Bagaimanakah gaya kepemimpinan seorang Donald Trump? Berikut ini pemaparannya yang akan diulas oleh tim Finansialku untuk Anda sebagai tambahan wawasan dalam Anda mengembangkan gaya kepemimpinan Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pebisnis Sukses – Donald Trump

Suka atau tidak dengan Donald Trump, namun tetap harus diakui bahwa dia adalah seorang pebisnis yang sukses dengan karakter serta kemampuan dalam kepemimpinannya yang kuat.

Tanpa mengurangi pandangan Anda dalam berpolitik, Donald Trump telah berhasil dalam bisnisnya serta dalam bidang real estate dalam beberapa dekade ini. Para pebisnis dunia dan orang-orang ternama di Amerika telah mengenalnya sebagai seorang usahawan yang sukses selama bertahun-tahun.

Terlebih lagi saat ini ketika dia sudah menjadi seorang presiden, dia menjadi seorang yang semakin popular dan diperbincangkan oleh banyak kalangan.

 

#1 Pembuat Keputusan

Dalam kaitannya dengan berbagai bisnis yang dia lakoni, dia menjadi seorang pembuat keputusan yang baik. Dia nampak sebagai seorang pengambil risiko yang tinggi.

Ketika Anda melihat gaya berbicaranya, Anda dapat menilainya sebagai seorang yang konservatif dalam setiap keputusan yang dia buat. Dalam berbisnis, mengambil risiko dalam sebuah keputusan sangatlah diperlukan dan juga mengkalkulasi secara detail segala kemungkinan yang terjadi.

Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

#2 Target Perencanaan

Donald Trump adalah seorang pebisnis yang memiliki target perencanaan yang baik. Dia memiliki harapan yang tinggi untuk dirinya sendiri dan orang-orang di sekelilingnya. Itulah kenapa dia berhasil mendapatkan setiap hal yang dia inginkan dalam hidupnya.

Memiliki visi yang jelas sangatlah diperlukan apabila Anda ingin berhasil dalam meraih hal yang besar.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#3 Percaya Diri

Anda pasti sangat tidak setuju dengan sikapnya yang arogan dan banyak juga yang menilai bahwa dia memiliki sifat yang begitu narsis. Namun bagaimanapun juga dia adalah seorang yang percaya diri dengan keberadaannya dan kepercayaan dirinya tersebut dapat memimpin orang lain secara efektif dalam perusahaan yang dia pimpin.

Apakah Anda pernah dipimpin oleh seseorang yang kurang percaya diri? Dalam sebuah negosiasi yang kompleks, Anda membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi dalam menjalankan bisnis Anda.

Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump 03 - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Hidup dari Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal dan Joel Zimmerman]

 

#4 Penilai Karakter

Menjadi seorang penilai kemampuan dan talenta sepertinya cukup sulit dilakukan. Apabila Anda memiliki kemampuan di dalamnya, maka Anda dapat menilai kemampuan orang lain yang memiliki kemampuan sama dengan Anda.

Hal ini dia lakukan dalam acara TV-nya. The Apprentice. Dia menjadi seorang juri dalam menilai setiap kemampuan dari para peserta yang mengikuti TV show tersebut.

Para pemimpin organisasi perlu memiliki kemampuan dalam mempekerjakan orang-orang dengan kualitas kerja yang tinggi dan mampu dalam memecat karyawan yang tidak bekerja sesuai yang diharapkan. Donald Trump tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pemimpin yang efektif di dunia ini.

 

Belajar dari Setiap Orang

Kemenangan Donald John Trump dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat menimbulkan berbagai reaksi.

Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump 04 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Gaya Kepemimpinan Bill Gates Microsoft dan Steve Jobs Apple]

 

  • Di dalam negeri, pendukung Hillary Rodham Clinton mengaku sedih dan kecewa atas hasil pemungutan suara.
  • Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen, menyebutkan terpilihnya Trump menimbulkan pertanyaan apakah ini akhir dari “Pax Americana”. Pax Americana merupakan tatanan dunia baru selepas perang dunia antara Amerika dan Rusia.
  • Bekas Menteri Luar Negeri Swedia, Carl Bildt, lewat cuitannya di Twitter mengatakan tampilnya Trump merupakan bencana ganda bagi dunia Barat. Dia mengacu pada hasil referendum Inggris, Juni lalu, yang menyatakan keluar dari keanggotaan Uni Eropa.
  • Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Donald Trump sekaligus menyatakan siap melanjutkan kerja sama yang saling menguntungkan.
  • Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Marc Ayrault, berjanji bakal bekerja sama dengan Trump. Namun dia tidak yakin atas kebijakan Trump soal perubahan iklim dan perjanjian nuklir dengan Iran serta masalah perang Suriah.

Pelantikannya cukup membuat banyak kalangan khawatir dengan kepemimpinan dan kebijakan yang akan diambil Trump selama empat tahun kedepan.

Peneliti dari Cass Business School melakukan penelitian terhadap wajah Trump untuk mengidentifikasi gaya kepemimpinannya. Cass Business School sendiri kerap melakukan penelitian di bidang endokrinologi, genetika, psikologi dan psikiatri.

Dilansir Daily Mail, para peneliti mengatakan, ada kemungkinan Trump akan menjadi pemimpin yang dominan, kuat, dan agresif. Peneliti pun memperingati jika ada kemungkinan Trump menunjukkan perilaku yang tidak etis.

Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump 05 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

Penelitian ini menemukan hubungan positif antara lebar wajah Trump dengan kinerja keuangan perusahaannya. Fitur wajah suami Melania Trump dianggap dapat mengeksploitasi kepercayaan orang lain dan berperilaku tidak etis.

Bentuk wajah maskulin yang dimiliki Trump kerap dilihat sebagai seorang yang dapat mendominasi dan menyarankan kepada individu untuk lebih kompetitif dalam segala bidang. Namun, seseorang yang memiliki wajah maskulin cenderung kurang dipercaya dan tidak disukai.

Apapun pandangan Anda mengenai Donald Trump, dia tetap saja seorang pebisnis yang efektif dan handal. Kita dapat belajar banyak hal melalui kehidupan setiap orang, termasuk seorang Donald Trump.

 

Menurut Anda, Hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari seorang pemimpin seperti Donald Trump yang dapat diterapkan dalam gaya kepemimpinan para pengusaha? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Paul Glatzhofer. 5 Things Donald Trump Can Teach Us About Leadership. Selectinternational.com – https://goo.gl/nk2tW9
  • Áine Cain. 20 Maret 2017. Management experts break down Trump’s leadership style during his first 100 days as president. Businessinsider.co.id – https://goo.gl/CCHBGP
  • 10 November 2016. Ita Istiqomah. Dunia Cemas dengan Gaya Kepemimpinan Trump yang Arogan. Getscoop.com – https://goo.gl/QbbPJk
  • 23 Januari 2017. Gaya Kepemimpinan Donald Trump Dilihat dari Mimik Muka. Pikiran-rakyat.com – https://goo.gl/3FDtym

 

Sumber Gambar:

  • Donald Trump – https://goo.gl/4NFTjH dan https://goo.gl/ty8OhQ
  • Donald Trump as President – https://goo.gl/8HFepT dan https://goo.gl/pH13Qd
  • Trump – https://goo.gl/jQ0Xjv

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang