Mengambil pelajaran dari orang-orang sukses. Kisah sukses seseorang bisa menjadi inspirasi bagi sebagian orang. Tetapi tidak jarang juga orang yang tidak dapat mengambil hikmah positif dari kisah tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Kisah Sukses Dunia Kerja dan Bisnis

Anda pasti sudah pernah mendengar kisah sukses dari seseorang yang memiliki pengaruh besar. Baik itu dalam bidang pekerjaan maupun bisnis. Misalnya seperti kisah sukses Bill Gates pendiri Microsoft, Steve Jobs pendiri Apple, dan tokoh sukses lainnya. Kisah-kisah tersebut dibagikan dengan harapan dapat menjadi motivasi bagi Anda yang saat ini sedang menggeluti bidang serupa.

Misalnya bagi para karyawan yang ingin beralih profesi menjadi seorang pebisnis, Anda dapat membaca kisah sukses serta kata-kata bijak dari Bob Sadino yang sering menasihati seseorang untuk memberanikan diri menjadi seorang pebisnis. Menurut Bob Sadino, sekecil apapun bisnis yang dimiliki seseorang, dia tetap adalah seorang bos. Berbeda dengan karyawan, setinggi apapun jabatan seorang karyawan di perusahaan dia tetap hanyalah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan milik orang lain. Bob Sadino sendiri adalah seorang pebisnis yang memulai usahanya dengan modal dengkul, tetapi dengan kerja dan kemauan yang keras ia dapat mendirikan sebuah bisnis besar yang sukses.

Cerita Motivasi Jangan Takut Gagal Ini 20 Penemuan yang Berawal Dari “Kesalahan” 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cerita Motivasi: Jangan Takut Gagal, Ini 20 Penemuan yang Berawal dari Kesalahan]

 

Kisah-kisah sukses seperti ini dapat menjadi inspirasi untuk membuat seseorang menjadi bersemangat dalam menghadapi setiap tantangan dan kesulitan baik dalam pekerjaan maupun bisnis. Tetapi sayangnya, tidak semua orang dapat mengambil nilai positif dari kisah sukses seseorang. Mari kita lihat ilustrasi berikut ini:

Ilustrasi Mengambil Pelajaran Positif dari Orang-Orang Sukses 02 - Finansialku

  [Baca Juga: Miliki Rencana Tersusun untuk Kesuksesan dan Kekayaan Anda]

 

Ada beberapa orang yang dapat memandang sebuah kisah sukses secara positif, namun ada juga yang terus memandangnya negatif. Orang-orang yang dapat memandang sebuah kisah sukses tokoh-tokoh terkenal umumnya memiliki peluang sukses yang lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang terus memiliki pandangan negatif.

Ketika Anda memiliki pandangan positif pada suatu hal, Anda dapat mengambil nilai positif yang ada di dalamnya. Dalam hal ini nilai positif dari sebuah kisah sukses adalah untuk memotivasi Anda dalam bekerja maupun berbisnis. Dalam kisah sukses tokoh-tokoh ternama biasanya mereka membagikan kesalahan-kesalahan apa yang pernah mereka lakukan dan bagaimana cara mereka memperbaiki kesalahan tersebut. Dengan begitu Anda tidak perlu jatuh ke lubang yang sama, melainkan langsung belajar dari kesalahan mereka dan melakukan yang terbaik dalam pekerjaan atau bisnis Anda.

Seringkali dalam kehidupan pekerjaan maupun berbisnis Anda menghadapi masalah atau tantangan yang membuat patah semangat. Dengan kisah-kisah yang menginspirasi, Anda dapat membakar lagi semangat tersebut untuk terus berusaha mencapai kesuksesan dalam bidang masing-masing. Tetapi hal ini baru mungkin terjadi jika Anda dapat memandang kisah sukses tersebut sebagai sebuah hal yang positif. Berbeda dengan orang-orang yang memandang sesuatu secara negatif.

Ilustrasi Jika Tidak Percaya Diri, Anda Tidak akan Bisa Menjadi Orang Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Jika Tidak Percaya Diri Anda Tidak Akan Bisa Menjadi Orang Sukses]

 

Ketika seseorang memandang segala hal secara negatif, sebaik apapun hal yang dilihat akan selalu dinilai buruk. Keburukan itu sebenarnya berasal dari diri orang itu sendiri. Sebagai akibatnya, segala sesuatu yang dikerjakan atau dilihat akan menjadi buruk juga. Inilah yang dapat kita lihat pada ilustrasi di atas. Seseorang yang selalu memandang segala hal dalam hidupnya secara negatif biasanya sulit untuk menjadi orang yang sukses.

Nyatanya ada banyak orang yang tidak dapat mengambil nilai positif dari kesuksesan orang lain. Ketika orang yang berpikiran positif melihat kesuksesan orang lain, ia akan mengapresiasi kesuksesan tersebut dan berusaha mengambil pelajaran yang baik dari kisah tersebut dan kemudian mengikuti jejak kesuksesan yang didengarnya. Tetapi orang yang terus berpemikiran negatif bisa membuahkan pemikiran-pemikiran yang terkadang bahkan tidak masuk akal. Misalnya saja ketika mendengar sebuah kisah sukses seseorang yang berpemikiran negatif akan berusaha mencari-cari kesalahan orang sukses tersebut.

“Iya sih dia sukses, tetapi keluarganya hancur berantakan”

“Ah, dia kan sukses karena sudah menjadi orang kaya sejak lahir”

“Tidak mungkin ia sukses begitu saja, pasti memiliki koneksi yang banyak dan kuat.”

 

Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Pelajaran Dari Henry Ford, Pendiri Ford Motor Company Agar Menjadi Orang Sukses]

 

Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang selalu memiliki pandangan seperti itu ketika mendengar kesuksesan orang lain? Biasanya orang ini selalu siap dan bahkan tidak puas rasanya jika belum mengkritisi orang lain. Hal apapun yang dilakukan oleh orang lain tidak boleh lebih baik dari apa yang dia lakukan. Jika pekerjaan orang lain lebih baik maka pasti ada kecurangan di dalamnya.

Sayangnya pemikiran seperti ini justru dapat merusak kesempatan Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru. Sama seperti yang dikatakan Bob Sadino dalam kata-kata bijaknya, kita perlu mengosongkan diri ketika akan bertemu dengan orang lain. Artinya, Anda perlu mengerti bahwa setiap orang bisa memiliki pemikiran yang berbeda-beda, dari perbedaan itu Anda bisa mendapatkan pelajaran yang berharga. Baik itu sesuatu yang baik yang patut Anda tiru, atau sesuatu yang buruk yang harus Anda hindari. Jika tidak menyediakan tempat untuk menerima pemikiran lain maka besar kemungkinan pengetahuan Anda tidak akan pernah bertambah.

Memang pada kenyataannya orang-orang yang sudah terlebih dahulu sukses pun bukanlah seseorang yang sempurna. Mungkin ada kalanya Anda melihat seorang pengusaha sukses yang keluarganya berantakan, atau seorang direktur perusahaan ternama yang memang sudah kaya raya sejak lahir. Tetapi sebagai orang yang tidak mengenal mereka secara pribadi, kita tidak mengetahui proses kehidupan apa yang sebenarnya sudah dilaluinya. Seseorang yang sudah kaya raya sejak lahir sekalipun belum tentu bisa menjadi pemimpin perusahaan yang baik jika tidak didukung dengan usaha yang keras dan kemauan untuk belajar. Orang-orang yang sudah sukses dan kisahnya dibagikan dimana-mana pun hanyalah seorang manusia biasa yang pasti memiliki sebuah kekurangan. Tetapi jika Anda dapat memandang segala sesuatu secara positif, hal-hal yang buruk dengan sendirinya akan dikesampingkan sehingga Anda dapat fokus pada pembelajaran positif yang bisa didapatkan dari kisah hidupnya. Pembelajaran yang positif itu yang kemudian dapat mengembangkan Anda untuk menjadi lebih baik dalam pekerjaan maupun bisnis.

Memiliki Pola Pikir yang Tepat dalam Membangun Usaha Startup 01 - Finansialku

[Baca Juga: Memiliki Pola Pikir yang Tepat dalam Membangun Usaha Startup]

 

Menyaring Pembelajaran Positif

Setiap manusia dihadapkan dengan dua pilihan setiap kali ingin menilai sesuatu, apakah akan memandang sesuatu secara positif ataupun negatif. Ketika Anda memutuskan untuk berpikiran negatif, hal sebaik apapun akan selalu terlihat buruk. Anda tidak mungkin mau mendengar dan mempelajari sebuah nasihat atau kisah yang seharusnya menginspirasi jika kisah tersebut dirasa negatif. Tetapi berbeda halnya jika Anda dapat memandang segala sesuatu secara positif. Kisah sukses seseorang yang tidak terlalu mengagumkan sekalipun dapat menjadi bahan pembelajaran dan motivasi yang berharga. Semua tergantung kepada bagaimana cara Anda memandangnya. Namun pada kenyataannya orang-orang yang memandang sesuatu secara positif memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses daripada orang yang hanya terus sibuk memandang negatif segala hal. Karena itu hari ini sudahkah Anda memutuskan untuk selalu berpikiran positif?

 

Menurut Anda, apa dampak dan akibat apabila seseorang selalu berpikiran dan memandang negatif kepada orang-orang disekitarnya? Berikan jawaban dan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Orang Sukses – https://goo.gl/hkKY0z

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang