facebook_pixel

Para Entrepreneur, Inilah Ciri Pemimpin Yang Gagal dalam Kesuksesan

Apa ciri pemimpin yang gagal dalam kesuksesan? Semua orang dapat menjadi pemimpin dengan berbagai tipe dan ciri khas yang berbeda sesuai dengan karakter, pengetahuan dan pengalaman mereka masing-masing, namun tidak semua orang mampu menjadi pemimpin yang handal. Ada beberapa ciri dimana seorang pemimpin akan menghadapi kegagalan ketika melakukan berbagai hal yang akan dipaparkan berikut ini oleh Tim Finansialku. Apa sajakah ciri yang menyertai pemimpin yang gagal? Simak liputannya melalui artikel berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin Dilahirkan atau Diciptakan?

Ada yang berpendapat bahwa jiwa pemimpin itu dilahirkan. Ada pula yang mengatakan bahwa pemimpin itu dibentuk dan diciptakan melalui proses dan pengalaman yang tidak sebentar. Terlepas dari kedua pandangan tersebut yang saling bertolak belakang, pada dasarnya setiap manusia sudah seharusnya memiliki jiwa kepemimpinan karena setidaknya mereka perlu menjadi seorang pribadi yang memiliki kemampuan untuk memimpin diri sendiri. Manusia perlu untuk dapat memimpin dirinya, kemanakah ia harus melangkah dan setiap keputusan apa saja yang harus diambil untuk menentukan arah dari hidup mereka.

Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Pendapat Anda tentang Gaya Kepemimpinan Donald Trump?]

 

Namun ketika kita berbicara mengenai memimpin sebuah kelompok orang atau bahkan sebuah perusahaan, diperlukan keahlian, pengetahuan dan pengalaman dalam menentukan arah tujuan dari kelompok atau perusahaan tersebut. Tak jarang para pemimpin mengalami jalan buntu dan kegagalan sehingga berimbas pada jatuhnya kerja sama dalam kelompok atau bahkan kebangkrutan dalam sebuah perusahaan. Mari simak sejenak beberapa pemaparan mengenai ciri dari pemimpin yang mengalami kegagalan.

 

#1 Tidak Mampu Mengatur Pekerjaan yang Detail

Menjadi pemimpin yang efektif dan efisien diperlukan kemampuan untuk dapat mengatur hal-hal yang tidak hanya bersifat global tetapi juga hal-hal yang bersifat mendetail. Ketika seorang pemimpin mengerti dalam melakukan hal-hal yang detail, maka ia dapat mencontohkannya kepada para pengikutnya agar mereka dapat mengerjakan tugas mereka sesuai dengan arahan dari pemimpin.

9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

#2 Tidak Memiliki Hati yang Lapang dan Rendah Hati

Pemimpin yang hebat adalah mereka yang mampu memberikan pelayanan yang rendah hati dan mau melayani orang lain. Dalam keadaan yang mendesak, pemimpin perlu melakukan apa yang orang lain lakukan.

 

#3 Tidak Mengakui Kelebihan Orang Lain

Pemipin yang sukses adalah mereka yang siap menerima kelebihan orang lain dan memuji keberhasilan mereka, bahkan apabila bawahannya memiliki keunggulan yang tidak dia miliki. Apabila seorang pemimpin merasa tersaingi oleh bawahannya, ini adalah indikasi dari kegagalannya. Perlu disadari bahwa tidak ada seorangpun yang sempurna dan setiap orang memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda satu dengan yang lain. Apabila pemimpin tidak menyadari hal ini, dapat dipastikan bahwa kepemimpinannya akan menghadapi kegagalan.

 

#4 Memaksakan Kehendak & Tidak Mau Menerima Saran

Tidak ada seorangpun yang tahan dengan sikap sok tahu. Seorang pemimpin yang berlagak tahu dan tidak mau menerima saran dari orang lain akan menjerumuskan dirinya sendiri dan juga kelompok yang ia pimpin. Cepat atau lambat, tidak ada orang yang mau menerima pimpinan darinya. Karena merasa dirinya adalah pemimpin, maka setiap kehendak dan keinginannya harus terlaksana. Tahukah Anda bahwa kesombongan dan keangkuhan adalah awal dari sebuah kegagalan dan kehancuran? Tidak perlu waktu yang lama, sudah dipastikan kerjasama dalam kelompok tersebut tidak akan berjalan mulus.

Para Entrepreneur, Inilah Ciri Pemimpin Yang Gagal dalam Kesuksesan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Gaya Kepemimpinan Situasional Dibutuhkan oleh Seorang Pemimipin?]

 

#5 Perfeksionis

Sebagai pemimpin perlu menyadari bahwa setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda dan setiap orang memiliki tahap-tahap pembelajarannya masing-masing. Pemimpin sejati adalah mereka yang tidak menuntut suatu kesempurnaan dari orang lain. Bimbingan yang terus berkala akan membuat bawahan menjadi lebih loyal karena pemipin mereka adalah sosok yang mengayomi.

 

#6 Membajak Ide Orang Lain

Plagiarisme adalah tindakan meniru karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya ciptaannya. Perilaku ini tentu saja salah satu tindakan tidak jujur dan tidak patut dilakukan terutama pemimpin yang seharusnya digugu dan ditiru. Lain halnya jika meniru dan memodifikasi agar mendapatkan hasil yang lebih inovatif namun seorang pemimpin akan tetap dihargai apabila mereka tetap legowo dengan hasil karya yang ia ciptakan. Pemimpin yang membanggakan sebuah idenya yang ternyata bukan ide original dari buah pemikirannya sendiri akan membuat lunturnya loyalitas para pengikut dan pemimpin tersebut akan dipandang sebelah mata.

Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Berwibawa dan Disenangi Bawahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Berwibawa dan Disenangi Bawahan?]

 

#7 Mencari Kambing Hitam

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan dari kesalahan tersebut timbul berbagai pembelajaran yang dapat diambil untuk perbaikan di masa mendatang. Seorang pemimpin yang tidak berpikir positif akan kesalahan yang ia buat dan cenderung mencari kambing hitam serta melimpahkan kesalahan pada orang lain akan menuai celaan bagi dirinya sendiri, Seorang pemimpin yang bijak selayaknyalah mau mengakui kesalahan yang ia buat bahkan kesalahan yang dilakukan oleh bawahannya sendiri, ia akui sebagai keteledorannya karena telah menjadi pemimpin yang belum melakukan tanggung jawabnya dengan baik.

 

Melirik Pemimpin Indonesia yang Legowo

Bangsa Indonesia dalam 4 tahun terakhir ini dipimpin oleh seorang pemimpin yang pintar, cerdas namun tetap legowo dan down to earth. Salah satu contoh sosok pemimpin yang patut untuk dicontoh dan ditiru adalah Presiden Jokowi yang menjadi sorotan publik bahkan dunia pun mengakui kepemimpinannya atas Indonesia. Masih banyak juga para pemimpin yang sukses di dunia ini yang membawa kesuksesan dan keberhasilan kelompok atau perusahaannya.

 

Bagaimanakah tipe kepemimpinan Anda? Tuliskan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:                

  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin
  • Admin. 10 Sebab Utama Kegagalan Menjadi Pemimpin – https://goo.gl/v83Nzu
  • Admin. 10 Kegagalan Seorang Pemimpin. Untukku.com – https://goo.gl/YHlpg8
  • Admin. 7 Penyebab Pemimpin Gagal Memimpin. Kaskus.co.id – https://goo.gl/WQBkTl
  • Destriyana. 21 Oktober 2012. 8 Tanda pemimpin berkinerja buruk. Merdeka.com – https://goo.gl/4HRTwL

 

Sumber Gambar:

  • Head in Sands – https://goo.gl/U5L1gX
  • Leadership Failure – https://goo.gl/PiMUYT

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-05-19T10:14:21+00:00 May 19th, 2017|Categories: Kepemimpinan, Lifestyle|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment