Kunjungan rombongan Raja Arab Saudi bukan hanya sekedar untuk berbisnis tetapi juga berlibur, berapa sih akomodasi hotel yang kira-kira dikeluarkan dan akan berinvestasi apa di Indonesia? Kali ini Finansialku akan menginformasikan mengenai kedatangan rombongan Raja Salman bin Abdulaziz.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Raja Salman di Indonesia

Awal bulan Maret ini, Indonesia sedang dihebohkan dengan kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, selain untuk berinvestasi Raja Salman juga menyempatkan berlibur di Bali. Kamis lalu, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz mengunjungi Istana Merdeka dengan didampingi Presiden Jokowi, kedua pemimpin negara ini bersama-sama menanam pohon ulin di halaman tengah Istana Bogor. Penanaman pohon ini merupakan simbol persahabatan yang terjalin antara kedua negara.

Selain membentuk persahabatan dan memberikan dana segar kepada negara, ternyata kedatangan Raja Arab Saudi ini juga memberikan keuntungan bagi bisnis perhotelan. Tidak diketahui persis berapa biaya akomodasi hotel dari rombongan Raja Salman ini selama di Indonesia, yang dapat dipastikan adalah rombongan Raja Salman menginap di hotel bintang lima dengan tarif di hari normal terbilang mahal, namun jelas kedatangannya selain memberikan rezeki kepada pebisnis hotel namun juga dapat menambahkan citra yang baik bagi hotal yang ditempati oleh Raja Arab Saudi ini.

Dari Budget Akomodasi, Menanam Pohon, Hingga Investasi Raja Salman 02 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Jumlah Investasi Raja Salman di Indonesia dan Investasi Apa?]

 

Lalu hotel mana saja yang ditinggali oleh rombongan Raja Arab Saudi, berikut adalah daftar hotel yang ditempati rombongan Raja Salman selama di Indonesia.

 

Penginapan Selama di Jakarta

Jumlah rombongan ada sekitar 1.500 orang, lama menginap di Jakarta dari tanggal 1-4 Maret 2017

  • Hotel Raffles, Jakarta: Rp2,9 juta – Rp6,9 juta per malam. Tarif President Suites: Rp150 juta per malam.
  • Ritz Carlton Mega Kuningan: Rp2,3 juta – Rp3,4 juta per malam
  • Hotel JW Marriot: Rp2,1 juta – Rp2,8 juta per malam.

Dari Budget Akomodasi, Menanam Pohon, Hingga Investasi Raja Salman 04 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Ragu untuk Berinvestasi? Ketahui Dulu Peluang Keuntungannya]

 

Penginapan Selama di Bali

Jumlah rombongan ada sekitar 1.500 orang, lama menginap di Bali dari tanggal 4-9 Maret 2017.

  • St. Regis Bali Resort: Rp7,2 juta – Rp25,7 juta per malam
  • Ritz Carlton: Rp2,9 juta – Rp8,1 juta per malam
  • Laguna: Rp2,2 juta – Rp9,1 juta per malam
  • Hilton: Rp1,9 juta – Rp31 juta per malam

 

Investasi Sektor Infrastruktur dan Perumahan

Pemerintah Arab Saudi mulai melirik sektor infrastuktur dan perumahan, setelah sebelumnya pemerintah Arab Saudi berkomitmen untuk mengucurkan pinjaman melalui Saudi Fund Contribution to The Financing of Development Project senilai US$1 miliar, rencananya pinjaman dana akan digunakan untuk memberikan dana pendamping (co-financing) proyek infrastuktur dan perumahan.

Dari Budget Akomodasi, Menanam Pohon, Hingga Investasi Raja Salman 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mulai Berinvestasi untuk Masa Depan Anda dan Keluarga]

 

Dikutip dari harian Kontan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengatakan untuk merealisasikan komitmen itu, kedua negara akan menerjemakannya dalam kesepakatan yang lebih detail. Menurut Sri Mulyani, pihak Arab Saudi akan mengutamakan alokasi untuk pembangunan dan promosi non-migas.

Skema pencairan dana dari Saudi Fund juga belum terformulasikan. Pemerintah sendiri sudah memilki banyak pilihan yang kini sudah ada di dalam pipeline, hanya tinggal disesuaikan dengan kemampuan Arab Saudi untuk menyertakan anggaran itu.

Dikutip kembali dari harian Kontan, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, mengatakan Kadin akan mendukung positif realisasi penggunaan pinjaman dan Saudi Fund untuk proyek-proyek di Tanah Air. Investasi Arab Saudi di Indonesia terutama di bidang perdagangan masih minimum. Maka Beliau berharap dengan kedatangan Raja Arab Saudi ini akan memacu investasi di bidang ini.

Dari Budget Akomodasi, Menanam Pohon, Hingga Investasi Raja Salman 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Investasi Syariah dan Menguntungkan, Coba Cek SUKRI SR-009 yang Memberikan Kupon 6,9 Persen]

 

Mengutip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sepanjang tahun lalu investasi Arab Saudi di Indonesia hanya US$900.000 yang tersebar di 44 proyek. Angka yang lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar US$30,36 juta yang tersebar di 28 proyek.

Sementara itu, di luar komitmen kerjasama investasi antara Aramco dan Pertamina di kilang Cilacap senilai US$2,06 miliar dan komitmen pinjaman dari Saudi Fund senilai US$1 miliar, para pengusaha Indonesia dan pengusaha Arab Saudi juga melakukan komitmen kerja sama investasi senilai US$9 miliar. 

 

Semoga artikel di atas bermanfaat, jika ada pertanyaan atau opini, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar, terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Handoyo. 3 Maret 2017. Arab Saudi Lirik Sektor Infrastuktur dan Perumahan. Harian Bisnis dan Investasi Kontan.
  • Konta Infografik. 3 Maret 2017. Hotel yang Ketiban Fulus Raja Salman. Harian Bisnis dan Investasi Kontan.

 

Sumber Gambar:

  • King Salman – https://goo.gl/dv5MJv dan https://goo.gl/tKsrho
  • King Salman and President Jokowi – https://goo.gl/Z7xjFg dan https://goo.gl/McFNrb
  • Rapat Kerja – https://goo.gl/5dMrVz

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku