini 03 - finansialku 

[Baca Juga: Cinta Uang dan Kekurangan Uang (Robert T. Kiyosaki)]

  

#4 Kebiasaan Buruk

Kebiasaan memiliki pengaruh besar akan masa depan Anda, jika Anda memiliki kebiasaan baik, maka Anda akan memiliki masa depan yang baik, sebaliknya, jika Anda memelihara kebiasaan buruk, maka masa depan Anda tidak dapat Anda genggam. Kebiasaan buruk adalah salah satu hal yang terburuk yang menahan Anda dari kebebasan keuangan.

Kebiasaan buruk sangat sulit diubah dan membutuhkan disiplin yang tinggi serta tekad yang kuat. Banyak orang yang tidak memiliki disiplin tinggi untuk mengubah kebiasaan buruk mereka, parahnya, banyak yang bahkan tidak tahu apa kebiasaan buruk mereka. Misalnya bagi orang yang terlalu sering menghabiskan waktu di sosial media, mungkin merasa bahwa itu adalah hal yang wajar agar mereka dapat stay updated. Padahal waktu tersebut dapat mereka gunakan untuk melihat-lihat investasi atau untuk bisnis sampingan.

Telitilah kebiasaan yang sering Anda lakukan sehari-hari, mungkin beberapa dari kebiasaan tersebut telah menjadi bagian dari rutinitas Anda sehingga Anda tidak menyadari efeknya.

5 Hal ini Dapat Menyebabkan Hubungan Bisnis Bisa Jadi Buruk 

[Baca Juga: Kenali Karakteristik Pemimpin yang Baik dan yang Tidak Baik]

 

#5 Arogan

Ketika Anda arogan, Anda percaya bahwa apa yang tidak Anda ketahui merupakan hal yang tidak penting dan di situlah Anda akan kehilangan uang Anda. Banyak yang menggunakan arogansi untuk berkompensasi dengan percaya diri dan menyembunyikan fakta bahwa mereka tidak mengerti apa yang sedang mereka lakukan.

Padahal yang seharusnya Anda lakukan adalah dengan rendah hati mengakui ketidaktahuan Anda dan mengakui serta menerima kesalahan diri sendiri. Jika Anda tidak dapat jujur dan rendah hati terhadap diri Anda sendiri, maka Anda tidak akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan kebebasan keuangan.

 

Berusaha dan Pantang Menyerah

5 penghalang ini adalah hal yang lumrah dan setiap orang pasti merasakannya. Memang tidak mudah mengalahkan 5 perasaan tersebut tetapi hal itu perlu agar Anda dapat mencapai kekayaan yang sebenarnya. Mulailah dari mengakui bahwa salah satu dari kelima atau bahkan seluruhnya ada di dalam diri Anda dan menghindari diri Anda dari kesuksesan. Dengan begitu, Anda sudah satu langkah lebih dekat dengan kebebasan keuangan.

 

Apakah Anda menyadari salah satu dari kelima penghalang tersebut di dalam diri Anda? Apa cara yang Anda lakukan untuk mengatasi salah satu dari kelima penghalang tersebut? Bagikan informasi ini kepada orang di sekitar Anda untuk membantu mereka lebih cepat menuju kebebasan keuangan.

 

Sumber Referensi:

  • Kim Kiyosaki. 31 Maret 2017. 5 Reasons You Aren’t Rich (Yet). Richdad.com – https://goo.gl/udR7Ze

 

Sumber Gambar:

  • Kemalasan – https://goo.gl/GogDxw

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2017-06-27T19:09:52+00:00June 21st, 2017|Categories: Lifestyle, Mindset|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment