Pemimpin yang baik, setiap orang bisa menjadi seorang pemimpin, namun sebenarnya karakter pemimpin apakah yang baik dan yang tidak baik? Kenali berbagai karakteristiknya melalui artikel Finansialku berikut ini dan terapkan nilai-nilai positif dari karakter pemimpin yang baik dalam usaha Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Seputar Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Selain dipengaruhi karakter dan kepribadian masing-masing yang unik, pengaruh situasi dan kondisi dari luar tidak jarang membentuk suatu karakter kepemimpinan dan gaya seseorang dalam memimpin suatu organisasi yang ia pimpin.

Sehebat-hebatnya dan sebaik-baiknya seorang pemimpin, pasti ada saja yang menganggap ia bukan pemimpin yang baik. Demikian juga sebaliknya, pemimpin yang dianggap pribadi yang dirasa memperlakukan anak buahnya dengan tidak baik, tetap saja ada yang beranggapan ia adalah pemimpin yang baik.

Kenali Karakteristik Pemimpin yang Baik dan yang Tidak Baik 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia]

 

Lalu bagaimana dan seperti apakah pandangan umum dari seorang pemimpin yang memiliki karakter kepemimpinan yang baik dan juga karakter kepemimpinan seperti apakah yang cenderung dikatakan tidak baik oleh masyarakat pada umumnya?

Mari kita menyimak beberapa ulasan di bawah ini yang akan menambah wawasan kita seputar karakter kepemimpinan yang yang baik dalam memimpin suatu kelompok atau organisasi.

 

Pemimpin yang Berpengalaman

Seorang pemimpin sejatinya telah mengalami berbagai pengalaman kepemimpinan. Karakternya dalam memimpin telah terbentuk sedemikian rupa sehingga ia mampu dan cakap dalam menggunakan setiap gaya kepemimpinannya, sesuai kepribadian dan juga situasi serta kondisi yang terjadi di sekitarnya untuk mencapai hasil atau target yang ia tetapkan dalam organisasi atau kelompok yang ia pimpin.

Kepemimpinan dalam Organisasi Tipe Pemimpin Seperti Apakah Anda 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Kepemimpinan dalam Organisasi: Tipe Pemimpin Seperti Apakah Anda?]

 

Pemimpin yang Baik

Berikut ini akan dipaparkan beberapa karakter dari seorang pemimpin yang baik yang dapat kita terapkan dalam diri kita pribadi, setidaknya dapat menjadi acuan kita dalam memimpin diri sendiri dan meningkatkan kualitas diri.

 

#1 Pemimpin yang Cerdas

Seorang yang dianggap sebagai pemimpin biasanya juga dikenal dengan intelektual dan pengetahuannya yang dimiliki lebih dari orang-orang lain. Mereka dianggap lebih tahu dan mengerti apa yang harus direncanakan dan juga dilakukan demi kelancaran serta target yang akan dicapai bersama.

Melalui setiap idenya yang cemerlang atau dapat mengakomodir berbagai ide dari para anggota kelompok untuk menjadi suatu gagasan yang dijalankan bersama, demikianlah seorang pemimpin yang baik dalam menggunakan keunggulannya dalam berpikir.

Para Entrepreneur, Inilah Ciri Pemimpin Yang Gagal dalam Kesuksesan 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Para Entrepreneur, Inilah Ciri Pemimpin Yang Gagal dalam Kesuksesan]

 

#2 Pemimpin yang Berinisiatif

Para anggota tentu saja mampu melihat inisiatif dari pemimpinnya dalam melakukan bagian kepemimpinannya. Inisiatif inilah yang kemudian menjadi suatu teladan dan inspirasi bagi para pengikutnya untuk mau melakukan apa yang dikehendaki oleh pemimpin. Dengan sifat inisiatif yang ada dalam diri pemimpin, kekuatan diri dari tiap anggota untuk menjalankan misi kelompok pun akan terjamin dengan baik.

 

#3 Pemimpin yang Bertanggung Jawab

Tidak ada orang yang akan mau mengikuti pemimpin yang lari dari tanggung jawabnya atau bahkan mempersalahkan para anggotanya dan berlindung di balik otoritasnya sebagai pemimpin. Seorang yang bertanggung jawab akan mendapatkan penilaian lebih dari orang lain terutama para anggota kelompok akan semakin loyal dan respect terhadap pemimpinnya yang bertanggung jawab bahkan rela menanggung kesalahan yang dilakukan oleh anggotanya.

Milikilah Sebelas Rahasia Besar Pemimpin Ala Napoleon Hill 01 - Finansialku

[Baca Juga: Milikilah Sebelas Rahasia Besar Pemimpin Ala Napoleon Hill] 

 

#4 Pemimpin yang Transparan dan Terbuka

Seorang pemimpin layaknya seperti akuarium yang selalu dilihat dan dinilai oleh para anggota kelompok yang mengikutinya. Bahkan setiap tindakan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dapat menjadi suatu teladan yang dapat diikuti.

Pemimpin yang konsisten terhadap sikapnya serta tidak memiliki topeng dalam bertindak, bertutur kata dan berperilaku, akan membuat para anggota kelompok memiliki keyakinan penuh akan kepemimpinannya. Sikap yang transparan dan apa adanya pun menjadi suatu penilaian tersendiri bagi para pemimpin yang dianggap berkualitas baik dan bukan hanya sekedar pencitraan belaka.

 

#5 Pemimpin yang Menjadi Komunikator yang Sabar

Tidak mudah dalam memimpin sebagian orang dengan berbagai karakter dan kemampuan yang berbeda-beda dari setiap anggota kelompok. Di samping menjadi komunikator yang baik untuk mengkomunikasikan setiap idenya pribadi, pemimpin juga perlu menjadi mediator yang baik dan penengah dalam memobilisasi dan mengakomodasi setiap ide dari para anggota.

Hal ini diperlukan terutama ketika mengalami jalan buntu dalam pengambilan keputusan. Kesabaran yang teruji pun mampu membuat seorang pemimpin dapat menetralisir ketegangan dan meredam emosi apabila timbul gesekan diantara anggota.

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 07 - Finansialku

 [Baca JugaRaih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia]

 

Pemimpin yang Tidak Baik

Dalam hal ini, bukan pribadi yang akan dinilai melalui pemaparan di bawah ini melainkan karakter yang diperankan dalam memimpin suatu kelompok yang dianggap kurang baik atau kurang tepat yang dilakukan oleh seorang pemimpin. Berikut ini pemaparannya mengenai karakter dari para pemimpin yang kurang baik yang sebaiknya tidak diimplementasikan dalam sebuah kepemimpinan.

 

#1 Pemimpin yang Sok Tahu dan “Tukang Perintah”

Tak jarang penemuan terjadi dalam sebuah perusahaan atau organisasi dimana seorang yang diangkat sebagai pemimpin melakukan perannya dengan tidak baik. Mereka merasa diri sebagai pemimpin dengan menggunakan kekuasaan dan otoritasnya untuk kepentingan pribadi.

Pemimpin yang merasa diri mengetahui segalanya dan menganggap setiap anggotanya adalah para “kacung” yang harus menaati setiap perintah darinya, agaknya bukan merupakan sosok pemimpin yang akan bertahan lama.

Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama

[Baca Juga: Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama]

 

#2 Pemimpin yang Tidak Mampu Memimpin Diri Sendiri

Ketika seorang dikatakan sebagai pemimpin suatu kelompok, tentu saja ia sudah mendapat kepercayaan dari sebagian orang mampu memimpin dirinya sendiri. Berawal dari diri pribadi yang memiliki kualitas personal yang baik kemudian dapat memimpin orang lain dengan keunikan karakter masing-masing.

Bagaimana seorang akan diikuti dan dapat mengatur sebuah kelompok tetapi di lain pihak, ia sendiri tidak mampu mengatur diri pribadinya sendiri. Para anggota yang mendapatkan pemimpin yang demikian tentu saja akan berpikir ulang untuk mengikuti arahan dari pemimpin tersebut.

 

#3 Pemimpin yang Tidak Konsisten

Pemimpin yang cenderung plin-plan, tidak mampu memegang teguh suatu prinsip dan gampang untuk merubah setiap keputusannya, tentu saja akan membingungkan anggota yang mengikutinya.

Konsistensi seorang pemimpin menjadi salah satu penentu keberhasilan dari suatu target yang direncanakan untuk dicapai bersama. Tak jarang pemimpin yang plin-plan akan menjadi bahan pembicaraan para anggota kelompok di belakang layar dan menjadi bahan cemoohan tersendiri.

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual adalah Cara Menjadi Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual adalah Cara Menjadi Sukses]

 

#4 Anti Kritikan dan Anti Memberi Pujian

Setiap orang memerlukan kritik dan saran setelah menjalani berbagai tugas yang telah ia selesaikan. Hasil evaluasi inilah yang akan memberikan sumbangsih tersendiri bagi kemajuan pekerjaannya dan juga kemajuan personalitanya. Demikian suatu pujian diperlukan ketika seseorang berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan atau mampu melewati target yang ditetapkan.

Biasanya dalam perusahaan ditetapkan suatu sistem bonus sebagai penghargaan bagi mereka yang memiliki prestasi tersendiri atau promosi pekerjaan dan jabatan yang lebih tinggi. Hal ini diberikan untuk mengapresiasi pekerja agar mampu bersaing secara positif dan membawa perubahan positif bagi perusahaan. Namun bagi pemimpin anti akan kritikan dan sulit memberikan pujian kepada karyawannya, malahan akan memakan buah simalakama.

Tentu saja tidak akan ada bawahan atau karyawan yang akan mau bekerja sama dengan pemimpin macam ini. Apabila mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di tempat lain dengan atmosfer kerja yang menghargai kinerja para pekerjanya, maka tak akan butuh waktu lama karyawan tersebut akan memberikan surat pengunduran diri.

9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

Tingkatkan Pengetahuan Anda akan Kepemimpinan

Tim Finansialku telah merangkum berbagai karakter kepemimpinan berikut dengan contoh dari tokoh-tokoh orang ternama di dunia yang menerapkan berbagai gaya kepemimpinan dalam memimpin perusahaan bahkan sebuah negara. Terus upgrade pengetahuan dan wawasan kita melalui setiap artikel Finansialku yang mampu mengedukasi.

 

Bagikan setiap pengalaman Anda dalam memimpin suatu organisasi atau perusahaan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Fill Gunawan. 13 Juli 2015. 8 Tanda – tanda pemimpin yang tidak baik. Kerjayuk.com – https://goo.gl/55cyhu
  • Admin. Tipe-tipe Kepemimpinan yang Buruk dan Ciri-ciri Pemimpin yang Baik. Belonomi.com – https://goo.gl/VkvU3h
  • Prayogo Ryza. 25 Januari 2017. Sikap-sikap yang Perlu Dimiliki Pemimpin yang Baik. Dailysocial.id – https://goo.gl/sNbptN
  • Eddy Fransiskhi. 9 Oktober 2015. Ciri-Ciri Karakter Pemimpin Yang Ideal Dan Yang Tidak Ideal. LinkedIn.com – https://goo.gl/jDCuF0

 

Sumber Gambar:

  • Entrepreneur – https://goo.gl/XI8aec
  • Career – https://goo.gl/2jfKts

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana