Kira-kira berapa uang yang diinvestasikan oleh Raja Salman di Indonesia? Dan Beliau investasi diproyek apa? Angka-angka di bawah ini akan membuat Anda bangga dengan Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Jumlah Investasi Raja Salman di Indonesia

Raja Arab Saudi Salman Abdulaziz Al-Saud bersama rombongan melakukan lawatan ke Indonesia. Setibanya di Indonesia, Raja Salman dan rombongan diajak untuk menanda tangani 11 nota kesepahaman, terkait dengan pimpinan sidang komisi bersama, kerja sama budaya, pengembangan usaha kecil menengah antar negara, pengembangan kesehatan, teknologi dan haji.

Berapa Jumlah Investasi Raja Salman dan Arab Saudi di Indonesia dan Investasi Apa 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Investasi Syariah dan Menguntungkan, Coba Cek SUKRI SR-009 yang Memberikan Kupon 6,9 Persen]

 

Berikut ini daftar kerja sama yang ditanda tangani antara Pemerintah Indonesia dengan Raja Salman:

  1. Dekrasasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengenai peningkatan pimpinan sidang komisi bersama.
  2. Pendanaan Arab Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund for Development dan Pemerintah Indonesia.
  3. Nota kesepahaman kerjasama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi.
  4. Program kerja sama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI dengan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah.
  5. Nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan RI dengan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama kesehatan.
  6. Nota kesepahaman antara otoritas aero nautica pemerintah RI dan Kerajaan Arab Saudi.
  7. Program kerja sama Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang kerjasama scientific dan pendidikan tinggi.
  8. Nota kesepahaman antara Kementerian Agama RI dan Kementerian Urusan Dakwah dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi di bidang urusan Islam.
  9. Nota kesepahaman antara pemerintah RI dan pemerintah kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama kelautan dan perikanan.
  10. Program kerja sama perdagangan antara Kementerian Perdagangan RI dan Kementerian Perdagangan dan Investasi Kerajaan Arab Saudi.
  11. Perjanjian kerja sama dalam pemberantasan kejahatan antara Kepolisian RI dan Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi.

 

Dikabarkan dari berbagai media, ternyata Raja Salman telah menyetujui kerja sama investasi di proyek refinery development master plan program (RDMP) Cilacap, antara Pertamina dan Saudi Aramco. Total investasi Arab Saudi adalah US$6 miliar (dengan asumsi kurs Rp13.300, maka investasi Arab Saudi senilai Rp79,8 triliun).

Selain itu, Arab Saudi juga berkomitmen untuk memberi pinjaman melalui Saudi Fund Contribution to The Financing of Development Project senilai US$1 miliar (dengan asumsi kurs Rp13.300, maka investasi Arab Saudi senilai Rp13,3 triliun). Jadi, total investasi yang kali ini dibawah oleh Raja Salman dan rombongan adalah Rp93,1 triliun.

Pemerintah Indonesia sebenarnya berharap kedatangan Raja Salman kali ini dapat berinvestasi sebesar US$25 miliar. Sejauh ini investasi Arab Saudi di Indonesia masih berada di peringkat 57. Berikut ini data investasi negara-negara Timur Tengah di Indonesia (per Desember 2016).

NegaraPeringkatJumlah Investasi (juta US$)Jumlah Proyek
Iran3314,316
Afghanistan3512,340
Pakistan394,837
Kuwait423,69
Turki432,761
Irak442,713
Yordania471,622
Mesir531,212
Arab Saudi570,944

Berdasarkan data BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), didapatkan informasi bahwa Arab Saudi sempat berinvestasi mencapai US$30,4 juta.

Berapa Jumlah Investasi Raja Salman dan Arab Saudi di Indonesia dan Investasi Apa 02 - Finansialku

[Infografis: Nasihat Warren Buffet untuk Keuangan, Sosial dan Investasi yang Perlu Anda Tahu]

 

Profil Perusahaan Aramco

Saudi Arabian Oil Co atau Saudi Aramco adalah perusahaan minyak yang dimiliki oleh pemerintah Arab Saudi. Dikabarkan Saudi Aramco akan melepas saham perdana atau melakukan initial public offering (IPO). Kabar burung yang beredar, saham yang akan dilepas oleh perusahaan energi ke publik ini akan memecahkan rekor baru mengalahkan Alibaba. Pelepasan saham Aramco ini diharapkan mencapai US$2 triliun.

Berapa Jumlah Investasi Raja Salman dan Arab Saudi di Indonesia dan Investasi Apa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kupon ORI, SUKRI, SBR dan Obligasi Pemerintah Kini Bebas Pajak]

 

Profil Keuangan dan Ekonomi Arab Saudi

Pasca turunnya harga minyak dunia, dari tingkat tertinggi dipertengahan 2014 yaitu di atas US$100/barel, menjadi di kisaran US$50/barel saat ini, oleh karena itu perekonomian di Arab cukup terhantam.

Beberapa hal dilakukan oleh Negara Arab Saudi, salah satunya adalah dengan menjual sebagian saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) miliknya, untuk mendapatkan dana segar, Arab Saudi memang berencana untuk menjual saham perusahaan minyak besarnya, Saudi Aramco.

Berapa Jumlah Investasi Raja Salman dan Arab Saudi di Indonesia dan Investasi Apa 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan ke Arab Saudi, Jangan Pakai Utang Ya]

 

Kekayaan Raja Arab

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, menurut Forbes memiliki kekayaan harta yang cukup besar, yaitu US$17 miliar atau sekitar Rp226 triliun (kurs Rp13.300 per dolar AS).

Harta dengan bilangan yang cukup besar ini kebanyakan dari hasil perusahaan minyak, serta beberapa perusahaan finansial milik keluarga kerajaan. Selain itu, Raja Salman juga mendapatkan harta yang terbilang cukup banyak ketika beliau diangkat sebagai raja untuk menggantikan mendiang kaka tirinya, Abdullah. Pada saat itu harta Abdullah mencapai US$18 miliar yang sebagian besarnya diwariskan kepada Raja Salman.

Berapa Jumlah Investasi Raja Salman dan Arab Saudi di Indonesia dan Investasi Apa 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Dian Pelangi, Pebisnis Hijab Berusia Muda]

 

Walaupun begitu jika dibandingkan, jumlah kekayaan yang dimiliki oleh Raja Salman masih tidak seberapa dengan total kekayaan keluarga kerajaan Arab Saudi. Menurut perhitungan Forbes, total kekayaan keluarga Kerajaan Arab Saudi mencapai US$1,4 triliun atau sekitar Rp18.620 triliun.

Total jumlah anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi mencapai 15.000 orang. Namun hanya sekitar 2.000 orang yang termasuk super kaya dan dipercaya mengelola kekayaan keluarga.

 

Silakan share opini dan pendapat Anda mengenai kunjungan Raja Salman ke Indonesia. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Handoyo, Ramadhani Prihartini, Eldo C Rafael. 2 Maret 2017. Berharap Tak Sekedar Komitmen Investasi. Harian Bisnis dan Investasi Kontan.
  • 2 Maret 2017. Pemerintah Arab Teken 11 Komitmen Kerjasama. Harian Bisnis dan Investasi Kontan.
  • Vina A Muliana. 25 Februari 2017. Hidup Bergelimang Harta, Berapa Kekayaan Raja Arab Saudi? com – https://goo.gl/XkG89i
  • Wahyu Daniel. 27 Februari 2017. Raja Salman Kaya, Tapi Bagaimana Ekonomi Arab Saudi Saat Ini?com – https://goo.gl/XkG89i
  • Pingit Aria. 27 Februari 2017. Peringkat 57, Investasi Arab Saudi di Indonesia Cuma Rp 11,9 Miliar. Katadata.co.id – https://goo.gl/YmfBDV
  • Agustina Melani. 13 Oktober 2016. Saudi Aramco Incar Dana IPO US$ 2 Triliun pada 2018. Liputan6.com – https://goo.gl/xcfxbq
  • Achmad Dwi Afriyadi. 12 Feb 2017. Bakal Melantai di Bursa, Saudi Aramco Mampu Kalahkan Alibaba. Liputan6.com – https://goo.gl/HbRLzR

 

Sumber Gambar:

  • Saudi Aramco – https://goo.gl/3PGmFz
  • Raja Salman dan Presiden Jokowi – https://goo.gl/cG9PWM
  • Saudi Arabia – https://goo.gl/lqKbvq
  • King Salman – https://goo.gl/emsx76 dan https://goo.gl/tfrsk6

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku