6 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Pasangan Muda yang Harus Diketahui Agar Terhindar Utang dan Hidup Sejahtera

Bagaimana cara perencanaan keuangan untuk pasangan muda? Apakah Anda pasangan yang baru menikah dan kebingungan untuk mengatur keuangan bersama pasangan?

Jika iya, ini adalah artikel yang tepat untuk Anda.

Mari simak beberapa tips yang akan saya bagikan kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Memulai Bersama dari Awal

Pernikahan merupakan sebuah langkah besar dalam kehidupan. Setelah menikah Anda dan pasangan menjalani kehidupan yang benar-benar baru bersama.

Semua dimulai dari awal bersama. Bukan hanya soal status di mata masyarakat, tetapi juga keluarga dan tentunya keuangan.

Banyak orang yang menganggap keuangan ketika sudah menikah bisa ‘dipikirkan nanti saja’, alias menyepelekan perihal pengelolaan keuangan.

Pernahkah Anda melihat keluarga yang sudah terbentuk selama belasan atau bahkan puluhan tahun tetapi tidak kunjung memiliki kondisi keuangan yang baik?

Ini semua diawali dari bagaimana komitmen Anda untuk mengelola keuangan sejak awal pernikahan.

6 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Pasangan Muda yang Harus Diketahui Agar Terhindar Utang dan Hidup Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Akar dari berbagai permasalahan keuangan adalah kebiasaan atau habit yang tidak bijaksana dalam memanfaatkan uang.

Sebelum kebiasaan itu terbentuk, merupakan langkah yang baik jika sekarang Anda membaca artikel ini dan mulai mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Mari simak 6 tips mengelola keuangan yang bisa saya bagikan bagi Anda para pasangan yang baru menikah:

 


 

#1 Pahami Pentingnya Perencanaan Keuangan

Sudah pernah mendengar perencanaan keuangan?

Mungkin terdengar rumit, padahal saya yakin Anda pasti sudah pernah menjalankan perencanaan keuangan setiap hari.

Ketika Anda menerima gaji dan membagi-baginya ke beberapa pos pengeluaran maka Anda sudah mulai merencanakan keuangan. Hanya saja perencanaan keuangan seperti apa yang Anda jalankan dalam kehidupan sehari-hari?

Pada dasarnya, perencanaan keuangan merupakan sebuah konsep luas tentang bagaimana Anda akan menggunakan dan mengendalikan keuangan.

Perencanaan keuangan dapat dianalogikan sebagai sebuah GPS yang menuntun Anda dari kondisi keuangan saat ini ke tujuan keuangan yang Anda inginkan.

Slide Perencanaan Keuangan Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai perencanaan keuangan pada situs serta aplikasi Finansialku. Semua dapat dimulai dari hal-hal yang paling sederhana sekali pun.

Permasalahannya, apakah Anda sudah memahami pentingnya perencanaan keuangan? Jika belum, cara belajar yang paling mudah pun tidak akan berguna, karena Anda tidak memprioritaskannya.

Jadi, mengapa perencanaan keuangan sangat penting? Ketika Anda dan pasangan sudah mulai berkeluarga, akan banyak tujuan keuangan yang harus dipenuhi.

Mulai dari biaya melahirkan, biaya pendidikan anak, dana membeli mobil, rumah, bahkan hingga dana hari tua ketika Anda pensiun nanti.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Saat ini, mungkin semua hal itu terlihat masih jauh. Tetapi Anda akan mulai panik ketika istri sudah mulai pulang pergi ke dokter kandungan dan membutuhkan berbagai suplemen kehamilan.

Setelah itu, rentetan biaya akan silih berganti datang.

Jika tidak disiapkan dari sekarang, bagaimana Anda akan membayar semua kebutuhan tersebut?

Di sinilah perencanaan keuangan bisa bermanfaat. Anda bisa menyiapkan semua kebutuhan di masa depan dengan perencanaan keuangan. Karena itu, jangan menyepelekan pentingnya perencanaan keuangan ya.

 

#2 Kenali ‘All Things Basic’ Perencanaan Keuangan

Setelah membaca tips pertama, saya yakin kita sudah sepakat bahwa perencanaan keuangan adalah hal yang sangat penting.

Karena itu, Anda harus lebih mengenal apa yang dimaksud dengan perencanaan keuangan.

Ada berbagai aspek yang dicakup dalam perencanaan keuangan. Mulai dari pengelolaan arus kas, dana darurat, investasi, dana hari tua, dan rencana keuangan lainnya.

Tenang saja, saya tidak meminta Anda untuk mengambil kuliah puluhan SKS untuk memahami perencanaan keuangan.

Anda dapat mengenal all things basic perencanaan keuangan dengan cara yang mudah. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Finansialku telah menyediakan berbagai cara untuk memudahkan Anda mengenal perencanaan keuangan.

3 Cara Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Baru Menikah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Baru Menikah? Pahami 11 Tips Keuangan Dasar untuk Pasangan Baru]

 

Mulailah dengan membaca artikel-artikel mengenai perencanaan keuangan.

Mulai saja dari topik-topik ringan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan sendirinya, Anda akan semakin mengenal dan mampu mempraktikkan perencanaan keuangan bersama pasangan. 

Dengan perencanaan keuangan yang baik maka Anda dan pasangan dapat terhindar dari utang-utang yang tidak bijaksana dan dapat hidup sejahtera.

 

#3 Jangan Antipati pada Produk-Produk Keuangan

Dalam perencanaan keuangan, Anda juga akan menemukan berbagai produk keuangan. Banyak orang yang bersikap antipati terhadap produk-produk keuangan, terutama ketika sudah menyebut kata ‘investasi’.

Belakangan ini sering terdengar kasus-kasus investasi bodong yang dapat memutarbalikkan kehidupan seseorang.

Orang yang tadinya memiliki banyak harta, bisa mendadak jatuh miskin karena termakan janji manis investasi bodong.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa investasi bodong masih beredar di pasaran saat ini. Meskipun demikian, bukan berarti seluruh produk investasi adalah investasi bodong.

Calon Pasangan Suami Istri - Pasutri, Pelajari 5 Ilmu Berikut - Finansialku 02

[Baca Juga: Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Ada begitu banyak jenis produk investasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan yang sudah direncanakan. Misalnya, reksa dana, saham, logam mulia, obligasi, dan produk investasi lainnya.

Apalagi saat ini, seluruh institusi keuangan terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Jika Anda bersikap terlalu antipati pada produk-produk tersebut maka Anda akan kehilangan kesempatan besar.

Investasi adalah satu-satunya jalan menuju kebebasan keuangan.

Dengan berinvestasi Anda tidak perlu menukar waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkan uang. Sebaliknya uanglah yang bekerja dan menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Karena itu, mari kita singkirkan rasa antipati terhadap produk-produk keuangan.

Berhati-hati boleh, tetapi jangan sampai menolak mentah-mentah kesempatan besar yang bisa Anda gunakan.

 

#4 Berpikir Jauh ke Depan Ketika Memilih Produk Investasi

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, produk investasi yang beredar di pasar saat ini sangat beragam. Setiap produk bisa memiliki karakteristiknya masing-masing.

Lalu produk investasi yang harus Anda gunakan? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan Anda.

Saya menyarankan Anda untuk tidak sembarangan berinvestasi, tetapi berinvestasi untuk mencapai sebuah tujuan keuangan yang jelas.

Jika sudah tahu apa tujuan keuangan tersebut maka Anda bisa memilih produk yang sesuai. 

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilihnya adalah jangka waktu, risiko, serta pengetahuan Anda mengenai produk itu sendiri.

Sesuaikan semuanya dengan kebutuhan dan pilihan Anda.

Tiga Hal Penting Tentang Investasi Untuk Pasangan Muda, yang Harus Anda Praktikkan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tiga Hal Penting Tentang Investasi Untuk Pasangan Muda, yang Harus Anda Praktikkan!]

 

Misalnya, ketika akan menyiapkan tujuan keuangan untuk tahun depan maka Anda sebaiknya menggunakan produk investasi yang perubahan harganya tidak terlalu ekstrem.

Hal ini karena Anda harus yakin bahwa tahun depan nilai investasi tersebut akan naik sesuai kebutuhan.

Sementara, jika tujuan keuangan akan dipenuhi dalam waktu 10 tahun lagi, Anda bisa menggunakan produk-produk dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

Biasanya produk seperti ini fluktuasi harganya lebih tinggi, tetapi tidak menjadi masalah karena jangka waktu berinvestasi masih panjang.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#5 Semua Pengeluaran Harus Direncanakan

Uang sekecil apapun yang akan Anda keluarkan harus direncanakan. Mengapa? Ingat, berbagai permasalahan keuangan dimulai dari habit atau kebiasaan.

Jika sejak awal membangun rumah tangga Anda sudah membiasakan diri untuk ‘berantakan’ secara keuangan, maka selanjutnya akan semakin buruk.

Tiga Hal Penting Tentang Investasi Untuk Pasangan Muda, yang Harus Anda Praktikkan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Hati-Hati Keuangan Berantakan Karena Lupa Membayar Tagihan Rutin]

 

Ketika baru mulai mengelola keuangan bersama pasangan, cobalah untuk berkomitmen selalu merencanakan setiap pengeluaran.

Misalnya, pengeluaran bulanan untuk makanan, kebutuhan rumah tangga, tagihan listrik, air, dan pengeluaran lain sebagainya.

Selanjutnya, rencanakan juga pengeluaran-pengeluaran di masa depan seperti ingin membeli motor, dana liburan, dan lain-lain.

Dengan begitu, ketika Anda menerima uang, Anda dan pasangan sudah tahu kemana uang tersebut harus dialokasikan. Bukan digunakan untuk belanja secara tidak bijaksana dan akhirnya berutang ketika kebutuhan utama harus dipenuhi.

 


 

#6 Berkomitmen untuk Menjalankan Rencana

Tips terakhir yang merupakan tips terpenting adalah berkomitmen dengan pasangan untuk menjalankan rencana. Sebaik apapun rencana tidak akan pernah berguna jika tidak dijalankan.

Setelah menikah, Anda dan pasangan adalah sebuah kesatuan.

Jika hanya Anda sendiri yang menjalankan rencana juga bisa menjadi sumber masalah. Karena itu pastikan Anda berdua mau menjalankan perencanaan keuangan yang baik secara disiplin.

Baru Menikah Pahami 11 Tips Keuangan Dasar untuk Pasangan Baru 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hey Pasangan Baru, Ada 6 Kesalahan Keuangan Yang Sering Anda Lakukan!]

 

Membangun kebiasaan keuangan yang baik bukanlah hal yang mudah, bahkan seringkali sulit.

Jika sudah berkomitmen bersama dengan pasangan, Anda berdua bisa saling mendukung satu sama lain sehingga jalan menuju tujuan keuangan bersama akan terasa lebih mudah.

 

Membangun Keuangan Rumah Tangga yang Kokoh

Berawal dari hal-hal yang terlihat sederhana tetapi kalau dilakukan dengan disiplin akan menghasilkan buah yang manis.

Begitulah halnya dalam membangun keuangan rumah tangga, terutama bagi Anda para pasangan yang baru menikah.

Coba pahami dan praktikkan beberapa tips yang saya bagikan di atas agar Anda dan pasangan bisa memiliki keuangan rumah tangga yang kokoh, terhindar dari utang, dan bisa hidup sejahtera.

 

Menurut Anda, apa yang kesulitan terbesar yang Anda dan pasangan alami dalam merencanakan keuangan? Silakan share jawaban Anda dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Perencanaan Keuangan Untuk Pasangan Muda – https://goo.gl/4q7KHz dan https://goo.gl/1wuwu5

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download