Berapa biaya membuat bisnis startup ? Kota Mana yaa yang berpeluang besar dalam membangun bisnis startup, kali ini Finansialku akan membahas mengenai bisnis startup yang saat ini sedang berada dipuncak berikut dengan kota-kota di dunia yang banyak melahirkan bisnis startup..

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mau Tahu Biaya Membuat Bisnis Startup, Cek 5 StartUp Keren Ini

Mungkin Anda berpikir bahwa membuat sebuah startup itu mudah, hanya dengan memiliki skill dan uang sebesar US$ 100.000, Anda sudah bisa membuat sebuah startup. Namun tahukah Anda, membuat bisnis startup tidak semudah itu perlu dana yang menguras isi dompet dan skill developer yang tepat agar bisnis dapat berjalan.  Lalu berapa banyak dana yang dikeluarkan untuk membuat Twitter, Instagram dan beberapa startup lainnya? Berikut adalah modal dasar atau awal dari sebuah perusahaan startup yang sangat berkembang saat ini.

 

#1. Twitter

Dilansir dari startupbisnis.com, Hendrick Werdelin, Managing Partner dari PreHype. Membuat sebuah aplikasi Twitter tidaklah semudah itu, yang menjadi persoalan  adalah saat ini bukan hal yang tepat menciptakan tumpukan teknologi, tetapi lebih tentang menciptakan ‘experience layer’, interface yang membuat suatu produk relevan dan intuitif untuk digunakan banyak orang dan  di saat yang sama produk tersebut juga mendemonstrasikan valuenya dengan cepat.

Jack Dorsey founder Twitter - Orang Kaya di Abad Informasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Kisah Sukses Jack Dorsey Pendiri Twitter]

 

Produk tidak akan menjadi apa-apa tanpa scability. Dalam membangun sebuah bisnis Startup terutama sebuah Twitter diperlukan sebuah proses, struktur, feedback, analytic, dan komunitas. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk  MVP (Minimum Viable Product) ke market, diperkirakan bahwa diperlukan dana sejumlah US$ 50.000 sampai US$ 250.000.

 

#2. Instagram

Pembuatan Instagram, sedikit lebih rumit dibandingkan dengan Twitter, karena dibutuhkan skill untuk menangani filtering gambar untuk iOS yang cakupannya luas dan muatan dari gambar yang berat. Namun tidak semahal Twitter, Instagram dalam pembuatannya membutuhkan dana berkisar US$ 100.000 sampai US$ 300.000.

Kisah Sukses Kevin Systrom Pendiri Instagram - Biografi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga :Kisah Sukses Kevin Systrom Pendiri Instagram ]

 

Kevin Systrom meluncurkan Instagram dengan 25.000 beta user pada tanggal 6 Oktober 2010, dua tahun setelahnya, Instagram tetap memperlihatkan pertumbuhan yang besar, dan juga dilaporkan bahwa Instagram memiliki 150 juta aktif users. Systrom yang sekarang adalah seorang multi-millionaire karena ia telah berhasil menjual perusahaannya ke Facebook seharga satu milyar dollar.

 

#3. Facebook

Dilansir dari Startupbisnis.com, Ben Schippers  (co-founder dari HappyFunCorp. Perusahaan tersebut bergerak dibidang  web development yang membangun situs untuk Teepublic, Of A Kind, Postography, dan Yeah TV!)  mengatakan: Facebook.com membutuhkan dana sejumlah US$ 500.000 dalam waktu sembilan bulan untuk  tahap pengembangan dan desain. Biaya pembuatan Facebook ini tergolong jumlah yang kecil, jika dibandingkan biaya operasionalnya sendiri tergolong sangat besar.

Mark Zuckerberg Facebook - Drop Out dan Jadi Kaya - Bagiamana Orang Kaya Menciptakan Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Kisah Sukses Mark Zuckerberg Pendiri Facebook]

 

Dengan mempertimbangkan perbedaan biaya storage/penyimpanan di tahun 2002, Schippers mengestimasikan bahwa Zuckerberg menghabiskan US$3.000 per bulan untuk hosting pada tahun pertama dan sekitar US $10juta per bulan pada tahun 2006 di saat jaringan Facebook tumbuh besar selama periode itu.

 

#4.Uber

Berdasarkan situs Crunchbase, Uber membutuhkan dana sebesar US$50 juta untuk membangun produknya dari awal sampai dengan literasi saat ini. Lalu Google dan Benchmark berinvestasi sebesar US$258 juta pada bulan Agustus 2013.  Jika dilihat berdasarkan pendanaan awalnya, MVP (Minimum Viable Product) untuk Uber membutuhkan dana sekitar US$1 juta  sampai US$1.5 juta untuk diciptakan.

Kisah Sukses Travis Kalanick Pendiri UBER - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Kisah Sukses Travis Kalanick Pendiri UBER]

 

#5.Pinterest

Menurut Sam Mathews, founder Neverbland, ia mengatakan Pinterest dapat diciptakan dengan tim yang terdiri dari 4 orang dalam waktu 120 hari dengan dana US$120.000 Mathews yang mengestimasikan biaya Pinterest, perusahaan yang berbasis di San Fransisco dengan jumlah karyawan 150 orang, $2 juta (Rp20 milyar) perbulan untuk biaya developer dan storage/penyimpanan untuk me-maintain produknya agar tetap terus berkembang.

Ben Silbermann founde Pinterest - Orang Kaya di Abad Informasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Kisah Sukses Ben Silbermann pendiri Pinterest]

 

5 Kota di Dunia, Berpeluang Besar untuk Memulai Bisnis Startup

Bukan hanya iklim yang mempengaruhi perbisnisan startup tetapi modernisasi yang terus berkembang serta ditambah riset dan penelitian yang canggih mendorong  para pebisinis startup untuk memaksimalkan apa yang telah dibangun . Berikut ini merupakan 5 kota di dunia yang memberikan peluang besar bagi para pembisnis startup..

 

#1. Warsawa, Polandia

Kota Warsawa, merupakan salah satu kota yang tepat untuk para pebisnis. Kota yang merupakan rumah bagi pebisnis yang ingin mendapatan kesempatan berbisnis. Belum lagi, kota ini memilki suasanan yang sangat mendukung bagi Anda yang ingin merintis bisnis. Faktanya adalah 60% dari startup digital  di Polandia dikabarkan mampu mencapai keberhasilannya.

 

#2. Boulder, Amerika Serikat

Salah satu kota dari Amerika Serikat ini memberikan efek semangat pada wirausaha yang sedang ataupun mau merintis bisnis. Pada tahu 2010, Kota Boulder memiliki enam kali bisnis startup lebih banyak dibandingkan kota lain di Amerika Serikat. Hal ini didorong dengan citra kota Boulder yang merupakan tempat lahirnya teknologi di Amerika Serikat.

 ini-negara-yang-akan-menjadi-markas-fintech-asia-2-finansialku

[Baca juga : Ini Negara yang Akan Menjadi Markas Fintech Asia Pasifik]

 

#3. London, Inggris

Siapa yang tidak mengenal kota London salah satu kota utama bagi para pebisnis yang ingin merintis bisnis startup. London menawarkan begitu banyak sumber bagi pebisnis diberbagai industri, termasuk dengan bantuan modal bagi pebisnis yang baru mengepakan sayapnya.

 

#4. Tel Aviv, Israel

Mungkin Anda baru mendengar kota yang bernama Tel Aviv di Israel,  namun apakah Anda tahu kota Tel Aviv dikenal sebagai salah satu tempat lahirnya  banyak perusahaan startup global. Berdasarkan info terbaru mengungkap, satu dari 1000 orang di Tel Aviv memiliki startup.

 

#5. Singapura

Tidak heran kota yang berada di Asia Tenggara ini didapuk sebagai tempat lahirnya perusahaan startup. Singapura di kenal sebagai salah satu kota bisnis global ditahun 2012, selain itu Singapura juga dkenal sebagai kota yang memiliki ekosistem startup terbesar di dunia.

 

Bagaimana apakah Anda tertarik membuka bisnis startup? Bagikan pengalaman Anda saat memulai bisnis startup dikolom komentar. Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai bisnis startup  silahkan dituliskan dikolom komentar

 

sumber Referensi :

  • Wyndo Mitra. 25 maret 2014. Berapa Biaya yang Diperlukan Untuk Membangun Startup yang Paling Hot di Dunia ?. Startupbisnis.com- https://goo.gl/aoMSXZ
  • Vina A Muliana. 10 Januari 2017. 5 Kota Terbaik di Dunia untuk Jalankan Bisnis Startup. Liputan6.com -https://goo.gl/hhvthG

sumber gambar :

  • businessnewdaily.com-https://goo.gl/tzNUGH

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang