Apakah Anda telah menggunakan social media Pinterest? Nah Anda perlu mengenal kisah sukses Ben Silbermann pendiri Pinterest.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Awal Kisah Sukses Ben Silbermann

Ben Silbermann pendiri Pinterest lahir pada tahun 1982. Ben adalah seorang entrepreneur Amerika di bidang internet dan menjadi CEO Pinterest.  Ben kecil ternyata memiliki hobi mengumpulkan perangko, serangga dan lainnya. Ternyata hobi tersebut, menjadi salah satu ide lahirnya Pinterest. Apakah Anda sudah menggunakan Pinterest? Di Indonesia Pinterest mungkin masih kalah pamor dengan Instagram, sejatinya Pinterest seperti papan yang berguna untuk mengorganisasikan gambar, resep dan hal-hal lainnya. Pinterest membantu kita dapat menemukan hal yang kita ingin rencanakan atau kita lakukan.

Kisah Sukses Ben Silbermann pendiri Pinterest

 

Silbermann tumbuh di Des Moines, Iowa Amerika. Orang tuanya Jane Wang dan Neil Silbermann, adalah ophthalmologists (ahli bedah mata). Ben menikah dengan Divya Bhaskaran, dan memiliki seorang anak bernama Max. Pada tahun menamatkan pendidikannya di universitas Yale jurusan political science.

Setelah lulus kuliah, Ben bekerja sebagai konsultan di Washington D.C. Tak lama Ben mengenal dunia internet dan mengikuti perkembangan dunia. Akhirnya Ben bergabung dengan industri teknologi terbesar, yaitu Google. Di Google, Ben bekerja untuk mengurus tim periklanan online (online advertising). Pada saat bekerja di Google, Ben terinspirasi untuk memulai startupnya.

[Baca Juga: Jenis-Jenis Bisnis Online di Indonesia]

 

Pinterest

Tak terlalu lama, akhirnya Ben memutuskan untuk keluar dari Google dan memulai startupnya. Ben menghubungi teman kuliahnya, Paul Sciarra untuk bekerjasama mewujudkan idenya. Di awal masa pembuatan, Ben dan Paul menggunakan pendanaan dari kantongnya sendiri.

 

[Baca Juga: Sumber Pendanaan Bisnis]

 

Di awal bisnis, Pinterest tdiak sesukses yang dibayangkan. Setelah 9 bulan diluncurkan, Pinterest tidak mampu mendaptkan 10.000 pengguna.  Singkat cerita Ben memutuskan untuk menghubungi 5.000 pengguna Pinterest secara personal untuk mendapatkan feedback dari pengguna.

Ketekunan, kerja keras dan perbaikan berkelanjutan menghasilkan berita baik. Pada Juni 2011, Pinterest mulai banyak dibicarakan orang dan Pinterest juga diliput banyak media. Salah satu kerbahasilannya adalah menggunakan konsep board serta pin pengingat dengan media sosial. Saat ini Pinterest memiliki lebih dari 20 juta pengguna di dunia dan jumlah ini terus bertambah.

 

Pelajaran dari Kisah Sukses Ben Silbermann

Berikut ini pelajaran-pelajaran dari Ben Silbermann saat menjalankan Pinterest:

  1. Jadi Leader, Kenali Tim. Ben Silbermann mampu merekrut seseorang, sebelum tahu jabatan apa yang cocok buat orang tersebut. Ben dapat mengenali potensi dari timnya dan memberikan posisi yang tepat.
  2. Belajar dari Penolakan. Ben Silbermann mengatakan ketika mengawali pembuatan Pinterest, dirinya seringkali mendapat penolakan. Ben tidak putus asa terhadap penolakan, tetapi belajar dari penolakan, melakukan perbaikan.
  3. Jalankan atau lakukan pekerjaan yang Anda senangi dan juga senangi pekerjaan yang Anda lakukan. Prinisip ketika Ben menjalankan Pinterest di awal.
  4. Membangun hubungan yang erat dan kompak dengan co-founder
  5. Cari tahu apa yang Anda tidak kuasai dan cari tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Tidak semua permasalahan harus diselesaikan sendiri, cari orang – orang yang lebih hebat untuk menyelesaikan permaslahan tersebut.

 

Menurut Anda startup apa yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang