Apakah Anda masih berpikir tidak butuh rencana keuangan? Coba deh tahan sejenak pemikiran gaya lama Anda dan coba baca penjelasan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mulailah Mengatur dan Merencanakan Keuangan Kita, Sebelum Kita Diatur oleh Uang

Coba sebutkan 3 mimpi yang ingin Anda wujudkan dalam 5 tahun mendatang?

  • Saya ingin membeli rumah pertama.
  • Saya ingin punya modal untuk buka usaha
  • Silakan tuliskan mimpi Anda pada kolom komentar di bawah ini, karena perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya. Terima kasih.

Kami mengucapkan selamat jika Anda sudah memiliki mimpi dan tahu apa yang Anda inginkan. 2 dari 10 orang yang kami tanyakan, mengaku tidak tahu apa yang mereka inginkan. Awal yang baik, jika Anda sudah tahu apa yang ingin diwujudkan.

Siapa yang Butuh Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Siapa yang Butuh Perencanaan Keuangan?]

 

Banyak orang merasa jiper dan takut mendengar kata “finansial” atau “keuangan”. Apakah Anda merasakan ketakutan yang sama? Semoga tidak, karena kami, Finansialku.com akan menyajikan banyak informasi keuangan dengan cara yang lebih santai dan lebih aplikatif.

Jika Anda berpikir Anda tidak butuh perencanaan keuangan, maka pikirkan kembali. Perencanaan keuangan tidak hanya untuk 1% orang. Setiap orang yang memiliki mimpi dan ingin mencapai ketenangan dalam pikiran maka harus memiliki sebuah rencana keuangan yang baik. Tidak masalah dengan berapa pun jumlah uang yang Anda miliki. Perencanaan keuangan bukan bertujuan untuk menjadikan Anda kaya atau seorang miliarder. Perencanaan kekayaan bertujuan untuk mempermudah hidup Anda (khususnya di bidang keuangan).

Finansialku.com menyadari uang tidak dapat sepenuhnya membeli kebahagiaan, tetapi uang dapat membeli keamaan, stabilitas dan kebebasan (kebebasan keuangan). Tentu saja keamanan, stabilitas dan kebebasan membuat hidup Anda menjadi lebih berarti. Siapa pun Anda, Apa pun profesi Anda, Berapa pun usia Anda, Uang ada disetiap kehidupan.

 

Ingat: Mulailah mengatur keuangan kita, sebelum kita diatur oleh uang!

 

Banyak orang yang merasa takut dan tabu memperbincangkan masalah keuangan. Hal tersebut, bukanlah hal yang aneh karena kebanyakan orang tua berusaha menutup dan tidak terbuka mengenai keuangan. Kami, Finansialku.com berusaha mengangkat isu-isu keuangan dan memberikan berbagai sudut pandang, agar Anda lebih terbuka dan menemukan opsi-opsi jawaban permasalahan keuangan Anda.

 

Orang Tua Saya Tidak Punya Rencana Keuangan dan Mereka Bisa. Kenapa Saya Perlu Rencana Keuangan?

Zaman sudah berubah, seiring perkembangan teknologi, informasi dan keilmuan. Banyak hal yang dulunya benar menjadi kurang relevan dengan zaman sekarang. Begitupula dengan uang, banyak sekali hal yang berubah. Apakah Anda menyadari satu monster bernama Inflasi.

  • Coba Anda ingat-ingat berapa uang sekolah waktu SMP dulu dengan uang sekolah SMP sekarang?
  • Coba Anda ingat-ingat berapa harga semangkok bakso dulu dengan sekarang?
  • Orang-orang zaman dahulu masih bisa hidup tanpa adanya internet, tanpa adanya pulsa, tanpa adanya gadget. Apakah masyarakat modern sekarang bisa seperti itu?

Mengapa Banyak Karyawan Merasa Cemas Menghadapi Masa Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Banyak Karyawan Cemas Menghadapi Masa Pensiun?]

 

Sekarang coba bayangkan dan pikirkan, kira-kira pada saat nanti Anda pensiun:

  • Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk semangkok bakso?
  • Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk biaya berobat?
  • Berpaa uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan sehari-hari?

 

Menurut kami, tidak memiliki sebuah rencana keuangan adalah masalah yang serius dan harus secepatnya diselesaikan.

Tanpa adanya rencana Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan uang Anda. Seseorang yang kehilangan kontrol keuangan = orang tersebut akan tenggelam dalam permasalahan keuangan.

 

Ada sebuah film komedi bagus berjudul The Joneses. Film tersebut menggambarkan gaya hidup keluarga baru (pindahan) yang sangat mewah. Mulai dari fashion, perhiasan, kendaraan dan lainnya. Para tetangga lama menjadi merasa tersaingi dan ingin meningkatkan gaya hidup mereka. Lebih tepatnya ingin memaksakan gaya hidup yang baru, hingga akhirnya mereka terjerat masalah utang konsumtif. Itulah yang namanya kehilangan kontrol dan hidup diatur dengan uang.

YouTuber Courtesy. HD Movie Trailers – The Joneses 2009 HD Movie Trailer

 

Gaji Anda Tidak dapat Menyelamatkan Keuangan, Merubah Mindset adalah Cara yang Terbaik

Percaya atau tidak, meningkatkan pemasukan tanpa diikuti mindset yang benar dan perencanaan yang tepat hasilnya akan sangat minim. Biasanya semakin besar penghasilan seseorang, semakin besar pula pengeluarannya. Bukan hal aneh jika kenaikan pengeluaran bisa lebih besar daripada kenaikan penghasilan. Begitu penghasilan Anda meningkat, akan bermunculan penawaran-penawaran utang dan kredit, mulai dari kartu kredit, KTA, kredit kendaraan hingga kredit rumah (KPR).

Gaji Besar Kok Tidak Punya Tabungan, Ini Penyebabnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Gaji Meningkat Tetapi Tetap Tidak Bisa Menabung dan Berinvestasi?]

 

Setelah terjerat dengan utang (hidup diatur oleh uang), seseorang akan menjalani hari-hari terberatnya. Bagun pagi, kerja, akhir bulan mendapatkan gaji, bayar cicilan, kerja dan terus berlangsung selama puluhan tahun. Inikah yang namanya zona nyaman? Hidup dari gaji ke gaji atau bahkan gaji hanya numpang lewat.

Ternyata, Jebakan Rat Race yang Membuat Manusia Tidak Bisa Merdeka - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ternyata, Jebakan Rat Race yang Membuat Manusia Tidak Bisa Merdeka]

 

Jika Anda ingin mengubah kondisi keuangan Anda, maka Anda perlu melakukan action secepatnya.

 

Mulai Merencanakan Keuangan dan Secepatnya Menjalankannya

Jangan tunggu nanti-nanti apalagi besok-besok, segera mulai buat perencanaan keuangan. Anda harus segera membuat rencana keuangan, karena Anda harus segera menjalankannya. Anda dapat membuat rencana keuangan sendiri atau dengan bantuan perencanaan keuangan. Untuk langkah awal Anda, silakan download Finansialku di Google Play Store dan silakan daftar di Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jangan lupa sebarkan informasi ini kepada pasangan dan saudara dekat Anda, karena mereka juga harus tahu informasi penting ini. Semoga kondisi keuangan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi menjadi lebih baik dan mimpi Anda dapat terwujud.

 

Apa saja ketakutan utama Anda mengenai keuangan? Tuliskan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, karena perencana keuangan kami akan membantu. Terima kasih.

 

Sumber Referensi

  • Alexa Von Tobel. 2013. Financial Fearless. United States: Crown Business.

 

Sumber Gambar:

  • People thinking – https://goo.gl/CXAXmj

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang