Pelajari nilai-nilai kesuksesan seorang Henry Ford sebagai langkah untuk memperoleh setiap kesuksesan Anda. Berikut ini sepenggal kehidupan Henry Ford yang dapat menginspirasi Anda dalam berbisnis bahkan memulai usaha entrepreneur Anda dan mempercepat kekayaan Anda melalui pemaparan Finansialku. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Sekilas Pandang Henry Ford

Siapa yang tak kenal Henry Ford, seorang tokoh revolusi transportasi dan industri di Amerika. Dialah pendiri Ford Motor Company dan sponsor dari pengembangan teknik perakitan produksi massal. Dialah orang pertama yang mengembangkan dan memproduksi mobil yang banyak orang-orang kelas menengah di Amerika mampu membeli.

Ia menjadi salah satu orang terkaya dan paling terkenal di Amerika pada zamannya bahkan hingga saat ini, namanya terus dikenal karena kegigihannya dalam mengejar impian dan keuletannya dalam menghasilkan inovasi teknis dan bisnis. Ia juga dikenal akan Fordism, yaitu produksi massal barang murah ditambah dengan upah tinggi bagi pekerja.

Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses Perhatikan Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar]

 

Apabila hanya melihat dari sudut kesuksesannya saja, tentunya kita hanya dapat mengagumi  hasil dari setiap jerih lelah Henry Ford. Melalui artikel ini, Anda diajak untuk dapat memetik beberapa pelajaran dari kisah dan nilai-nilai kehidupan Henry Ford yang dapat memberikan suntikan semangat yang menginspirasi bagi kita untuk lebih meningkatkan berbagai usaha atau bisnis yang kita sedang lakukan. Berikut ini ulasannya.

 

Kejar Cita-cita & Bermental Baja

Setelah berbagai keberhasilannya dalam dunia pemesinan dan membuatnya menjadi salah satu orang terkenal di dunia, siapa sangka ternyata seorang Henry Ford berasal dari keturunan seorang petani.

Henry Ford yang lahir pada 30 Juli 1863 di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat ini bertumbuh dengan menaruh perhatiannya yang besar terhadap berbagai mesin-mesin yang ada pada waktu itu. namun demikian, ayahnya lebih menginginkan anaknya untuk menjadi petani seperti ayahnya dan meneruskan berbagai usaha pertanian dari ayahnya.

Keinginannya yang kuat akan dunia permesinan membuat Henry Ford terkadang harus melawan kemauan ayahnya. Keinginan dan kecintaannya akan dunia permesinan serta kegigihannya, ia berhasil membuat kereta kuda di Detroit melalui hasil kerja kerasnya di perusahaan lampu Edison.

Walaupun kereta kuda itu masih banyak kekurangan, diantaranya suara yang sangat membisingkan dan mengeluarkan asap mengepul di udara, namun hasil karyanya itu membuat orang-orang yang memandangnya sebelah mata akan ide gilanya itu menjadi tercengang dan membuat banyak tetangganya memuji akan karyanya yang luar biasa.

Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Sukses & Tetap Berbakti pada Orangtua

Ketika Henry Ford beranjak dewasa, dia belajar untuk hidup mandiri dan minta restu kepada orangtua untuk hidup merantau ke kota. Dia melamar di sebuah pabrik di kota dengan gaji 2,5 dolar seminggu, namun biaya hidupnya lebih besar dari pendapatannya, yaitu 3,5 dolar. Hal ini tidak membuatnya patah semangat.

Ia menutupi kekurangan itu dengan menambah pekerjaan ekstra sebagai pelayan ada sebuah toko permata dengan penghasilan tambahan sebesar 2 dolar. Pada saat ia sudah mapan dengan pekerjaannya di kota, tiba-tiba ada kabar dari rumahnya di desa bahwa ayahnya sedang menderita sakit keras dan ayah Henry memintanya untuk segera pulang ke desa.

Dalam usahanya meraih kesuksesan, dia tidak melupakan keluarganya dan tetap berbakti kepada orangtua. Dia kembali ke desanya sesuai dengan permintaan ayahnya yang saat itu sedang sakit.

Namun saat dia di desa, kecintaannya pada dunia pemesinan tidak pernah padam. Dia melihat ada suatu peluang yang dapat dia lakukan untuk memajukan usaha pertanian ayahnya melalui mesin yang akan dia ciptakan.

Dia mempunyai ide untuk membuat mesin traktor yang dapat bekerja membajak di ladang, menggantikan binatang yang biasanya membajak. Henry melihat kerugian saat menggunakan binatang untuk membajak.

Diperlukan biaya lebih untuk memberi binatang itu makan bahkan walaupun binatang tersebut tidak membajak saat musim dingin tiba. Idenya itu berhasil direalisasikan dan temuannya menjadi sumbangsih yang amat berarti bagi penciptaan mesin pertanian.

Idenya tersebut mengenai mesin traktor sangat menarik perhatian banyak orang terutama tetangganya yang membuat mereka ingin memakai alat penemuan Henry Ford untuk membajak ladang mereka.

Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses 04 - Finansialku

[Baca Juga: Lihat Biaya Membuat Bisnis Startup, dan Kota Terbaik Membuka Startup]

 

Ditolak Cinta Namun Tetap Mencoba

Dalam kehidupan percintaan, Henry Ford juga dapat diacungi jempol melalui kegigihannya dalam mendapatkan cinta dari gadis yang dia sukai di desanya. Namun permasalahannya adalah gadis itu tidak menyukai Henry sama sekali.

Hal ini tidak memuat Henry kehabisan akal. Dia berusaha untuk meyakinkan gadis pujaanya bahwa ia adalah laki-laki yang pantas untuk menjadi suaminya. Dalam usahanya menaklukkan hati sang pujaan hati, dia membeli satu set permainan sulap dan meminjam seekor kuda manis kepunyaan ayahnya dan membuat sebuah jubah dari kain satin.

Kemudian ia mendirikan sebuah grup sulap di dekat rumah Clara Bryant, anak gadis yang memikat hatinya itu dan sekaligus menjadi pujaan hati yang menolak cintanya. Dengan mengerjakan sebuah baju rompi yang manis, serta banyak sakunya, disamping sebuah jam yang dibuatnya sendiri dan dua buah sapu tangan, Henry menunjukkan kebolehannya dalam bermain sulap.

Henry mengadakan dua kali pertunjukan yang selalu menarik bagi orang-orang yang menontonnya termasuk Clara Bryant. Akhirnya ia mencapai keingiannnya dengan menaklukkan hati Clara Bryant yang semula tidak suka kepadanya.

Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ketahui 6 Cara Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah]

 

Kontribusi Henry Ford saat Perang Dunia I

Dalam kancah dunia, dia pun memiliki kontribusi yang penting dalam masa-masa Perang Dunia I. Dia dikenal akan pacifism (oposisi terhadap perang dan kekerasan, bahkan sampai membiarkan menyakiti diri daripada terpaksa melakukan kekerasan) pada tahun-tahun pertama Perang Dunia I.

Selain itu, dia juga dikenal sebagai penerbit teks antisemitic seperti buku The International Jew. Pada akhir hidupnya, Henry Ford meninggalkan sebagian besar kekayaannya pada Yayasan Ford Foundation yang dikelola oleh keluarganya.

 

Apakah Anda sedang menjalani usaha Anda dan meniti kesuksesan Anda? Jangan lewatkan setiap nilai kehidupan Henry Ford dalam mencapai setiap kesuksesannya yang menjadi salah satu inspirasi bagi perkembangan dan bisnis dunia. Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan setiap artikel Finansialku kepada kenalan Anda. Terima kasih.  

 

Sumber Referensi:

  • Shallysa Rachmi. Henry Ford. Profilmerdeka.com – https://goo.gl/R3N427
  • Admin. 25 April 2016. Profil & Biografi Henry Ford. Profilbos.com – https://goo.gl/QmjqUf
  • Biografi Henry Ford ~ Pendiri Ford Motor Company. Bio.or.id. – https://goo.gl/X4GUA6
  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin

 

Sumber Gambar:

  • Henry Ford – https://goo.gl/42mRwR dan https://goo.gl/fTJQhZ dan https://goo.gl/UkAUWg
  • Henry Ford and Ford Foundation – https://goo.gl/v4x8xC
  • Henry Ford and Car – https://goo.gl/n0HhS4

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang