Rencana yang tersusun adalah salah satu langkah dalam menuju kesuksesan dan kekayaan. Miliki rencana tersusun rapi dengan beberapa kiat yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku untuk Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Langkah Menuju Kekayaan

Seperti yang Anda ketahui bahwa segala hal yang diciptakan atau diperoleh manusia dimulai dalam bentuk hasrat keinginan. Keinginan tersebut mengambil bagian perjalanan pertama dari keadaan abstrak menjadi konkret dalam suatu imajinasi yang kemudian akan dieksekusi atau dijalankan.

Salah satu langkah praktis dari menjabarkan keinginan memperoleh uang menjadi padanan moneter adalah dengan membentuk rencana yang praktis dan pasti, yang akan menjadi sarana perubahan.

Miliki Rencana Tersusun untuk Kesuksesan dan Kekayaan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Langkah Perencanaan Pensiun yang Harus Dilakukan Setiap Pasangan Sebelum Usia 50 Tahun]

 

Lakukan Beberapa Langkah Berikut Ini:

  1. Carilah orang-orang yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda. Bersekutulah dengan mereka dan buatlah berbagai rencana dalam memenuhi tujuan Anda yang menjadi tujuan bersama dalam kelompok tersebut.
  2. Sebelum membentuk persekutuan tersebut, tentukan kelebihan dan keuntungan yang dapat ditawarkan kepada setiap anggota kelompok Anda sebagai hasil kerja sama yang terjalin. Tidak ada seorangpun yang akan bekerja tanpa batas kalau tidak diberi imbalan yang sepadan/secukupnya, walaupun tidak harus selalu berupa uang.
  3. Aturlah kesempatan untuk menemui anggota kelompok Anda tersebut paling sedikit 2 kali seminggu, akan lebih baik kalau intensitasnya lebih sering. Hal ini ditujukan untuk menyempurnakan satu atau banyak rencana yang telah Anda susun bersama anggota kelompok Anda tersebut.
  4. Peliharalah keserasian yang sempurna antara diri Anda dan setiap anggota kelompok Anda. Hal ini harus diingat bahwa tujuan bersama Anda tidak akan pernah tercapai apabila keserasian antar anggota kelompok tidak terjalin dengan baik.

5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang]

 

Susun Rencana: Plan A ~ Plan B ~ Plan C…

Dalam meraih kesuksesan, usahakan untuk membuat rencana-rencana yang matang dan tersusun rapi. Selain tu, Anda perlu memiliki keunggulan pengalaman, pendidikan, kemampuan dasar dan imajinasi pikiran-pikiran orang lain.

Tidak ada seorangpun yang mempunyai cukup pengalaman, pendidikan, kemampuan dasar dan pengetahuan untuk memastikan pengumpulan kekayaan tanpa kerja sama dengan orang lain. Setiap rencana yang Anda ambil harus merupakan ciptaan dari gabungan berbagai ide dari Anda dan setiap anggota dari kelompok yang Anda bentuk.

Anda boleh menciptakan rencana Anda sendiri baik secara keseluruhan maupun sebagian, tetapi jangan lupa bahwa rencana itu harus diperiksa dan disetujui oleh setiap anggota kelompok Anda.

Apabila rencana pertama Anda mengalami kegagalan atau tidak bekerja secara sukses, gantilah dengan rencana yang baru. Apabila rencana yang kedua ini masih saja tidak berjalan dengan baik, gantilah dengan rencana lain dan seterusnya hingga Anda menemukan rencana yang benar-benar berhasil.

Disinilah kebanyakan orang menemui kegagalan karena kurangnya kegigihan dalam menciptakan rencana baru untuk menggantikan rencana yang gagal. Orang paling pintar di dunia pun tidak akan pernah berhasil mengumpulkan uang tanpa rencana yang praktis dan bisa dikerjakan.

Ketika rencana Anda mengalami kegagalan, ingatlah bahwa kegagalan itu bukanlah kegagalan permanen. Mungkin rencana Anda tersebut belum cukup baik sehingga Anda perlu membuat rencana baru dan mungkin harus memulainya dari awal kembali.

Ini 14 Hal yang Perlu Anda Ketahui mengenai Ilmu Perencanaan Keuangan Pribadi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 14 Hal yang Perlu Anda Ketahui mengenai Ilmu Perencanaan Keuangan Pribadi]

 

Kekalahan sementara merupakan suatu kepastian bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan rencana Anda. Banyak orang mengalami kemiskinan dan kesengsaraan karena tidak memiliki rencana yang baik untuk mengumpulkan kekayaan. Prestasi yang Anda capai tidak mungkin lebih besar daripada kekuatan rencana Anda.

 

Tokoh Sukses pun Sempat Mengalami Kekalahan Sementara

James J. Hill menemui kekalahan yang bersifat sementara ketika dia mula-mula berusaha mendapatkan modal yang diperlukan untuk membuat jalan kereta api dari Timur ke Barat, tetapi dia mengubah kekalahan menjadi kemenangan melalui rencananya yang baru,

Henry Ford menemui kekalahan yang bersifat sementara bukan hanya pada awal kariernya sebagai pembuat mobil tetapi setelah dia hampir mencapai puncak. Dia menciptakan berbagai rencana baru sehingga pada akhirnya dia menuju kemenangan dalam keuangan.

Kita sering melihat orang-orang yang mengumpulkan kekayaan mereka, tetapi kita kerap kali hanya melihat kemenangan mereka, tanpa memperhatikan kekalahan sementara yang harus mereka atasi sebelum mereka tiba pada “kemenangan” mereka saat ini. Apabila kekalahan sementara datang, terimalah sebagai pertanda bahwa rencana Anda tidak cukup baik.

Buatlah kembali rencana Anda dan majulah sekali lagi menuju sasaran yang Anda inginkan. Apabila Anda menyerah sebelum sasaran itu tercapai, maka Anda seorang yang mudah putus asa.

Seorang yang mudah putus asa tidak akan pernah menang dan seorang pemenang tidak akan pernah putus asa.

 

Dalam pemilihan anggota kelompok Anda, perlu ditekankan bahwa kekalahan jangan terlalu dianggap serius. Beberapa orang secara bodoh merasa yakin bahwa hanya uang yang bisa menghasilkan uang. Ini sama sekali tidak benar!

Apakah Perlu Perusahaan Memberikan Ilmu Dasar Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Karyawannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Perusahaan Memberikan Ilmu Dasar Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Karyawannya?]

 

Perencanaan Jangan Sekali-kali Dilupakan

Hasrat keinginan yang diubah menjadi padanan moneter melalui pemaparan di atas merupakan sarana untuk “membuat” uang. Uang itu benda mati dan tidak dapat bergerak, berpikir atau berbicara.

Namun uang dapat “mendengar” ketika seseorang menginginkannya, maka panggillah uang supaya datang. Perencanaan yang cerdik sangatlah diperlukan untuk meraih kesuksesan dalam setiap upaya untuk menghasilkan dan mengumpulkan harta kekayaan.  

 

Berikan komentar Anda mengenai segala hambatan yang diperlukan dalam meraih kesuksesan? Apakah perencanaan yang Anda hasilkan sudah mencapai tujuan yang Anda inginkan? Silakan tinggalkan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Jangan lupa untuk membagikan setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin

 

Sumber Gambar:

  • Perencanaan – https://goo.gl/is1Nqo
  • Planning – https://goo.gl/V21CyP

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang