Apakah Anda seorang pemimpin? Tipe kepemimpinan apakah yang sedang Anda terapkan dalam memimpin kelompok, organisasi atau perusahaan Anda? Apakah tujuan, target dan sasaran Anda tercapai melalui gaya kepemimpinan yang Anda terapkan?

Simak ulasan berikut ini mengenai berbagai gaya kepemimpinan yang telah dirangkum oleh Tim Finansialku. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Setiap Orang Memiliki Gaya Kepemimpinan Tersendiri

Kepemimpinan yang efektif adalah kunci utama dalam suksesnya suatu organisasi, kelompok, perusahaan serta manajemen. Kepemimpinan adalah suatu tindakan dalam mengarahkan kerja para staf atau bawahan suatu kelompok, organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh pemimpin atau bersama.

Kepemimpinan yang baik diyakini mampu mencapai target yang diinginkan melalui proses mempengaruhi, mengharmonisasi, serta meningkatkan potensi dan sumber daya organisasi tersebut.

Kepemimpinan dalam Organisasi Tipe Pemimpin Seperti Apakah Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump?]

 

Para penulis dan motivator dalam bidang kepemimpinan organisasi dan manajemen telah menawarkan berbagai pemaparan mengenai konsep-konsep kepemimpinan dan gaya yang relevan dalam memimpin suatu kelompok, organisasi atau perusahaan.

Kepemimpinan juga berarti segala tingkah dan pola perilaku seorang pemimpin dapat berdampak luas kepada para anggotanya selain kepada dirinya sendiri.

Begitu banyak pengertian akan kepemimpinan dan berbagai contoh kepemimpinan mengenai cerita kegagalan dan kesuksesan para pemimpin sudah pernah kita baca. Siapapun mereka, entah seorang ahli politik, ahli keuangan, filsuf dan juga ahli manajerial sekalipun, mereka memiliki gaya kepemimpinan masing-masing.

Tidak bijak rasanya ketika mengatakan gaya kepemimpinan yang satu kurang baik dari yang lainnya karena gaya kepemimpinan setiap orang mengacu pada karakter masing-masing demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Lantas, gaya kepemimpinan apa yang Anda gunakan dalam memimpin kelompok, organisasi atau perusahaan yang saat ini Anda kelola? Mari simak berbagai gaya kepemimpinan berikut ini.

 

Berbagai Gaya Kepemimpinan

Ada setidaknya 6 gaya kepemimpinan yang biasanya diterapkan oleh para pemimpin dunia. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini.

 

#1 Gaya Otokrasi

Pemimpin yang otokrasi menghendaki semua hal tersusun dan terlaksana sesuai dengan arahan dan perintah dari pemimpin. Dalam hal ini, tidak ada ruang gerak bagi para bawahan untuk memberikan ide atau gagasannya kepada pemimpin, karena seluruh kendali ada di tangan pemimpin.

Karena kecerdasannya dalam berbagai bidang, pemimpin dengan gaya ini mengedepankan konsistensi dan kesesuaian dari para bawahannya dengan target yang diinginkannya. Pemimpin otokrasi akan selalu memastikan para bawahannya selalu bekerja dan membereskan pekerjaan mereka tepat waktu bahkan sebelum waktu yang ditentukan. Oleh sebab itu, biasanya pemimpin dengan gaya seperti ini akan mencapai tujuan dengan segera.

Kepemimpinan semacam ini biasanya diterapkan di dunia militer dan sukses diterapkan oleh Jenderal George S. Patton yang memimpin tentara Amerika dalam Perang Dunia II.

9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

#2 Gaya Birokrasi

Gaya kepemimpinan ini lebih membangun suatu sistem yang harus ditaati oleh setiap jajaran dan anggota kelompok. Gaya birokrasi tentu saja memperlihatkan secara jelas berbagai struktur, kewenangan dan tanggung jawab dari setiap jajaran.

Namun, tetap saja tidak ada ruang bagi orang-orang yang memiliki ide dan gagasan baru dapat terakomodasi dengan baik, karena mereka harus mentaati sistem sesuai dengan jabatan mereka masing-masing.

Gaya kepemimpinan seperti ini diterapkan dalam Gereja Katolik. Hierarki dan susunan kepemimpinan tampak sangat jelas.

Gaya otokrasi agak mirip dengan gaya birokrasi, namun perbedaannya terletak pada keluesan pemimpinnya, apabila pemimpin yang otokrasi dapat berinovasi (jika ia mampu beradaptasi), namun dalam kepemimpinan yang birokrasi, semua tunduk pada sistem yang telah dibuat sehingga inovasi tidak dapat berkembang.

 

#3 Gaya Karismatik

Gaya kepemimpinan ini mengedepankan visi dari pemimpin yang dapat mengambil perhatian penuh dari para pengikutnya sehingga mereka mengikuti segala perintah dari pemimpin tersebut. Keuntungan dari gaya kepemimpinan ini diantaranya adalah para bawahan akan melakukan tugas mereka oleh karena kesamaan visi dan karisma dari pemimpin.

Namun oleh karena pemimpin yang demikian merupakan tonggak dan fokus dari kelompok, oleh karena karismanya dalam memimpin, maka apabila terjadi sesuatu dengannya, maka tim yang telah terbentuk bisa bubar dengan sendirinya. Winston Churchill memiliki gaya kepemimpinan seperti ini. 

Perbedaan Gaya Kepemimpinan Bill Gates Microsoft dan Steve Jobs Apple 06 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Gaya Kepemimpinan Bill Gates Microsoft dan Steve Jobs Apple]

 

#4 Gaya Demokratis

Dalam gaya kepemimpinan yang demokratis membutuhkan banyak motivasi, kolaborasi antara pemimpin dan bawahan serta adanya kerja sama.

Pemimpin yang demikian cenderung mengakomodasi berbagai ide dan para anggota dan membuka ruang seluas-luasnya untuk setiap inovasi dan gagasan yang ada untuk kepentingan kelompok sehingga rasa keadilan pun terakomodisi di dalamnya.

Namun demikian, dalam pencapaian target, gaya kepemimpinan ini termasuk yang lambat dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan karena perlu mengakomodasi setiap gagasan yang ada.

 

#5 Gaya Delegator

Gaya ini biasa disebut sebagai Laissez-Faire, dimana pemimpin akan mendelegasikan tugas dan memberikan berbagai keperluan yang dibutuhkan para anggota namun hasilnya dalam penyelesaian solusi dan tugas adalah tanggung jawab dari para anggota sendiri.

Para bawahan dituntut untuk membereskannya sesuai dengan cara mereka dan termasuk deadline mereka sendiri sehingga gaya kepemimpinan seperti ini cenderung memberi kebebasan pada anggotanya untuk bekerja dan menentukan berbagai metode dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Kelemahan dari gaya ini adalah tidak adanya bimbingan dan monitoring yang jelas terhadap kinerja para pekerjanya. Namun ternyata, Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia, mampu meraih kesuksesan dengan menerapkan gaya kepemimpinan jenis ini.

Apakah Gaya Kepemimpinan Situasional Dibutuhkan oleh Seorang Pemimipin 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Gaya Kepemimpinan Situasional Dibutuhkan oleh Seorang Pemimipin?]

 

#6 Gaya Pelayan

Gaya pelayan atau servant leader, mereka memfokuskan diri pada orang-orang yang menjadikannya seorang pemimpin. Pemimpin jenis ini lebih sosial dan tujuan dari kepemimpinannya adalah untuk kepentingan komunitas bersama.

Kepemimpinan jenis ini memiliki kekuatan dimana sang pemimpin akan memberikan inspirasi baik kepada para pekerja maupun pada para manager untuk membawa mereka kepada tujuan yang akan dicapai bersama-sama.

Gaya kepemimpinan ini diterapkan oleh Mahatma Gandhi di Negara India dan Presiden Jokowi dalam memimpin Bangsa Indonesia.

 

Dinamis dalam Memimpin

Tidak ada yang salah dari setiap gaya kepemimpinan yang ada di dunia ini karena hal itu tergantung pada karakter dan tujuan dari target yang ingin dicapai setiap orang berbeda-beda. Ada kalanya juga setiap orang menerapkan beberapa gaya kepemimpinan sekaligus tergantung situasi yang sedang ia hadapi.

 

Setiap orang memiliki gaya kepemimpinan masing-masing sesuai dengan karakter dan juga situasi yang mereka hadapi dalam kelompok. Dari ulasan di atas, gaya kepemimpinan seperti apakah yang Anda terapkan dalam memimpin organisasi Anda? Bagikan pengalaman Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Dina Andrian. Kepemimpinan Dalam Organisasi. – https://goo.gl/fWP2UA
  • Seta Basri. Pengertian Kepemimpinan dalam Organisasi. – https://goo.gl/uTLxvd
  • Admin. What Leadership Style Best Describes You? Webpagefx.com – https://goo.gl/3BlnML

 

Sumber Gambar:

  • Leader – https://goo.gl/7FFEhv dan https://goo.gl/GdWXdA

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana