Do It Yourself perencanaan keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Banyak orang menganggap perencanaan keuangan adalah hal yang rumit dan tidak mungkin dilakukan sendiri. Tetapi dengan aplikasi Finansialku Anda dapat mengubah pandangan tersebut. Kali ini Finansialku akan membahas bagaimana cara membuat perencanaan keuangan pribadi dengan aplikasi Finansialku.  

 

Rubrik Finansialku

Finansialku Planner

 

“Perencanaan Keuangan Itu Rumit”

Banyak orang yang tidak mengenal apa itu perencanaan keuangan pribadi. Sebagian orang yang sudah pernah mendengarnya langsung merasa pesimis karena takut ketika mendengar kata ‘keuangan’. Kalimat yang paling sering diucapkan adalah:

“perencanaan keuangan pribadi itu rumit”

 

Mungkin Anda berpikir bahwa perencanaan keuangan pribadi itu sama dengan  keuangan perusahaan atau keuangan lainnya. Terdiri dari laporan-laporan keuangan dengan banyak tabel dan angka-angka yang ditulis dengan ukuran kecil hingga terlihat seperti koran. Selain itu terdapat berbagai perhitungan yang terlihat memusingkan. Tetapi nyatanya perencanaan keuangan pribadi tidak serumit yang Anda kira. Hal terpenting adalah Anda mau berkomitmen untuk merencanakan dan mengimplementasikannya. Sebenarnya setiap orang sudah menjalankan perencanaan keuangan pribadi setiap harinya, perbedaannya banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik.

Biasanya Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan atau financial planner. Tetapi tidak semua orang memiliki waktu dan biaya untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan. Memang ada perhitungan-perhitungan yang sulit jika dilakukan oleh orang awam yang tidak pernah berkecimpung dalam dunia keuangan. Namun Anda tidak perlu khawatir, sekarang Anda dapat membuat perencanaan keuangan pribadi dengan aplikasi Finansialku. DIY (Do it yourself) perencanaan keuangan pribadi sekarang bukan lagi hal yang mustahil.

 

Mengenal Dasar Perencanaan Keuangan

Sebelum mulai merencanakan keuangan dengan aplikasi Finansialku, Anda harus terlebih dahulu memahami konsep dasar perencanaan keuangan berikut ini:

DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Membuat Rencana Keuangan yang Sering Dilakukan oleh Keluarga Baru]

 

Piramida ini menggambarkan aspek-aspek yang direncanakan dalam perencanaan keuangan pribadi. Tidak perlu panik ketika melihat banyaknya aspek yang harus direncanakan, karena memang kenyataannya ada banyak hal dalam hidup yang perlu dipersiapkan. Jika Anda melihat dan menyelesaikannya satu per satu maka akhirnya semua akan terselesaikan juga. Anda harus mulai dari tahap yang paling dasar yaitu arus kas dan dana darurat. Setelah merencanakan dan mengelola arus kas serta dana darurat barulah Anda dapat melanjutkan tahap berikutnya yaitu proteksi dan manajemen risiko. Begitu seterusnya sampai tahap terakhir yaitu waris dan distribusi kekayaan.

 

#1 Mengelola Arus Kas

Pertama-tama Anda perlu mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap bulan untuk membuat laporan arus kas. Tidak perlu repot membuat laporan arus kas secara manual, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk membuat arus kas bulanan. Hal yang harus Anda lakukan pertama adalah membuat akun rekening di menu rekeningku. Rekening ini menggambarkan berapa banyak uang yang Anda miliki saat ini.

DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku

[Baca Juga: Yakin, Masih Berpikir Tidak Butuh Rencana Keuangan, Yakin Masih Mau Gitu-Gitu Saja]

 

Setelah memasukkan jumlah saldo yang dimiliki, barulah Anda dapat mulai mencatat transaksi di menu transaksi. Setiap kali Anda memiliki pengeluaran atau pemasukan tambahan, Anda dapat mencatatnya pada menu transaksi ini.

DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Butuh Uang, #UangDarimana Rencanain dengan Aplikasi Finansialku]

 

Dengan begitu Anda memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama Anda membawa ponsel. Sebaiknya perhatikan laporan arus kas Anda secara berkala agar keuangan tetap terkendali. Jangan sampai Anda terus berbelanja tanpa menyadari bahwa saldo yang dimiliki sudah tidak cukup untuk seluruh kebutuhan.

 

#2 Merencanakan Tujuan Keuangan

Dalam piramida tahapan perencanaan keuangan, ada banyak tujuan keuangan yang harus dipenuhi. Misalnya saja dana darurat, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dana pendidikan anak, ingin membeli mobil, rumah, dan tujuan keuangan lainnya. Tujuan-tujuan keuangan itu dapat dibagi berdasarkan periodenya. Ada tujuan keuangan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Anda harus menentukan berapa lama lagi tujuan keuangan itu ingin dicapai. Karena setiap tahunnya terjadi inflasi, maka Anda harus memperhitungkan nilai uang terhadap waktu. Jika diperhitungkan secara manual, seseorang yang tidak mendalami ilmu keuangan mungkin akan kebingungan. Tetapi dengan aplikasi Finansialku Anda dapat menghitungnya secara otomatis. Setelah itu Anda akan langsung mendapatkan berapa uang yang harus diinvestasikan setiap bulannya.

Ada beberapa menu perencanaan keuangan yang dapat Anda pilih di aplikasi Finansialku. Misalnya saja dana darurat, perhitungan kebutuhan asuransi jiwa, dana pendidikan, menu lainnya.

DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Pilihlah salah satu dari menu tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian simpan hasil perhitungan agar Anda dapat terus mengingat berapa besar dana yang harus diinvestasikan setiap bulan agar tujuan keuangan dapat tercapai sesuai dengan jangka waktu yang sudah Anda tentukan.

DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku

[Baca Juga: Setiap Orang dapat Mengurus Keuangan Keluarga dengan Aplikasi Finansialku]

 

Jika ada pilihan yang tidak tersedia pada menu rencana keuangan, Anda dapat menggunakan pilihan Dana Membeli Barang dan menghitung berapa biaya yang harus Anda kumpulkan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

 

DIY Perencanaan Keuangan Pribadi Bukan Hal yang Mustahil

Banyak orang yang mengira perencanaan keuangan pribadi adalah hal yang rumit dan mustahil dilakukan sendiri. Nyatanya setiap orang telah menjalankan perencanaan keuangan setiap hari dalam hidupnya. Hanya saja sebagian orang sudah mempelajari bagaimana perencanaan keuangan yang baik sementara yang lainnya masih menjalankan perencanaan keuangan yang berantakan. Jika ingin mengelola dan membuat perencanaan keuangan sendiri Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku tanpa perlu repot menghitung dan menulis.

 

Apa keuntungan yang Anda akan dapatkan jika menggunakan aplikasi perencana keuangan? Sebutkan keuntungan tersebut pada kolom yang disediakan di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Working on Laptop – https://goo.gl/lF6VyF

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang