Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama

Raih Kesuksesan dengan melihat dan mencontoh gaya kepemimpinan dari Mantan Presiden Amerika, Barack Obama. Gaya kepemimpinan seperti apakah yang selama ini beliau terapkan dalam memimpin negara adikuasa tersebut? Simak liputannya melalui rubrik Finansialku kali ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Presiden Amerika Keturunan Afrika Pertama

Siapa sangka Barack Hussein Obama yang biasanya disapa Barack Obama menjadi Presiden Amerika yang ke-44 dan merupakan Presiden keturunan Afrika-Amerika pertama yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Beliau menjabat sebagai pemimpin negara adikuasa itu sejak 20 Januari 2009 setelah George Walker Bush.

Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump?]

 

Beliau banyak berkecimpung dalam dunia politik setelah lulus dari Universitas Columbia dan Sekolah Hukum Universitas Harvard. Dia sempat bekerja sebagai Presiden Harvard Law Review dengan tugas mengoordinasi masyarakat dan menjabat pula sebagai pengacara hak sipil. Dia juga sempat menjadi Senat Illinois selama 3 kali sejak 1997 hingga 2004.

Dia juga berpengalaman dalam membantu membuat undang-undang yang mengatur senjata konvensional dan mempromosikan akuntabilitas publik dalam penggunaan dana federal pada Kongres ke-109. Berbagai pengalaman dalam bidang politik membawanya ke dalam satu pencapaian penting yaitu menjadi presiden.

Prinsip hidup dan cara kepemimpinan Barack Obama membuatnya menjadi seorang pemimpin yang dikenal oleh dunia. Besarnya keberhasilan seorang Obama memperlihatkan begitu efektif dan terampilnya dalam memimpin.

 

 

Berikut ini beberapa gaya kepemimpinan Barack Obama yang perlu kita perhatikan.

 

#1 Membangun Saling Percaya melalui Perubahan

Seorang pemimpin perlu memiliki pengaruh yang kuat atas pengikutnya melalui perkataan yang sejalan dengan perbuatan dan tingkah lakunya. Demikian juga Barack Obama, yang pada masa kecilnya sempat tinggal di Hawaii ini menyuarakan slogan tentang perlunya perubahan bagi Amerika dan bersama-sama akan membawa perubahan dengan seluruh masyarakat Amerika.

Melalui slogannya itu dia yakin akan kepemimpinannya dalam membangun kepercayaan dengan masyarakat. Kondisi resesi ekonomi Amerika saat itu membuat masyarakat semakin menderita dan berkat kepercayaan yang diberikan masyarakat Amerika dan keteguhan hati Barack Obama, dia mampu terpilih menjadi pemimpin atas Amerika

Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama 03 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Gaya Kepemimpinan Bill Gates Microsoft dan Steve Jobs Apple]

 

#2 Mendengar Keluhan dan Memberikan Saran

Kepercayaan yang diberikan masyarakat Amerika agar Barack Obama memimpin Amerika tidaklah dia sia-siakan. Dia segera membuat web pemerintahan transisi yaitu change.gov. melalui situs ini dia mengumpulkan suara rakyat dan menerima segala saran, keinginan rakyat termasuk kritik serta memberikan tanggapan dan berbagai solusi tentang masalah-masalah yang timbul di Amerika.

Mendengarkan tanggapan merupakan salah satu kebiasaan yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin dan kebiasaan inilah yang diterapkan oleh Barack Obama, Presiden kulit hitam pertama yang mendapat kepercayaan untuk memimpin Amerika untuk membawa perubahan-perubahan yang positif.

Melalui tanggapan-tanggapan tersebut, pemimpin mampu memenuhi berbagai kebutuhan dan harapan dari orang-orang yang dia pimpin.

 

#3 Komunikator yang Andal

Sebagai pemimpin, Obama tidak diragukan lagi dalam kemampuannya berkomunikasi dan mempengaruhi serta membakar jiwa para pendengarnya. Dia mampu meyakinkan para pendengar termasuk rakyat untuk mempercayai apa yang dia percayai.

Penyampaian visi yang jelas merupakan bagian dari gaya kepemimpinan seorang Barack Obama. Penyampaian visi yang baik dapat membentuk dan membangun tim yang efektif karena visi pemimpin merupakan visi bersama dan dia mampu mentransfer visinya secara jelas kepada para anggota timnya termasuk kepada rakyat yang memberikannya kepercayaan sebagai pemimpin.

Selain komunikator yang andal secara langsung, dia pun cerdas dalam menggunakan akun media sosialnya untuk memimpin rakyat Amerika. Dia memanfaatkan Facebook dan Twitter untuk berhubungan dengan para pendukungnya dalam berkampanye.

Tak jarang dia bergurau dan bercanda dengan para ajudannya serta bertemu dengan para wartawan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Dia tampak lebih casual atau santai saat berada di kantor, tidak sama seperti pendahulunya, George W. Bush yang selalu terlihat mengikuti aturan. Dia hanya ingin menampilkan gaya kerjanya yang rileks namun tetap serius dalam memimpin Amerika.

Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama 04 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

#4 Mengerahkan Pasukan melalui Keberagaman sebagai Kekuatan

Obama dalam kepemimpinannya berusaha untuk merangkul setiap orang dengan berbagai kualitas yang ada dan perspektif yang bervariasi untuk bersama-sama memajukan Amerika. melalui hal ini, dia mampu menghasilkan berbagai solusi yang kreatif dan ide-ide yang baru karena dia mampu memobilisasi setiap gagasan dan pendapat dari berbagai kalangan yang berbeda.

Obama menolak gagasan bahwa keberagaman dan keunggulan tidak dapat dipadukan bersama-sama. Dia mencetak sejarah dengan membuktikan bahwa kesuksesannya yang luar biasa adalah bukti dari pemanfaatan keberagaman sehingga menghasilkan tim yang luar biasa.

 

#5 Rendah Hati dan Tidak Menyimpan Dendam

Sejarah mengatakan bahwa orang kulit putih sempat tidak bersahabat dengan orang kulit hitam. Oleh sebab itu, terpilihnya Barack Obama merupakan kejadian yang langka yang pernah terjadi di dunia politik Amerika.

Ketika Obama terpilih menjadi presiden, banyak pandangan-pandangan miring dan mempertanyakan kepemimpinan Obama yang merupakan orang kulit hitam yang biasanya dipandang sebelah mata.

Melalui kepemimpinannya yang merangkul setiap dimensi usia, golongan, etnis dan kalangan, dia menunjukkan gaya kepemimpinan yang rendah hati dan tidak menyimpan rasa dendam. Dia pun tetap menunjukkan sikap ramah terhadap orang-orang yang mencelanya.

Dia juga sempat beberapa kali menyampaikan kata maaf secara jelas dan terus terang pada sambutan-sambutan yang dia sampaikan kala dia melakukan kesalahan-kesalahan.

Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama 05 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

Kharisma Kepemimpinan Barack Obama Tetap Melekat

Sebagai pemimpin pertama berkulit gelap di Amerika, pengaruhnya yang kuat melalui gaya bicaranya yang lugas dan hasil kinerja yang sesuai dengan visi misinya selama menjabat menjadi pemimpin Amerika membuatnya tetap berada di hati rakyat Amerika meskipun kini dia tidak lagi menjadi Presiden. Kesan kepemimpinannya yang berkharisma tetap membekas dan melekat dalam sanubari rakyat Amerika.

 

Gaya kepemimpinan seperti apakah yang Anda terapkan dalam memimpin tim Anda untuk menacapai suatu keberhasilan? Berikan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Arif Sumarsono. Kepemimpinan Barack Husein Obama. – https://goo.gl/dEG8ic
  • MM Maranath. 23 Mei 2014. LEADERSHIP – THE BARACK OBAMA WAY. – https://goo.gl/zyNHEh
  • R William Liddle. Gaya Kepemimpinan Obama. Unisosdem.org – https://goo.gl/daCRVa

 

Sumber Gambar:

  • Barack Obama at Office – https://goo.gl/Pqw9AG
  • Presiden Barack Obama – https://goo.gl/0e4uck dan https://goo.gl/J3kouw
  • Barack Obama – https://goo.gl/pW9Zwx dan https://goo.gl/3pTc0k

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment