Apa saja hal yang paling penting dipelajari dari ilmu perencanaan keuangan pribadi? Dasar-dasar ilmu perencanaan keuangan pribadi dapat bermanfaat bagi setiap orang. Tetapi jangan sampai salah mempelajarinya. Berikut adalah 14 hal penting yang harus Anda ketahui dalam ilmu perencanaan keuangan pribadi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ilmu Keuangan untuk Semua Orang

Umumnya tidak semua orang pernah mendapatkan pendidikan keuangan secara terperinci dalam hidupnya. Pendidikan keuangan bukanlah salah satu hal yang diprioritaskan dalam jenjang pendidikan dasar. Bagi para mahasiswa yang tidak mengambil jurusan terkait dengan keuangan pun biasanya tidak mendapatkan pendidikan keuangan. Padahal ilmu keuangan, terutama perencanaan keuangan pribadi adalah hal yang dibutuhkan setiap orang. Mengapa? Setiap orang pada dasarnya menjalankan perencanaan keuangan pribadi setiap harinya. Baik yang belum ataupun sudah bekerja, semua pasti pernah mengelola keuangan pribadinya masing-masing. Jika tidak memiliki pengetahuan akan perencanaan keuangan pribadi yang baik, akibatnya keuangan jangka pendek dan jangka panjang bisa berantakan.

Ini 14 Hal yang Perlu Anda Ketahui mengenai Ilmu Perencanaan Keuangan Pribadi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ilmu Dasar Manajemen untuk Karir dan Kesejahteraan Keuangan]

 

Selain itu, Anda juga perlu mempelajari ilmu dasar untuk berinvestasi yang terdapat dalam perencanaan keuangan pribadi. Dengan begitu investasi yang Anda jalankan dapat menghasilkan keuntungan yang optimal untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Inilah mengapa dasar-dasar ilmu perencanaan keuangan sangat penting untuk diketahui setiap orang. Ada banyak pembelajaran yang terdapat dalam ilmu perencanaan keuangan pribadi. Anda akan merasa kesulitan jika harus mempelajari seluruh cakupan ilmu keuangan tersebut. Jika tidak mampu mempelajari semuanya maka Anda cukup mempelajari beberapa hal terpenting dalam perencanaan keuangan.

Berikut adalah 14 hal penting dalam perencanaan keuangan pribadi yang harus Anda pahami:

Infografis Nasihat Warren Buffet untuk Keuangan, Sosial dan Investasi yang Perlu Anda Tahu 2 - Finansialku

 [Baca Juga: Nasihat Warren Buffet untuk Keuangan, Sosial dan Investasi yang Perlu Anda Tahu]

 

#1 Mengenal Laporan Keuangan

Seluruh perencanaan keuangan Anda dimulai dari laporan keuangan. Anda harus mengenal laporan keuangan bulanan dan tahunan Anda. Hal ini mencakup arus kas serta neraca keuangan. Dalam arus kas Anda mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan bulanan. Sementara dalam neraca keuangan Anda harus mencatat seluruh aset dan kewajiban yang dimiliki. Dengan bermodalkan data tersebut, Anda dapat merencanakan strategi-strategi untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

 

#2 Perbedaan Aset dan Liability

Dalam neraca keuangan terdapat dua poin utama yaitu aset dan liability atau liabilitas. Aset adalah seluruh harta yang Anda miliki, termasuk di dalamnya aset yang dibeli dengan utang. Sementara liabilitas adalah seluruh kewajiban yang harus Anda bayar misalnya utang jangka panjang dan utang jangka pendek. Anda perlu mengetahui perbedaan antara kedua hal ini agar tidak terjadi kesalahan ketika mencatatnya di dalam neraca keuangan. Jangan sampai salah memperhitungkan kekayaan bersih Anda sehingga perhitungan perencanaan keuangan menjadi tidak akurat.

Ilustrasi Siapa Bilang Ga Boleh Utang! Boleh Kredit untuk Beli Aset, Tapi Jangan Kredit untuk Liabilitas 1 - Finansialku

[Baca Juga: Siapa Bilang Ga Boleh Utang! Boleh Kredit untuk Beli Aset, Tapi Jangan Kredit untuk Liabilitas]

 

#3 Perbedaan Keuntungan Cashflow dan Capital Gain

Dalam investasi terdapat dua jenis keuntungan yaitu cashflow dan capital gain. Keuntungan cashflow adalah keuntungan yang bisa didapatkan secara rutin setiap bulan sebagai hasil dari sebuah investasi. Sementara keuntungan capital gain adalah keuntungan yang baru didapatkan ketika Anda menjual aset investasi yang dimiliki. Keuntungan ini didapatkan dari peningkatan harga aset yang dimiliki. Jika belum dijual maka keuntungan tersebut belum dianggap sebagai keuntungan tunai.

 

#4 Perbedaan Analisis Fundamental dan Teknikal

Analisis fundamental dan analisis teknikal adalah dua jenis analisis yang sering digunakan dalam investasi. Dengan menggunakan dua teknik analisis ini Anda dapat memprediksi kondisi pasar yang akan datang. Sebagai seorang investor yang sesungguhnya, Anda perlu mengetahui kedua cara ini untuk menganalisis investasi yang dimiliki. Dengan begitu setiap keputusan Anda didasarkan oleh analisis yang rasional, bukan sekedar tebak-tebakan.

Cara Ampuh Memaksimalkan Gaji untuk Investasi 1 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Ampuh Memaksimalkan Gaji untuk Investasi]

 

#5 Menilai Kekuatan Sebuah Aset

Dalam perencanaan keuangan Anda diwajibkan untuk berinvestasi karena investasi adalah satu-satunya cara untuk mencapai kebebasan keuangan. Ketika berinvestasi Anda harus bisa menilai kekuatan dari masing-masing produk investasi yang terdapat di pasaran. Penting untuk mengetahui kekuatan sebuah aset, baik yang akan Anda pilih atau yang sudah Anda miliki. Dengan begitu Anda tahu bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang optimal dengan aset tersebut.

 

#6 Mengetahui Cara Memilih Partner yang Baik

Uang adalah hal yang sensitif. Persahabatan yang sangat akrab pun bisa hancur hanya karena uang. Dalam perencanaan keuangan Anda akan berhadapan dengan banyak orang yang terkait dengan keuangan Anda. Mulai dari perencana keuangan, agen asuransi, Manajer Investasi, dan lain sebagainya. Karena keuangan adalah hal yang sensitif dan rentan penipuan serta konflik, Anda harus mengetahui cara untuk memilih partner yang baik. Partner yang dimaksud adalah siapapun yang terkait dengan keuangan Anda seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha untuk Investor - Partner - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Memilih Partner Bisnis! Inilah Solusinya!]

 

#7 Mengetahui Investasi Terbaik untuk Anda

Tidak ada investasi yang terbaik ataupun terburuk secara general. Indikator yang ada hanyalah investasi yang sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan investornya. Investasi yang terbaik bagi Anda belum tentu terbaik bagi orang lain, begitu juga sebaliknya investasi yang terburuk bagi Anda bisa saja yang terbaik bagi orang lain. Karena itu Anda harus mengetahui produk investasi apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Itulah investasi yang terbaik bagi Anda.

 

#8 Mengetahui Waktu yang Tepat

Dalam investasi, timing adalah hal yang sangat krusial. Ketika Anda salah memilih waktu untuk menjual atau membeli sebuah produk investasi, Anda bisa kehilangan peluang keuntungan yang besar. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa rugi besar. Karena itu Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengambil sebuah keputusan investasi. Mulai dari kapan harus menjual dan membeli, serta kapan harus fokus pada satu aset atau kapan harus mendiversifikasi investasi Anda.

Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu?]

 

#9 Meminimasi Risiko

Dalam setiap aspek kehidupan selalu ada risiko, terutama dalam investasi. Tidak ada satu produk investasi pun yang tidak memiliki risiko. Risiko tidak bisa dihilangkan, kecuali Anda memutuskan untuk tidak berinvestasi. Namun risiko dapat diminimalisasi dengan berbagai cara. Pastikan Anda mengetahui cara yang tepat untuk meminimalisir risiko sehingga jika terjadi hal yang tidak diharapkan Anda tidak perlu menanggung kerugian yang besar.

 

#10 Meminimasi Pajak

Perencanaan keuangan juga mencakup pajak perorangan. Membayar pajak adalah suatu kewajiban, tetapi seringkali menjadi beban bagi keuangan Anda. Sebenarnya ada banyak cara untuk meminimasi pajak secara legal. Anda hanya perlu mempelajarinya dalam perencanaan keuangan.

 

#11 Membedakan Utang Konsumtif dan Utang Produktif

Siapa bilang utang selalu tidak sehat? Nyatanya ada utang yang sehat dan bahkan dapat menghasilkan keuntungan bagi debiturnya. Anda harus mengetahui perbedaan yang signifikan antara utang konsumtif dan utang produktif. Dengan begitu Anda akan semakin bijak ketika akan memutuskan untuk berutang. Jangan sampai utang yang Anda gunakan adalah utang konsumtif berkelanjutan yang membuat keuangan Anda terpuruk.

 

#12 Mengetahui Cara Menggunakan Derivatif

Derivatif adalah sebuah inovasi dari produk investasi seperti saham. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dalam investasi. Jika ingin mendapatkan keuntungan lebih, Anda perlu mengenal jenis-jenis derivatif serta cara memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan.

Mengenal Asumsi Return yang Wajar untuk Investasi Reksa Dana Campuran 02 - Finansialku

[Baca Juga: Derivative: Investasi Roller Coaste>Investasi Derivative: Investasi Roller Coaster?]

 

#13 Mengetahui Celah-Celah Kehilangan Kekayaan

Nyatanya ada banyak celah yang dapat membuat Anda ‘kecolongan’ dan kehilangan kekayaan. Misalnya saja inflasi. Anda harus mengenal hal-hal yang dapat membuat Anda kehilangan kekayaan seperti inflasi yang membuat nilai sebuah aset terus menurun. Dengan mengetahui celah-celah tersebut Anda dapat lebih waspada untuk menghindari atau mengatasinya.

 

#14 Mengetahui Kesalahan dalam Keputusan Keuangan

Perencanaan keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dipraktekkan. Dalam prosesnya seseorang pasti membuat kesalahan untuk mencapai kebebasan keuangan. Tetapi dengan kesalahan-kesalahan tersebut Anda dapat memperbaiki performa keuangan sehari-hari agar menjadi lebih baik dan segera mencapai kebebasan keuangan.

 

Pelajari Hal yang Penting

Perencanaan keuangan pribadi adalah hal yang penting dan bermanfaat bagi setiap orang. Ada banyak, bahkan sangat banyak hal yang dapat Anda pelajari dalam ilmu keuangan. Bagi Anda yang tidak bergerak di bidang keuangan, tentu tidak perlu mempelajari semuanya. Anda cukup mempelajari beberapa hal terpenting yang akan bermanfaat bagi performa keuangan Anda sendiri. Dengan begitu akan semakin mudah untuk mencapai kebebasan keuangan.

 

Bagaimana dan apa yang terjadi jika seseorang tidak dibekali dengan ilmu perencanaan keuangan pribadi? Apakah mereka akan mengalami kerugian? Berikan jawaban Anda pada kolom yang disediakan di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Robert Kiyosaki. 20 April 2016. 15 Must Have Financial Education Lessons to Gain True Financial Literacy. Richdad.com – https://goo.gl/RnaWi2

 

Sumber Gambar:

  • Moms reading book – https://goo.gl/Kd8tzR
  • Student reading books – https://goo.gl/8rFm21

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang