Pilih mana, jadi orang kaya atau orang bahagia? Mungkin di antara Anda banyak yang tidak bisa memilih antara kaya dan bahagia. Namun dalam kehidupan nyata seringkali seseorang hanya bisa memilih antara kaya atau bahagia. Bagaimana jika Anda bisa mencapai keduanya sekaligus? Mari simak ilustrasi berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Pilih Kaya atau Bahagia?

Pernahkah Anda mendengar istilah ini? Manusia harus memilih antara kaya atau bahagia. Orang kaya biasanya hidup tidak bahagia karena berbagai alasan. Di antaranya adalah tidak memiliki teman yang tulus. Ingat peribahasa ini?

A friend in need is a friend indeed

 

Dalam bahasa Indonesia artinya:

“Teman dalam kesusahan adalah teman yang sesungguhnya”

 

Karena teman yang datang dalam kelimpahan bisa saja hanya menginginkan harta Anda. Kekayaan bahkan seringkali bisa membuat perpecahan dalam keluarga. Mulai dari masalah perebutan harta warisan, harta gono gini, keinginan merebut hak orang lain dan masalah lainnya. Bukankah kekayaan justru bisa merenggut kebahagiaan Anda? Karena itu, muncullah istilah “orang kaya tidak bisa hidup bahagia”.

Ilustrasi Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Bermimpi menjadi Orang Kaya, Benar atau Salah?]

 

Sebaliknya, orang yang tidak kaya bisa hidup bahagia. Hal ini dikarenakan orang yang hidup biasa-biasa saja bisa mendapatkan keharmonisan rumah tangga. Ia juga bisa menikmati kebahagiaan dalam kesederhanaan yang mungkin diharapkan oleh orang kaya. Bahkan ia juga bisa menemukan sahabat sejati karena tidak ada harta berlebih yang bisa dimanfaatkan.

Namun bagi orang yang tidak kaya, ada juga kalanya ia merasa tidak berkecukupan. Tidak bisa membeli barang apapun dan kapanpun. Terkadang mungkin kebutuhannya tidak selalu tercukupi. Disinilah timbul pertanyaan, apakah mungkin seseorang mendapatkan keduanya sekaligus? Adakah orang yang kaya dan sekaligus bahagia?

 

Mari kita lihat ilustrasi berikut ini:

Ilustrasi Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang Bahagia Kalau Mau Keduanya, Ini Caranya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Kaya? Kuasai Cara Pikir dan Pola Tindakan Orang Kaya]

 

Orang di kiri adalah tipe orang yang sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Seseorang yang tidak bisa memiliki kekayaan dan kebahagiaan sekaligus. Sementara orang sukses di kanan adalah ia yang berhasil mengalahkan berbagai rintangan dan permasalahan dalam hidupnya sehingga mendapatkan kekayaan sekaligus kebahagiaan.

Pertama-tama mari kita luruskan dulu pandangan mengenai ‘kaya’ dan ‘bahagia’. Kaya dan bahagia bagi setiap orang bisa berbeda-beda artinya. Ada yang menganggap uang adalah kekayaan terbesar, tetapi bagi orang lain mungkin keluarga adalah kekayaan terbesarnya. Kekayaan yang saya maksud disini adalah memiliki uang atau harta dalam jumlah yang sangat besar sehingga Anda bahkan bisa menghambur-hamburkan uang untuk keinginan apapun.

Begitu pula halnya dengan bahagia. Kebahagiaan bagi setiap orang bisa beragam. Ada yang menganggap jika ia bisa bekerja dengan waktu yang fleksibel adalah sebuah kebahagiaan. Tetapi ada juga orang lain yang menganggap kebahagiaan adalah melihat keluarga bertumbuh dengan baik, dan berbagai persepsi lainnya mengenai kebahagiaan.

Mengapa Membenci Orang Kaya Bisa Membuat Kita Tetap Miskin - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Membenci Orang Kaya Bisa Membuat Kita Tetap Miskin?]

 

Apapun kebahagiaan yang Anda dambakan, kebahagiaan yang saya maksud adalah segala sesuatu yang di luar uang. Anda mungkin akan berbahagia jika bisa memiliki sebuah mobil mewah yang sangat mahal. Tetapi untuk membeli mobil tersebut Anda membutuhkan banyak uang, sehingga Anda harus menjadi seseorang yang kaya. Sudah mengerti perbedaan antara kaya dan bahagia? Yuk, kita lanjutkan pembahasan mengenai ilustrasi di atas.

Orang di kiri memutuskan untuk memilih kebahagiaan. Karena jika ingin menjadi kaya, biasanya ada harga mahal yang harus dibayar, yaitu kerja keras. Kerja keras untuk menjadi kaya bukanlah sekedar bekerja keras dengan pekerjaan yang saat ini dijalani. Jika berharap menjadi orang kaya, Anda harus berusaha berpikir lebih jauh dan lebih luas, melewati tembok penghalang ‘kepuasan diri’. Berani bertindak dan mengambil risiko yang sangat besar untuk membuat sebuah perubahan besar demi mengubah nasib keuangan Anda.

Pernahkah terbesit dalam pikiran Anda kalimat seperti ini:

Ah tidak apa-apa saya bekerja seperti ini saja, yang penting kebutuhan tercukupi, yang penting saya bisa tidur nyenyak, yang penting saya bahagia bersama keluarga.

 

Seringkali, inilah mindset si ‘gagal’. Orang dengan pemikiran seperti ini biasanya terlalu cepat puas dengan apa yang sudah dikerjakannya. Memandang segala sesuatunya sebagai sesuatu yang kecil dan sederhana. Tidak perlu berpikir terlalu jauh atau berusaha mendobrak batasan-batasan yang ada di sekitarnya. Akhirnya hidupnya hanya stuck di situ-situ saja. Bermodalkan pembenaran untuk ‘memilih hidup bahagia’, ia merasa puas dengan pencapaiannya saat ini.

Ingin Kaya Kuasai Cara Pikir dan Pola Tindakan Orang Kaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Banyak Orang Kaya Baru (OKB) yang Sulit Mempertahankan Kekayaannya?]

 

Tetapi coba lihat jalan yang dilaluinya, retak dan penuh rintangan serta kesuraman. Ya, benar, kesuraman. Orang-orang yang menanamkan mindset ini biasanya sedang menuju kesuraman hidup. Memang tidak bisa dipungkiri ada orang-orang yang memang memahami kebutuhan hidupnya yang paling dasar dan merasa cukup dengan segala hal yang mendasar tersebut. Ini adalah sebuah hal yang baik.

Namun cobalah berhenti berpikir muluk-muluk, mari berpikir realistis. Kenyataannya hanya 1 dari sekian juta orang di bumi ini yang mampu memiliki pemikiran seperti itu. Pemikiran ‘puas dengan hidup sederhana’ hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang mampu untuk benar-benar bersyukur dengan segala sesuatu yang dimilikinya. Kebanyakan orang belum bisa mencapai tahap itu. Tidak ada yang salah dengan menginginkan harta, tidak ada yang salah juga dengan tidak menginginkan harta berlebih.

Tetapi jika Anda adalah orang yang berpemikiran seperti si ‘gagal’ pada ilustrasi tersebut, saya ingin membuka pikiran Anda. Di luar sana masih banyak peluang yang bisa Anda capai. Mendapatkan kekayaan sekaligus kebahagiaan bukanlah hal yang mustahil.

Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu?]

 

Mari kita lihat ilustrasi orang di sebelah kanan, si ‘sukses’. Ilustrasi ini menggambarkan seseorang yang memperoleh kekayaan sekaligus kesuksesan. Jalan yang ditempuhnya adalah jalan yang cerah, penuh harapan akan hal-hal yang lebih baik di masa depan. Ia dapat melangkah dengan yakin, berbeda dengan si ‘gagal’ yang harus begitu berhati-hati dengan langkahnya.

Bagaimana cara menjadi si ‘sukses’? Tentunya dibutuhkan kerja keras untuk mencapai kekayaan. Tetapi lebih dari itu, untuk bisa sekaligus memiliki kebahagiaan, Anda juga harus pandai bersyukur dan mengetahui batasan. Bersyukurlah atas segala hal yang Anda miliki saat ini. Jangan lupa bahwa semua itu diperoleh dengan kegigihan dan semangat kerja yang tinggi.

Menumbuhkan Keyakinan Diri Dapat Membuat Anda Orang Kaya yang Sukses 01 - Fiansialku

[Baca Juga: Menumbuhkan Keyakinan Diri Dapat Membuat Anda Orang Kaya yang Sukses]

 

Bersyukur dapat memberikan Anda batasan pada diri sendiri. Ingat, manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Terkadang ada orang yang tidak mengetahui batas kekayaan dan kebahagiaan yang diinginkannya. Akibatnya bisa negatif, ia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kekayaan. Padahal sebenarnya ia pun tidak tahu apa yang diinginkannya sendiri. Akibatnya tidak pernah ada rasa syukur, apalagi kata puas. Tindakan itu kemudian bisa berujung pada berbagai dampak negatif. Mulai dari ketidakpedulian terhadap keluarga, agama, lingkungan sekitar, melupakan moral bahkan hingga melakukan tindak kriminalitas.

Jika Anda mencapai tahap ini maka mungkin Anda akan membuat ilustrasi baru yaitu orang yang memiliki kekayaan tetapi hidupnya tidak bahagia. Bagaimana mungkin ia bisa berbahagia? Perpecahan dalam keluarga sudah wajar terjadi, dibenci lingkungan sekitar, bahkan hingga menjadi tahanan negara. Di dalam hati kecil orang ini tidak pernah ada damai sejahtera karena terus-menerus dikejar rasa tidak puas dan rasa bersalah.

Cobalah untuk berpikir positif dan mengurungkan niat buruk dalam keseharian Anda. Tidak perlu terlalu skeptis mengenai mungkin atau tidak Anda mendapatkan kekayaan sekaligus kebahagiaan, karena jawabannya adalah ‘mungkin’. Semua itu tergantung bagaimana Anda berusaha dan menanggapi ‘hasil’ usaha tersebut.

Menumbuhkan Keyakinan Diri Dapat Membuat Anda Orang Kaya yang Sukses 02 - Fiansialku

[Baca Juga: Quiz: Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya?]

 

Satu hal pasti yang bisa Anda yakini dan terapkan dalam segala aspek kehidupan. Cobalah untuk selalu menyebarkan energi positif, dengan sendirinya energi positif juga yang akan kembali kepada Anda. Jika Anda berusaha dengan cara yang benar, Anda bisa mendapatkan kekayaan dan kebahagiaan sekaligus. Dengan sendirinya lingkungan tempat Anda hidup akan terasa nyaman, orang-orang di sekitar Anda adalah orang-orang yang hidup positif. Mengapa? Karena orang-orang yang berniat buruk akan dengan sendirinya mundur ketika mendapatkan respon energi positif dari Anda.

Walaupun demikian, melakukan segala sesuatu dengan cara yang benar dan berpemikiran positif tidak menjamin bahwa hidup Anda tidak akan dihampiri oleh masalah. Setiap orang dalam kehidupannya pasti akan selalu bertemu dengan masalah. Namun dengan terus menyebarkan energi positif, Anda bisa terus maju untuk mencapai kekayaan dan kebahagiaan yang diidamkan.

 

Menjadi Orang Kaya dan Orang Bahagia

Banyak orang yang merasa puas diri dengan hasil yang didapatkannya selama ini. Padahal mungkin saja masih banyak peluang di luar sana yang bisa dicapai. Kekayaan dan kebahagiaan bisa didapatkan jika Anda berani berpikir lebih jauh melewati batasan ‘kepuasan diri’. Tidak ada yang salah dengan berjuang keras mendapatkan kekayaan. Selama Anda mampu untuk terus bersyukur dan mengetahui batasan moral yang wajar, Anda bisa mencapai kekayaan dan sekaligus kebahagiaan.

 

Apakah Anda ingin menjadi orang kaya sekaligus orang bahagia? Apa yang akan Anda lakukan untuk menjadi orang kaya dan orang bahagia? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Orang Kaya dan Orang Bahagia – https://goo.gl/fNEaP6 dan https://goo.gl/36gEGj

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana