Tahukah Anda bahwa setiap orang dapat merencanakan keuangan sendiri, karena sekarang sudah ada Aplikasi Finansialku? Kali ini founder Finansialku.com akan berbagi informasi mengenai manfaat dan fungsi Aplikasi Finansialku

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Aplikasi Finansialku: Solusi untuk Mengelola dan Merencanakan Keuangan

Teman-teman pembaca, apakah Anda termasuk orang yang memiliki pandangan skeptis tentang keuangan dan finansial? Bagi sebagian orang di Indonesia, kata keuangan dan finansial termasuk dalam kata yang tabu untuk dibicarakan. Berita baiknya, sekarang banyak hal menarik yang dapat kita ketahui mengenai keuangan, khususnya perencanaan keuangan.

Saya teringat sebuah lelucon lama yang mengatakan:

Saya tidak ingin menjadi orang kaya, saya ingin menjadi orang yang berkecukupan. Jika ingin membeli rumah, uangnya cukup. Jika ingin membeli mobil uangnya cukup. Jika ingin menyekolahkan anak uangnya cukup dan seterusnya.

 

Di tahun 2017, ternyata lelucon tersebut sudah dapat benar-benar diwujudkan. Agar Anda dapat menjadi orang yang serba berkecukupan, maka Anda perlu sebuah rencana keuangan. Dengan sebuah rencana keuangan, Anda dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

 

Siapa yang Dapat Membuat Sebuah Rencana Keuangan?

Anda dapat membuat rencana keuangan Anda sendiri atau berkonsultasi dengan perencana keuangan. Tahukah Anda terdapat tiga hal penting dalam perencanaan keuangan, yaitu logika, seni dan ilmu perencanaan keuangan.

  1. Logika: Anda memerlukan logika dalam membuat sebuah rencana keuangan, karena perencanaan keuangan harus dapat dijalankan (Actionable).
  2. Seni: Dalam perencanaan keuangan juga terdapat unsur seni sehingga sebuah rencana keuangan tidak dapat ditiru persis untuk orang lain. Sebuah rencana keuangan sifatnya sangat-sangat personal. Rencana keuangan Anda bisa jadi kurang cocok untuk saudara Anda.
  3. Perencanaan Keuangan: Rencana keuangan harus didukung dengan pengetahuan dan pengalaman di bidang keuangan. Setidaknya Anda perlu mengetahui ilmu-ilmu keuangan, seperti prinsip nilai uang atas waktu (time value of money), prinsip manajemen risiko untuk individu dan keluarga, investasi, pajak dan lain sebagainya.

Saat ini Finansialku.com memiliki sebuah Aplikasi Online yang dapat Anda gunakan untuk mengelola dan merencanakan keuangan. Anda dapat mencoba download di Google Play Store atau mendaftar di sini.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Setelah Anda mendaftar, melakukan konfirmasi email, Anda dapat mulai menggunakan seluruh fitur Aplikasi Finansialku secara gratis, selama 30 hari. Aplikasi Finansialku tidak terhubung dengan data perbankan Anda. Semua data di Aplikasi Finansialku berasal dari data yang Anda masukkan. Setelah Anda terdaftar sebagai pengguna, silakan coba masuk atau login.

Berikut ini tampilan menu dashboard Finansialku

Setiap Orang 01 Dashboard Aplikasi Finansialku Versi Web

 

Aplikasi Finansialku ini dibagi menjadi dua fungsi utama yaitu:

  1. Mengelola Keuangan: Transaksi, Rekeningku, Anggaran dan Laporan Keuangan. Menu perencanaan keuangan berfungsi untuk membantu Anda membuat rencana keuangan, seperti: perhitungan dana darurat, perhitungan uang pertanggungan asuransi jiwa, perhitungan kebutuhan dana untuk pernikahan dan lain sebagainya.
  2. Merencanakan Keuangan: Rencana Keuangan, Investasi. Menu pengelolaan keuangan berfungsi untuk membantu Anda mengelola keuangan, mulai dari menu anggaran, transaksi, rekeningku, aset dan laporan keuangan.

Setiap Orang dapat Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku 1 - Finansialku

Mari kita bahas satu persatu secara singkat Aplikasi Finansialku.

 

Mengelola Keuangan

Untuk mengelola keuangan, Anda dapat memanfaatkan: anggaran, rekeningku (untuk membuat akun), transaksi dan laporan keuangan.

 

Menu Anggaran

Menu anggaran berfungsi untuk membantu Anda menyusun anggaran pengeluaran bulanan. Menu anggaran di Finansialku sudah disusun sesuai dengan uratan yang kami rekomendasi, mulai dari bayar pajak dan potongan, beramal, tabungan dan investasi, premi asuransi, cicilan dan pengeluaran rumah tangga.

Setiap Orang 02 Anggaran Aplikasi Finansialku Versi Web

 

Keuntungan memiliki anggaran secara digital adalah, Anda dan pasangan dapat mengetahui berapa batasan maksimal untuk pos pembayaran cicilan, pos untuk anak, pos untuk pengeluaran pribadi dan lain sebagainya. Setelah membuat anggaran, Anda juga perlu mencatat keuangan.

 

Menu Rekeningku

Menu rekeningku berfungsi untuk membuat akun keuangan. Berdasarkan sifatnya, Aplikasi Finansialku membedakan empat jenis akun yaitu:

  • Akun Bank = untuk memasukkan transaksi di bank.
  • Akun Kas = untuk memasukkan transaksi di dompet atau uang kontan.
  • Akun Kartu Kredit = untuk memasukkan transaksi kartu kredit.
  • Akun Pinjaman = untuk memasukkan transaksi pinjaman.

Setiap Orang 03 Rekeningku Aplikasi Finansialku Versi Web

Setelah Anda memiliki akun, baru dapat mencatat transaksi di masing-masing akun.

 

Menu Transaksi

Menu transaksi berfungsi untuk mencatat transaksi harian Anda (pemasukan dan pengeluaran). Salah satu kebiasaan kita adalah tidak memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran harian, sehingga kita sulit untuk melakukan kontrol keuangan. Gambar berikut adalah tampilan menu transaksi:

Dalam menu transaksi terdapat 4 jenis transaksi, yaitu:

  • Pemasukan = informasi mengenai uang masuk ke kas (dompet) atau bank
  • Pengeluaran = informasi mengenai uang keluar dari kas (dompet), bank, kartu kredit atau pinjaman.
  • Transfer = perpindahan informasi antara akun yang satu dengan yang lain.
  • Transaksi Berulang = transaksi yang dilakukan secara periodik (misal setiap minggu atau setiap bulan).

Setiap Orang 04 Transaksi Aplikasi Finansialku Versi Web

 

Menu Laporan Keuangan

Menu selanjutnya untuk mengetahui kondisi keuangan Anda terkini, silakan cek laporan keuangan Anda.

Setiap Orang 05 Laporan Keuangan Aplikasi Finansialku Versi Web

 

Merencanakan Keuangan

Aplikasi Finansialku ini juga mampu berfungsi untuk membantu Anda merencanakan keuangan dan mengelola investasi. Berikut ini tampilan menu perencanaan keuangan:

Setiap Orang 06 Merencankan Keuangan Aplikasi Finansialku Versi Web

 

Yuk Mulai Coba Aplikasi Finansialku

Segera daftar dan mulai merencanakan keuangan, karena keputusan Anda sekarang yang akan mengubah masa depan keuangan Anda. Segera buat rencana keuangan Anda sekarang.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Bagikan artikel ini kepada kakak adik Anda, agar mereka juga tahu cara yang benar untuk mengurus keuangan dan merencanakan keuangan keluarga.

 

Apakah Anda memiliki saran dan pendapat mengenai Aplikasi Finansialku? Silakan share dan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang