Anda ingin kaya? Kuasai terlebih dahulu cara berpikir dan pola tindakan dari orang-orang kaya melalui rubrik kali ini yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku bagi Anda, calon orang-orang sukses! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Sukses Berawal dari Pola Pikir

Menjadi sukses adalah keinginan banyak orang. Namun mengapa ada orang yang sukses dan yang tidak. Dalam hal kemampuan, seringkali tidak ada yang benar-benar berbeda antara satu pengusaha dan pengusaha lainnya, karena setiap orang dapat melakukan apapun yang dia inginkan.

Rahasia kesuksesan orang yang termasuk dalam kategori orang-orang sukses adalah pola pikirnya. Pola pikir orang sukses ini yang membuat kehidupan orang-orang sukses bertambah sukses juga.

Ingin Kaya Kuasai Cara Pikir dan Pola Tindakan Orang Kaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Setiap orang memiliki impian untuk sukses, ada banyak orang yang berlomba untuk mendapatkan kesuksesan yang sesungguhnya. Hal pertama yang pasti mereka lakukan adalah melihat orang-orang yang sudah lebih sukses sebelumnya. Kemudian kita pasti penasaran dengan kisah hidup dan perjalanan mereka dalam menempuh kesuksesan. Baru setelah itu, kita mencontoh bagaimana mereka bisa sukses dan mengikuti jejaknya. Bahkan tanpa kita sadari kita sering mengikuti pola pikir orang sukses.

Orang kaya berpikir sangat berbeda dari orang miskin dan orang kelas menengah. Mereka berpikir berbeda tentang uang, tentang kemakmuran, tentang mereka sendiri, orang lain dan semua aspek kehidupan.

Yang menjadi pertanyaan besar adalah seperti apakah pola pikir orang sukses? Apakah mereka memikirkan hal yang berbeda dengan orang pada umumnya? Atau ide mereka begitu luar biasa sehingga bisa membuat sebuah perubahan?

Seringkali kita tidak mau belajar mengenai hal kecil dari yang dimiliki oleh orang sukses, kita jauh lebih tertarik dengan posisi mereka yang saat ini berada di puncak. Padahal mereka yang saat ini ada di masa keberhasilan telah melewati masa yang panjang dimana mereka melalui perjalanan terjal untuk mendapatkan keberhasilan yang bisa kita lihat saat ini.

Kiat Sukses Menjadi Investor Andal untuk Para Investor 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sukses Menjadi Investor Andal untuk Para Investor]

 

Kisah Sukses T. Harv Eker

Harv Eker, penulis buku best seller “The Secret of Millionaire Mind”, pada awalnya adalah seorang yang berkali-kali bangkrut dalam usahanya. Pada titik terendah dalam hidupnya, dia bertemu dengan seorang yang kaya raya, teman ayahnya. Orang kaya ini berkata bahwa dulu dia juga miskin seperti T. Harv Eker. Hidupnya berubah setelah mendapat nasihat dari seseorang. Nasihat yang sama disampaikan kepada T. Harv Eker.

Orang kaya ini berkata: “Harv, jika kamu masih belum mendapatkan apa yang kamu inginkan, itu berarti ada sesuatu yang masih belum kamu ketahui.”

Orang kaya ini kemudian menyambung dengan pertanyaan: “Tahukah kamu bahwa kebanyakan orang kaya berpikir dengan cara yang serupa?”

Harv menjawab: “Saya sama sekali tidak tahu tentang hal itu”.

Orang kaya itu berkata: “Ini bukan ilmu eksak, tetapi mayoritas orang kaya berpikir dengan cara tertentu, dan orang miskin berpikir dengan cara yang sama sekali berbeda. Cara berpikir itu menentukan tindakan mereka dan juga hasil-hasil mereka.”

Orang kaya itu melanjutkan: “Jika kamu berpikir dengan cara seperti orang kaya berpikir dan bertindak seperti orang kaya bertindak, apakah kamu yakin bahwa kamu bisa menjadi kaya juga?”

“Saya rasa demikian”, jawab Harv.

“Maka,” jawab orang kaya itu, “yang harus kamu lakukan adalah menyalin atau meng-copy bagaimana orang kaya berpikir.”

Yang terjadi selanjutnya adalah, T. Harv Eker dengan sepenuh hati melakukan studi tentang orang kaya dan bagaimana mereka berpikir. Dia menemukan sebuah kebenaran bahwa: orang kaya benar-benar berpikir secara berbeda dari orang miskin dan bahkan orang kelas menengah. Akhirnya, dia menyadari bagaimana cara berpikir dia selama ini menghalangi dia dari kemakmuran. Yang lebih penting, T. Harv Eker juga mempelajari teknik-teknik dan strategi ampuh yang mengkondisikan pikirannya agar selalu berpikir seperti orang kaya berpikir.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai 7 cara menjadi orang kaya. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Berbekal cara pikir baru tersebut, T. Harv Eker membuka usaha baru berupa toko alat-alat fitness. Karena tidak punya uang, dia menggunakan kartu kredit untuk modal usaha itu, sebesar US$2.000. Dua setengah tahun setelah itu, T. Harv Eker sudah membuka 10 toko. Kemudian dia menjual separuh dari toko-tokonya ke perusahaan Fortune 500 seharga US$1,6 juta.

Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup]

 

Kuasai Cara Berpikir Orang Kaya

Jika ingin menjadi kaya, kita harus memiliki cara berpikir orang kaya. Kuasai terlebih dahulu cara berpikirnya, maka kesejahteraan akan menjadi kenyataan. Tahukah Anda orang-orang yang sudah sukses tetapi kembali menjadi miskin. Mereka sudah memiliki kekayaan tetapi belum memiliki pola pikir yang benar mengenai menjadi seorang yang kaya. Pada dasarnya modal kekayaan yang utama bukanlah terletak pada materi, melainkan pada cara berpikir. Miliki sebuah keyakinan akan kesuksesan dan kita pasti akan maju. Buatlah keyakinan baru dalam diri sebagai berikut:

  1. Takdir saya adalah mencapai kebebasan finansial.
  2. Utang produktif itu baik.

 

Ilustrasi Mengambil Pelajaran Positif dari Orang-Orang Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Mengambil Pelajaran Positif dari Orang-Orang Sukses]

 

Beberapa langkah praktis untuk menguasai cara berpikir orang kaya:

  1. Bergaul dan berinteraksilah dengan orang-orang positif dan yang lebih sukses daripada Anda. Dekati orang yang lebih sukses dari Anda dan apabila mereka berkenan, mintalah mereka untuk menjadi mentor Anda. Apabila Anda kesulitan dalam mencari mentor, carilah informasi sebanyak-banyaknya dari buku, CD/DVD, film, seminar atau
  2. Lakukan sesuatu yang berbeda dengan mengubah kebiasaan Anda. Pelajari dan praktikkan kebiasaan orang sukses. Apabila Anda ingin sukses di dunia properti, mulai sekarang ajaklah keluarga Anda untuk berjalan-jalan pada hari Sabtu dan Minggu untuk berburu properti, keluar masuk rumah uang dijual, keluar masuk kantor broker properti dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengetahuan Anda tentang dunia properti akan semakin bertambah.

 

Miliki Kebiasaan Orang Kaya

Semua perubahan berawal dari pola pikir yang menghasilkan ucapan yang positif dan kemudian akan menghasilkan tindakan yang positif juga sehingga pada akhirnya akan menghasilkan kebiasaan yang positif. Kebiasaan ini akan mengubah nasib kita menjadi lebih baik.

 

Sudahkah Anda memiliki pola pikir dan tindakan layaknya orang-orang sukses dan kaya? Bagikan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

                                                     

Sumber Referensi:

  • 17 Perbedaan Cara Berpikir Orang Kaya dan Orang Miskin. Mandiriyes.com – https://goo.gl/vbOCqs
  • Erlangga Asvi. 4 Desember 2015. Seperti Apakah Pola Pikir Orang Sukses? Solusisupersukses.com – https://goo.gl/pZYGKt
  • Ifsan Lukmannul Hakim. 11 Agustus 2015. 4 Pola Pikir Orang Sukses. Liputan6.com – https://goo.gl/SWizM8

 

Sumber Gambar:

  • Sukses – https://goo.gl/ZNwgmL dan https://goo.gl/jDW4KZ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang