Seperti apakah gaya kepemimpinan Presiden Indonesia, para pemimpin Tanah Air Indonesia terdahulu? Bagaimanakah gaya kepemimpinan mereka dalam memajukan segala aspek pembangunan di negeri tercinta kita?

Apakah gaya kepemimpinan mereka relevan dengan perusahaan yang dapat kita tiru? Berikut ini Tim Finansialku akan membahasnya bagi Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Lebih Jauh Para Presiden Indonesia Terdahulu

Memimpin sebuah kelompok kecil merupakan tugas yang tidak dapat dianggap sepele. Walaupun hanya terdiri dari beberapa orang anggota kelompok, mengarahkan anggota kelompok agar mengikuti tujuan dan sasaran yang diinginkan merupakan tantangan tersendiri yang tidaklah mudah, apalagi ketika berbicara mengenai sebuah perusahaan dalam cakupan yang lebih besar.

Namun, apakah Anda pernah berpikir bagaimana seorang presiden, pemimpin sebuah negara yang membawahi tidak hanya sekelompok orang atau sebuah perusahaan, melainkan sebuah negara yang terdiri dari jutaan orang dengan berbagai kepentingan, karakter dan lain sebagainya.

Tentu saja ini adalah perkara yang sangat kompleks. Selain harus memajukan bangsa, mereka harus menengahi berbagai permasalahan dari berbagai aspek dan kepentingan-kepentingan politik dari oknum atau golongan yang tidak sejalan dengan tujuan dan kepentingan bersama yang telah dicanangkan oleh negara.

Berikut ini Tim Finansialku akan membahas berbagai karakteristik dan gaya kepemimpinan para presiden pendahulu di Tanah Air, Negeri Indonesia yang terkenal dengan ribuan suku, budaya dan bahasa yang tersebar di ribuan pulau dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

#1 Presiden Soekarno (1945-1966)

Ir. Soekarno adalah seorang orator yang andal karena ia mampu membakar semangat juang nasionalisme para pengikutnya. Ia tidak hanya menjadi inspirasi bagi para pemuda dan orang-orang pada zamannya tetapi juga bagi para pemimpin di zaman generasi penerus sampai saat ini.

Gaya kepemimpinannya yang tegas, konsisten dan memiliki ideologi kuat, semangat juang yang tinggi serta kepiawaian dalam menuangkan berbagai gagasan dan idenya akan kedaulatan bangsa, kemampuan bernegosiasi dengan para petinggi kolonial dan pihak penjajah, membuatnya mampu menjadi menjadi sosok yang dipercaya memimpin bangsa kepada kedaulatan penuh sebagai negara yang utuh dan mandiri serta mampu mengusir penjajahan di atas bumi Indonesia.

Indonesia patut bersyukur atas kepemimpinannya yang visioner sehingga Indonesia dapat bangkit dan menjadi negara yang berdaulat.

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Gibran Rakabuming Raka, Pendiri Markobar]

 

#2 Presiden Soeharto (1966-1998)

Soeharto merupakan presiden yang memangku kekuasaan tertinggi sebagai pemimpin Bangsa Indonesia terlama. Selama 30 tahun, ia menjadi pemimpin Tanah Air dengan ketegasan dan dominasi dari pihak militer ABRI yang pada saat itu ia percaya dapat menjadi tonggak keamanan bangsa sekaligus masuk dalam ranah politik.

Ia mengatasnamakan kepentingan keamanan dalam negeri dengan cara pembatasan jumlah partai politik, penerapan sensor dan penahanan lawan-lawan politik sehingga dengan demikian proses demokrasi di Tanah Air cenderung tertindas.

Ia memiliki gaya kepemimpinan yang mampu menangkap peluang serta melihat tantangan sebagai sesuatu yang berdampak positif dan memiliki visi jauh ke depan disertai dengan kesadaran akan perlunya langkah-langkah penyesuaian. Namun, inilah yang mengarahkan beliau kepada gaya kepemimpinan yang cenderung otoriter, mendominasi dan sentraliasi.

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump?]

 

#3 Presiden B.J. Habibie (1998-1999)

Memimpin bangsa yang besar bukanlah keinginannya. Kondisi Indonesia yang terpuruk memaksanya untuk memimpin bangsa yang multi jenis dan multi budaya ini. Pada masa peralihan kekuasaan dari Presiden sebelumnya, kondisi nilai rupiah memasuki angka Rp15 ribu per dolar dan IHSG yang menembus angka 200 poin.

Gaya kepemimpinannya yang dikenal dedikatif-fasilitatif mampu membawa perubahan yang signifikan sehingga pada akhir masa pemerintahannya yang terbilang sangat singkat, yakni 512 hari saja, beliau mampu mengangkat nilai tukar rupiah menjadi Rp7 ribu per dolar dan menaikkan angka IHSG menjadi 588 poin.

Kecerdasan beliau tidak perlu dipertanyakan lagi, buktinya sebelum menjadi presiden, beliau meraih gelar Doktor Teknik dan bekerja sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan Analisis struktur pesawat, yang kemudian diangkat menjadi Vice President sekaligus Direktur Teknologi di perusahaan pesawat MBB dalam kurun waktu 4 tahun.

Selanjutnya pada 1978, beliau menjadi Penasihat Senior bidang teknologi untuk Dewan Direktur MBB. Namun demikian, banyak yang menyayangkan akan hasil keputusannya membuat Timor Timur terlepas dari kesatuan Tanah Air.

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama]

 

#4 Presiden Abdurrahman Wahid (1999-2001)

Kala itu beliau terpilih menjadi pemimpin bangsa bersama dengan Ibu Megawati Soekarno Putri. Beberapa pencapaiannya pada saat itu diantaranya adalah melakukan mediasi dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sehingga tercapainya kedamaian atas Aceh.

Selain itu, beliau juga menghapuskan perbedaan antara mayoritas dan minoritas, dimana beliau juga meresmikan hari besar dari Etnis Tionghoa yaitu Imlek. Beliau mampu membuka paradigma akan pentingnya persatuan antar kaum minoritas dan mayoritas dalam rasa solidaritas.

Namun demikian, kepemimpinannya itu banyak yang menilai negatif oleh karena keputusannya yang gampang berubah-ubah dan cenderung inkonsisten.

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Dari Budget Akomodasi, Menanam Pohon, Hingga Investasi Raja Salman]

 

#5 Presiden Megawati Soekarno Putri (2001-2004)

Pro-kontra akan kepemimpinan seorang perempuan dalam menjalankan sebuah negara, agaknya inilah kondisi pada awal terbentuknya DPP PDI pada awal 1996 sehingga membuat beberapa kondisi yang mengarah pada ketegangan pada masa itu, oleh karena penyerangan dan perebutan kantor DPP PDI.

Namun karena semangat juangnya yang diwarisi dari sang ayah, almarhum Bung Karno, Sang Proklamator, ia mampu mengatasi berbagai pihak yang memandangnya sebelah mata atas kepemimpinannya.

Terbukti beliau terpilih menjadi seorang presiden pertama perempuan yang membangun Tanah Air dengan gaya demokratisnya yang tinggi yang terbukti dari keberhasilannya dalam membuat pemilihan presiden langsung dan tidak lagi diwakilkan oleh MPR.

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 05 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

#6 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)

Sebagai presiden pertama Indonesia yang dipilih langsung oleh rakyat, beliau melakukan berbagai pencapaian diantaranya mengentaskan kemiskinan. Dari catatan yang diperoleh, Pada tahun 2004, angka kemiskinan tercatat sebesar 16,7% dan menurun menjadi 11% pada tahun 2014.

Penurunan angka kemiskinan sebesar 5,7% merupakan sebuah prestasi yang patut mendapatkan apresiasi. Beliau dikenal sebagai pemimpin yang demokratif dan mau mendengar keluhan rakyat, namun banyak yang menyayangkan akan kurang konsistennya beliau dalam melakukan kebijakan sehingga cenderung berubah-ubah dan membingungkan publik.

Raih Kesuksesan dengan Meniru Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Pemerintah Sedang Rancang Perppu Pertukaran Informasi Keuangan dan Perpajakan]

 

Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia ke-7

Presiden Indonesia yang ke-7 ini dikenal dengan dengan kesederhanaan, santun dan mampu mengakomodir berbagai perbedaan dalam tubuh bangsa melalui kepemimpinan yang legowo, amanah dan tentu saja pro-rakyat.

Hal ini membuat beliau memiliki hati dari rakyat Indonesia saat ini dan bahkan dunia mengakui kepemimpinannya yang luar biasa. Mengenai gaya kepemimpinannya yang dikenal sebagai servant leader, Tim Finansialku telah membahasnya pada rubrik sebelumnya.

 

Perbedaan karakter dan gaya kepemimpinan dalam memimpin bangsa dari para presiden Indonesia terdahulu mampu membawa berbagai perubahan bagi Tanah Air hingga saat ini. Gaya seperti apakah yang akan Anda terapkan dalam memimpin perusahaan Anda? Silakan tuliskaan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 Januari 2016. 7 Sifat dari 7 Presiden RI. Beautifulmango.com – https://goo.gl/VHQVQ3
  • Henny Sovya. 24 Juni 2015. Mengenal Gaya Kepemimpinan Presiden di Indonesia. Kompasiana.com – https://goo.gl/jBCrRd

 

Sumber Gambar:

  • Soekarno – https://goo.gl/nLHTci
  • Soeharto – https://goo.gl/hWStIS
  • J. Habibie – https://goo.gl/1mZYTm
  • Abdurrahman Wahid – https://goo.gl/h5DYoW
  • Megawati – https://goo.gl/chYp9X
  • Susilo Bambang Yudhoyono – https://goo.gl/7XDrRT
  • Joko Widodo – https://goo.gl/09YyC5

 

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana